Friday, October 19, 2018

Intip Dapur Unik Electrolux Onestop Entertaining

Dapur Unik Electrolux di bagian washbar [Foto: Dok Anisa Dee]
Ngobrolin dapur  itu ngobrol tentang banyak hal. Tak hanya aktivitas masak memasak, tapi lebih dari itu. Bagaimana makanan enak tersaji dari dapur dengan tampilan menggugah selera. Apalagi desain dapur terlihat elegan dan ada story tersendiri di dalamnya.

Story dapur unik kalau boleh saya bilang. Dapur unik inilah yang ditelurkan oleh Electrolux Taste and Care Center di Jalan Abdul Muis No. 34 Petojo Selatan, Gambir Jakarta Pusat. Di mana sih letak dapur uniknya Electrolux Taste and Care Center ini? Sesaat ketika saya menghadiri invitasi pada Kamis (11/10/2018) melihat secara langsung eleganitas gaya Skandinavia yang diaplikasi di dapur tersebut.

Dalam balutan warna putih dan cokelat dengan rak-rak dan pantry yang minimalis tapi terlihat rapi, gaya Skandinavia dibenamkan. Bisa jadi, karena Electrolux sebagai salah satu perusahaan yang berasal  dari Swedia, jadi gaya-gaya negara Nordic masuk ke dalamnya.

Gaya Skandinavian mengacu pada gaya desain dari beberapa negara Nordic, seperti Denmark, Norwegia, Swedia, Iceland, dan Finlandia. Seiring bergulirnya waktu, gaya desain ini pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dimulai dari Skandinavia Kuno, Tradisional, Modern, hingga paling banyak diminati bergaya kontemporer.

Bagian Dapur Unik Electrolux Washing Machine [Foto: Dok Detik Food]
Interior desain Skandinavian hadir bergaya ringan, terang, dan simpel, sehingga gaya ini sesuai untuk diterapkan pada konsep dapur minimalis. Seperti dapur unik café yang dibuat Electrolux Taste and Care Center ini.

Nah, Dapur Unik Electrolux Taste and Care Centre (ETCC) ini mengambil gaya Skandinavian dengan bentuk memanjang. Hal itu karena Electrolux berasal dari Swedia. Gaya Skandinavian ditonjolkan lebih kepada tampilan sederhana dan bersih seperti yang disampaikan Ajiputra, Brand Activation Supervisor ETCC dalam launching ETCC Kamis (11/10/2018) di Electrolux Taste & Care Center Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat.

Dapurnya dalam nuansa warna putih sehingga menyemburatkan dapur bersih dan terang. Gaya Skandinavia terlihat cukup minimalis dengan tak banyak peralatan dapur bergelantungan. Eleganitas  dalam balutan warna putih dan cokelat juga monokrom menjadi perpaduan yang unik dan menarik.

Penciptaan Ruang Dapur Unik Washbar sembari mencuci baju bisa bekerja [Foto: Dok Detik Food]
Secara kasat mata, gaya dapur Skandinavia memang paling mudah dikenali dari warnanya, yaitu dominan putih yang sederhana. Tetapi tetap bisa dipadu warna lain.

Dari susunan pantry dan rak-rak yang ada juga sangat simpel. Oleh karenanya, gaya Skandinavia yang diaplikasi di dapur unik ETCC terlihat menyenangkan untuk siapa saja yang mengunjunginya. Bahkan, keluarga yang hadir pun betah berlama-lama.

Dari gaya dapur unik Skandinavia Electrolux, beragam produk electrolux hadir di tengah-tengahnya. Hal ini menjadi pemandangan tersendiri. Sebagai tempat nongkrong sekaligus pusat peralatan electrolux service center juga tempat kelas memasak berlangsung.

Menurut saya, dapur unik ETCC ini dibuat dalam bingkai onestop shopping, mengapa? Ketika Anda pertama kali masuk, Anda dihadapkan pada washbar. Ya, kedatangan Anda disambut dengan mesin-mesin cuci. Nah, tempat ini memang diperuntukkan kalau Anda ingin mencuci baju kotor Anda sembari nongkrong ngopi. 

Dapur Unik  Electrolux dalam balutan gaya Skandinavia [Foto: Dok Anisa Dee]
Area coffee shop berada tak jauh di sebelah washbar. Boleh dibilang berada di ruang kedua. Di ruang kedua tersebut tersedia beragam menu dan minuman untuk Anda menunggu mencuci hingga pakaian kering kembali. Anda juga bisa sembari bekerja menyelesaikan pekerjaan kantor atau bertemu klien, bahkan meeting.

Di bagian ketiga atau ruang ketiga, di sinilah dapur unik Electrolux Taste and Care Center hadir bergaya Skandinavian itu tadi. Seperti yang sudah disampaikan di awal-awal. Tatanan gaya Skandinavian begitu simpel dan kelihatan lengang. Peralatan rumah dan dapur berkualitas terlihat dari produk electrolux yang menghiasi.
Selaian sebagai café dengan dapur unik, ETCC juga menjadi tempat electrolux service center berlangsung. Jadi, jika Anda memiliki barang-barang electrolux yang masa pakai masih panjang, tetapi ada sedikit kendala, Anda bisa langsung datang ke tempat ini untuk melakukan servis perbaikan.

Oya, area Electrolux Taste and Care Center  (ETCC) merupakan ruangan dengan dapur yang memiliki luas 200 meter per segi. Ada tiga pilar yang dihadirkan di sini, yaitu, cita rasa  atau taste, perawatan (care), dan kenyamanan (wellbeing). Kolaborasi antara tiga pilar itu diusung ETCC  untuk memberikan kesempatan warga atau siapaun dalam menggunakan peralatan masak kelas dunia dari Electrolux. 




Dapur Unik Electrolux dengan nuansa simpe minimalis namun elegan [Foto: Dok Anisa Dee]
Nah, asyiknya lagi di Electrolux Taste and Care Center ini, sangat terbuka untuk masyarakat umum atau siapa saja yang ingin bermitra bisnis, baik itu selebritas, komunitas, media, bahkan profesional sekalipun yang ingin membuka kelas memasak, demo memasak, photo shoot, seminar, talkshow, hingga arisan, keperluan pribadi, juga korporat sangat bisa, namun dengan  syarat dan ketentuan yang berlaku. Semua dapat dipakai gratis, kecuali coffee shop tentunya. 

Presiden Direktur PT Electrolux Indonesia, Bapak Iffan Suryanto [Foto: Dok Pri]
Seperti dikatakan President Direktur PT Electrolux Indonesia, Bapak Iffan Suryanto,
"Tahun ini kami berkomitmen untuk menghadirkan kampanye ‘Taste Stories’ sebagai sarana untuk menjangkau konsumen yang akan berbagi cerita  pengalaman memasak  tak terlupakan. Kampanye ‘Taste Stories’ ini juga merupakan cara kami untuk lebih mendekatkan konsumen dengan peralatan dapur Electrolux, yang dapat menciptakan pengalaman memasak tanpa batas, dan pada saat bersamaan mencerminkan kualitas produk peralatan dapur Electrolux yang dapat beradaptasi untuk setiap menu masakan.”

Taste Stories oleh Electrolux ini merupakan satu gerakan kampanye dengan tujuan menjawab dan memenuhi kebutuhan konsumen yang ditempatkan sebagai fokus utama. Kampanye ini juga menawarkan cerita inspirasional di balik kegiatan memasak untuk orang terdekat yang dicintai menggunakan produk Electrolux.

Selain Pak Iffan Suryanto, dapur identik pula dengan juru masak, koki, atau dalam bahasa kerennya Chef. Nah, di dapur unik Electrolux ini ada tiga orang Chef yang ditunjuk sebagai Brand Ambassador-nya Electrolux, yaitu Chef Chandra Yudaswara, Chef Eddrian Thjia, dan Chef Nina Bertha.
Ambassador Chef Electrolux, Chef Chandra Yudaswara (kiri), Chef Nina Bertha (tengah), dan Chef Eddrian Thjia (kanan) [Foto: Dok Fanpage Electrolux Indonesia, PT]
Ketiga orang chef ini sudah malang melintang di dunia yang mereka tekuni. Chef Chandra, piawai dalam meracik menu kontinental dan Asia. Sementara  itu, Cheff Eddrian ahli dalam meracik kulinari Bangka yang dibilangnya unik, karena menjadi kulinari peranakan dan konsen pada healthy food. 
Masakan dari Dapur Unik Electrolux Chef Chandra, Rendang Basah dan Salmon with Cucumber Honey Yoghurt [Foto: Dok Pri
Sementara, Chef Nina Bertha merupakan salah seorang Chef dari jebolan ajang pencarian bakat di salah satu TV Swasta dan juga sebagai staf pengajar di salah satu sekolah kulinari di kawasan Jakarta Utara. Spesialis Chef cantik satu ini adalah Pastry. Namun, pastry yang didalaminya adalah pastry Perancis.

Masakan dari Dapur Unik Electrolux Chef Nina Bertha Sop Babat Mami & Lemon Meringue Tart [Foto: Dok Pri]
Mereka, di dapur unik Electrolux Taste and Care Center ini punya dish masing-masing yang begitu menggoda pencecap dan pemuas gastronomi petualang rasa. Chef Chandra dengan Rendang Basah dan Salmon with Cucumber Honey Yoghurt, Chef Eddrian dengan Engsang (salad pepaya) dengan Mango Pomelo with Pome, sedangkan Chef Nina dengan Sop Babat Mami dan Lemon Meringue Tart.
Masakan dari Dapur Unik Electrolux Chef Eddrian Thjia Engsang (atas) dan Mango Pomelo with Pome (bawah) [Foto: Dok Pri]
Dengan produk Electrolux yang mereka pakai, masak jadi semakin piawai. Electrolux Taste and Care Center juga membuka kelas memasak yang digawangi oleh ketiga Ambassador Chef Electrolux tersebut. Jadi,  ETCC ini benar-benar jadi dapur unik idaman siapapun yang ingin berpetualang rasa dengan beragam budaya.

Ngobrolin dapur unik Electrolux dengan segudang peralatan produknya menjadi peralatan rumah dan dapur berkualitas sedap dipandang mata. Aktivitas masak memasak semakin bersemangat. Rasanya kurang pas juga kalau saya tidak mengulas siapa Electrolux ya.

Beberapa Produk Electrolux dari Dapur Uniknya [Foto: Dok Pri]

Tentang Electrolux
Electrolux, salah satu pemimpin global peralatan rumah tangga dan peralatan untuk penggunaan profesional, menjual lebih dari 40 juta produk kepada pelanggan di 150 negara setiap tahunnya. Fokusnya pada inovasi yang dirancang serius, berdasarkan wawasan luas konsumen untuk memenuhi kebutuhan nyata konsumen dan profesional.

Produk Electrolux meliputi kulkas, mesin pencuci piring, mesin cuci, penyedot debu, dan kompor yang dijual dengan merek terkemuka seperti Electrolux, AEG-Electrolux, Zanussi, Eureka, dan Frigidaire. Pada tahun 2008, Electrolux mendapatkan penjualan sebesar SEK 105 miliar dan memiliki 54.000 karyawan.  Untuk informasi lengkapnya Anda dapt mengunjungi situs Electrolux di https://www.electroluxgroup.com/en/
 

Mulai dari memasak, membersihkan dan mencuci, hingga menyejukkan udara dan lainnya, Peralatan rumah Electrolux menjaga rumah Anda tetap bersih dan nyaman dengan mudah. 

Setelah memulai dengan penjualan satu penyedot debu, Electrolux kini menjadi pemimpin global dalam peralatan rumah profesional. Setelah 90 tahun melakukan inovasi dan akuisisi, peralatan listrik didasarkan pada wawasan mendalam konsumen dan dikembangkan dalam kerja sama erat dengan para ahli dalam memberikan solusi yang dirancang serius, inovatif, dan berkelanjutan. Contohnya, 40% restoran Michelin di seluruh dunia mempercayakan peralatan dapur mereka pada Electrolux. Di mana pun Anda berada di Indonesia, tidak akan pernah jauh dari 
stokis Electrolux.

Semua desain dan pengembangan produk didasarkan pada filosofi Desain Penuh Pemikiran. Ini adalah pendekatan holistik yang berakar pada tradisi desain Skandinavia, dengan tujuan untuk mengembangkan dan menerapkan wawasan konsumen ke semua aspek pengalaman merek. 

Pendekatan tersebut mencakup fungsi, kegunaan, sentuhan & nuansa, tampilan visual, dan keseluruhan pengalaman pengguna di seluruh aspek dalam masa pakai produk, dari saat konsumen mulai mengembangkan minat, hingga pembelian, pemasangan, penggunaan, dan akhirnya pembuangan. 

Desain harus memberikan emosi dan gairah pada pengguna, tetapi juga harus memastikan bahwa aspek rasional atau fungsional pengalaman pengguna sesuai dengan harapan emosional dan fungsional pengguna. Itulah yang Electrolux maksud dengan "Berpikir Tentang Anda".
Bersama rekan-rekan Blogger Indoblognet dan Founder Indoblognet [Foto: Dok Indoblognet
Jadi, kapan lagi menghadirkan dapur unik dengan produk Electrolux di dalam rumah Anda yang menghibur dan menghadirkan cita rasa nikmat berkelas jika tidak sekarang.








1 comments:

Nurul Dwi Larasati said...

Masakan-masakan chefnya enak-enak ya. Bikin berselera makan. Mungkin salah satu mood nya dari konsep dapur unik itu. ETCC bisa jadi bahan inspirasi memasak.