Rabu, 26 April 2017

Suzuki IGNIS One Stop Vehicle Entertaining

Debutnya dimulai dari ajang eksibisi mobil  paling punya pengaruh di Indonesia, Suzuki sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia, hadir membawa nuansa baru untuk dunia mobil di negeri ini. Dimensi mobil Suzuki IGNIS berkonsep Crossover ini hadir relatif kecil untuk ukuran  di kelasnya. Meski begitu, tidak mustahil IGNIS akan sangat banyak mencuri perhatian penggemar di kelasnya.

Ibu Helen Representative Officer Suzuki IGNIS
Foto: Dok.Pribadi
Sebenarnya, dari negara tempatnya bermula, IGNIS merupakan pengganti dari Suzuki Cultus.  Sebelumnya pernah hadir sekitar 2008-2009 dan di 2016 mobil tersebut muncul dengan crossover kecil. Berbahan bakar bensin, meski kecil IGNIS dimuati mesin 1250 cc, dan tenaganya mampu menggapai di 89 Horse Power (HP). Sedangkan  torsinya sendiri berada di angka 118 nm. Selain  itu ditambah pula sistem transmisi 5 percepatan. Alhasil, ini membuat IGNIS punya ketangguhan berlari  dibilang cukup baik.

Salah satu varian warna SuzukI IGNIS Midnight Black Pearl
Foto: Dok. Pribadi
Kalau kita perhatian  ada 2 pilihan untuk pergerakannya, 4WD untuk varian paling tinggi. Sementara, varian standar penggerak 2WD. Suplai bahan bakar menggunakan MPFI (injeksi). Itu artinya, bahan bakar dapat dikontrol. Dari sisi kemudi yang menggunakan rack & pinion pastinya akan membuat kita sangat dapat menikmati serunya berkendara yang enak, baik, dan nyaman. Nah, tubuhnya yang boleh dibilang kecil, akan dapat membuat mobil ini mampu berlari dengan baik.


Varian warna Suzuki IGNIS Tinsel Blue Pearl Metallic
Foto: Dok. Pribadi
Suzuki IGNIS dibuat sebagai “Urban SUV” kenapa? Ya, karena beragam kekompakan yang terdapat di dalamnya memperlihatkan kemudahan dan kenyamanan interior yang dikemas melalui eksterior stylish. Mobil dengan harga di bawah 200 juta ini punya fitur  unggulan, berupa sistem rem ABS. Tetapi, di tipe tertentu belum ada sensor untuk parkir, mungkin agak menyulitkan ketika parkir, apalagi kalau tukang parkir tidak ada.

Varian warna Suzuki IGNIS Arctic White Pearl
Foto: Dok. Pribadi
IGNIS sudah menggunakan Dual Airbags. Fitur ini sangat menolong ketika ada benturan ke mobil. Suzuki IGNIS punya dimensi 3.700 x 1.690 x 1.595 mm. Artinya, dengan dimensi sebesar itu, IGNIS menjadi mobil Crossover yang terkecil di jual di Indonesia. Akan tetapi, jangan memandang kecil dari luar, ketika saya masuk ke dalam mobil tersebut, justru terasa lebar, dan tidak ada rasa sempit sama sekali. Pastinya Suzuki punya alasan, yaitu dari penataan ruang yang sangat baik, sehingga membuat ruang-ruang di dalamnya terasa masih longgar.


Mas Emir Reza Isnafi Strategic Planning Department Corporate Public Relation  (4W)
Foto: Dok. Pribadi
 Tubuh bagian depan IGNIS terlihat gagah. Grill dan aksen krom ada di sekitar lampu depan memberi kesan yang elegan dan sejalan dengan bumper. Bumpernya terlihat ada racikan sporty. Tampilan lampu kabut terlihat dengan desain membulat.

Untuk  bannya sendiri berprofil 175/65 R15, membuat IGNIS tampil lebih bergaya dan tetap memberikan kenyamanan saat berkendara di permukaan yang tak rata.

Struktur body Total Effective Control Technology untuk mendukung keselamatan dan platform baru HEARTECH, ini seperti struktur baru high-rigid underbody dengan material high-tensile steel yang memungkinkan IGNIS andal digunakan untuk jalanan offroad.

Untuk mendukung mobilitas dengan gaya hidup perkotaan, IGNIS memiliki material body ringan. Desain aerodinamis dikedepankan. Hal itu untuk memberi efisiensi bahan bakar agar lebih baik ketika melaju dengan kecepatan stabil (konstan). IGNIS punya air intake dengan tinggi 700 mm yang mampu membelah banjir di musim hujan.

Suzuki IGNIS tampak gagah dari depan
Foto: Dok. Pribadi
Bagaimana dengan mesinnya? Mesin IGNIS memiliki tipe K12M berkonfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, VVT. Oleh karenanya sangat andal digunakan untuk melihat performa begitu pula dengan bahan bakarnya terbaik di kelasnya. Konsumsi bahan bakar IGNIS mencapai 23,64 km/liter transmisi manual saat dilakukan drive test olehBT2MP-BPPT dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.

Mari kita bedel satu per satu untuk Suzuki IGNIS dari sisi eksterior. Desain stylish modern dengan dukungan lampu LED projector & Daytime Running Light (tipe GX). Dibenamkan lampu kabut dengan krom. Dengan lampu LED membuat usia pakai lebih awet. Teknologi LED memaksimalkan pandangan pengendara ke depan, karenanya memberi rasa aman saat berkendara di malam hari. Termasuk juga bagian high moutn stop lampnya.

Ada kekuatan karakter pada SUV Suzuki IGNIS melalui kotak-kotak kecil di bagian grill. Fender Garnish sisi kanan-kiri mobil dan pilar c dibenamkan slit-like design seperti membuat mobil bergerak cepat pada saat diam. Roof rail juga dipasang untuk tipe GX dengan tetap memperhatikan keindahan dan efisiensi berkat material aluminium.

Bagian belakangnya pun terkesan tangguh dengan tarikan garis. Ada flare fender dan rear bumnper garnish yang melintang horizontal berwarna hitam. Beberapa pilihan warnanya  Silky Silver, Arctic Whiter Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic, dan Glistering Grey Metalic. 

Sementara itu untuk tipe GX tersedia tujuh pilihan warna, Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic Whiter Pearl, Glistering Grey Metalic, Dualtone Uptown Red Pearl  & Midnight Black Pearl, Dualtone Tinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl, dan Dualtone  Tinsel Blue Pearl  dan Arctic Whiter Pearl.

Interiornya sangat futuristik. Warna pada doortrim juga disesuaikan dengan bagian eksterior, serta konsol tengah. Jok untuk pengendara dan penumpang depan dibaut sporty  model bucket seat, tetapi mewah dengan head rest yang ketinggiannya bisa disetel.

Dapur kendali Suzuki IGNIS
Foto: Dok. Pribadi
Bagaimana dengan lingkar kemudi? Di lingkar kemudi ada tombol untuk Multi Information Display (MID), audio yang bisa terkoneksi dengan ponsel untuk menerima maupun menolak panggilan telepon. Sudut kemudi pun begitu, dapat disetel untuk menaikkan kenyamanan.
Pengendara bisa mengetahui tingkat kenyamanan berkendara karena dipantau melalui meter cluster. Hal ini akan mempermudah mendapatkan informasi mengenai baterai aki, immobilizier,  power steering, ABS, hand brake, oil indocator, RPM meter, speedometer, safety belt, juga airbag.

Lampu LED untuk membantu pengemudi di malam hari
Foto: Dok. Pribadi
Head unit dipisah dari dashboard. Ini dapat mengakses radio dan pemutar CD atau USB berformat MP3/WMA. Ada pula Bluetooth (Tipe GX). Suhu kabin dapat disetel dengan desain unik yang dibuat seperti terpisah pula dengan dashboard. Semua tombol tekan ditampilkan secara digital.

Fitur Keyless Entry (tipe GX) memudahkan akses ke kabin. Pemilik bisa menyimpan atau meletakkan di kantong juga tas, selama jarak kunci tidak jauh dari 80 cm dari mobil. Kita juga tak perlu memasukkan anak kunci, tekan tombol START/STOP pada dashboard untuk mengaktifkan atau mematikan mesin. Suzuki IGNIS masih nyaman dikendarai untuk 5 orang.

Saat saya merasakan  sensasi berkendara, tidak terasa sempit sama sekali. Hentakkan kaki-kaki tidak berasa, begitu pula saat mengerem. Rem terasa halus dan tidak berbunyi derit.  Mesin Suzuki IGNIS sangat ramah lingkungan dan efisien untuk bahan bakar. Materialnya terbuat dari aluminium dengan 83 ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Performanya saat dikerahkan ke penggerak roda depan sehingga tetap memberikan ketenangan berkendara.

Transmisinya mengakomodir pengendara yang meminta efisiensi bahan bakar dengan pilihan transmisi manual lima percepatan. Pengendara yang ingin praktis ada pilihan perpindahan AGS. Transmisi memungkinkan pengendara dapat mudah melaju  di padatnya arus lalu lintas tanpa mengesampingkan performa  ketika dioperasikan secara  manual saat meminta akselerasi.

Fungsi-fungsi utilitas dan ergonomis dihadirkan IGNIS, seperti mampu memuat barang banyak di bagian depan melalui glove box, center console tray, dan dua cup holder. Ada juga rear console cup holder. Di bagian pintu depan ada ruang untuk menyelipkan bahan bacaan dan botol minum. Pintu kiri-kanan belakang juga ada tempat botol. Front seat back pocket ada di bagian punggung  jok penumpang belakang.

Barang-barang yang dimuat di bagian belakang sangat akomodatif. Dari 276 liter saat jok diberdirikan. Saat dibaringkan jok belakang, konfigurasi 60:40, diperkirakan 469 liter.  Dengan jok belakang dilipat total keseluruhan mencapai 947 liter.

Akses barang tak merepotkan juga dengan tinggi pintu bagian bawah ke tanah hanya 740 mm. Bibir pintu bagasi punya tinggi 715 mm lebar 995 mm. Dalam kabin, barang bisa ditumpuk hingga 950 mm dan lebar 1.160 mm. Panjang barang masuk mencapai 1.280 mm.


Test DriveSuzuki IGNIS salah satu varian warna Uptown Red Pearl 
Foto: Dok. Pribad
Sistem keamanan menggunakan anti lock  braking system dan electronic brakeforce distribution (ABS dan EBD). Ada pula brake assist (BA).  Dengan dibenamkannya fitur ini akan membuat  pengemudi merasa aman dan nyaman ketika terjadi pengereman mendadak atau normal. Sorotan  lampu LED dapat disetel  secara manual  yang disesuaikan dengan jarak pandang pengendara, karenanya berkendara terasa nyaman di malam hari.

Sementara, sabuk pengaman telah dilengkapi dengan fitur pretensioner & force limiter. 
Penumpang di depan pun tak perlu khawatir untuk keselamatan, karena sudah disisipkan pula Dual SRS Airbag. Kemudi dengan power steering akan memudahkan pergerakan. Pengemudi dapat leluasa bermain maneuver saat menyetir dengan tingkat presisi setir yang sangat tinggi.

Nah, untuk keluarga yang baru punya bayi, pastinya tidak akan kesulitan menggunakan child seat, karena Suzuki IGNIS punya standar untuk mengamankan bayi melalui ISOFIX di jok bagian belakang penumpang. Fitur immobilizer menjadikan Suzuki IGNIS mengecilkan kemungkinan terjadinya pencurian pada mobil, karena anak kunci punya sinyal sendiri. Artinya, tak dapat dihidupkan tanpa ada kunci asli.

Bagaimana dengan suspensinya? Ya, IGNIS memberikan nuansa aman, nyaman, dan tidak khawatir dengan penumpang lima orang, baik kecil maupun besar. Suspensi depan MAcPherson Strut dengan Coil Spring dan belakang berupa Torsion Beam dengan Coil Spring pula.

Foto bareng MACAN (Mama-Mama Cantik) usai Blogger Gathering Suzuki
The A Team
Foto: Dok. Pribadi
Jadi, pilih aku atau dia? Ya tetap pilih Suzuki IGNIS donk!


#GearToIgnite #SuzukiIgnis # UrbanSUV

2 komentar:

Tanti Amelia mengatakan...

Hentakan kaki-kaki... jangan-jangan ngebayangin naik kuda nih mas Jun hehehehe.. keren ya mobilnya, parkir satu deh buat mommahnya abang Cheo

Anjar Setyoko mengatakan...

Kece badai tuh mas jun mobil Suzuki IGNIS, BTW harganya berapa ?