Sabtu, 17 Juni 2017

OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition: Pakai Hitam? Siapa Takut?!

Mendengar kata OPPO, apa yang terbayang di benak? Sebelum sekarang ini, OPPO tak banyak dikenal orang. OPPO Eletronics Corp sebagai salah satu produsen telepon pintar dari Chian yang berbasis di Dongguan, Guangdong. Lini produk utamanya meliputi smartphone, pemutar Blu-Ray, dan perangakt elektronik lainnya. Berdiri dan bermarkas besar di Dongguan China pada 2004, merupakan  anak dari perusahaan OnePlus drari Divisi OPPO Digital, dengan organisasi induk BBK Electronics, dan pendirinya Chén Míngyǒng, Tony Chen.

Pre order sudah habis, saatnya pengiriman
Foto: Dok. Pribadi
Tak dapat dipungkiri, kian hari perkembangan OPPO kian pesat. Smartphone yang dihasilkan semakin mumpuni, ajeg, dan berkelas. OPPO tidak main-main dalam hal pengembangan teknologinya. Berbeda dengan smartphone kebanyakan, yang  rerata mencampuradukkan segala fungsi dalam satu perangkat.

Aryo Meidianto, OPPO Media Engagement (berdiri) dalam paparannya
Foto: Dok. Pribadi
OPPO punya spesifikasi yang kecanggihannya dapat dibuktikan sendiri oleh pengguna. Hal ini pun sudah saya alami. Ada kenyamanan dan rasa percaya diri yang tinggi ketika berada dalam genggaman. Bagaimana tidak, OPPO Camera Phone, sesuai dengan tagline-nya, benar-benar sangat andal untuk kamera. Fungsi kameranya pun sangat baik,  baik untuk sendiri alias selfie maupun untuk berbagi (wefie).

Hasil jepretan OPPO F3, menakjubkan
Foto: Dok. Pribadi
Dari kameranya saja sudah sangat tidak diragukan. Pastinya ya, OPPO F3 Black Limited Edition Reza Rahadian ini membawa keunggulan berupa fitur-fitur fotografi dan foto selfie dengan dual camera 16 MP + 8 MP. Hal yang membuat cengo, kalau dulu mau foto bareng-bareng, kita perlu alat tambahan tongkat eksis, tapi kini, tongkat eksis itu sudah mulai terpinggirkan. Kenapa? Apalagi kalau bukan dengan wide angle camera yang mampu menjangkau banyak orang untuk masuk dalam satu frame. Wide angle camera OPPO F3 Black ini speknya sama dengan pendahulunya, OPPO F3 dengan warna Golden rose, maupun rose, hanya limited warna saja, hitam, juga digenggam oleh aktor tampan macho Reza Rahadian. OPPO F3 Black Limited Edition ini makin eksklusif tentunya.


OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition
Foto: Dok. Pribadi
Ya, pada 9 Juni 2017 lalu itu, bertempat di Sheraton Grand Gandaria City, saya berkesempatan hadir pada acara Pre Order OPPO F3 Black Limited Edition-nya Reza Rahadian. Warna OPPO F3 black ini menjadi warna paling eksklusif selama OPPO hadir. Mengapa eksklusif? Karena hadir  hanya 600 unit saja. Pre ordernya pun dibuka hanya satu minggu sejak diluncurkan di 9 Juni itu hingga 16 Juni 2016 ini. Ini menjadi edisi yang sangat spesial untuk para pembeli OPPO F3 Black Limited Edition. Untuk pembeli, akan langsung dikirim ke alamat mulai tanggal 17 hingga 21 Juni 2017. Berarti, siapa yang sudah pre order hingga hari ini, besok siap-siap terima OPPO F3 Black eksklusif ya dari Reza Rahadian.

OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition dengan signing
Foto: Dok. Lita Chan Lai
Di OPPO F3 Black ini, ada spesial sign dari Reza, warna hitam pekatnya itu  benar-benar pekat yang di-laser engrave tandan tangan Reza Rahadian. Terlihat ukiran tanda tangan itu di bagian belakangnya. Ada hal yang sangat istimewa tatkala kita OPPO F3 Black ini, apa coba hayo? Ya, ada gift box yang berisi semua hal (collectible items) tentang Reza Rahadian. Ada agenda, magnet, juga kartu pos khusus Reza Rahadian.

Gift OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition
Foto: Dok. Pribadi
OPPO F3 Black Limited Edition Reza Rahadian ini tetap sebagai smartphone unggul untul Selfie Expert-Dual Selfie Camera. Hal itu dengan adanya kamera depan berlapis (ganda). Hasilnya dikeluarkan benar-benar menakjubkan. Karena dengan 16 megapiksel  untuk selfie dan lensa lainnya yang memiliki resolusi 8 megapiksel untuk wefie alias foto bareng-bareng. Hal ini semakin membuat saya jatuh cinta dengan  produk satu ini. Betapa tidak, sudut lebar 120o ini mampu men-capture seluruh isi ruangan.

OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition dalam genggaman
Foto: Dok. Lita Chan Lain
Waw, kemampuan OPPO F3 ini tak hanya sebatas kamera, prosesornya yang dipakainya itu lho, prosesor octa-core. RAM-nya saja sudah di angka 4GB, internal memorinya 64GB. Aiih maaak… puas banget ini untuk foto dan tidak bakalan kehabisan tempat simpan hasil jepretan. Tak cukup dengan 64GB itu saja, bayangkan saja, bisa ditambah hingga 128GB, makin menakjubkan dan tak pernah ditemui yang namanya hang saat menyimpan data sebanyak apapun.


Exclusive Box OPPO F3 Reza Rahadian Limited Edition
Foto: Dok. Pribadi
Perlu kita ketahui juga ya, bahwa kamera smartphone itu dari tahun ke tahun terus berkembang. Tak bisa dipungkiri. Apalagi yang namanya kamera untuk selfie dan wefie. Dulu nih ya, kalau kita mau foto berbarengan, tentu ada salah satu dari anggota kita yang bakal jadi korban. Jadi korban apa? Ya, korban untuk jadi  tukang foto agar bisa semua dari teman-teman terambil dalam satu frame. Atau di saat zaman-zamannya itu tongkat eksis masih laris manis, bisalah bareng-bareng jepret foto.

Tetapi kini, semua berubah. Kehadiran OPPO F3 mampu menjadi smartphone terdepan dengan dual camera selfie yang dihasilkan. Bagaimana tidak, saya yang suka foto, sebelumnya masih kesulitan mendapatkan spek kamera yang bisa dibuat untuk foto sendiri dengan hasil menakjubkan, maupun foto bersama-sama dengan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan, hasil dari foto kamera yang ingin saya cetak.

Sulit?! Ya, dulu saya kesulitan. Selain sulit, kalau ada pun harganya melangit. Tetapi kini? Sulit itu sudah lewat dari masanya. OPPO F3 Black ini mampu memberikan kemudahan foto dengan hasil sangat memuaskan. Di mana memuaskannya? Ya, saya dapat mencetak hasilnya hingga ukuran 14R, bahkan tidak pecah sama sekali.

Fitur dual selfie camera yang ada di OPPO F3 ini justru semakin banyak yang jatuh cinta. Dengan fitur itu, seakan-akan kita sedang menggunakan dua kamera padahal dua kamera itu hanya ada dalam satu perangkat. Praktis, mudah dibawa, dan hasilnya sangat memuaskan. Nah, jangan heran ya, kalau ada yang bawa-bawa kamera single lens, kan lumayan berat juga. Tapi, dengan  OPPO F3 ini bisa juga dipakai untuk motret saat kita sedang bepergian wisata atau lagi traveling. Aiih canggih!! Untuk motret gunung contohnya, itu ga bakalan hanya dapat setengah, justru full foto gunung itu bisa kita peroleh dengan OPPO F3.

Satu hal lainnya dengan OPPO F3 ini, tak perlu banyak-banyak mengeluarkan biaya hanya untuk berfoto. OPPO F3, benar-benar menghemat bujet kita saat bepergian hanya untuk berfoto.  Ya, karena kameranya itu tadi yang membuat betah untuk melakukan traveling ke mana saja. Hasilnya bagus, ringan dibawa, tak makan tempat, dan bisa dicetak. OPPO F3 benar-benar memanjakan guys!

Di OPPO F3 ini, wide angle mencapai sudut hingga 120 derajat. Artinya, lebih l  ebar dan dapat mencakup semua area. Mau melakukan group selfie beramai-ramai sangat bisa. Wide angle itu saat kita gunakan untuk selfie bisa membuat frame foto lebih luas. Jadi, kita bisa group selfie dengan siapapun yang kita mau. Bahkan, hampir seluruh ruangan untuk wefie bisa ter-cover. Cakep gat uh?! Untuk itu, tongsis sudah saya simpan baik-baik dan masukkan ke dalam kotak keabadian lagi. Maafkan saya, bro tongsis! Saatnya dirimu saya pensiunkan setelah sekian lama menemani.

Ketika kita menggunakan kamera smartphone biasa atau kondisi standard, biasanya ada bagian-bagian yang sedikit terpotong saat pengambilan gambar, mungkin bagian kepala, tangan, atau kaki yang memang tidak kita inginkan. OPPO F3, dengan wide angle itu tadi, mampu mencapai tingkat kesempurnaan foto yang diambil tanpa ada bagian yang hilang atau terpotong. OPPO F3 ini mampu menangkap detail warna hingga tingkat kecerahan warna maksimal. Cahaya yang ada di siang hari sangat membantu tatkala kita mengambil gambar secara maksimal.

Jika pun ada sinar matahari yang cukup terik, kamera OPPO F3 mampu beraksi cepat. Cahaya dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dengan menekan layar atau cara-cara terbaik, pindah tempat untuk mengurangi cahaya yang masuk.

Ketika cahaya mendarat cantik sebagai latar foto kita di malam hari terutama, kadang itu jadi masalah. Akan tetapi, adaptasi kamera OPPO F3 mampu mengurai hal itu. Justru pendaran cahaya dari samping kiri, kanan, atau belakang objek sangat membantu untuk gambar lebih cerah, detail gambar dapat terlihat sempurna tanpa ada editan sama sekali.

Fokus kamera OPPO F3 ini langsung menuju titik wajah. Akan tetapi, itu bukan masalah. Justru, secara alamiah kamera OPPO F3 memberikan banyak keuntungan tatkala wajah menjadi bagian objek utama. Terlihat sangat detail dan cerah. Bagian yang menjadi latar belakang dapat pula dilihat dengan sempurna.

OPPO F3 juga mampu memberikan kesempurnaan foto dengan warna sempurna. Kalau kita ingin menonjolkan warna hijau atau hitam, hijau dan hitam sebenarnyalah yang keluar, bukan hijau atau hitam hasil editan.

Motret dalam keadaan rendah cahaya gampang-gampang susah. Terkadang hasilnya tak sesuai yang diharapkan. Untuk mengatasi ini, kita bisa pakaikan tripod atau monopod di OPPO F3. Alat ini memang paling andal dan mudah untuk memecahkan masalah motret dalam kondisi rendah cahaya. Jika tidak ada tripod atau monopod, usahakan kamera atau perangkat smartphone dalam kondisi stabil dengan memanfaatkan kondisi sekitar. Contohnya, cari tembok untuk bersandar, atau sandarkan smartphone di tangan, atau tempat yang sekiranya datar.

Bisa juga kita pakai aperture yang besar. Nah, ada juga nih trik lainnya yaitu naikkan ISO kameranya sehinggashutter speed mencapai maksimal hingga 1/16s. Atau bisa juga menyeting ISO di atas 1.000, tentunya masih dapat menghasilkan foto yang rendah noise.

Penasaran kan sama detail lain dari smartphone OPPO F3 Black Limited Edition Reza Rahadian? Kapan lagi mau order kalau tidak dari sekarang. Limited banget memang, hanya 600 unit. Terjual semua dan kehabisan? Gigit jari! Apalagi warnanya hitam nan elegan itu. Mewah banget.

3 komentar:

zata ligouw mengatakan...

wiii sama oppo f1 aja aku masih puas, apalagi sama yang ini yaaa... #mupeng

astri damayanti mengatakan...

Gue kan pengen juga bisa punya OPPO F3

Astari Ratnadya mengatakan...

Gilaaak promosinya OPPO kenceng ya managernya.
Kemaren kemaren OPPO edisi akuh *eaaaa