Sabtu, 21 Oktober 2017

Sun Life Edu Fair 2017: Rencanakan Investasi Pendidikan Anak dari Sekarang




Sebagai orang tua, ngeri-ngeri sedap juga melihat biaya pendidikan yang makin hari makin melambung. Mungkin beda cerita waktu saya sekolah dulu. Buku-buku yang saya pakai bisa diturunkan ke adik-adik dan biaya sekolah yang murah meriah. Apalagi kalau dapatnya sekolah negeri.

Suasana #SunLifeEduFair2017 [Foto: DokPri]
Namun kini, zaman sudah berubah. Andai waktu bisa diputar kembali, mau balik lagi seperti dulu. Tapi, ya tentunya tidak maju-maju, entah sampai kapan kita akan berada di lingkaran yang hanya itu-itu saja. Orang tua makin hidup “super ketat” untuk kelangsungan pendidikan anak-anaknya.

Sekarang saja saya merasakan sendiri, biaya pendidikan untuk anak saya yang Kindergarten sebulan saja sudah di angka jut-jut. Bagaimana nanti, saat dirinya melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi lagi. Mau tidak mau, dari sekarang saya mesti atur rencana, punya strategi agar biaya pendidikan anak-anak saya tidak kedodoran. 

Berkenaan dengan itu, pada hari ini Sabtu (21/10/2017), di satu kesempatan, saya, bersama rekan-rekan Blogger hadir dalam acara Sun Life Edu Fair 2017. Bertempat di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Perhelatan ini, sudah sering digelar Sun Life dengan mempertemukan sekolah unggulan dan berkelas, pakar-pakar pendidikan, para orang tua, juga anak-anaknya.
 
Panggung Utama #SunLifeEduFair2017 [Foto: DokPri]
Sun Life Edu Fair 2017 tersebut, sebagai tempat belajar, saya terutama sebagai orang tua untuk membekali anak-anak saya di masa depan dengan menyiapkan  alokasi dana pendidikan anak-anak. Sun Life Edu Fair 2017 memberikan banyak peluang saya dalam hal berinvestasi asuransi pendidikan yang dapat dikelola secara profesional oleh Sun Life Financial, sebagai bekal mereka masuk ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Bersama rekan-rekan Blogger [Foto: DokPri]
Dana pendidikan yang semakin membengkak setiap tahunnya, membuat saya kembali berpikir keras, bagaimana cara saya menyimpan dana dan mengelola dana secara bijaksana agar anak-anak tetap dapat melanjutkan sekolah ke sekolah –sekolah yang mereka inginkan. 

Sekolah di Indonesia memang banyak, tetapi sekolah dengan mutu pendidikan yang terjamin, berkelas, dan menghasilkan peserta didik yang terdidik mungkin ada tapi bisa dihitung dengan jari. Bukan berarti sekolah di tanah air tidak ada yang bagus.

Sistem pengajaran yang kadang-kadang membuat orang tua ketar-ketir. Bagaimana tidak ketar-ketir. Bisa jadi, peserta didiknya lebih pandai dari pendidiknya. Terlepas dari itu semua, saya sebagai orang sangat memerlukan bekal (pengetahuan) mengenai berapa besar dana yang mesti disiapkan untuk pendidikan terbaik anak-anak saya.

Tepatlah Sun Life menggelar pameran yang bersifat edukatif tahun 2017 ini. Hal itu untuk membantu para orang tua, keluarga di tanah air untuk memperoleh informasi secara menyeluruh mengenai apa yang diperlukan anak-anak dari orang tua yang bersangkutan dalam bidang pendidikan.
Ada banyak acara yang digelar di hari Sabtu ini terutama di Atrium Area Kota Kasablanka. 

Di pembukaan pagi hari, dimulai dengan performance dari Star Harvest, dilanjutkan dengan Brighter Class Session, mulai dari JIMS, HighScope Indonesia, SD Tarakanita 5, dan diselingi Art & Craft  Work Shop oleh Ganara Art. Dilanjutkan kembali dengan Bright Class Session oleh Ichthus School, Global Jaya, dan Al-Azhar Kelapa Gading. 

Di sela-sela berikutnya di panggung utama, Koki Kecil Session. Koki Kecil  mengisi acara seputar dunia anak. Bagaimana anak-anak diajarkan cara memasak yang praktis, mudah, dan tidak membahayakan. Koki Kecilku memberikan pembelajaran dari memasak dengan lingkungan yang dapat merangsang otak anak-anak. Di sini, Koki Kecilku bersifat fun (menyenangkan), Safe (aman), dan Care (peduli).

Siswa-Siswi Kokikecilku [Foto: Dok https://cdn.sindonews.net/]
Setelah selesai anak-anak mengikuti kelas mereka diberikan sertifikat atau penghargaan sebagai tanda keikutsertaannya di koki kecilku. Seru yaa…
Acara hari ini semakin bertambah seru dengan performance dari GIGI Art of Dance. Dari namanya sudah terlihat jelas, bahwa GIGI Art ini mengajarkan anak-anak untuk dance secara modern dan berguna dalam menstimulasi perkembangan otak mereka. 

Ternyata, Brighter Talent juga mencari murid-murid dari berbagai sekolah yang berbakat di bidang apa saja. Saat MC mengumumkan, bahwa di hari ini  ada 15 peserta dari berbagai sekolah yang mengikuti Brighter Talent. Besok akan diambil Sembilan peserta untuk masuk ke babak final. Di pukul enam sore, dilanjutkan dengan Talkshow “Pola Asuh Anak Lintas Generasi with Mona Ratuliu dan Family. 

Saya sempat berkunjung ke beberapa stand sekolah dan bincang-bincang dengan salah seorang guru. Stand sekolah yang saya kunjungi itu dari Jakarta Multicultural School. Banyak hal yang diceritakan oleh sang guru(sayang lupa menanyakan namanya) mengenai sistem pendidikan di JMS.  

Bersama Guru JMS asal Spanyol [Foto: DokPri]

JMS ini terdiri atas early years (Toddlers-Pre School-Reception-Preparatory. Primary Years (1-6), Secondary Years (7-10), Secondary Years (11-12). Di sekolah ini, anak-anak dididik dengan kemampuan natural dan motivasi instrinsik. Pendidikan yang diberikan di JMS ini sebagai bentuk ekspans dari kapasitas alami anak-anak. Juga kemauan untuk mengasah intelektual dan kebebasan melihat dan menemukan makna, kepercayaan, dan kesenangan dalam segala hal ketika mereka belajar.

Salah satu sudut Stand Sekolah JMS [Foto: DokPri]
Karena beragam  budaya yang datang di sekolah ini, maka JMS memberikan dukungan penuh kepada anak-anak didiknya untuk belajar juga ragam bahasa. Kebanyakan yang datang di sekolah ini berasal dari Korea, Jepang, Selandia Baru, Amerika, dan tentunya Indonesia. 

Ya, keberadaan Sun Life Edu Fair 2017 ini menjadi jembatan orang tua dan Sun Life Financial untuk merencanakan dana pendidikan anak-anaknya. Tak lain, ini untuk masa depan pendidikan yang lebih baik. Kehadiran sekolah-sekolah yang dilibatkan oleh Sun Life juga sebagai tempat orang tua, khususnya saya, untuk mencari informasi tentang sekolah, fasilitas, dan biaya pendidikan yang seakurat mungkin agar tidak kecewa di kemudian hari. 

Mau tidak mau, saya mulai start nih dari sekarang untuk rencana biaya pendidikan anak-anak saya. Saat mengunjugi salah satu stand sekolah dengan besarnya biaya pendidikan & beragam fasilitas yang dimiliki, saya bilang  itu worth it, sesuailah. Nabung dan merencanakan keuangan dari sekarang wajib. Saya akan coba bersama Sun Life Financial untuk merencanakan dana sekolah ini. 

Menjadi satu hal menarik buat saya, kenaikan biaya pendidikan tiap tahun di tanah air, mesti saya antisipasi. Dari 2014 yang naik 10%, bisa jadi di tiga tahun belakangan ini makin membengkak. “Mengencangkan Ikat Pinggang”  atau dengan kata lain berhemat, IYA! 

#SunLifeEduFair2017 ini menjadi satu bukti tersendiri, bahwa hal ini menjadi komitmen yang kuat Sun Life dalam meningkatkan dan memajukan pendidikan di Indonesia menjadi #LebihBaik. Ya, Sun Life ternyata punya tanggung jawab sosial sebagai satu perusahaan dalam memajukan dan mencerdaskan anak-anak bangsa melalui caranya. 

Saya pun belum puas mengitarai Atrium Kokas. Menuju satu tempat, ternyata akan diselenggarakan seminar fotografi smartphone. Anak-anak sekarang semakin canggih. Di usia belia pun mereka sudah kenal gadget. Semua karena perkembangan teknologi. Sun Life Edu Fair 2017 pun memberikan fasilitas untuk anak-anak Indonesia berkarya dengan caranya. 

Sesaat sebelum seminar Fotografi [Foto: DokPri]
Beralih ke panggung utama, posisinya tepat di belakang Post Office dari JMS, ada dua boks bulat berisi Lego. Nah, saya membawa serta Si Sulung dan dia seperti menemukan surganya di #SunLifeEduFair2017 ini, bermain dan menyusun Lego dengan imajinasinya.  Selama tiga hari (Sabtu, 21 Oktober ini masuk hari kedua #SunLifeEduFair2017) setelah sebelumnya, Jumat 20 Oktober dilakukan opening. Hari Minggu, 22 Oktober 2017 sebagai helatan hari terakhir  #SunLifeEduFair2017. 


Salah satu sudut tempat bermain lego [Foto: DokPri]

Jadi, dimulai dari #SunLifeEduFair2017 merencanakan dana pendidikan, agar tak menyesal kemudian. Saya sudah, Anda kapan?
Untuk mengetahui tentang Sun Life Indonesia, silakan kunjungi tautan situs ini http://sunlife.co.id/indonesia?vgnLocale=in_ID

Salah satu pojok drawing #SunLifeEduFair2017 [Foto: DokPri]

Sun Life membantu menjembatani dana pendidikan [Foto: Dok https://cdn.sunlife.com/]



1 komentar:

Tri Aryani mengatakan...

Terimakasih informasinya yah mas Jun, bermanfaat sekali.