Rabu, 23 November 2016

26 Tahun JNE: Local Go International

Untuk ukuran seseorang, usia 26 tahun, itu bukan usia muda lagi. Itu sudah masuk dalam kategori dewasa. Dulunya masih dalam bentuk embrio, secara perlahan-lahan dilahirkan, menjadi bayi mungil, anak-anak, remaja, kini tumbuh menjadi dewasa. Begitulah JNE.

Kemal Bunder, membawa acara JNE Media & Blogger Gathering 2016
Foto: Dok. Pribadi
Seiring bergulirnya waktu, JNE membenahi diri. Mulai dari penambahan karyawan, armada, hingga perluasan jaringan. Tak luput pula, selama proses menuju kedewasaan, JNE beroleh beragam gelar. Pencapaian itu memang tidak mudah. Setapak langkah demi setapak dijalani dengan peluh perjuangan. Membangun kepercayaan bukan hal mudah.

Kepercayaan yang diberikan selama puluhan tahun dari masyarakat untuk JNE menjadi tolok ukur sebuah usaha layanan. Kepuasan dan ketidakpuasan datang silih berganti. Semua dilayani dengan penuh ketulusikhlasan tanpa pamrih, tanpa omelan, dan tanpa perang otot leher.

JNE genap berusia 26 tahun
Foto: Dok. Pribadi
Penanaman kedisiplinan memberi pelajaran penting kepada seluruh karyawan JNE untuk terus loyal menghadapi dunia global. Bekerja penuh perjuangan dengan sepak terjang tak mengenal aral rintang terus ditantang. Pekerjaan ini sulit-sulit gampang. JNE mampu memberi warna baru dalam kehidupan layanan jasa khususnya pengiriman dan logistik di negeri ini.

Tepat di bulan November 2016 ini, JNE memberikan momen penting dalam laju perkembangan perusahaannya. JNE menapaki usia yang semakin matang menghadapi tantangan. Era digital semakin membukakan dan melebarkan mata JNE untuk melihat dunia jasa pengiriman jauh ke depan. Pesaing banyak, tetapi kepercayaan pelanggan menjadikan JNE tetap dan semakin dipercaya.


Ketepatan dan efisiensi waktu pengiriman sampai ke pelanggan menjadi modal dasar dari pelayanan JNE. Kepuasan pelanggan menjadi magnet JNE untuk meneruskan kehidupan pengiriman dan logistik perusahaan ini. Sudah menjadi komitmen yang sangat luar biasa bagi JNE untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima dengan tagline “Connecting Happines” yang dilakukan dengan pengembangan dan inovasi untuk memenuhi keperluan customer yang semakin bervariasi.

JNE pun telah dianugerahi beragam penghargaan. Tahun 2016  ini juga beberapa penghargaan bergengsi singgah di tangan JNE. Indonesia Original Award 2016 dan Indonesian Customer Satisfaction Award 2016 pun mampir di ruang kantor JNE. Award tersebut tak semata-mata diperoleh begitu saja. Perjalanan panjang JNE tadi yang telah membuktikan hadirnya penghargaan itu di tengah-tengah aktivitas dan kesibukan mereka.
Penghargaan itu tak melenakan mereka. Jsutru itu menjadi lecutan lebih kencang untuk JNE melaju semakin di depan, membiarkan yang lain semakin ketinggalan dan terengah-engah mengejar.
JNE semakin di depan
Foto: Dok. Pribadi
Hampir 30% setiap tahunnya transaksi JNE meningkat tajam. Sejak tahun 2010, peningkatan itu terjadi seiring perkembangan e-commerce di era digital tadi. Hingga akhir tahun 2016 ini kapasitas pengiriman JNE telah mencapai  16 juta paket setiap bulannya dan diprediksi akan meningkat hingga 40% di tahun berikutnya. Mantap! Pencapaian dan target itu terjadi bukan begitu saja. JNE berkaca dan melihat pengalaman-pengalam yang terjadi dan mengiringi usaha mereka.

Peran SDM menjadi syarat penting dalam pencapaian target tersebut. Bertambhanya pengiriman membuat JNE terus meningkatkan berbagai sektor penting salah satunya seperti yang telah disebutkan. Tak dapat dipungkiri, perkembangan bisnis JNE yang semakin melaju ini menyerap sekitar 25 ribu tenaga kerja di beragam bidang di seluruh Indonesia.

Enam belas ribu karyawan bertempat di kantor pusat dan cabang utama di 34 provinsi, ditambah pula dengan jumlah karyawan kantor perwakilan, mitra atau agen JNE. Sistem pengelolaan karyawan yang dilakukan JNE pun berbuah hasil nyata, yaitu JNE memperoleh award dalam bidang Sumber Daya Manusia, Stellar Workplace Award 2016.

Dengsan enam ribu jaringan  di seluruh nusantara, membuat JNE semakin meluas. Diperkirakan, jumlah jaringan JNE akan terus bertambah hingga 15%. Satu hal lagi yang perlu diingat oleh pelanggan, kini JNE membuka mitra kerjasama dengan masyarakat secara terbuka. Salah satu syarat adalah jarak antara agen JNE yang satu dengan yang lain tidak boleh berdekatan.

Sementara itu, Connecting happiness JNE  menjadi terobosan untuk membina masyarakat dalam menghadapi persaingan bebas. Bahagianya terhubung dengan masyarakat baik pengirim maupun penerima menjadi satu hal penting yang terus dibina JNE.

Dalam kesempatan yang sama, Eri Palgunadi selaku Vice President PT TIKI JNE dalam keterangannya mengatakan, “JNE memberikan Shipper dan engagement kepada setiao pelanggan yang dituju. Hal lebih menakjubkan lagi adalah dari lokal menuju go international. JNE pun sudah melakukan terobosan dan inovasi dalam menghadapi era digital  sekarang ini, yaitu membangun aplikasi di playstore bernama myjne”.

Eri Palgunadi, Vice President PT TIKI JNE
Foto: Dok. Pribadi
Untuk masyarakat Indonesia, kini, tak perlu bersusah payah untuk mengirimkan barang melalui JNE. Tinggal klik aplikasi, makan shipper akan mengambil barang Anda dan mengantarkannya ke tempat yang dituju. Semudah membalikkan telapak tangan tanpa hambatan.

Selain itu, JNE pun talah membuat dan menempati gedung baru di beberapa kota seperti di Medan, Batam, Bandung, Semarang, Wangon (Jateng), dan Surabaya. Kantor tersebut berfungsi sebagai kantor juga titik layanan maupun gateway. Hal itu sebagai supporting pekerjaan agar pengiriman ke wilayah terpencil dapat dilakukan  secara efisien dalam waktu singkat.

Untuk memberikan kebermanfaatan kepada pelanggan setia JNE, tak tanggung-tanggung, pada tanggal 26 hingga 27 November 2016, JNE memberikan Hari Bebas Ongkos Kirim (Harbokir) bagi pelanggan juga masyarakat yang berkesempatan mengirimkan barang tanpa dipungut biaya apapun dengan syarat pengiriman di dalam kota saja. Fantastis!

Ya, penerapan berbagai strategi distribusi barang dan solusi dari berabgai tantangan yang ada dilakukan dengan mengandalkan lebih dari tujuh ribu armada. Waaw! Tujuh ribu armada mengirimkan barang ke seluruh wilayah Indonesia setiap harinya tanpa kenal lelah dan pamrih. Ukuran paket yang dikirimkan sangat beragam, dari paket terkecil hingga terbesar ada dengan transportasi yang sudah diberlakukan di setiap wilayah.

Strategi yang digunakan memperlakukan kerjasama JNE dengan berbagai pihak, salah satunya kerjasama dengan komunitas sepeda terkemuka untuk membantu JNE Eco-Courier. Itulah kerjasama kepedulian yang dilakukan JNE untuk lingkungan juga solusi efektif melakukan pengiriman di tengah jalanan ibukota yang semakin macet tak karuan ini.

Tak luput pula, Jaya Setiadi dan Ria Sarwono yang notabenenya pelaku bisnis dengan lini masing-masing, memanfaatkan JNE sebagai salah satu mitra kerja mereka dalam hal pengiriman barang, baik daerah di dalam Indonesia maupun di luar negeri. JNE benar-benar mengabdi untuk masyarakat.

Kiri: Jaya Setiadi, Yuk Bisnis.com
Tengah: Ria Sarwono, CottonInk
Kanan: Eri Palgunadi, VP TIKI JNE
Foto: Dok. Pribadi
JNE pun membidik sektor UKM, kenapa? Sektor UKM tersebut dapat lintas kelas, artinya dari kelas mana saja dapat menggunakan JNE sebagai mitra kerja. JNE menjadi satu kesatuan network global, artinya setiap hari selalu saja ada pengiriman.

JNE berperan aktif untuk memajukan bangsa. CSR JNE mendukung kerjasama dengan pihak eksternal dalam bidang olahraga, sosbud, pendidikan, dan sebagainya. Tujuan program itu dalam rangka pemberdayaan komunitas, UKM dan Masyarakat, sering dilakukan melalui program edukatif seperti seminar dan workshop, juga pelaksanaan program pendorong perkembagan usaha seperti produk layanan PESONA (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara).

Pesona menjawab keinginan konsumen dan mampu menggerakkan roda UMKM di bidang kuliner di setiap daerah. Sekarang, terdapat 631 produk yang sebagian besar UMKM ditawarkan dalam website yang beralamat di www.pesonanusantara.co.id.
Produk yang ditawarkan tersebut berasal dari Sabang hingga Merauke Indonesia. Mulai Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Semarang, Magelang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Malang, Medan, Makasar, Cilegon, Pangkal Pinang, Lampung, Bengkulu. Kemudian, Denpasar, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Gorontalo, hingga Pontianak.
Adapun jenis makanan yang dipasarkan antara lain, Bandeng Juwana dan Lunpia Semarang, Batagor Kingsley Bandung, Pempek Candy Palembang, Gudeg Bu Tjitro Yogyakarta, Brownies Kukus, dan Pisang Ballen Kartika Sari Bandung.
Kemudian, Bolu Meranti dan Bika Ambon Zulaikha Medan, Sambal Bajak Bu Rudy Surabaya, Dodol Buah Mataram, Getas Super Pangkal Pinang, Gethuk Trio Magelang, hingga masakan Rendang Rumah Makan Siti Nurbaya dan Dendeng Balado khas Padang bisa dipesan secara online dan dikirim ke alamat pemesan.
M. Feriadi, Presiden Direktur JNE mengatakan, “ Di hari jadi JNE ke-26, bertema “Menginspirasi Negeri”, JNE kuat keinginan memberikan inspirasi untuk bangsa. Setiap langkah JNE bertujuan memberi manfaat besar kepada karyawan, pelanggan retail, juga corporate, mitra, UKM, dan masyarakat luas. Harapannya, JNE berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara”.
Optimalisasi jaringan dalam negeri terus dilakuan JNE agar semuanya terhubung secara daring (online). Meningkatkan  sistem SMS informasi status pengiriman untuk pelanggan berkaitan dengan keberadaan paket. Kemampuan JNE untuk pengiriman luar negeri pun terus dikembangkan.
Di akhir tahun 2016, strategi distribusi untuk produk layanan JNE International Shipment semakin ditingkatkan, agar pengiriman lebih efisien baik dari sisi waktu juga biaya dengan tariff yang lebih hemat dan kompetitif. Pengiriam internasioan, disinyalir JNE dapat mengirimkan beragam paket, mulai paket biasa, hingga paket khusus ke lebih dari 250 negara di dunia di semua benua. Harapan dari itu adalah agar produsen lokal yang punya produk lokal dan ingin dipasarkan di luar negeri dapat meluaskan pasarnya hingga mancanegara.
Akan Anda berpaling dengan yang lain? JNE semakin di depan, yang lain ketinggalan!


2 komentar:

Syahran Syah mengatakan...

Moga pelayanan JNE tidak carut marut dan selalu mengedepankan kepuasan konsumen..hehee

Timothy W Pawiro mengatakan...

Wow, keren amat, 16 juta paket tiap bulannya!!! :)