Minggu, 05 Juni 2016

Cara sehat Ibu Hamil ala ProSehat

Dokter Bram Pradipta, SpOG dalam paparannya
Menjadi #IbuPintar dengan Capai Kehamilan Optimal
Foto: Dok. Pribadi
Siapa yang tidak ingin sehat di sepanjang hidupnya? Apalagi wanita yang sedang menanti masa-masa kehadiran buah hati. ProSehat, sangat peduli akan hal ini. Bersama dr. Bram Pradipta, SpOG, ProSehat berbagi cara sehat untuk wanita-wanita Indonesia yang sedang hamil agar tercapai kondisi kesehatan dan kehamilan optimal.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan optimalitas kehamilan seorang ibu. Dokter Bram Pradipta dalam paparannya menjelaskan beberapa hal, diantaranya asupan gizi atau nutrisi selama kehamilan. Nutri menjadi hal penting selama seorang ibu menjalani kehamilan.

Kebutuhan gizi seorang ibu hamil sangat perlu diperhatikan. Karena itu berkait dengan tumbuh kembang otak dan janin bayi itu sendiri. Hal penting adalah asam folat. Ini penting untuk pertumbuhan otak sang janin. Fungsinya sangat vital untuk bayi,  yaitu untuk mencegah kelainan otak dan sistem syaraf pusat atau mendeteksi untuk kelainan yang sebelumnya.

Kadar normal konsumsi asam folat untuk ibu hamil, sebelum hamil disarankan mengonsumsi 400mcg, trimester 2-3 dengan dosis 600mcg, dan selama menyusui 500mcg. Bagaimana jika terjadi overdosis asam folat? Hal ini akan mengakibatkan alergi, perut kembung, insomnia, dan nafsu makan mengalami penurunan.

Selain asam folat, kalsium menjadi salah satu zat yang vital untuk ibu hamil dan bayi. Fungsi kalsium di sini untuk menurunkan atau menjaga-jaga kemungkinan seorang ibu  hamil mengalami hipertensi dalam kehamilannya, juga untuk mencegah preeclampsia. Batas kadar normal untuk mengonsumsi kalsium selama kehamilan antara 1.500-2.000 mcg, > 3.000 mcg dapat menghambat penyerapan Zn dan Fe hingga menyebabkan batu ginjal. Perlu menjadi catatan ibu-ibu yang sedang hamil untuk tidak menngonsumi kopi, karena kopi dapat mengurangi penyerapan kalsium.

Kebutuhan gizi lainnya tetap diperlukan, seperti kalori, protein, karbohidrat, lemak, serta, multivitamin, herbal dan suplemen tumbuhan akan tetapi perlu mendapat perhatian keamanan saat penggunaan, aman untuk janin yang dikandung dan tidak memiliki efek samping. Yang paling perlu diketahui adalah, ibu hamil harus mengetahui kategori obat yang akan dikonsumsi, apakah tergolong obat keras atau generik.

Hamil tak sekadar hamil. Banyak hal yang perlu menjadi perhatian. Konsumsi obat-obatan pun begitu.Untuk menghindari faktor risiko, apabila seorang ibu hamil memiliki riwayat penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat, lebih baik konsultasikan ke dokter kandungan Ibu. Hal itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seorang ibu hamil perlu mengetahui apakah minum obat sangat diperlukan atau tidak. Memastikan bahwa obat yang dikonsumsi. Tidak ada obat yang dianggap 100% aman untuk perkembangan janin. Obat diberikan kalau manfaatnya lebih besar dari risiko, baik untuk ibu maupun janin. Apabila dimungkinkan, semua obat dihindari pada trimester pertama, karena saat itu organ tubuh janin dalam masa pembentukan.

Metabolisme obat ketika hamil lebih lambat dari saat tidak hamil, sehingga obat lebih lama berada dalam tubuh. Pengalaman penggunana obat terhadap ibu hamil sangat terbatas, itu karena uji klinis obat ketika akan dipasarkan tidak dapat dilakukan untuk wanita hamil.
Tentunya, selama kehamilan, pola  makan sang ibu perlu mendapat pengaturan. Apalagi, asupan nutrisi yang diberikan untuk “dua orang”, sang ibu sendiri dan calon bayi yang dikandungnya. Jangan sampai seorang ibu hamil berat badan melebihi dari batas normal rata-rata seorang ibu hamil.

Pada manusia, reproduksi generatif melibatkan bersatunya sperma (pria) dan sel telur (wanita). Proses itu disebut fertilisasi. Hasil fertilisasi terbentuk zigot yang mengalami bagian-bagian untuk berkembang menjadi embrio. Embrio lantas berkembang menjadi janin. Pertumbuhan dan perkembangan janin berlangsung di dalam rahim.
Ada masa yang disebut usia Gestasi pada masa kehamilan seorang wanita, yaitu periode waktu antara konsepsi atau pembuahan dan kelahiran. Selama ini, bayi tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu. Gestasi berarti membawa atau menanggung. Gestasi tercatat saat embrio atau janin di dalam rahim perempuan atau mamalia dan spesies bukan mamalia. Kehamilan yang lebih akurat, adalah proses dan serangkaian perubahan yang terjadi dalam tubuh dan jaringan wanita sebagai akibat dari janin yang sedang berkembang. Selama kehamilan, bisa ada satu atau lebih gestasi yang terjadi secara bersamaan; misalnya dalam kasus kembar.
Pada kesempatan yang sama, Dokter Gregorius Bimantoro, selaku pendiri ATOMA-PROSEHAT melihat begitu banyak orang Indonesia yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai obat-obatan. Oleh karena itu, atas dasar inisiatifnya, beliau membuat aplikasi untuk memudahkan masyarakat mengakses obat, dokter, dan tempat-tempat kesehatan.
Menebus obat/resep semakin gampang. Aplikasi ProSehat yang didesain mudah bagi pengguna membuat orang yang mengakses cukup beristirahat di rumah, obat akan diantar dari apotek resmi dengan pembayaran sistem transfer bank maupun COD khusus daerah Jakarta.
Aplikasi ProSehat ini ternyata sudah dirilis perdana pada 10 November 2015 dan untuk saat ini dapat didownload langsung di Android. Aplikasi ini memenangkan Seedstars World 2015 dan mewakili Indonesia di Swiss pada Maret 2015 lalu.
Untuk itu, fitur-fitur yang ada di aplikasi ProSehat sangat mempermudah untuk kita yang sedang sakit dalam mencari obat. Aplikasi ini free dan sangat mudah digunakan hanya beberapa langkah saja ketika kita ingin memesan resep, yaitu:
1.    Kirim foto atau unggah resep dokter. Jangan lupa tulis diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahkan verifikasi resep.
2.    Isi detail pengiriman dan pasien. Kita perlu mendaftar menjadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan.
3.    Ikuti perjalanan pesanan Anda dari menu pemesanan untuk melihat verifikasi resep dari apoteker, ketersediaan stok, hingga pengiriman produk ke lokasi Anda.
TIM PEDAS membacakan puisi pada ProSehat
Foto: Dok. Pribadi

Hal yang paling menyenangkan adalah aplikasi pesanan  ini diawasi oleh tenaga profesional dan dibuat dengan alur mudah sehingga memastikan Anda memperoleh  produk kesehatan yang benar dan aman. Acara makin seru dengan tampilnya TIM PEDAS membacakan puisi tentang wanita berjudul SRI RATU BANGSA karya Latifah Edib. Seru! 

0 komentar: