Selasa, 05 September 2017

Sharp Cooking Signature Park Grande: Haute Cuisine ala Sharp dengan Healsio & Apple Rice Cooker




Indonesia, negeri yang kaya  ragam budaya juga kulinarianya. Tak heran, beberapa menu makanan Indonesia masuk ke dalam nomor wahid cita rasa dunia. Mengagumkan memang, jangankan penduduk lokal, orang asing yang datang pun bisa langsung jatuh cinta dengan kuliner khas Indonesia.

Rendang, rasa terbaik di dunia [Foto: DokSharp]
Tak sia-sialah kekayaan Indonesia untuk diketahui lebih banyak orang, baik lokal maupun asing. Sudah sejak dari zaman penjajahan dulu, Indonesia dikenal sebagai penghasil rempah-rempah tingkat dunia. Oleh karenanya, Belanda pun betah berlama-lama di Indonesia yang Gemah ripah loh jinawi ini.

Salah satu kulinaria dengan cita rasa dunia itu adalah rendang. Rendang, sebagai sajian daging yang berasa pedas berasal dari suku Minang di Indonesia. Hidangan ini, telah tersebar merata dari domestik hingga mancanegara. Sebagaimana yang kita tahu, salah satu ciri khas budaya Minangkabau menyajikan rendang saat ada acara seremoni dan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada tamu yang datang.

Rendang juga banyak terdapat di komunitas Melayu di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan masyarakat Suku Bangsa Moro di Filipina Selatan. Rendang, kalau kita melihat proses pembuatannya, secara tradisional disiapkan oleh masyarakat Minangkabau selama acara berlangsung, seperti upacara adat, pesta perkawinan, dan hari raya (Idul Fitri).

Para ahli kuliner sering mendeskripsikan rendang sebagai kari, rendang biasanya tidak dianggap seperti halnya di Indonesia. Pada 2011, satu  jajak pendapat online dengan 35 ribu oang oleh CNN International memilih rendang sebagai hidangan nomor satu dari daftar 50 makanan paling popular di dunia berdasarkan pilihan  pembaca.

Berkenaan dengan rendang tersebut, pada Sabtu (26/08/2017) Sharp mengadakan Sharp cooking class dan Cooking Battle yang berlangsung di Signature Park Grande Apartmen. Berlokasi di Jl. Letjen M.T. Haryono No.20, RT.4/RW.1, Cawang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

Sebagaimana kita ketahui, Sharp di Indonesia yang lebih dikenal dengan PT Sharp Indonesia, sebagai agen pemasaran juga perakitan untuk produk TV dan audio bermerek Sharp. Itu berada dalam pengawasan perusahaan multinasional Sharp Corporation Jepang. Produk-produk Sharp di Indonesia sangat beragam, seperti televisi, lemari es, mesin cuci, dan lain-lain.

Memang benar adanya, bahwa Sharp Indonesia menjadi raja alat-alat elektronik di Indonesia. Banyak masyarakat kita yang menggunakan Sharp sebagai produk elektronik di rumah. Ya, produk-produk Sharp ini sangat banyak diminati dan dicari oleh orang-orang Indonesia. 

Healsio Automatic Cookware, masak jadi lebih mudah [Foto: DokSharp]
Salah satu produk Sharp yang rilis di pasaran adalah Healsio Automatic Cookware untuk orang-orang dengan gaya hidup cepat dari kelas menengah ke atas. Healsio Automatic Cookware ini menjadi jawaban yang sangat mudah untuk orang-orang dengan waktu memasak terbatas. Healsio mampu memasak sendiri dengan waktu yang bisa ditentukan. 

Nah, fitur-fitur yang dibenamkan di Healsio sangat mudah. Hal itu agar nantinya pengguna bisa menjadi “chef” di rumah atau di apartemennya sendiri.

Ada tiga kata penting yang mendeskripsikan Healsio ini, yaitu Easy Healthy Tasty. Karena adanya fitur yang sangat menunjang dan memudahkan maka masak akan jadi semakin mudah, enak, dan sehat tentunya. 

Keunggulan Healsio Automatic Cookware
Tentunya, kalau saya membeli barang atau alat masak, saya akan perhatikan keunggulan yang diberikan dari alat itu. Sama halnya dengan healsio ini, ada keunggulan yang ditonjolkan sehingga banyak diminati dan dicari orang. 

Tujuh tombol yang dibenamkan di Healsio [Foto: DokSharp]
Pertama, healsio sebagai alat masak otomatis (automatic cooking). Di dalamnya ada fitur berupa panas otomatis (Automatic Heat) dan Automatic Stirring. Nah, panas otomatis tersebut dapat mengatur panas ketika kita sedang masak, bisa tinggi, sedang, dan rendah. Hebatnya lagi, meski diatur di tiga posisi itu, semua masakan hasilnya sempurna, mengapa? Karena ada dua sensor yang mengiringinya, yaitu Steam Sensor danTemperature Sensor. Sensor tersebut dapat melacak jenis makanan untuk menghindari gosong dan luber. Selain itu mampu menjaga makanan dari serangan jamur maupun bakteri.

Fitur automatic Stirring sebagai fitur yang dapat mengaduk sendiri (otomatis). Bayangkan saja, ada 330 jenis adukan yang bisa disesuaikan apa bahan yang dimasak. Produk yang boleh dibilang lengkap dan maju ini, ada dengan tujuh tombol untuk mengatur masak berupa, simmer, boil, soup/curry, steam, noodle, ferment, juga dessert. Tombol itu punya adukan sendiri berjumlah 68 untuk 115 sajian. Mantap!

Masak rendang dengan Healsio, tanpa air [Foto: DokSharp]
Menilik lebih jauh, ada fitur pre-set timer cooking berupa timer cooking. Kita dapat mengatur waktu masak yang diinginkan. Dengan meletakkan semua bahan dalam lantas mengatur mode pre-set timer cooking dengan pilihan waktu. Otomatis, hasil masakan yang dihidangkan masih tetap hangat sesuai waktu masak. Jarak waktu memasak bisa hingga 12 jam sejak mula masak.

Di Healsio ini juga ada fitur waterless. Fitur ini berguna untuk memasak tanpa air agar kandungan bahan-bahan yang baik dalam makanan atau sayur tidak hilang. Ya, tak salah memang SHARP membenamkan fitur ini, karena telah melalui hasil uji dari SHARP sendiri dan Japan Food Research Laboratory. Disebutkan, bahwa Healsio mampu menjaga kandungan bahan-bahan baik makanan.

Healsio muatnya banyak [Foto: DokSharp]
Nah, makanan yang dimasak dengan Healsio ini juga tetap lezat. Hal itu berkat adanya Steam circulating technology dan dripping structure. Oleh karenanya, saripati makanan yang keluar akan tetap meresap dan masuk lagi pada makanan.
Yang tak perlu diragukan lagi adalah, materialnya sangat kuat berupa stainless untuk bagian dalam pot dan aluminium untuk luarnya. Healsio Automatic Cookware yang ada ini hanya perlu daya 800 watt saja.


Chef Deny Gumilang, memperagakan cara masak di Healsio [Foto: DokPri]
Ternyata, daya tampungnya juga lumayan banyak. Healsio berdaya tamping 2,4 L dengan lebar 216 mm dan tinggi 147 mm. Artinya, makanan dalam jumlah banyak bisa diolah di dalam Healsio yang bisa lebih untuk lima orang. Ngomong-ngomong, mau tahu harganya ga? Ya, Healsio dibanderol dengan harga 7 juta rupiah. Masih worth it-lah.


Sharp Cooking di Signature Park Grande

Signature Park Grande, One Stop Living [Foto: DokSPG]
Signature Park Grande merupakan milik dari KSO PIKKO Group. SPG ini dikembangkan dengan konsep One Stop Living, penghuninya bisa memenuhi semua keperluan dalam satu wilayah. Di dalamnya terdapat Lembaga Pendidikan Anak International Tumble Tots, Kantor Notaris & PPAT, Laundry, Dental Smile, Warsuko, Signature Laundry, dan masih banyak lagi.

Green Signature dari SGP [Foto: DokSPG]
Ya, apartemen ini menjadi ceruk pasar yang sangat menggiurkan untuk Pikko sendiri. Dari 2.600 unit apartemen yang ada, atau sekitar 5.000-an penghuni, menjadi peluang tersendiri untuk dimanfaatkan oleh retail minimarket, café resto, klinik, healthcare, sebagai peluang usaha di SPG.

Posisi SPG yang strategis [Foto: DokSPG]
SPG berada di golden gate Jakarta yang terhubung dengan Manajemen Transportasi Publik (TOD), terlihat LRT yang dibangun di sepanjang koridor Jalan MT. Haryono. Oleh karena itu, adanya SPG di kawasan ini menjadi salah satu peluang besar untuk mendapatkan income yang lebih baik lagi. Kehadiran SPG ini menambah deret panjang banyaknya LRT city yang tumbuh. Hal itu sejalan dengan rencana pemerintah di 2018 bahwa penghuni SPG bisa mendapatkan akses LRT dengan rute yang dilalui dari Cibubur-Cawang-Semanggi-Grogol, dan rute Bekasi Timur-Cawang untuk tahap kedua.

Saat pembangunan SPG [Foto: DokSPG]
Di SPG ini ada dua kawasan hunian terpadu yang terdiri dari dua menara huni, The Light dan Green Signature, dengan 2.600 unit strata title, pusat bisnis, juga komersil, dan pusat gaya hidup yang dibangun di atas lahan 4,4 hektare. Dari tempat yang sangat strategis inilah Sharp Cooking dilakukan. 


A-B: Fasilitas kolam renang atas dan perlengkapan dalam SPG, keren! [Foto: DokSPG]

Hidangan yang dimasak berupa salah satu menu number one taste in the world, rendang. Dengan menggunakan Healsio Automatic Cookware, masak rendang ala Sharp ini tak butuh waktu lama. Sekitar 90 menit daging masak sempurna, empuk, lezat, dan bumbu meresap. Terkadang orang malas memasak rendang karena bahannya banyak, sulit, dan lama. Tetapi, dengan Healsio Automatic Cookware, semua jadi mudah. Hasilnya pun terasa beda.

Chef Deny Gumilan, Master Chef Indonesia memberikan pengarahan, bagaimana cara-cara masak dengan Healsio Automatic Cookware tersebut. Saya sempat mencicipi hasil rendang yang dimasak, terasa empuk dan lembut meski tanpa tambahan air. Wangi bumbu khas rendang keluar yang sangat mengundang selera.

Di kesempatan itu pula Sharp mengadakan Cooking Battle. Jadi, untuk ikut cooking battle ini ternyata Sharp melakukan semacam game. Para undangan diberitahukan bahwa siapa yang beruntung, di bawah kursinya akan mendapatkan nomor. Nah, yang memperoleh nomor tersebutlah yang dapat ikut cooking battle.

Apple Rice Cooker [Foto: Dokhttps://s0.bukalapak.com]
Ada tiga pasangan yang ikut di cooking battle tersebut. Chef Deny, meminta, ketiganya untuk memasak nasi goreng dengan menggunakan Apple Rice Cooker. Nah, apple rice cooker ini merupakan rice cooker yang bentuknya mirip buah apel. Ada tiga keunggulan yang dimilikinya, yaitu bisa untuk memasak, menghangatkan, dan juga mengukus. Desainnya sangat inovatif dan ketebalan inner pot-nya hanya 1.5 mm dengan daya hanya 380 watt. Kapasitasnya relatif banyak, sekitar 0,8 liter. 

Salah satu pasangan Sharp Cooking Battle [Foto: Dok.Tanti Amelia]
Ketiga pasangan mulai dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan. Alhasil meski waktu memasak sudah ditentukan, tetap saja masih ada yang berlebih. Alhasil semua beres cooking battle dengan Apple Rice Cooker tersebut.

Untuk para blogger yang ingin melihat demo cooking langsung product Sharp Healsio dapat datang ke Best Denki setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu di bulan September mulai pukul 15.00-16.00 WIB, alamat best denki bisa dilihat di http://www.bestdenki.co.id/

Nah, untuk kalian yang masih penasaran teknik masak dengan Healsio dan Apple rice Cooker bisa lho sowan ke sini
SHARP Cooking Club

































1 komentar:

Helena mengatakan...

Memasak makin mudah dengan Healsio. Cocok lah buat aku yang ga bisa masak. Nanti suami kaget tiba-tiba aku bisa bikin rendang