Senin, 15 Mei 2017

Membingkai Selfie dan Group Selfie Bersama OPPO F3, Sempurna!


Mall Kelapa Gading 3 riuh rendah dengan alunan musik dan lantunan lagu dari sekelompok band anak muda. Di samping mereka hadir layar lebar berukuran besar dengan kualitas gambar dan suara yang sangat tajam. Di atas layar tertera tulisan besar berwarna hijau OPPO.

OPPO F3 1st Sale di Mall Kelapa Gading 3
Foto: Dok. Pribadi
Ya, pada hari Jumat (12/05/2017), OPPO hadir di Mall Kelapa Gading 3 dalam tajuk acara 1st Sale OPPO F3. Di hari itu, kehadiran saya untuk menyaksikan secara langsung, bagaimana OPPO F3 sebagai dual selfie camera dijual untuk pertama kalinya di hadapan khalayak ramai.

OPPO F3 dalam keahliannya untuk selfie maupun grup selfie
Foto: Dok. Pribadi
Media Engagement OPPO Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan, bahwa keinginan besar masyarakat Indonesia semakin tinggi untuk smartphone Selfie Expert yang dikeluarkan OPPO. Fitur-fitur fotografi yang ada di smartphone OPPO terus berubah sehingga ketika melakukan selfie, hasilnya benar-benar memuaskan.

OPPO F3/F3 plus menjadi generasi paling canggih di tatarannya
Foto: Dok.Pribadi
“Keunggulan OPPO F3 sebagai penerus dari OPPOF1s dengan tidak lupa membawa keunggulan  tersendiri berupa fitur-fitur fotografi dengan dual selfie camera 16M + 8MP, baik untuk selfie maupun group selfie”, ucap Aryo.

Aryo Meidianto (Baju Biru) Media Engagement OPPO
Foto: Dok.Pribadi
Aryo menambahkan, mengapa OPPO F3 ini kuat dengan kata selfie dan group selfie. Menurutnya, kalau dulu foto bersama teman atau sendiri begitu sulit, perlu ada tambahan alat.  Kini alat tersebut mungkin  mulai dilupakan. Jika foto bersama-sama, pasti salah satu teman ada yang dikorbankan untuk mengambil gambar. Tetapi, kini itu tidak berlaku lagi. OPPO F3 memberikan wide angle yang lebar, sehingga baik selfie maupun grup selfie semua bisa masuk.

Kelas Blogger OPPO F3 dalam Group Selfie, memberikan lebih untuk camera phone
Foto: Dok. Pribadi
Sementara, menurut Mas Kristian Tjahjono Chief Editor www.YangCanggih.com di sela-sela 1st Sale OPPO F3 di MKG 3 mengatakan, tren selfie ini terus berkembang. Apalagi perkembangan kamera depan semakin canggih. Memang, terkadang ada yang dikorbankan untuk mengambil foto, terutama  teman. Nah, di sini, OPPO mengembangkan dual camera di depan untuk dapat bersama-sama melakukan foto.

Kristian Tjahjono Chief Editor www.YangCanggih.com dalam sesi fotografi bersama smartphone OPPO F3
Foto: Dok. Pribadi
“Hasil foto dari OPPO F3 dapat dicetak dan diperbesar hingga 14R dan itu tidak pecah. Dengan fitur dual selfie yang tersemat di OPPO F3 membuat smartphone ini jadi banyak penyukanya, karena dengan fitur itu kita seperti menggunakan dua kamera. Lensa kamera depan OPPO F3 juga dapat dipakai untuk memotret saat traveling. Jadi, untuk memotret gunung pun tak bakalan kelihatan setengah. Jadi, dengan OPPO F3 justru akan lebih hemat waktu dan pastinya hemat biaya”, urai Krist  biasa disapa.

OPPO F3 memberikan wide angle yang sangat memuaskan
Foto: Dok. Pribadi
OPPO F3 sebagai smartphone selfie expert yang memang canggih, baik, dan bagus untuk siapa saja penyuka selfie. Terkenal dengan dual selfie camera yang bersih, bening, dan kualitas gambar yang sangat tajam ketika foto dihasilkan. OPPO F3 ini, ketika saya gunakan serasa menggunakan dua kamera. Paling tangguh dan canggihnya lagi, OPPO F3 ini mampu mengambil angle yang sangat luas hingga 120 derajat. Oleh karenanya, double view group selfie camera memang pantas disematkan untuk OPPO F3.


OPPO F3 dual camera one for selfie one for group selfie bersama Kelas Blogger
Foto: Dok. Pribadi
Di 1st Sale-nya ini, banyak aktivitas yang dilakukan untuk pengunjung maupun blogger. Seperti yang saya ikuti beberapa waktu lalu. Ada selfie photo contest di empat booth OPPO F3 untuk IG. Jadi, ketika  kita ingin mengikuti selfie photo contest, kita diberi selembar kartu yang wajib diisi nama dan nomor telepon.
OPPO F3 1st sale activity di Mall Kelapa Gading 3
Foto: Dok. Pribadi
Setelah itu, di baliknya ada empat kotak kosong. Empat kotak kosong itu menunjukkan area untuk foto selfie maupun group selfie. Jika kita sudah melakukan foto selfie di salah satu booth foto, maka salah satu kotak akan distempel. Empat kotak stempel itu semuanya harus berisi stempel. Artinya, kita harus mengikuti foto selfie di keempat booth foto yang sudah disediakan.

Ketika saya mencoba selfie dengan OPPO F3 di booth photo contest
Foto: Dok. Pribadi
Setelah selesai di keempat booth, kartu tadi diserahkan ke usher untuk dimasukkan ke dalam fishbowl, selanjutnya diundi. Menarik-menarik sih hadiahnya. Kemudian, kita pilih salah satu foto yang menurut kita foto terbaik selfie dan paling bagus untuk selanjutnya di unggah di IG dan diberi caption: “Yuk ke Mall Kelapa Gading 3 Jakarta, Rasakan!#OPPOGroupSelfie dengan OPPO F3 dan raih hadiah menariknya #OPPOF3firstexp. 

Saya unggah salah satu foto group selfie yang menurut saya itu terbaik. Kemudian, foto tersebut masuk ke dalam box pencetakan, dan dicetak oleh usher. Jadilah foto itu sebagai satu bentuk kenangan saya saat menghadiri dan mengikuti 1st Sale OPPO F3  dan Selfie Photo Contest IG.  Ketika photo contest IG saya ikuti, bisa dilakukan per orangan maupun beberapa orang. Hal inilah yang menariknya dari OPPO F3. Mau foto sendiri bisa, mau ramai-ramai atau grup apalagi.

Nah, para usher OPPO F3 pun sangat membantu pengunjung dan juga saya. Mereka telah dibekali pengetahuan mengenai perangkat canggih ini. Tak ayal, usher ini sangat piawai ketika salah seorang konsumen menanyakan beberapa hal tentang kecanggihan Smartphone untuk pecinta selfie ini.

Inilah model lensa OPPO F3 dual lens camera yang canggih
Foto: Dok. Pribadi
Area Mall Kelapa Gading 3 itu disulap oleh OPPO menjadi tempat yang cozy dan nyaman untuk berlalu lalang. Tak kalah serunya nih, di tengah-tengah 1st Sale OPPO F3 ini, ada sesi khusus yang dihadirkan OPPO F3 untuk para pecinta fotografi menggunakan smartphone. Saya ikuti sesi yang benar-benar  dapat memberikan pencerahan dan penggunaan maksimal kamera OPPO F3 dalam hal memotret, baik wajah, badan secara keseluruhan, makanan, saat bepergian (traveling), kondisi rendah cahaya, dan suasana dalam ruangan.

Booth untuk foto menggunakan OPPO F3 sebagai dual selfie camera
Foto: Dok. Pribadi
Ya, untuk ini Mas Kristian Tjahjono selaku Chief Editor www.YangCanggih.com membahas tuntas  tentang fotografi  menggunakan Smartphone. Sebelumnya, Mas Kris menyampaikan mengenai generasi pertama kali hadirnya OPPO pada 2013, yaitu OPPO N1. Smartphone ini sebagai salah satu smartphone OPPO yang hadir dengan kamera putar untuk selfie.

Kemudian, makin ke sini OPPO terus berkembang dengan tipe OPPOF1, F1s, dan F3 plus. Tipe OPPO F3 plus kemudian memberikan cerita untuk selfie expert dual camera depan dengan 16MP (sudut pandang yang standar) dan 8MP (dengan sudut pandang ekstra lebar). Kamera utamanya memiliki 16MP (dengan sensor Sony IMX398) plus lensa f/1.7 memiliki phase-detection AF, dengan dukungan perekaman vieeo 4K. Expert mode-nya  manual control saat kita melakukan pemotretan.

Nah, di OPPO F3 ini, wide angle akan dapat mencapai sudut hingga 120 derajat. Artinya, lebih lebar dan dapat mencakup semua area. Mau melakukan group selfie beramai-ramai sangat bisa. Wide angle itu ketika kita gunakan untuk selfie bisa membuat frame foto lebih luas. Jadi, kita bisa group selfie dengan siapapun yang kita mau. Untuk itu. tongsis saya simpan baik-baik dan masukkan ke dalam boksnya kembali. Artinya, saya sudah tidak perlu lagi tongsis untuk foto ramai-ramai.

Ketika kita menggunakan kamera smartphone biasa atau kondisi standard, biasanya ada bagian-bagian yang sedikit terpotong saat pengambilan gambar, mungkin bagian kepala, tangan, atau kaki yang memang tidak kita inginkan. OPPO F3, dengan wide angle itu tadi, mampu mencapai tingkat kesempurnaan foto yang diambil tanpa ada bagian yang hilang atau terpotong.

Mas Kristian memberikan perbedaan kamera normal (atas) dan wide angle untuk OPPO F3 (bawah)
Foto: Dok. Pribadi
Pada saat melakukan pemotretan di siang hari, tampak bahwa gambar yang diambil sangat cerah dan detail tanpa edit. OPPO F3 ini mampu menangkap detail warna, hingga tingkat kecerahan maksimum. Cahaya di siang hari memang sangat membantu untuk menghasilkan foto maksimal.

OPPO F3 saat dilakukan pemotretan siang hari dengan cahaya yang cukup
Foto: Dok. Pribadi
Saat matahari bersinar terik, terkadang kita mendapati ada pantulan cahaya dari balik kamera. Akan tetapi, ketika kamera OPPO F3 beraksi, cahaya dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dengan menekan layar atau cara cara terbaik, pindah tempat untuk mengurangi cahaya yang terlalu banyak.   

OPPO F3 memberikan detail warna pada sandal anak yang difoto oleh Mas Kristian
Foto: Dok. Pribadi 
Pada saat kemilau cahaya menjejaki latar foto kita di malam hari terutama, terkadang hal itu menjadi kendala menurut Mas Kristian. Tetapi, adaptasi kamera OPPO F3 ini mampu mengurai masalah tersebut. Justru pendaran cahaya dari samping kiri, kanan, atau belakang objek sangat membantu untuk gambar lebih cerah, detail gambar dapat terlihat sempurna tanpa ada editan sama sekali.

OPPO F3 saat foto di malam hari dengan cahaya di kiri, kanan, dan atas sangat eksotis
Foto: Dok. Pribadi
Memang, fokus kamera OPPO F3 ini langsung menuju titik wajah. Akan tetapi, itu bukan masalah. Justru, secara alamiah kamera OPPO F3 ini memberikan banyak keuntungan tatkala wajah menjadi bagian objek utama. Terlihat sangat detail dan cerah. Bagian yang menjadi latar belakang dapat pula dilihat dengan sempurna.

OPPO F3 untuk group selfie yang sangat mempesona
Foto: Dok. Pribadi
Sementara, untuk detail warna dan tingkat kecerahan, kamera OPPO F3 mampu memberikan kesempurnaan hasil foto dengan warna sempurna. Jika ingin menonjolkan warna merah, merah sesungguhnyalah yang keluar, bukan merah karena hasil editan.
Bagaimana dengan close up saat pemotretan dengan OPPO F3? Pada saat sebuah objek di close up akan terlihat bagian-bagian mana yang akan didetailkan.

OPPO F3 detail warna merah pada kereta
Foto: Dok. Pribadi
Adaptasi kamera F3 mampu mendeteksi cepat. Kalau mau memotret daging dan tulang contohnya, apabila fokus close up pada daging, maka tulang dengan sendirinya akan blur. Begitu pula sebaliknya. Detail tulang yang ditonjolkan, daging akan terlihat lebih jelas dan sempurna. Backgrond blur mode ini akan membantu pula ketika kita tidak menginginkan background yang ada di foto untuk ditonjolkan. Begitu pula contoh  es serut ini. Es tampak terlihat jernih, sementara latar belakang blur meski blur tak terlalu tajam.

OPPO F3, ketika kamera di set pada Blur Mode
Foto: Dok. Pribadi
OPPO F3 camera setting Close Up
Foto: Dok. Pribadi
Memang, motret dalam keadaan low light itu gampang-gampang susah. Terkadang hasilnya tak sesuai yang diharapkan. Untuk mengatasi ini, Mas Kristian memberikan tips-tips selama sesi berlangsung, misalnya menggunakan tripod atau monopod. Alat ini memang paling andal dan mudah untuk memecahkan masalah motret dalam kondisi low light.


OPPO F3 dengan low light tetap menghasilkan foto tajam
Foto: Dok. Pribadi
Saat kita akan menggunakan kamera OPPO F3 ini jika tidak ada tripod atau monopod, usahakan kamera atau perangkan smartphone dalam kondisi stabil dengan memanfaatkan kondisi sekitar. Contohnya cari tembok untuk bersandar, atau sandarkan smartphone di tangan, atau tempat yang sekiranya datar.

Bisa juga kita pakai aperture yang besar. Nah, ada juga nih trik lainnya yaitu naikkan ISO kameranya sehingga shutter speed mencapai maksimal hingga 1/16s. Atau bisa juga menyeting ISO di atas 1.000, tentunya masih dapat menghasilkan foto yang rendah noise.

Tetapi memang, untuk ke depannya, siapa tahu OPPO bisa membenamkan fitur High ISO Noise Reduction di kamera smartphone-nya untuk mengurangi noise. Dapat juga kita menggunakan software noise reduction untuk mengurangi noise seperti Noise Ninja, Imagenomic, Noiseware, atau Nik’s Dfine. Software ini tergolong ampuh untuk mereduksi noise di akhir foto kita. Nah, masukan untuk OPPO, siapa tahu bisa juga perangkat ini langsung dapat di-download di google playstore atau menjadi satu kesatuan  di smartphone OPPO selanjutnya yang lebih canggih.

Noise biasanya memang kita jumpai dalam keadaan low light, bisa juga kita pakai Lightroom 4.  Ini berfungsi juga untuk  mengatur hasil jepretan, karena Lightroom punya fitur noise reduction canggih. Ya, untuk low light ini pintar-pintar kita mengakali.

OPPO F3 saat kamera low light, sedikit bantuan cahaya di sekitar membuat burger ini tetap detail
Foto: Dok. Pribadi 
Expert mode kamera OPPO F3 ini sebagai fitur yang memang difungsikan kemampuannya seperti kemampuan kamera DSLR. Kita bebas mengatur apa yang kita inginkan, seperti fokus, ISO, ya seperti  layaknya kamera profesional untuk memperoleh  hasil jepretan foto yang kita maui. 

Ketika kamera OPPO F3 ini dimainkan melalui Expert mode, bagian-bagian mana yang ingin ditonjolkan dari objek pun mampu tertangkap kamera. Wajar saja kalau dibilang kamera OPPO F3 ini seperti membawa dua kamera dalam satu perangkat. Canggih saja menurut saya.

Nah, bagaimana dengan panorama? Mas Kristian memberikan penjelasan, bahwa panorama foto ketika kita ambil biasanya gerakan tangan hanya sedikit sekali, akan tetapi foto masih tetap tertuju pada objek yang diinginkan. “Jika banyak pergerakan, foto justru akan miring atau bengkok sana-sini”, ucapnya.


OPPO F3 ketika mengambil foto Panorama yang cantik dan tidak terdapat lekukan (patahan) sama sekali
Foto: Dok. Pribadi
Cara mengambil foto panorama juga akan membuat foto terlihat lebih panjang. Panorama memang bagus ketika kita sedang traveling atau melakukan perjalanan untuk mengambil objek pemandangan atau tempat-tepat wisata yang dirasa cukup bagus dan mewakiliki. Kalau dengan auto panorama pastinya kita tidak perlu repot menggerakkan tangan karena kamera akan menangkap objek dan bekerja lebih baik lagi.

OPPO F3 ketika mengambil gambar pemandangan (awan) dan sedikit diedit, gambar tampak sangat cerah dan detail
Foto: Dok. Pribadi
Ultra HD OPPO F3. Pastinya fitur ini membuat detail gambar dan fokus menjadi lebih bagus. Dari sisi gambarnya kemungkinan besar sangat baik, smooth, dan detail. Sekitar 10 gambar dibuat jadi satu, terus digabungkan untuk mendapatkan gambar yang lebih baik dan rinci. Bisa dibandingkan ketika kita mengambil foto dalam keadaan biasa atau normal.

Kalau double exposure dari OPPO F3 sendiri dibuat untuk menjadikan satu objek yang sama di dua foto berbeda. Jadi, foto yang diberikan seperti sedang bercakap-cakap. Fotonya dibuat dengan  cara disatukan.

Ternyata, OPPO F3 ini juga punya kamera utama yang resolusinya 13MP dengan fitur yang sangat mendukung berupa PDAF juga LED Flash. Kameranya juga mampu untuk merekan video secara Full HD 1080p dengan 30fps. Kecanggihan  OPPO F3 ini dibarengi di-support dengan 4GB RAM dan 64GB ROM, bisa untuk dua SIM Card Nano 4G untuk tripel slot tray-nya. Sementara itu, tray micro SD yang dibenamkan bisa juga diperluas untuk penyimpanan hingga 128GB. Otomatis, ini akan membuat kapasitas simpan OPPO F3 semakin besar.

Mas Kristian dan Mas Aryo, setelah sesi selesai membawa para peserta untuk langsung merasakan pengalaman menggunakan OPPO F3 ini. Salah satu usher menjadi model pemotretan, dan Mas Krist memberitahukan kami bahwa untuk mengurangi cahaya ketika ada pantulan, kita bisa pindah tempat. Kemudian, untuk membuat potongan badan agar terlihat bagus, lakukan pemotretan dengan batas-batas kewajaran, contohnya, agar seseorang ketika di foto tidak seperti dipenggal, kita dapat mengambil gambar setengah badan atau hingga sebatas dada.

OPPO F3 saat Mas Kristian mencoba menjelaskan cara kerja foto wajah
Foto: Dok. Pribadi

Teknik pengambilan gambar dengan OPPO F3 agar tak terpotong
Foto: Dok. Pribadi
Menurut Mas Krist, tangan pun ada aturan untuk memotongnya ketika kita foto. Bagusnya foto hingga batas lengan, jadi tidak apa-apa seperti pasfoto. Masih banyak yang perlu saya gali dari OPPO F3 ini. Di tengah kecanggihannya, membuat saya semakin terpesona dengan OPPO F3 Dual Selfie Camera ini. Ingin mengeksplorasi lebih banyak lagi kecanggihan lainnya yang dibenamkan dan belum sempat saya telisik.

Akhir dari sesi ini, Mas Kris menantang peserta untuk foto dengan OPPO F3. Eksplorasi  dan gunakan fitur yang ada di dalam OPPO F3. Kemudian diunggah ke Instagram. Dari situ beliau akan menilai mana yang layak dan bagus. Alhasil, foto saya yang menggunakan panorama berhasil memenangkannya. Aaaghh canggih memang! Mupeng? Pastinya. 

OPPO F3 saat sesi experience  diambil dengan teknik panorama
Foto: Dok.Pribadi

0 komentar: