Rabu, 22 November 2017

MAN 3 Malang, Acuan Sekolah Madrasah Unggulan di Indonesia




Bicara sekolah, terutama sekolah yang berlandaskan agama, menjadi  nilai tersendiri di mata orang tua. Model sekolah seperti madrasah, kini makin diminati, mengapa? Tidak saja karena dibekali ilmu-ilmu umum, tetapi terpenting ilmu agama sebagai dasar dan pegangan untuk mencetak generasi Islami yang kuat dan mandiri. 
 
Madrasah Terpadu Malang dalam IIEE 2017 [Foto: Dok Pri]
Landasan agama menjadi pegangan ketika mereka menuntut ilmu. Madrasah salah satunya, sebagai sekolah yang mampu menciptakan keseimbangan hidup, dunia dan akhirat. Nah, salah satu sekolah yang terintegrasi dalam satu kesatuan sistem pendidikan adalah sekolah madrasah terpadu kota Malang.

Madrasah terpadu kota Malang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat sekolah dasar), Madrasah Tingkat Tsanawiyah (setingkat SMP), dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA). 

Terbentuknya Madrasah terpadu ini, menurut Mashudi, salah seorang guru di MTsN 1 kota Malang, dulunya berasal dari Pendidikan Guru Agama (PGA) negeri Malang. PGA tersebut meliputi PGA  4 tahun, PGAP 4 tahun, dan PGAA 6 tahun. 


Suasana IIEE 2017 di ICE BSD,Tangerang Banten [Foto: Dok Pri]

Sementara, MIN mulanya sebagai sekolah latihan dari PGA. Namun, sekitar tahun 1977 PGA dihapuskan, PGA 4 tahun berubah menjadi MIN, PGAP 4 tahun menjadi MTs, dan PGAA 6 tahun sebagai  MAN.

“Alhamdulillah, kami berjuang tahap demi tahap, MIN dimajukan terlebih dahulu. Saat MIN sudah maju bertaraf internasional, lalu merambah ke MTs dan MAN. Dulu, kawasan Jalan Bandung itu menyedihkan dan kumuh. Namun sekarang, kawasan Jalan Bandung makin dikenal dengan kawasan Madrasah Terpadu,” tuturnya.

Madrasah terpadu kota Malang banyak dijadikan contoh oleh madrasah lain di Indonesia. Di sekolah ini, hal utama yang menjadi perhatian selain fokus pada proses belajar, juga menekankan pentingnya nilai-nilai kebersihan dan keindahan. Peningkatan keahlian sumber daya manusia, terutama guru pun tak luput dari perhatian.

Menurut Mashudi, dulu sebelum ada aturan seorang guru boleh mengajar bidang studi lain, masih diperkenankan. Tetapi kini, tidak. Tata administrasi di sekolah ini juga terus diperbaiki dengan mengikuti arahan dan petunjuk dari pusat.  
 
Apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar nama Madrasah Aliyah? Ya, Madrasah Aliyah sebagai sekolah Menengah sederajat dengan  SMA berlandaskan Agama Islam. Madrasah yang berlokasi di jalan Bandung 7 Malang ini sudah ditetapkan menjadi salah satu dari beberapa MAN unggulan di Indonesia.


Beberapa stand yang ikut serta IIEE 2017 di ICE BSD, Tangerag Banten [Foto: Dok Pri]
Di kompleks Jalan Bandung 7 Malang ini berdiri tiga Madrasah. Selanjutnya, oleh Departemen Agama RI ditetapkan sebagai Madrasah Terpadu terdiri atas MIN Malang 1, MTsN Malang 1, dan MAN 3 Malang. Madrasah Terpadu Malang secara terus menerus berpacu meningkatkan kualitas layanan dan pelaksanaan pendidikan, sehingga sekarang sudah menjadi salah satu sekolah paling favorit di kota Malang.

Hal itu terbukti dari ragam prestasi yang diraih serta sangat membanggakan. Contonya, juara I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (UKS) tingkat Nasional. Karena itulah MAN 3 Malang menjadi sekolah favorit se-Malang Raya bahkan se-Indonesia. 

Di sekolah unggulan  ini banyak fasilitas pendukung siswa saat belajar. Program-program studi yang dimiliki pun sangat berguna, baik untuk masyarakat maupun lingkungan dan menjadi acuan pula ketika memilih  program studi di perguruan tinggi. 

Sebagai sarana refreshing, menambah kemampuan, serta bakat  siswa-siswinya, MAN 3 Malang punya kegiatan ekstrakurikuler yang cukup banyak sesuai keinginan siswa. 

Selain itu, untuk mendukung kegiatan  belajar mengajar siswa, sekolah ini juga punya beragam fasilitas, antara lain Ruang Multimedia; dilengkapi LCD, AC, meja rapat, tempat duduk bertingkat, sehingga dapat dioperasikan sebagai tempat rapat, diskusi,  juga nonton layaknya bioskop.

Ada laboratorium bahasa: dilengkapi  LCD dan AC. Sementara itu, laboratorium Bahasa Visual dengan komputer, tempat berbilik, LCD, dan ruangan ber-AC juga dihadirkan untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris, Indonesia, Jepang, Arab, Mandarin, dan Jerman.

Lab komputer, lab sains, kebunTOGA, Green House, Asrama, Sanggar Pramuka sebagai ekstrakurikuler terbesar di MAN 3 Malang, hingga Studio gamelan dengan fasilitas Karawitan yang super lengkap. Pusat Sumber Belajar Bersama juga punya fasilitas penginapan sama seperti hotel mini plus restoran, aula untuk diskusi, baik dari pelajar maupun umum.

Bicara prestasi, jangan ditanya. MAN 3 Malang punya segudang prestasi.  Dari juara  1 Lomba Lingkungan Sehat (LLSS) tingkat Provisi Jawa Timur, hingga  juara 1 Lomba Karya Ilmiah tingkat nasional pun disabet. 

Tak heran, jika MAN 3 Malang jadi incaran dan unggul di semua bidang. Sekolah ini pun punya program unggulan dan reguler. Program unggulan seperti Program akselerasi (Percepatan) yang ditawarkan kepada siswa cerdas dan bertalenta hanya dalam waktu 2 tahun. Program Madrasah Aliyah Berstandar Internasional (MABI) berbasis kurikulum dari Timur Tengah pun menjadi incaran siswa/i. Untuk bisa masuk ke dalam program tersebut, calon siswa/i harus ikut beberapa tes untuk memperoleh siswa/i yang benar-benar berkualitas.

Di MAN 3 Malang ini memberikan empat jurusan yang masuk dalam program reguler. Program ini akan ditempuh siswa/i di kelas XI, yang dapat dipilih IPA, IPS, Keagamaan, dan Bahasa. Sebagai sekolah yang juga mengikuti perkembangan teknologi informasi, di sekolah ini juga diberikan Hotspot untuk memudahkan siswa mencari sumber bacaan maupun referensi tugas. Agama Islam sebagai landasan pembelajaran menjadi pegangan kuat di sekolah ini. 

Madrasah Aliyah 3 Malang, acuan sekolah unggulan di Indonesia [Foto: Dok Pri]
Kehadiran MAN 3 Kota Malang di IIEE 2107 ini semakin menambah deret panjang sekolah madrasah berkualitas di Indonesia.  

4 komentar:

Febrianty Rachma mengatakan...

Bangga jadi salah satu alumni MAN 3 Malang. Semoga madrasah semakin dilirik dan bisa jadi referensi pilihan ya buat para ortu di luar sana. Makasih mas Jun atas infonya

Jun Joe Winanto mengatakan...

Weiiiitssss... arek Malang metu ki... Jebolan MAN 3 ki pancen oye. Manteeep yaak. Pantesan menang di ajang nasional dan internasional, disiplin kunci utama dan agama Islam jadi landasan paling penting. Mantaaap memang.

Kanianingsih mengatakan...

Semakin banyak sekolah agama berkualitas semoga makin baik mada depan bangsa ini

Jun Joe Winanto mengatakan...

Ya Mba Kania, bener banget. Aamiin. Semoga dengan bertumbuhnya sekolah2 Islam makin sukses dan berkah. Aamiin.