Tuesday, December 26, 2017

Cara Gampang Beli dan Jual Mobil Bebas Masalah Hanya di Mobil123.com: Mau Tahu?





Mobil123.com menjadi portal otomotif nomor 1 di Indonesia [Foto: Dok http://nurulnoe.com/wp-content]
Zaman terus bergerak dan maju. Aktivitas apapun itu, tak ingin disulitkan. Kalau dulu, mau beli satu alat saja mesti jalan jauh. Sudahlah berjalan jauh, barang yang dicari kosong.  Bahkan kadang menunggu hingga berbulan-bulan. Teknologi masih begitu sederhana memfasilitasi keinginan setiap orang kala itu.

Tampilan platform Mobil123.com di PC/Hybrid [Foto: Dok Pri dalam Mobil123.com]

Sekitar tahun 80-an, saat bapak saya hendak membeli satu spare part mobil, nunggunya lumayan lama. Pemilik toko bilang, “Pak, spare part mobil bapak tidak ada di toko kami, mesti didatangkan dari Singapura, karena  hanya ada  di Singapura spare part mobil dari jenis yang bapak punya dan lengkap. Kami bisa usahakan, tetapi perlu waktu lama.”


Nah, mau tidak mau, mobil sementara dipensiunkan dari  rutinitas setia menemani bapak. Alhasil, ke kantor mesti naik angkutan umum. Menunggu angkutan umum pun lumayan lama. Jarang-jarang yang lewat 15 atau 30 menit sekali. Rata-rata hampir satu jam baru datang. Apalagi,  kami tinggal di daerah yang masih sepi kendaraan umum.
 
Tampilan Mobil123.com jika diklik lebih lanjut untuk "Tampilkan Semua Mobil" [Foto: Dok Pri dalam Mobil123.com]
Kendaraan pribadi yang bapak punya ya  mobil. Itu pun dibeli dari tangan kedua. Bapak asal beli saja, tanpa memperhatikan suku cadang, kondisi mobil, juga kilometer mobil. Maklumlah, soalnya pengetahuan bapak tentang mobil relatif minim. Padahal, keinginan terbesar bapak punya mobil itu.

Ya, dengan punya kendaraan roda empat, tentunya bisa membawa keenam anak bapak. Mobil menjadi kendaraan  paling aman dan nyaman, pikir bapak. Keluarga bisa bebas dari panas matahari, hujan, angin, debu, dan sebagainya. Di saat musim hujan dan panas, mobil sangat berarti. Tak hanya di kedua musim itu. Terutama sekali menunjang aktivitas bapak.     

Saya pun demikian. Saya pikir-pikir, mungkin kini sudah saatnya “kuda besi” (baca motor) saya segera dipensiunkan meski sudah belasan tahun menemani dengan setia ke mana pun saya pergi. Mau hujan, panas, bahkan angin kencang sekalipun. Menerjang di tengah banjir pun dilalui sama kuda besi saya itu.

Semakin ke sini semakin mudah saja memperoleh kendaraan yang bapak inginkan.  Nah, karena informasi plus teknologi sekarang makin canggih, suatu ketika saya berselancar di dunia maya mau cari-cari mobkas (mobil bekas) gitu. Eh, tetiba saya menemukan satu situs yang menarik perhatian saya untuk dikulik lebih jauh. Saya menemukan situs Mobil123.com.  


Saya pelajari secara saksama semua informasi yang ada di situsnya, sangat menarik dan tak perlu waktu lama untuk tahu seluruhnya. Selain menarik, juga simpel dan mudah dimengerti. Platform Mobil123.com ini pas banget seperti yang saya inginkan selama ini.  Ya, kenapa platoform seperti ini yang saya inginkan? Saya bisa menjual, baik mobil dan motor dalam kondisi baru dan lama. 

Sebagian mobil-mobil yang direkomendasikan Mobil123.com [Foto: Dok Pri dalam  Mobil123.com]

Nah, kalian bisa ngulik lebih dalam lho untuk tahu lebih jauh tentang jual beli mobil, baik baru maupun bekas dengan meng-klik link ini Jual Beli Mobil: https://www.mobil123.com/  

Di Mobil123.com ini juga saya bisa cek harga dari mobil yang akan saya jual atau beli dari beragam merek, tipe. Hal yang memudahkan saya juga, saya tak perlu bingung-bingung juga  pusing memikirkan tempatnya. Ketika saya berada di luar Jakarta, masih bisa bertransaksi. Hampir di seluruh Indonesia, Mobil123.com melayani pembelian dan penjualan.

Satu lagi, harga. Di platform Mobil123.com ini, saya langsung bisa ngecek harga, mulai dari 25 juta rupiah hingga harga 5 miliar rupiah. Semua transaksi pun aman dan terjamin dilakukan. Saya juga bisa melihat melalui “Pencarian Cepat” Hot Deals. Mulai dari kondisi mobil, merek, model, varian, dan pilihan lainnya. Jadi, tak terbersit keraguan untuk saya mencari maupun menjual mobil dan motor di Mobil123.com.

Sistem yang ada di Mobil123.com sudah  terstruktur dengan baik. Hal ini yang memudahkan saya untuk melihat lebih banyak pilihan ketika ingin menjual dan juga membeli. Banyak pilihan yang bisa dijadikan acuan. Mobil yang nantinya akan saya beli atau jual juga fotonya terpampang.  Misalnya, tahun keluaran mobil, merek, dan catatan kilometernya.

Selain itu kalau saya ingin menjual, di Mobil123.com ini seluruh informasi mesti saya berikan.  Termasuk kilometer mobil, apakah pengoperasiannya manual atau matic, lokasi yang bisa didatangi, juga siapa yang bisa dihubungi (pemilik harus mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dan  dilakukan chat sewaktu-waktu ketika ada pembeli menanyakan).  Jadi, Mobil123.com benar-benar memberikan kemudahan dalam mencari barang yang saya inginkan.

Memang ya, saya juga tidak memungkiri bahwa kebutuhan mobil sekarang ini meningkat pesat. Beda banget seperti dulu. Harga mobilnya pun  murah, terjangkau, dan ramah di kantong. Oleh karenanya, saya dan keluarga untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda empat keluarga saya, memilih  Mobil123.com sebagai tempat yang tepat untuk bertransaksi mencari mobil.

Mobil123.com juga mengulas berita menarik  seputar kendaraan di situs beritanya [Foto: Dok Pri dalam  Mobil123.com]

Masih penasaran sama Mobil123.com? Jangan khawatir. Mobil123.com juga memberikan berita-berita up to date seputar kendaraan, baik kendaraan keluaran terbaru juga yang sudah lawas. Semua dibahas tuntas di Berita Otomotif  https://www.mobil123.com/berita

Melihat peluang yang ada saat ini dan ke depan, pasar mobil bekas itu tidak akan pernah mati. Saya yakin, kans Mobil123.com bisa jadi pasar mobil terbesar di Indonesia, karena apa? Karena, jaringan yang dimiliki Mobi123.com cukup luas hingga ke mancanegara.  Dengan Mobil123.com ini, saya banyak memperoleh benefit, salah satunya harga yang ditawarkan lebih murah.


Pakar otomotif pun memberi pendapat dan ulasan mengenai kendaraan di Mobil123.com (atas). (Bawah), ulasan mengenai mobil terbaru yang diberitak di situs berita Mobil123.com [Foto: Dok Pri dalam Mobil123.com]

Di Mobil123.com, mau mobil baru atau bekas juga tersedia. Untuk beli mobil, jika bekas masih layak dan bertahan lama dipakai, kenapa mesti beli yang baru. Saya pribadi berpegang, kenapa harus repot dan susah-susah cari mobil baru juga mobil bekas hingga harus berburu ke pelosok dan  tempat penjualan mobil. 

Sementara mau mobil baru dan  bekas layak pakai banyak berlimpah di Mobil123.com. Selain itu, arsitektur, desain, dan warna masih tetap kinclong. Buat saya sih sayang-sayang uangnya kalau hanya untuk prestige (gengsi) semata cari mobil kalau tidak untuk fungsi yang maksimal. Uang yang ada bisa kita simpan untuk keperluan lainnya. Tapi ini untuk saya lho ya. Saya tidak tahu kalau memang yang mau beli “banyak duit”, mungkin beda cerita. Kalau saya tetap menerapkan, pilih mobil mesti sesuai isi kantong (punya bujet berapa), lagi perlu banget apa tidak,

Banyak cara untuk melihat mobil baru dan bekas [Foto: Dok Pri dalam Mobil123.com]

Kembali lagi pada prinsip sih ya. Kalau mobil bekas masih layak pakai dan oke punya, uang yang tadinya untuk beli mobil baru, bisa saja dipakai setengahnya untuk  beli mobil bekas. Terpenting fungsinya masih maksimal dan keamanan mobil masih sangat terjaga.

Bisa jadi juga, kalau mau beli mobil yang memang benar-benar baru, kita mesti perhatikan  detail mobil. Bukan berarti beli mobil bekas juga tidak memperhatikan detail. Terkadang beli mobil yang benar-benar baru banyak  prosedurnya. Nah, di Mobil123.com, hal itu tak perlu waktu lama.

Bicara kendaraan memang tak akan pernah ada habisnyanya.  Kalau beli mobil second, memang kita tidak usah susah mau ngetes mobil di jalan (test drive). Begitu harga pas, langsung bisa tancap gas. Mobil yang diidam-idamkan dapat langsung pindah tangan dalam hitungan jam.

Mobil123.com semakin valid dengan riset kendaraan yang dilakukannya [Foto: Dok Pri dalam Mobil123.com]

Ketika beli mobil, kita mesti tahu juga tingkat depresiasinya. Hal ini seperti terjadinya penyusutan dalam ilmu akuntansi terhadap umur manfaat satu  aset atau barang. Nah, depresiasi tersebut dapat memberi dampak pada keuangan, termasuk pajak kendaraan yang kita miliki.

Memang, sangat perlu diperhatikan ketika akan membeli mobil. Perlu mengkalkulasi harga barang dan untung rugi. Terutama harga mobil yang suatu ketika akan kita jual lagi. Syukur-syukur nilainya masih tinggi dengan kilometer yang tak terlalu jauh. Nah, sudah semestinya, kita memang harus juga menjadi buyer mobil yang cerdas.  Poin ini harus benar-benar diperhatikan, soalnya ini sangat erat kaitannya dengan perawatan  yang akan kita lakukan jika mobil sudah berpindah tangan.

Jangan sampai, biaya perawatan satu mobil yang dibeli, melebih harga beli mobil itu sendiri. Memang sih, rata-rata jauh di bawah harga beli untuk satu kali perawatan. Kalau mau beli mobil baru, sebenarnya kita juga mesti bisa membuat perkiraan harga mobil  tersebut. Bisa saja lebih murah bahkan lebih mahal. Kita mesti menghitung harga jual mobil yang kita beli untuk lima tahun after used. Maunya kan, tetap bisa dapat untung dari mobil yang pernah kita pakai lantas dijual kembali.

Saya pikir, di Mobil123.com ini bisa memberikan jawaban tepat untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang kita inginkan, baik secara personal, keluarga, bahkan korporat. Harga-harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan ramah di kantong. Transaksi tak butuh waktu lama.

Mau jual cepat mobil Anda? Di Mobil123.com tempatnya [Foto: Dok https://content.icarcdn.com]

Oya, kalau bapak saya beli mobil baru kemudian mau dijual lagi, nah kira-kira menghitung kasar harga mobil baru bapak saya itu tadi yang jatuhyan jadi mobil bekas kalau mau dijual lagi, berhitungnya mesti  tahu juga. Misalnya untuk lima tahun ya, artinya selama 5 tahun itu menyumbang 40% penyusutan kendaraan. Detailnya begini, BBM yang harus dikeluarkan 25%; asuransi 10%; serta biaya untuk perawatan dan juga pembelian suku cadang serta pajak kira-kira 5%.

Enaknya lagi, di Mobil123.com ini memberi tahu bagaimana seorang konsumen bisa menghitung sendiri ketika dia akan membeli mobil. Bisa jadi, harga yang dikeluarkan harga baru yang nilainya melebihi dari harga mobil di pasar. Nah, dengan perhitungan yang diberikan, kita bisa mengira-ngira untuk  keuangan kita di masa depan. Uang sisa bisa ditabung untuk  jangka waktu tertentu. Bila ada kebutuhan mendesak, dapat dipergunakan. Jadi, beli mobil di Mobil123.com ini untuk saya jadi belajar hemat.

Oya, melanjutkan depresiasi mobil yang kita miliki, perhitungannya mengacu pada BBM, asuransi, dan hal lain yang bisa berdampak terhadap harga jual mobil baru. Nah, mobil yang harga jual barunya sangat terjangkau dan terdapat nilai depresiasi rendah, biasanya ada pada jenis subkompak.

Eits, tunggu dulu. Beli mobil bekas juga mesti hati-hati ya. Buka berarti, beli mobil bekas tak ada risikonya. Kita perlu waspada dan mesti detail memperhatikan saat beli sebelum berpindah kepemilikan ke kita.

Di Mobil123.com, semua diakomodir. Kita hanya perlu waspada. Kita tidak tahu, dikhawatirkan mobil yang akan dijual sudah dimodifikasi atau diakali penjualnya. Atau dulunya mobil pernah kena banjir, bisa jadi juga kalau tidak hati-hati, ternyata mobil hasil curian. Segala kemungkinan bisa terjadi, tetapi kita harus antisipasi. Mobil curian yang mesti diwaspadai. Teliti sebelum membeli itu harus agar jangan sampai kita menjadi tertuduh dan penadah barang-barang curian.  

Jadi, link-link yang dibangun Mobil123.com ini cukup banyak. Ketika kita beli mobil di sini, juga akan ada tim penilai terhadap kelayakan mobil yang kita beli. Kalau kita mau membeli mobil atau kendaraan roda dua, sudah semestinya mengecek seluruh surat-surat kendaraan juga ke samsat melalui bantuan Mobil123.com. Jangan sampai surat-surat kendaraan tersebut diblokir atau masa pakainya sudah habis.

Tentunya, membeli kendaraan, baik roda dua maupun roda empat cari kendaraan yang benar-benar dari pemilik yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Kita juga mesti tahu, apakah angka komplain terhadap mobil tersebut tinggi atau tidak. 

Nah, mungkin ke depan agar lebih baik, Mobil123.com membuat secama history mobil yang akan dijual secara detail. History tersebut diberikan pada mobil yang akan dijual di platform aplikasi yang ada di android maupun apps. Jadi, begitu pembeli ingin satu mobil, semua data tertera, hingga mobil tersebut apakah tangan pertama, kedua atau ketiga. Jadi, kalau terjadi apa-apa, pembeli yang sudah membeli mobil bisa langsung menanyakan ke penjual.

Jadi, mobil bekas yang kita beli ini justru akan menghemat dan memangkas biaya yang akan kita keluarkan. Save for the last ya. Nah, mau beli yang baru atau bekas? Tentukan pilihan Anda sekarang!

Berikut tips membeli mobil bekas yang bisa jadi gres banget saat dikendarai.

1.   Cek kondisi mesin dan fisik mobil. Pastikan mesin bekerja baik dan layak jalan. Jangan sampai body lecet, kondisi mesin amburadul, dan sulit di-starter.
2.   Hindari membeli mobil dengan mesin sudah dimodifikasi. Ini cukup riskan, karena kita tidak tahu originalitas mesin awalnya seperti apa. Modifikasi terkadangn melenyapkan sejumlah dana yang mestinya bisa disimpan.
3.   Perhatikan kondisi fisik mobil. Pastikan kondisi fisik masih bagus karena
kemungkinan besar mobil masih dalam kondisi yang baik untuk dikendarai.
4.   Perhatikan kelengkapan dan keaslian surat-surat mobil, jangan sampai membeli    mobil dari pihak yang tidak jelas karena bisa menyebabkan masalah dikemudian hari. Lebih baik, membeli langsung dari pemilik aslinya. Karena untuk urusan balik nama jauh lebih mudah dan cepat.

Oya,  setelah beli kendaraan, bukan berarti terus-terusan digeber disuruh jalan. Kendaraan juga perlu perawatan dan perlakuan. Cek dan ricek itu penting banget. Soalnya menyangkut juga keamanan pengemudi, penumpang, dan terutama kendaraan itu sendiri ketika di jalan.

Berikut ini kemungkinan dapat dijadikan acuan untuk perawatan  kendaraan yang sudah kita beli agar lebih aman juga saat berkendara.

1.    Toolkit Selalu Ada dalam Mobil
Kita harus meletakkan kit dalam satu boks khusus agar tidak terpisah-pisah. Ketika dibutuhkan ada dan mudah ditemui serta dapat langsung digunakan. Toolkit ini sangat penting sebagai bentuk antisipasi kalau-kalau terjadi sesuatu di jalan.

2.    Perhatikan kondisi jok mobil
Saat membuka kaca jendela mobil jika terlalu sering, itu akan menyebabkan jok mobil berdebu. Karenanya, vacuum cleaner sangat diperlukan untuk  membantu membersihkan debu yang menempel, ini untuk hal-hal ringan saja sifatnya. Menggunakan kanebo juga bisa untuk membersihkan debu di kaca dan dashboard.

3.    Kebersihan body mobil
Memang ya, tubuh mobil itu bagian yang sangat mudah dilihat dan dikenali kondisinya. Tetapi, jika kita lengah, bisa saja tiba-tiba didapati garis-garis pada mobil atau goresan tanpa sadar muncul. Menggunakan kain dengan serat halus untuk membersihkan body mobil penting sekali. Seperti kanebo contohnya.

4.    Kebersihan kaca mobil
Pemilik mobil biasanya akan merasa bahwa setelah mobil dibersihkan atau dicuci, otomatis kaca akan kering sendiri atau tercuci dengan sendirinya, tidak! Itu sangat tidak sederhana. Kotoran yang “nyelip” di sudut bingkai kaca, di bagian yang cukup tersembunyi berpotensi membuat kaca buram atau kusam. Bahkan  bisa juga menggores. Detail-lah terhadap kotoran di sudut mobil.

5.    Pastikan fungsi lampu mobil
Lampu depan, belakang, indikator, dan juga lampu kabin, wajib dioperasikan dalam kondisi yang baik. Semua harus  dihidupkan untuk tahu, apakah berfungsi atau tidak. Karena lampu-lampu itu membantu kita dan pengendara lain untuk tetap berada dalam kondisi aman dan terkontrol.
6.    Cek oli mesin


Oli mesin harus diperhatikan. Meski ada rentang pemakaian, tetapi rutinitas memeriksa oli sangat disarankan. Jangan sampai, oli mesin mendekati habis baru diganti. Ini berisiko terhadap mesin kendaraan. Bisa berujung pada kerusakan.
7.    Cek air radiator
Hampir sama seperti mengecek oli, air di radiator menjadi satu item yang harus dipastikan  eksistensinya. Apakah mengalami kebocoran atau tidak. Efek dari air radiator yang bocor akan berakibat pada mesin. Mesin bisa ngadat.
8.    Cek kondisi aki
Aki punya peran penting  untuk kelistrikan mobil. Apapun yang berhubungan dengan bagian elektronik, utamanya akan bergantung dengan aki. Rutin periksa aki dapat dilakukan dengan melihat level indikator yang tertera.
9.    Ban serep
Ban cadangan perlu juga diperiksa kondisinya. Ban cadangan penting ada di mobil. Dengan keberadaan ban serep ini berarti  kita siap menghadapi kondisi yang tidak terduga, seperti ban bocor di tengah jalan saat tengah malam, atau di tempat yang tidak ada tambal ban.

“Merawat kendaraan  itu seperti kita merawat pacar. Jadi perlu disayang-sayang, diperhatiin, dimanja-manja, jangan lupa dimandiin. Satu hal lagi,  jangan kasar-kasar kalau lagi nyeti. Hal itu yang menyebabkan kendaraan  cepat rusak”.



Jadi, jangan tunggu lama-lama untuk merawat kendaraan yang kita punya.  
Nah, bisa jadi nih 12 tips di bawah ini jadi panduan kita untuk merawat dan menjaga kendaraan  agar tetap fit dan kinclong. Tarikan tetap ngacir.Perawatan sepeda motor penting bagi pengendara agar terus tersenyum untuk jangka waktu lama. Ini dia tips-nya.

1.   Pemeriksaan Ban Secara Reguler
Penting memeriksa ban motor secara teratur. Perhatikan  secara menyeluruh kondisi motor dan tekanan udara sepeda motor Anda. Pastikan tekanan udara ban dipelihara pada tingkat yang memang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor kita.

Lakukan pengecekan ban kalau-kalau ada kemungkinan pemotongan dan goresan yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ledakan ban. Jangan lupa cek ban motor setidaknya satu kali dalam sepekan. Juga periksa keseimbangan dan kesejajaran roda.

Untuk memeriksa tekanan Ban, kita bisa menggunakan Aeoss Digital Tire Pressure Gauge yang sebenarnya merupakan gantungan kunci yang menampilkan tekanan gas pada motor dalam tampilan digital. Kita juga bisa membeli Aeoss Digital Tire Pressure Gauge dari Flipkart.

2. Periksa Minyak Mesin
Minyak mesin punya peranan penting dalam kelancaran pengoperasian dan perawatan motor kita. Periksa secara teratur level oli mesin dan selalu tingkatkan level yang benar. Periksa kemungkinan terjadi kebocoran oli. Karena adanya deposit karbon, minyak akan menebal yang akan menciptakan hambatan dalam pergerakan internal mesin. Hal ini sangat penting bahwa menjalankan sepeda motor kita dengan minyak kotor tidak akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, akan tapi justru mengurangi umur mesin secara drastis.

3. Bersihkan Saringan Udara
Kondisi berdebu dan hujan bisa menyumbat filter dalam waktu yang sangat singkat. Pastikan agar saringan udara tetap bersih. Selalu ganti saringan udara pada interval yang disarankan, juga tingkatkan frekuensi pembersihan pada kondisi yang sangat berdebu.

4. Penyesuaian Kopling
Kopling digunakan untuk mengganti roda gigi pada interval reguler selama perjalanan dan sangat sering digunakan. Kopling mesti disesuaikan secara benar dan harus memiliki jumlah permainan bebas yang benar. Jangan mengencangkan kopling terlalu sering. Kopling yang terlalu kencang menyebabkannya tergelincir. Hal itu akan menyebabkan kenaikan konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan penyesuaian kopling yang tepat.

5. Mesin
Mesin adalah jantung sepeda motor kita. Servis sepeda motor secara teratur dan menyetelnya agar putaran mesin tetap menyala seperti jarum jam, sehingga mengurangi konsumsi bensin motor kita. Perhatikan saat membersihkan karburator dan menjaga jarak katup.

Perlu diingat, agar karburator tetap bersih, untuk setiap 1500 kilometer yang kita tempuh, bersihkan ruang pelampung karburator dan bagian lainnya. Jangan lupa busi yang sangat penting. Pastikan steker spark kita bersih dan celahnya disetel dengan benar, jika tidak, ganti steker spark, karena ini adalah tautan paling penting dalam pembakaran mesin secara baik dan tepat.

Bersihkan busi secara teratur, sebaiknya setiap 750 kilometer untuk sepeda motor dua tak dan 1.500 kilometer untuk sepeda motor empat tak. Sebagian besar, sepeda motor modern perlu choke untuk bekerja ketika musim hujan datang. Menggunakan choke membantu memenuhi norma emisi dan juga persyaratan efisiensi bahan bakar.

6. Sistem Transmisi
Rantai motor kita perlu pelumas biasa sekaligus pembersihan dan penyesuaian. Gunakan parafin untuk mencuci rantai. Gunakan selembar kain dan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang telah terakumulasi dalam rantai. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan rantai, karena bisa mengotori rantai. Setelah kotoran dibersihkan, dengan bantuan kuas dan parafin seka rantai dengan kain kering yang bersih.

Kita bisa menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Periksa pula apakah rantai motor kita memiliki ayunan bebas sekitar 2 sampai 4 mm pada umumnya. Mengujinya, dengan menggerakkan rantai ke atas dan ke bawah dalam arah vertikal dengan bantuan jari. Ingat, rantai sepeda motor kita harus memiliki ketegangan yang tepat dan ayunan roda belakang yang bebas. Setiap variasi dalam ketegangan rantai tidak akan menggerakkan roda belakang dengan lancar saat motor bergerak.

Dalam kasus ini, jika rantai sepeda motor kendur, pengiriman daya dari mesin ke roda tidak akan optimal, sehingga mengakibatkan hilangnya daya karena tergelincir. Membawa sepeda motor ke montir atau pusat servis dan menyetel rantai yang disesuaikan dengan spesifikasi pabrik adalah hal yang bijaksana dilakukan.
Jangan pernah mencoba merombak RPM dengan kecepatan tinggi terus menerus, karena bisa merusak motor. Jangan pernah mencoba menggeser motor dari gigi kelima ke gigi pertama dengan sangat cepat. Hal itu akan berpotensi merusak cincin piston motor kita.

7. Membersihkan permukaan
Sebelum kita mulai membersihkan motor, pastikan unit saklar pengapiannya, H.T. Coil dan peredam benar-benar tertutup dengan menggunakan lembaran plastik. Selain itu, hindari motor terkena sinar matahari langsung. Cobalah memarkir sepeda motor di tempat teduh. Sering terpapar sinar matahari akan membuat kusam penampilan motor kita. Sebaiknya, tutup motor dengan cover  motorcycle.  

Serat Fiber motor Anda harus selalu menggunakan kain MicroFibre (Kanebo) untuk membersihkannya. Kain Microfibre cukup murah dan tersedia dengan harga kurang dari Rp50 ribu.

8. Menjaga Aki
Aki sepeda motor perlu perawatan berkala untuk memastikan kehidupan panjang dan bebas masalah. Jika diperlukan, top-up aki dengan air suling. Periksa, apakah ada kebocoran aki. Sepeda motor harus bersih dan bebas dari segala jenis kebocoran aki. Jika motor tidak digunakan dalam waktu lama, Anda harus memastikan baterai harus tetap terisi penuh.

9. Perhatikan Rem
Pastikan  untuk mengontrol kedua rem yang menahan ban secara benar. Baik dalam hal rem menjadi terlalu ketat, atau terlalu longgar sangat berbahaya. Rem selalu disarankan untuk diperketat sesuai gaya dan kebutuhan pribadi pengendara motor. Ganti bantalan rem sepeda motor bagian depan jika terdengar suara melengking. Hal  ini bisa juga kerena kekurangan minyak.

10. Check Fork Oil 
Ganti minyak garpu sepeda motor kita untuk sekali dalam 12.000 kilometer.

11. Check Sprockets
Check Sprockets dan  replace bila diperlukan, batas keausan biasa untuk sprocket adalah 40.000 kilometres.

12. Riding Speed Try
Mempertahankan kecepatan berkendara 40 sampai 60 kilometer akan mengurangi konsumsi bahan bakar serta menjaga agar sepeda motor tetap sehat.

Jangan lupa, download aplikasi Mobil123.com di android (Google Play Store) dan iOS di Apps Store. 

Semoga bermanfaat!


Kompetisi Blogging Mobil123.com [Foto: Dok Mobil123.com]

50 comments:

Anisa Deasty Malela said...

Infonya sangat bermanfaat, terimakasih.

Siapa tahu bisa beli mobil tahun depan, aamiin

Adriana Dian said...

Wah lengkap banget nih ulasannya mas Jun. Baiklah, skrg aku udah tau kemana mesti cari tempat untuk jual beli mobil. Makasi infonya ya maaaaas

Unknown said...

Wah mba Annisa: Aamiin. Di Mobil123.com mba belinya.

Mba Adriana, wah terima kasih mba.. Di Mobil123.com pas banget nih mba.

Ani Berta said...

Bahkan mau jual mobil pun sangat mudah ya melalui mobil123.com

sally fauzi said...

Enaknya yak ada mobile123.com, mau jual beli mobil jadi mudah. Sharingnya lengkap banget Jun,mantap

lita chan lai said...

jun selalu lengkap infonya. semoga tahun depan gw bisa beli mobil ya...amiin.

Ya Yat said...

Wahhhhh infonya lengkap banget mas jun... bisa jadi panduan buat yg blom tau secara jelas soal Mobil123.com nih...

MH Kholis said...

ntar beli mobil ah, di mobil123.com
mantaf infonya wan.

Satto Raji said...

Artikelnya super lengkaapp bang.. Mantaps. Mobil123 satu tempat untuk referensi otomotif

Jun Joe Winanto said...

Teh @Ani: Iya teh, mudah banget dengan apps Mobil123.com ini mau ngapa2in. Mau jual, beli dimudahkan semuanya.

Mba @Sally: Bener banget Mba Sally, mudah banget sekarang, aplikasi Mobil123.com mudahin kita-kita buat beli dan jual mobil.

Mba @Lita: Aamiin.., aamiin... Aamiin... Belinya di Mobil123.com yaa Mba Lita

Mba @Yayat: Mobil123.com ini jadi referensi bapak saya juga buat cari mobil. Lebih mudah dan prosesnya cepet banget.

Mas @Kholis: Mantaaaaap... semoga tercapai dan terwujud ya mas... aamiin. Belinya di Mobil123.com pastinya.

Mba @AdrianaDian: Jadi, nanti kalo mau beli di Mobil123.com aja... lebih mudah, cepat, dan hemat waktu. langsung deh mobil pindah tangan.

Anisa Deasty Malela said...

Kalau mau beli mobil, baru ataupun second paling recommend di mobil123.com ya Masa Jun.
Siip deh, terimakasih informasinya

Wichan said...

Lengkap beud, kek toserba nih tulisan. Aku setuju, beli mobil gak harus baru, karena disesuaikan dengan kebutuhan, kalau cuma prestige sih sekalian aja yg sekelas alphard ke atas ya. Jadi sekalian dapat gengsi dan fungsi. Hihihi.

Diah Woro Susanti said...

Jun di mobil123.com bs tukar tambah ga ya? Kalo ngga, sistem cicilan ada ga jun?

Natara said...

Bismillah semoga tahun 2018 ini bisa beli mobil ya... Pasti belinya di mobil123.com deh yg lebih terjamin

Jun Joe Winanto said...

Mas @Satto: Waah... ternyata pengguna Mobil123.com juga yah... cakeep. Mudah dan cepat ya Mobil123.com ini. Simple banget.

Mba @Anisa: Wah, saya doain nih Mba Anisa, semoga bisa segera dapet mobil dari Mobil123.com. Aamiin. Mobil123.com, recommended Mba.

Mba @Wichan: Yes Mba, mesti sesuai kebutuhan. Nah, di Mobil123.com inilah kita bisa pilah pilih sesuai kebutuhan dan isi kantong kita.

Jun Joe Winanto said...

Mba @Diah: Mungkin bisa langsung kontak Mobil123.com Mba, siapa tahu bisa dan ada. Coba deh mba.

Mba @Natara aka kokom: Waah... aamiiin aamiin aamiin... saya bisa numpang yak mba... eeh beli juga ding. Hahaha... pastinya di Mobil123.com doonk belinya.

Robit Mikrojul Huda said...

Lengkap banget infonya. Semoga aku juga bisa beli mobi. 😇

Jun Joe Winanto said...

Mas @Robit: aamiin, semoga segera terwujud Mas. Langsung aja ya nanti beli di Mobil123.com, ga pake lama dan ga pake ribet.

cendekia channel1 said...

wah memberikan banyak kebebasan ya bang jun .. jadi plong bacanya.. nice info gan

Jun Joe Winanto said...

Mas @Arkian aka Cendekia Channel1: Yes Mas, ga repot dan ga susah-susah pokoknya mah di Mobil123.com

Mugniar said...

Teknologi sekarang memudahkan semuanya ya Mas Jun. Gak kebayang kalo masih kayak dulu, nyari apa-apa lama. Untung sekarang bahkan untuk uurusan mobil pun ada aplikasinya.

Uli Hape said...

aku mau cari mobil juga ah, doain ya mas jun bisa beli nih, aku suka sih pake aplikasi ini buat hitung2

Jun Joe Winanto said...

Mba @Mugniar: Bener banget Mba, sekarang tekonologi makin cepat dan terus berkembang. Ga pake lama ga pake ribet, semua sudah difasilitasi. Manja?? Ga tuh! kita dituntut untuk terus nambah skill dan pengetahuan. Makanya, siapa lambat akan ketinggalan. Ah, Mobil123.com memudahkan transaksi jual beli mobil makin lancar bebas hambatan.

Kak @Uli: aamiin kak aamiin. Enak ya kak pake apps Mobil123.com ini, gak pake ribet. Yang jelas, semuanya jenis kendaraan, tahun, dan harga ada di apps-nya, tinggal pilih aja mau mobil dari merek apa dan keluaran tahun berapa. Yang lama ada, yang baru juga tersedia. Aman lagi.

mpo ratne said...

Biasanya mesin yang di perhatikan. Kondisi mobil juga, jgn sampai beli jadi masalah baru.

miss dapur said...

Miss suka nya mobil sporty. Et dah gaya dah miss. Bukan sekedar jalan tapi mobil kalau bersih enak di pandang mata. Namanya juga pere suka keindahan

Jun Joe Winanto said...

Mpo @Ratne: Yoyooi Mpo... di Mobil123.com ini, semua dikasih tahu pok, jadi aman.

Mba @MissDapur: Iya doonk, kalo mobil bersih enak naikinnya. Pede naek miss... Di Mobil123.com ini, mobil lawas dan baru tetep kinclong2 Miss, don't worry miss, dijamin dah.

Rosanna Simanjuntak said...


Paling suka kutak-katik simulasi 'Kalkulator Pinjaman"

:).

Jun Joe Winanto said...

Mba @Rosanna: utak atik angka itu bikin melek ya Mba. Nah, biar tambah melek lagi, coba buka Apps Mobil123.com... makiiin melek, mobilnya mau baru or lawas tetep kinclong mba. Hehehe

Ambar Pravita said...

Wah,, sekarang semua ada aplikasinya yaa.. Nice info kak :)

P_Vita said...

Nice info kak. Bisa buat referensi nih..

Jun Joe Winanto said...

Kak @Ambar Pavita: Iya nih kak, enak sekarang, beli dan jual mobil dalam genggaman pake Mobil123.com. Aman, mudah, dan terpercaya.

Farida said...

Aku jg lbh suka beli mobil bekas. Kalau pinter milih merk dan kondisi, harga jualnya ga selisih jauh dg pas beli ��

Jun Joe Winanto said...

Kak @P_Vita: Alhamdulillah kalo bisa buat referensi, Bangeeet ini Mobil123.com. Bisa transaksi di mana aja kita mau.

Mba @Farida: Yes... duit yang lainnya bisa ditabung ya Mba.

Agung Han said...

Mobil123 sdh sangat familar dan terpercaya, so ga usah ragu jual beli dg portal.otomotif keren ini

muthiah alhasany said...

Memang ini acuan yg paling tepat buat kita yg cari mobil bekas ya.

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Sekarang, beli mobil serasa beli baju lewat online. Tinggal sentuh2. jadi deh.

Jun Joe Winanto said...

Mas @Agung: bener banget, terpercaya dan selalu update. Mudah lagi pakai Mobil123.com ini.

Mba @Muthiah: mobil baru juga ada Mba. Jadi, kita ga repot-repot kudu ke dealer.

Pak @Casmudi: Bukaaan lagi Pak... Pokoknya mudah, mau tipe apa aja tersedia di Mobil123.com

Dennise Sihombing said...

Jun, aku pernah punya pengalaman beli mobil sedan 20 tahun yang lalu merk RENAULT.Mobil luar wiih...susah cari spare partnya. Terus belinya second dari orang lain. Ya ampun setahun itu merongrong kantong luar....biasa. Udah mana kita memang gak ngerti mobil. Akhirnya jual murahlah. Untung sudah ada mobil123.com yang aku sudah klik websitenya, okey banget. Semua informasi yang disampaikan detail. Jadi kelak beli mobil lagi tinggal klik saja mobil123.com ya

Dewi Nuryanti said...

Sebulan belakangan ini aku lagi rajin nih melipir ke mobil 123. Ingin memantapkan hati kira2 mo beli yang baru atau seken. Klo seken, apa saja resikonya dan klo baru apa juga resikonya
Spy gak nyesel sih

Jun Joe Winanto said...

Kak @Denise: Naaah... Spare part kadang jadi kendala ya kak. Di Mobil123.com, aman kak.

Mba @DewiNur: Iya, Intinya mesti bijak Sana sini Mba. Tapi udah terbukti Mobil123.com 👌 punya.

Ety Budiharjo said...

Iya penting juga yak history mobil yang mau dijual supaya pembeli tidak tertipu. Bedewey jadi mau jual mobil juga nih...

Dikki Cantona Putra said...

sekarang sarana beli mobil bekas sudah jadi sangat mudah banget ya mas. jadi, lebih nyaman dan tidak menyita waktu yang lama dalam hal membeli mobil bekas. apalagi mobil yang dijual kualitasnya udah dijamin bagus banget mantab

Jun Joe Winanto said...

Mba @Ety: Wah iya Mba, penting banget memang history satu mobil itu sebelum kita beli, biar kita ga tertipu. Tetapi, di Mobil123.com ini, Insya Allah Aman dan terjaga Mba. Sudah dibuktikan banyak orang-orang yang bertransaksi sebelumnya. Ayoo Mba, kalo mau beli dan jual lagi, ini sudah ada apps yang mudahin kita. Ga perlu repot-repot juga ke dealer. Tinggal klik aplikasi Mobil123.com. Bisa di Android, Hybrid, juga di iOs Mba.

Mas @Diki: Ya mas Diki. Enak banget sejak ada aplikasi Mobil123.com ini. Mau kapan dan di mana aja transaksi, tetep bisa dilakukan. Ga buang-buang waktu mesti harus datang ke kantor. Pokoknya benar-benar buat asyik dan enak deh ini aplikasi Mobil123.com. Cadaaassss Mas!

Selamet Hariadi Mobil said...

Serba online, cari mobil pun mudah dengan web ini...

Jun Joe Winanto said...

Mas @SelametHariadi: iya Mas, platform ini ga ribet, Ada appsnya juga di android, hybrid, dan iOS. Gampang bener mau apa2.

Jalan-Jalan KeNai said...

asik, zaman now beli mobil pun tinggal online. dan udah ada situs yang terpercaya seperti mobil 123 ini :)

Dede Ariyanto said...

Wih gampang banget yah beli juga jual kalo di mobil 123. Kapan-kapan, kalo pengen beli mobil di sini aja ah. :)

zaccheo saabeq said...

Mba @Jalan2Kenai Ya Mba. Mudah banget sekarang ini mau ngapa2in.Apalagi kemajuan zaman yang support semuanya.

Mas @Dede: Gampang banget mas. Ga pake repot dan ribet.

john jemmy said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Mr.John kerry jemmy, pemberi pinjaman pribadi memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman investasi, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan melihat lebih jauh, karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda, kami memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% kepada perorangan dan perusahaan dalam persyaratan dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Tidak memerlukan cek kredit, dijamin 100%. Hubungi kami hari ini dan Anda akan dengan senang hati melakukannya karena kami berada di sini untuk melakukan semua masalah sejarah keuangan Anda.

Kirimkan kami email ke: (creditcashexpress8@gmail.com)

muthiah alhasany said...

Mantap Jun