Selasa, 25 April 2017

Tips Merawat Kendaraan ala Mobil123.com & Pertamina


Kendaraan, baik motor maupun  mobil sudah sewajarnya mendapat perlakuan  khusus. Cek dan ricek semuanya yang menempel di kendaraan menjadi keharusan. Ya, bayangkan saja, misalnya bepergian tanpa mengecek kondisi kendaraan sebelumnya, tiba-tiba terjadi sesuatu (tak ingin dan tak berharap pastinya), yang repot pastinya si pengendara, dalam hal ini kita sendiri.


Perawatan kendaraan itu sangat penting
Foto: Dok. https://apnigaripakistan.files.wordpress.com 
Hal tersebut sama seperti badan kita yang akan dipakai lama. Oleh karenanya, perlu multivitamin, menjaga kesehatan, rajin checkup ke dokter, dan tentunya menerapkan pola hidup sehat. Tidak bisa tidak, kendaraan pun sama seperti tuannya. Kita sebagai pemilik kendaraan jangan hanya tahunya naik saja, tanpa tahu sakitnya kendaraan yang kita punyai seperti apa. Minimal, kita bisa menjadi “dokter” untuk kendaraan kita sebelum masuk UGD dadakan.

Nah, berkenaan dengan hal ini, pada hari Selasa (25/04/2017) bertempat di The Hook Senopati, bersama  www.mobil123.com Portal Otomotif No.1 di Indonesia dan PERTAMINA, saya kembali diajak untuk mencari tahu cara-cara merawat kendaraan seperti semudah kita senyum. Pada dasarnya merawat kendaraan itu mudah. Mudahnya di mana? Ada kuncinya, yaitu RAJIN! Rajin ini banyak hal tentunya. Rajin mengecek kondisi kendaraan sendiri, rajin baca tips merawat kendaraan, rajin pula untuk mengecek ke bengkel apabila kondisi kendaraan mendekati (ke)-(dan) sudah benar-benar parah.

Pada kesempatan ini, Mas Indra Prabowo  selaku Managing Editor Mobil123 dalam sambutannya mengatakan, bahwa kendaraan itu menjadi penting dan sebagi penyambung kaki. Dan merawatnya pun semudah senyum kita.

Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123.com
Foto: Dok. Pribadi
Nah, kendaraan-kendaraan yang kita punya mesti dijaga kenyamanannya. Apalagi kalau kendaraan tersebut sering dibawa pergi perjalanan jauh, tentunya perlu perawatan yang tak asal. Kendaraan juga menjadi cermin si pemiliknya. Jadi, kendaraan-kendaraan yang kita miliki jangan asal banyak, tetapi pikirkan cara maintain yang baik dan benar.

Intan Prionggo,Humas Pertaminalub
Foto: Dok. Pribadi
Ibu Intan Prionggo selaku Perwakilan Humas Pertamina (Pertaminalub) juga mengatakan, “Kendaraan-kendaraan itu perlu dijaga dari kerusakan. Keamaan dan kenyamanan berkendara penting. Ketahui pula cara-cara merawatnya”.

Bapak Agung Prabowo (kanan) Perwakilan Pertamina dalam paparannya
Foto: Dok. Pribadi
Sementara itu, Bapak Agung Prabowo perwakilan dari Pertamina dalam paparannya menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  dalam merawat kendaraan, baik mobil maupun motor. Nah, untuk merawat mobil beliau memberikan beberapa tips sebagai berikut:

1.    Ketersediaan toolkit
Perlu mengecek kelengkapan dan kondisi setiap minggu. Hal itu untuk memastikan mobil siap pakai. Kita harus meletakkan kit dalam satu box khusus agar tidak terpisah-pisah. Ketika dibutuhkan ada dan mudah ditemui serta dapat langsung digunakan.

2.    Perhatikan kondisi jok mobil
Saat membuka kaca jendela mobil jika terlalu sering, itu akan menyebabkan jok mobil berdebu. Karenanya, vacuum cleaner sangat diperlukan untuk  membantu membersihkan debu yang menempel, ini untuk hal-hal ringan saja sifatnya.

3.    Kebersihan body mobil
Memang ya, tubuh mobil itu bagian yang sangat mudah dilihat dan dikenali kondisinya. Tetapi, jika kita lengah, bisa saja tiba-tiba didapati garis-garis pada mobil atau goresan tanpa sadar muncul.

4.    Kebersihan kaca mobil
Pemilik mobil biasanya akan merasa bahwa setelah mobil dibersihkan atau dicuci, otomatis kaca akan kering sendiri atau tercuci dengan sendirinya, tidak! Itu sangat tidak sederhana. Kotoran yang “nyelip” di sudut bingkai kaca, di bagian yang cukup tersembunyi berpotensi membuat kaca buram atau kusam. Bahkan  bisa juga menggores.

5.    Pastikan fungsi lampu mobil
Lampu depan, belakang, indikator, dan juga lampu kabin, wajib dioperasikan dalam kondisi yang baik. Dan itu semua harus  dihidupkan untuk tahu, apakah berfungsi atau tidak. Karena lampu-lampu itu membantu kita dan pengendara lain untuk tetap berada dalam kondisi aman.

6.    Cek oli mesin

Cek oli mesin itu penting
Foto: Dok. http://www.samarins.com/
Oli mesin harus diperhatikan dan perlu perhatian khusus. Meski ada rentang pemakaian, tetapi rutinitas memeriksa oli sangat disarankan.

7.    Cek air radiator
Hampir sama seperti mengecek oli, air di radiator menjadi satu item yang harus dipastikan  eksistensinya. Apakah mengalami kebocoran atau tidak. Efek dari air radiator yang bocor akan berakibat pada mesin.

8.    Cek kondisi aki
Aki punya peran penting  untuk kelistrikan mobil. Apapun yang berhubungan dengan bagian elektronik, utamanya akan bergantung dengan aki. Memeriksa rutin aki dapat dilakukan dengan memeriksa level indikator yang tertera.

9.    Ban serep
Ban cadangan harus juga diperiksa kondisinya. Ban cadangan penting ada di mobil. Dengan keberadaan ban serep ini berate  kita siap menghadapi kondisi yang tidak terduga, seperti ban bocor di tengah jalan tengah malam, atau di tempat yang tidak ada tambal ban.
Bagaimana dengan motor? Pak Agung pu memberikan beberapa tips jitu untuk merawat motor yang kita miliki. Apa saja tipsnya? Ini dia.

1.    Cek kondisi oli
Oli begitu pentingnya sebagai pelumas komponen mesin, untuk membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran dari aus komponen itu sendiri. Apabila sudah berwarna hitam, oli harus segera diganti secara berkala. Pakailah rekomendasi pabrikan yang sudah disarankan.

2.    Cek kondisi aki
Tidak membiarkan aki lewat dari batas maksimum dan minimum. Tambahkan pada pagi hari dan jangan membiarkan aki lemah tidak segera diganti. Ada efek terhadap kelistrikan kendaraan yang kita punyai, khususnya motor-motor modern yang saat ini menggunakan teknologi injeksi yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna alias minum bensin.

Nah, di kesempatan ini juga ada kehadiran seorang bikers wanita, Mba Iput Kusumonegoro yang tak lain anak dari Indro Warkop. Mba Iput punya tips juga ternyata untuk merawata kendaraan yang dimilikinya. Keluar langsung dari ucapan Mba Iput nih.

Iput Kusumonegoro, salah seorang biker wanita Indonesia
Foto: Dok. Pribadi
“Merawat kendaraan  itu seperti kita merawat pacar. Jadi perlu disayang-sayang, diperhatiin, dimanja-manja, jangan lupa dimandiin. Satu hal lainnya lagi,  jangan kasar kalo lagi dibawa nyetir. Maksudnya, kalau lagi nyetir kendaraan jangan kasar-kasar. Hal itu yang menyebabkan kendaraan  cepat rusak”.

Bapak Syahrudin (Paling kanan) Marketing Oil Pertamina
Foto: Dok. Pribadi
Hal yang paling penting dari semua ini adalah, bagaimana Pertaminalub menjaga kendaraan kita dengan oli-oli tangguh dan andal yang dimiliki Pertamina selama ini. Bapak Syahrudin sebagai perwakilan Marketing Oli Pertaminalub membeberkan, bahwa pada 2016 saja kapasitas produksi dari lube production cap 550.000 KL/Year, Grease production cap 3.000 MT/year, base oil production cap Group I 428.000 MT/th; Group II 20.000MT/th, VM production cap 15.000 MT/th, ISO certified facility (9000, 14000, 17025); base oil technology Group I shell hybrid; Group II SK Korea.

Beberapa varian oli Pertamina yang paling dicari
Foto: Dok. Pribadi
Market Coverage dari Pertaminalub meliputi Maket size 680.000 KL/year, total market share 56%; sedangkan produknya lebih dari 45 brands dengan teknologi terbaru untuk industrial dan retail market.

Penyebarannya berada di 7 area sales, 3 gudang skala nasional, 42 titik suplai, dan 160 distributor. Sedangkan dari sisi finasial, revenue Pertaminalun pada 2016 mencapai angkan 1100 million dolar.

Sarana dan Fasilitas yang dimiliki Pertaminalub pun sangat bagus, meliputi: Kilang Base Oil Group I dan II (Kilang Cilacap); Group III (Kilang Dumai). Di Lube Oil Blending Plant (LOBP) itu meliputi area Jakarta, Cilacap, Gresik, dan AMACO Thailand. Grease plant-nya merupakan Pabrik Gemuk yang berada di Jakarta.   

Selintas mengenai Kilang Pertamina, kilang merupakan tempat untuk mengolah minyak mentah menjadi produk BBM, non BBM dan Petrokimia, dan salah satunya adalah Lube Base yang di produksi di unit pengolahan Cilacap. LOBP sendiri adalah tempat untuk memproduksi pelumas. Dalam hal ini, Pertamina punya tiga lokasi Lube Oil Blending Plant, yaitu unit produksi pelumas Jakarta, Cilacap, dan Garut. Sementara itu, Grease plant sendiri merupakan  tempat untuk memproduksi gemuk atau grease. Berlokasi di Grease Plant Unit Produksi Pelumas Jakarta.

Nah, berkaitan dengan oli ini Pertamina mengeluarkan unit Oli  Enduro Matic G SAE 20W-40 API SL JASO MB. Enduro matic G dengan spesifikasi seperti yang disebutkan adalah pelumas yang didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari di mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT) seperti Yamaha (Mio, Aerox, N-Max), Honda (Vario, Beat, Scoopy, PCX), dan Suzuki (Adress dan NEX).

Apa sih keunggulan dari Enduro Matic ini? Ya, Pak Syahrudin menjelaskan bahwa keunggulannya dengan kualitas di atas genuine oil pada  umumnya dan harga lebih bersahabat. Bahan bakunya semi sintetik, berbau wangi, dan telah didesain untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi bahan bakar dan akselerasi yang sangat optimal. Adapula Pertamina Meditran SX BIO yang sangat ramah lingkungan.

Bagaimana dengan Fastron? Pertamina memang banyak mengeluarkan oli dengan beragam merek yang sudah disesuaika dengan fungsi mesin masing-masing. Fastron dengan NanoGuard Technology merupakan pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi. Secara optimal mampu melindungi mesin dan memberikan performa serta akselerasi optimal.

Fastron memberikan sensasi berkendara seperti mengendarai kendaraan baru. Diakui pula bahwa secara kualitas oleh pabrikan kendaraan (OEM-Original Engine Manufacturer), seperti mobil Merci, BMW, Volvo, Porsche, Toyota, Daihatsu, Honda, Lamborghini, dan lainnya.

Hebatnya lagi, Fastron ini mendukung kerja mesin yang ramah lingkungan. Teknologi mesin terkini yang menggunakan exhaust after treatment devices. Karenanya lebih hemat bahan bakar.

Ada tipe Fastron Platinum Racing 10W-60. Dari sisi kekentalannya SAE 10 W-60, performance level API, SN,ACEA A3/B3/B4 dan Lamborghini meng-approve untuk ini. Selain itu, ultimate performance full synthetic  olil (PAO & Ester) yang khusus dikembangkan untuk Lamborghini Squadra Corsa, termasuk untuk mobil sport, motorsport, dan mobil racing.

Sementara itu, Fastron Platinum 0W-40 kekentalanna SAE 0W-40 dengan performance level-nya meliputi API SN/CF, ACEA A3/B3/B4, MB, 295.1, BMW LL-01, VW 505/501, Porsche A40. Ultimate performance-nya fully synthetic oil (PAO dan Esrer) diperuntukkan untuk mobil premium, mobil sport, dan juga mobil racing.

Ada pula Fastron Gold 5W-30 dengan kekentalan SAE5W-30 Performance level yang meliputi API SN/CF, ACEA A3/B3/B4, MB 229.51, BMW LL-04 Renault RN 0710/0700, VW 502 00/505 00, GM Dexos2, minyak sintetik dengan performa tinggi. Biasanya untuk mobil yang modern dengan teknologi mesin terkini, baik untuk buatan Amerika, Eropa, juga Asia.

Fastron Gold 5W-40, dengan kekentalan SAE 5W-40, performance levelnya meliputii API SN/CF, ACEA A3/B3/B4. MB 229.51, BMW LL-01, Renault Rn 0710/0700, VW 502 00/505 00, GM Dexos 2. Minyak sintetik dengan performa tinggi yang cocok untuk mobil modern mesin terkini, baik buatan Eropa, Amerika, dan juga Asia.

Ada pula Fastron Techno 10W-30, ini cocok untuk mobil buatan  Amerika, Eropa, juga Asia. Dapat digunakan untuk mesin hingga lima tahun ke depan dan menjadi minyak sintetik dan efisien bahan bakar yang lebih baik. Kalau untuk penggunaan sehari-hari lebih baik, karena bahan bakarnya jadi efisien.

Nah, bagaimana dengan Fastron Techno 10W-40? Kekentalan oli ini SAE 10W-40 sebagai minyak sintetik yang memiliki performa. Cocok untuk mobil-mobil buatan Amerika, Eropa, dan Asia. Untuk kendaraan baru dapat bertahan hingga 3 tahun. Tingakt performanya meliputi API SN/CF, ACEA A3/B3/B4, MB 229.51, BMW LL-01, Renault RN 0710/0700, VW 502 00/505 00, GM Dexos 2.

Nah, varian terakhir oli Fastron adalah Fastron Techno 15W-50 dengan kekentalan SAE 15W-50. Tingkatan performanya API SN dan cocok untuk mobil buatan Amerikam Eropa, dan Asia. Kalau digunakan untuk kendaraan sehari-hari, suara mesin jadi halus, dan untuk kendaraan dapat bertahan hingga 8 tahun.

Di sela-sela ini pula Pak Agung menjawab pertanyaan beberapa pertanyaan rekan-rekan blogger, seperti untuk motor semacam RX 70 dan Bebek 70, kira-kira Oli yang pas dipakai seperti apa. Beliau menegaskan bahwa oli yang cocok untuk motor tua itu seperti Mesran dengan jenis-jenis tertentu pula.

Keseruan Blogger Gathering bersama Mobil123.com dan Pertamina
Foto: Dok. Pribadi
Acara Blogger Gathering Mobil123 ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan pengumuman pemenang doorprize.


Blogger Mba Yayat (kiri) mendapatkan action cam
Mas Zulfikar (tengah) mendapatkan helm
Mas Imawan Anshari (kanan) mendapatkan sarung tangan
Dalam Doorprize Blogger Gathering
Jadi, jangan tunggu lama-lama untuk merawat kendaraan yang kita punya.  


 Catatan Tambahan: 12 Tips Menjaga Sepeda Motor Agar Tetap Prima

Siapa sih yang tak mau menyimpan sepeda motornya agar tetap terlihat baru dan fit? Hal ini menjadi kecenderungan  umum untuk tidak merawat atau merawat sepeda motor Anda setelah beberapa bulan  atua beberapa tahun pembelian. Untuk menjaga motor agar tetap dalam kondisi baik, ada beberapa hal sederhana yang harus  dilakukan secara reguler. Perawatan sepeda motor yang penting untuk membantu Anda agar terus tersenyum untuk jangka waktu yang lama.

1. Periksa Ban Secara Reguler
Penting untuk memeriksa ban motor secara teratur. Perhatikan  secara menyeluruh kondisi motor dan tekanan udara sepeda motor Anda. Pastikan tekanan udara ban dipelihara pada tingkat yang memang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor kita. Lakukan pengecekan ban kalau-kalau ada kemungkinan pemotongan dan goresan yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ledakan ban. Jangan lupa cek ban motor setidaknya satu kali dalam sepekan. Juga periksa keseimbangan dan kesejajaran roda.

Alat pengukur tekanan ban
Untuk memeriksa tekanan Ban, Anda bisa menggunakan Aeoss Digital Tire Pressure Gauge yang sebenarnya merupakan gantungan kunci yang menampilkan tekanan gas pada motor dalam tampilan digital. Anda bisa membeli Aeoss Digital Tire Pressure Gauge dari Flipkart.

2. Periksa Minyak Mesin
Minyak mesin memainkan peranan penting dalam kelancaran pengoperasian dan perawatan motor Anda. Periksa secara teratur level oli mesin dan selalu tingkatkan level yang benar. Periksa kemungkinan kebocoran oli. Karena adanya deposit karbon, minyak akan menebal yang akan menciptakan hambatan dalam pergerakan internal mesin. Hal ini sangat penting untuk memahami bahwa menjalankan sepeda motor kita dengan minyak kotor tidak akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, akan tapi justru mengurangi umur mesin secara drastis.

3. Bersihkan saringan udara
Kondisi berdebu di akhir-akhir ini bisa menyumbat filter dalam waktu yang sangat singkat - pastikan agar saringan udara tetap bersih. Selalu ganti saringan udara pada interval yang disarankan, juga tingkatkan frekuensi pembersihan pada kondisi yang sangat berdebu.

4. Penyesuaian Kopling
Kopling digunakan untuk mengganti roda gigi pada interval reguler selama perjalanan dan sangat sering digunakan. Kopling harus disesuaikan dengan benar dan harus memiliki jumlah permainan bebas yang benar. Jangan mengencangkan kopling Anda terlalu sering - kopling yang terlalu kencang akan menyebabkannya tergelincir tanpa ada notifikasi untuk kita. Hal itu akan menyebabkan kenaikan konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan kita memiliki penyesuaian kopling yang tepat.

5. Mesin
Mesin adalah jantung sepeda motor kita. Servis sepeda motor secara teratur dan menyetelnya agar putaran mesin tetap menyala seperti jarum jam, sehingga mengurangi tagihan bensin motor kita. Perhatian khusus, saat membersihkan karburator dan menjaga jarak katup. Ingatlah agar karburator tetap bersih. Untuk setiap 1500 kilometer yang kita tempuh, bersihkan ruang pelampung karburator serta bagian lainnya. Jangan lupakan busi yang sangat penting. Pastikan steker Spark kita bersih dan celahnya disetel dengan benar, jika tidak, ganti steker Spark karena ini adalah tautan paling penting dalam pembakaran mesin yang baik dan tepat.

Bersihkan busi secara teratur, sebaiknya setiap 750 kilometer dalam kasus sepeda motor dua tak dan untuk setiap 1.500 kilometer untuk sepeda motor empat tak. Sebagian besar, sepeda motor modern akhir-akhir ini membutuhkan choke untuk digunakan, untuk bekerja ketika musim dingin melanda. Menggunakan choke membantu memenuhi norma emisi dan juga persyaratan efisiensi bahan bakar.

6. Sistem Transmisi
Rantai motor Anda membutuhkan pelumasan biasa sekaligus pembersihan dan penyesuaian. Gunakan parafin untuk mencuci rantai. Gunakan selembar kain dan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang telah terakumulasi dalam rantai. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan rantai, karena bisa mengotori rantai. Setelah kotoran sudah dibersihkan sepenuhnya, dengan bantuan kuas dan parafin seka rantai dengan kain kering yang bersih.

Anda bisa menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai. Juga periksa apakah rantai motor Anda memiliki ayunan bebas sekitar 2 sampai 4 mm pada umumnya, mengujinya dengan menggerakkan rantai ke atas dan ke bawah dalam arah vertikal dengan bantuan jari. Ingatlah bahwa rantai sepeda motor Anda harus memiliki ketegangan yang tepat dan ayunan roda belakang yang bebas. Setiap variasi dalam ketegangan rantai tidak akan menggerakkan roda belakang dengan lancar saat motor bergerak. Dalam kasus ini, jika rantai sepeda motor kendur, pengiriman daya dari mesin ke roda tidak akan optimal, sehingga mengakibatkan hilangnya daya karena tergelincir. Membawa sepeda motor ke montir atau pusat servis dan menyetel rantai yang disesuaikan dengan spesifikasi pabrik adalah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Jangan pernah mencoba merombak RPM dengan kecepatan tinggi terus menerus, karena bisa merusak motor. Jangan pernah mencoba menggeser motor dari gigi kelima ke gigi pertama dengan sangat cepat. Hal itu akan berpotensi merusak cincin piston motor Anda.


7. Membersihkan permukaan
Sebelum Anda mulai membersihkan motor, pastikan unit saklar pengapiannya, H.T. Coil dan peredam benar-benar tertutup dengan menggunakan lembaran plastik. Selain itu, hindari motor terkena sinar matahari langsung. Cobalah memarkir sepeda motor di tempat yang teduh. Sering terpapar sinar matahari akan membuat kusam penampilan motor Anda.

Serat Fiber motor Anda harus selalu menggunakan kain MicroFibre (Kanebo) untuk membersihkannya. Kain Microfibre cukup murah dan tersedia dengan harga kurang dari Rp50 ribu.

8. Menjaga Aki
Aki sepeda motor perlu perawatan berkala untuk memastikan kehidupan yang panjang dan bebas masalah. Jika diperlukan, top-up aki dengan air suling. Periksa apakah ada kebocoran dari aki. Sepeda motor harus bersih dan bebas dari segala jenis kebocoran aki. Jika motor tidak digunakan dalam waktu lama, Anda harus memastikan baterai harus tetap terisi penuh.

9. Jaga Rem
Pastikan  untuk mengontrol kedua rem yang menahan ban dengan benar. Baik dalam hal rem menjadi terlalu ketat, atau terlalu longgar sangat berbahaya. Rem selalu disarankan untuk diperketat sesuai gaya dan kebutuhan pribadi pengendara motor. Ganti bantalan rem sepeda motor bagian depan jika suara melengking terdengar. Hal  ini juga bisa dikarenakan kekurangan minyak.

10. Check Fork Oil 
Ganti minyak garpu sepeda motor Anda untuk sekali dalam setiap 12.000 kilometer.

11. Check Sprockets
Check the Sprockets dan  replace bila diperlukan, batas keausan biasa untuk sprocket adalah 40.000 kilometres.

12. Riding Speed Try

Mempertahankan kecepatan berkendara 40 sampai 60 kilometer akan mengurangi konsumsi bahan bakar serta menjaga agar sepeda motor tetap sehat.

Semoga bermanfaat!

#mobil123
#pertaminalubricants

8 komentar:

kurnia amelia mengatakan...

Makasih tipsnya kakak Jun,,pernah mogok motor saya dan akhirnya dorong sampai bengkel *akibat ga ngecek2 dulu ����.

rahab ganendra mengatakan...

tips yg sangat bermanfaat mas broooo :D

Ani Berta mengatakan...

Varian Olie Pertamina banyak banget ya? Dan kutahu pasti semua berkualitas :)

Tuty Queen mengatakan...

setuju sih ngerawat motor seperti ngerawat pacar..motor oke aja dimandiin, kalo pacar mah mandii sendiri :D

Anjar Setyoko mengatakan...

Untungnya motor saya matic mas jun, jadi nggak perlu meriksa kopling hehehe. Oh ya satu hal yang saya rindukan ketika kopdar bareng mobil 123. ceweknya itu lho cantik-cantik

Alia Fathiyah mengatakan...

Wuihhh mas jun tulisannya detil dan lengkap. Oli memang penting banget di cek, bisa bikin bensin abis.

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Mantap. Komplet penjelasannya, Mas. Waktu di acara, poin-poin awal perawatan kendaraan itu saya masih bisa mengikuti. Lanjut ke poin-poin terakhir, udah mulai roaming hahaha. Tapi lumayanlah agak melek sikit soal otomotif ini. Thanks, Mobil123.com. :)

Hanni Handayani mengatakan...

ya ampyun banyak bener yang harus di cek motor gw, secara mang lebih suka pakai daripada maintain he he