Rabu, 20 Desember 2017

Kolaborasi Dell & Microsoft: Original YES! Pirated NO!



Dell logo, salah satu perusahaan teknologi komputer [Foto: Dok https://static.slickdealscdn.com]
Dell Inc, sebagai perusahaan besar teknologi komputer multinasional yang berbasis di Round Rock, Texas dan bersama Dell EMC, merupakan anak perusahaan Dell Technologies, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan 138.000 karyawan.

Dell memproduksi, menjual, memperbaiki, dan mendukung komputer pribadi (Personal Computer), server, perangkat penyimpanan data, switch jaringan, perangkat lunak komputer, periferal komputer, HD-Television, kamera, printer, dan elektronik yang dibuat oleh produsen lain.



Perusahaan ini dikenal karena inovasi dalam manajemen rantai pasok dan e-commerce, terutama model penjualan langsung dan pendekatan "build-to-order" atau "configure to order" untuk pembuatan dan layanan Personal Computer individual yang dikonfigurasi sesuai spesifikasi pelanggan.

Dell dengan Windows 10, perpindahannya sangat smooth dan cepat [Foto: Dok Pri]
Dell diberi nama secara misterius menurut pendirinya, Michael Dell. Dengan pangsa pasar 15,9%, Dell menjadi vendor PC terbesar ketiga di dunia pada kuartal pertama 2017, setelah Lenovo dan HP Inc. (sebelumnya The Hewlett-Packard Company). Di kuartal pertama 2016, Dell menjadi produsen monitor komputer terbesar di dunia, dengan pangsa pasar 16,8%.

Dell kini menjadi perusahaan terbesar ketiga dan perusahaan swasta terbesar di Austin, Texas. Pada tanggal 7 September 2016, Dell Inc. bergabung dengan EMC Corporation (sekarang Dell EMC) dan kedua perusahaan tersebut menjadi anak perusahaan Dell Technologies.



Seiring bergulirnya waktu, Dell semakin berkembang pesat. Banyak laptop dan juga PC yang dihasilkan dengan kualitas sangat baik. Sejalan dengan hal ini, pada Jumat (15/11/2017) saya berkesempatan hadir dalam bahasan ciamik kolaborati Dell dan Microsoft di Tanamera Cuisine, Jalan. Ahmad Dahlan, bilangan Jakarta Selatan.

 
William Hartoyo (kiri) Product Marketing Manager-Dell Consumer Product [Foto: Dok Pri]

Mengusung nama besar tak buat Dell leha-leha. Tetapi, terus berinovasi mencipta teknologi komputer yang banyak digandrungi orang. Dalam kaitannya dengan ini, Product Marketing Manager-Dell Consumer Product, William Hartoyo mengatakan, bahwa Dell sangat mendukung yang namanya originalitas dan menolak tegas pembajakan (pirates) terhadap teknologi komputer. Benar sih ya, #MaluKalauPalsu. 

 
Software orisinil itu sangat baik apalagi mencintainya [Foto: Dok http://www.adacy.com/love.jpg]
“Selama ini, Dell menjadi brand yang menggunakan software atau produk original. Dan dengan  menggandeng Microsoft, kami pun telah menggunakan operating system yang original,” ucap lanjut William.

Masih dalam paparannya, William menjelaskan bahwa Dell menjadi leader dari sekian banyak merek komputer yang ada di dunia. Dell menjadi lader Gartner Leadership  Quadrant dari sisi durability. Keunggulan Dell memang lebih banyak di sisi komersialnya.

Dell menjadi  nomor satu reability menurut Technical Business Review, dalam 2 atribut tingkat kepuasan yang diberikan sehingga menjadi noor satu. Dell pun menjadi nomor satu tidak hanya dari sisi PC, tapi juga dari monitor brand selama sekitar empat tahun di dunia. Kolaborasi Dell dengan Microsoft menjadi nomor satu vendor Windows PC oleh Laptop Magazine.

Dell pun punya banyak produk menarik yang sudah banyak hadir di Indonesia dengan mengusung “better together”. William berharap, ke depannya Dell dapat menjadi lebih baik bersama-sama Microsoft, user dapat menggunakan fitur-fitur yang dibenamkan Microsoft di Dell.

Dell, bagaimanapun ingin menjadi user tetap produktif dari sisi hardware dan software. Apa saja hardware dan softwae yang membuat user tetap produktif? Ini dia.

Transition Seamlessly
Dell memiliki produk laptop tablet 2 in 1 dan Windows Continuum. Harganya pun mulai dari harga premium hingga harga yang cukup terjangkau. Seperti produk XPS 2 in 1 dan juga Inspiron 7000.

Keunggulan Baterai
Dell dapat memunculkan background dari fitur windowsnya juga dibenamkan push notifications.

Adanya Interact Easily
Interaksi dengan mudah ini. Saat ini Windows 10 memberikan beberapa fitur, seperti Windows Quickly. Dell juga mendukung dengan kehadiran active stylus untuk memudahkan fitur-fitur yang ada di Windows 10 itu sendiri.

Stay on Task
Memudahkan ketika seseorang bekerja atau memberikan pengalaman (experience).

Kalau dibilang besar, Dell cukup besar, tetapi memang tidak sebesar teman-teman di kelasnya yang sudah punya nama. Akan tetapi, di sisi komersial, Dell menjadi salah satu brand yang paling dipercaya dan disukai konsumen dari sisi teknologi, infrastruktur, dan sebagainya.

Di sisi consumer, saat ini Dell sudah memperkenalkan produk cukup banyak, sebut saja notebook, notebook2 in 1, juga desktop, dan dekstop game.  Beberapa dari produk ini, menurut William, ada produk terbaru yang akan dikenalkan ke rekan-rekan blogger.

XPS Laptop
XPS ini sebagai salah satu premium brand dari Dell. Laptop ini menjadi segmen tertinggi yang memang sengaja dirancang untuk menjadi terbaik. Secara desain menggunakan bahan-bahan terbaik seperti bahan dan finishing premium, terbuat dari serat karbon & aluminium mesin, komponen spec (hi-end commponent)dan teknologi inovatif tertinggi, layar dan kontras rasio beresolusi tinggi, dan after sales dengan Layanan Accidental Damage.


XPS 13 (9360)
XPS 13 ini merupakan laptop berukuran 13 inchi, diklaim Dell sebagai laptop terkecil di dunia. Dengan ukuran skala konvertor sekitar 11,6 inci. Meski ukuran layarnya 13 inci, tetapi secara konvertor kecil. Ketebalannya hanya 9-15 mm dan berat 1.22 kg.  
 
XPS 13 Dell [Foto: Dok http://computermaniabd.com]
XPS 13 ini juga merupakan laptop pertama yang mengadopsi layar InfinityEdge. Jadi, performance-nya cukup tinggi dengan spek yang up to date. Pemandangan XPS 13 sangat menakjubkan dengan layar sentuh InfinityEdge beresolusi UltraSharp™ QHD+ (3200 x 1800). Jangan heran, untuk user yang memang memiliki mobilitas tinggi, sepertinya laptop ini sangat cocok. Bagaimana tidak, masa pakai baterai terpanjang pada layar 13"mencapai 22 jam* Pada Full HD+; tambahan sampai 11 jam. *Dengan Dell Power Companion. XPS 13 juga punya mode 2 in 1. Laptop ini juga bisa berfungsi sebagai tablet.
 
XPS 13 (9360) [Foto: Dok Pri]
Performa lebih tinggi lagi: 7th Gen Intel, fast booting PCIe SSD sampai dengan 512GB, 16GB memory, wireless Killer™ & konektivitas Thunderbolt™ 3. Input yang mudah: backlit keyboard & touchpad presisi. Kualitas dan material yang superior: awet & menakjubkan.

Nah, ada juga fitur finger print di XPS 13 ini. Jadi, finger print ini menjadi semacam perbedaan, ketika log in kita hanya cukup sekali sentuh, laptop langsung nyala (log in). Kita tak perlu repot-repot mengingat password. Cukup berikan sidik jari kita dan langsung log in.

XPS 13 2 in 1 (9365)

Tampilan InfinitifEdge saat ini ada dalam 2 in 1. Tipis, ringan, dan 13 inci 2-in-1 terkecil dan menampilkan layar InfinityEdge yang inovatif. Memiliki daya tahan baterai hingga 15 jam-dirancang untuk mobilitas maksimal. Pengalaman menonton yang menakjubkan untuk kejelasan dan detail halus dengan layar sentuh InfinityEdge beresolusi UltraSharp QHD+ (3200 x 1800).
 
XPS 13 2 in 1 (9365) [Foto: Dok Pri]
Nah, untuk user yang ingin mendapatkan performa mobile cepat dengan Intel Generasi berikutnya yang diolah dengan Dynamic Power Mode dan fast booting SSD, XPS 13 2 in 1 ini sangat cocok. Dynamic Power Mode memberikan kekuatan pemrosesan ekstra dalam waktu yang pendek saat kita memerlukannya.

Desainnya dibuat Premium 360 derajat 2-in-1 dengan 4 mode - tonton, kerja atau selancar sesuai keinginan Anda. Bahan-bahan unggulan yang dipakai seperti aluminium mesin, serat karbon, dan Corning Gorilla Glass 4 dipasangkan dengan kualitas pembuatan yang sempurna: tahan lama dan menakjubkan.

Konektivitas termutakhir: Thunderbolt™ 3 memungkinkan satu kabel docking & download lebih cepat. Pengalaman pena superior dengan Dell Active Pen. Pembaca sidik jari yang memungkinkan Anda masuk dengan sentuhan. Jadi, XPS 13 ini sepertinya aman dari pencurian (IMHO). Dengan adanya sidik jari itu, kemungkinan kecil, terhindar dari salah guna seseorang.

Produk yang paling terbaru dari Dell itu INSPIRON 13 7000 2 in 1 (Model 7373). Produk ini baru dikeluarkan sekitar 2 minggu yang lalu oleh Dell. Makin penasaran kan tentunya, apa saja fitur-fitur  yang dibenamkan di dalamnya.
 
Inspiron 13 7000 2 in 1 [Foto: Dok Pri]
Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya--generasi 7--generasi 8 jauh lebih baik. Punya respons yang cepat, Prosesor Intel® generasi 8 terbaru, dan penyimpanan data SSD memberikan kinerja yang lebih responsif.

Kita bisa langsung log in juga dengan menggunakan kontur wajah atau bentuk kepala user dan bisa langsung masuk ke Windows-nya. Hal yang unik lagi adalah laptop INSPIRON 13 7000 2 in 1 ini mengadopsi teknologi dari Smartphone, yaitu quick charge. Laptop ini dapat terisi dari nol hingga 25% hanya dalam waktu 15 menit.

Peningkatan keamanannya melalui Infrared Webcam dan Windows Hello, perangkat kita lebih aman karena tidak ada kata sandi untuk dilupakan atau di-hack. Perangkat akan terbuka untuk kita dan hanya kita saja yang tahu.  
Dell memberikan kenyamanan lebih tak sekadar device [Foto: Dok Pri]

Nah, untuk merasakan produk ini sudah selayaknya kita harus  memiliki pengalaman menonton yang tak terlupakan di layar sentuh 13” IPS FHD (1920x1080), yang dibingkai oleh bezel sangat tipis. Bekerja dengan mudah dalam cahaya terang dengan kecerahan 300 nit yang khas.

Mudah dibawa ke mana-mana karena desain yang tipis dan tapak kecil 2 in 1. Untuk Dell Dell Active Pen (opsional dijual terpisah) memungkinkan kita seperti menggunakan pena di atas kertas dengan menggunakan pena aktif yang dirancang untuk menggambar, menulis, dan mencatat. Port USB Type-C terbarunya bekerja dengan power companions dan monitor DisplayPort untuk resolusi eksternal yang sangat tinggi.


Nah, bagi Anda penggemar streaming video, dengan INSPIRON 13 7000 2-IN-1 Model 7373 ini hampir tidak ada jeda. Hal itu karena dukungan teknologi SmartByte, solusi pengoptimasi koneksi yang mengutamakan streaming video sebelum lalu lintas jaringan lainnya untuk hiburan yang tidak terganggu. Jadi, SmartByte ini sebagai satu teknologi untuk memastikan bahwa streaming berjalan lancar. Sebagai sebuah software bawaan yang bisa diprioritaskan paket-paket data untuk streaming atau webhosting, juga downloading.

Prioritasnya bisa kita atur, tak hanya untuk streaming atau webhosting, untuk browsing pun bisa.
Spesifikasi Inspiron 12 2 in 1 7000 series [Foto: Dok Pri]
Dari sisi audio, didukung oleh Speaker 2-in-1-pun secara profesional disetel dengan perangkat lunak  MaxxAudio® Pro untuk suara yang lebih jelas dan pemrosesan lanjutan untuk mengurangi kebisingan latar belakang dari mikrofon untuk panggilan web yang lebih jelas atau interaksi Cortana. INSPIRON 13 7000 2-IN-1 Model 7373 benar-benar tiada dua di kelasnya.

New INSPIRON pun tak terbatas pada laptop kerja semata, tetapi juga dibentuk dalam INSPIRON GAMING model 7577. Nah, inilah kelebihannya. Layar Anti-glare In-Plane Switching (IPS) wide viewing angle dengan resolusi FHD or 4K UHD. 7th Gen Intel® Core™ i7 quad-core CPUs dengan kartu grafik NVIDIA® GeForce® GTX 1060 6GB GDDR5 memory. Ini merupakan grafic card yang tinggi yang bisa menyediakan performance grafik yang sangat memukau. Selain gaming, juga untuk yang suka editing atau fotografi bisa menggunakan perangkat ini.
 
Inspiron 15 Gaming [Foto: Dok Pri]
Sistem pendingin pro-grade dengan kipas ganda. Ini menjadi pembeda dengan brand lain. Pipa besar dan penukar panas membuat sistem menjadi dingin dan responsif. Pipa ini lebih tebal.
 
Analisis panas Dell dan kompetitor, Dell jauh lebih baik [Foto: Dok Pri]
Nah, untuk thermal analysis secara internal dari Dell dibandingkan dua brand lainnya, cukup stabil. Ini yang membedakan sistem termal Dell dibandingkan dengan brand kompetitor lainnya. Dengan adanya panas tinggi yang dihasilkan, tentunya akan menghasilkan panas CPU yang dapat mengganggu performance. Dari sistem game Dell memberikan sistem temperatur yang lebih rendah hingga 21 derajat, atau secara performance sekitar 30%.

Dual drives dengan SSD NVMe PCIe. Dan 2x2 802.11ac WiFi meningkatkan kecepatan & jangkauan; SmartByte menjamin kelancaran streaming. Jadi, kita tak perlu khawatir ketika internet terasa lelet. Benaman teknologi SmartByte mampu menjaga dan melancarkan jaringan internet yang kita miliki.

Selain itu di INSPIRON  ini juga menghadirkan teknologi terbaru berupa Baterai Quick-charge 56 WHr yang dapat men-charge dari 0% sampai 80% dalam waktu 60 menit. Ini tentunya dengan kapasitas baterai yang besar.

HDMI 2.0 mendukung 60 Hz 4K output, 2 front-firing speakers dengan Waves MaxxAudio Pro® memberikan kualitas suara lebih memukai. Thunderbolt™ 3 Port (USB 3.1 Gen 2 Type-C™ (10Gbps) dengan dukungan untuk 40 Gbps Thunderbolt and DisplayPort).

Power button Finger Print Reader untuk mendukung Windows Hello. Ini juga menjadi pembeda untuk kompetitor. Jadi, di power button ini juga ada finger print-nya.  Jadi, kalau di-setting untuk disentuh dengan power button bukan ditekan. Dengan disentuh, kita bisa log in ke Windows 10.
 
Inspiron Gaming model 7567 [Foto: Dok Pri]
Selain itu, hadir pula INSPIRON GAMING model 7567 dengan VGA yang lebih terjangkau, yaitu 1050pi. Jika dibandingkan dengan brand kompetitor, banyak keunggulan fitur yang dimiliki Dell.
Inspiron Gaming jauh lebih unggul dibanding kompetitor [Foto: Dok Pri]
Untuk user yang menyukai performance lebih tinggi lagi Dell juga memiliki INSPIRON DESKTOP GAMING model 5675. Ini tak hanya sebagai desktop gaming, tetapi juga dapat berfungsi sebagai sever atau works station. Karena fitur atau spesifikasinya mumpuni untuk hal itu. 
 
Inspiron Gaming model 5675 [Foto: Dok Pri]
Didukung dengan kinerja yang kuat melalui Prosesor multi-core AMD Ryzen terbaru (sampai 8 Core) yang menampilkan teknologi SenseMi XFR. Menampilkan kartu grafis Ready for VR (AMD Radeon TM RX 570 atau NVIDIA® GeForce® GTX 1060) memberikan pengalaman bermain lebih cepat dan halus. Dual graphics ready, 2 PClex16 expansion slots untuk memaksimalkan kapasitas gaming anda. 

Selain itu, desain game baru dengan pencahayaan LED Polar Blue, menggabungkan jendela ventilasi yang dirancang khusus untuk kinerja tanpa kompromi. Liquid Cooling untuk keunggulan SenseMI XFR dan dorongan kinerja padan Ryzen 7.

Masih dalam performanya, INSPIRON GAMING DESKTOP ini juga Future-ready SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Type-C™ dan sampai dengan (6) SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Port tipe-A memungkinkan kita mentransfer file & menghubungkan dengan kecepatan super cepat (kilat).

Pilihan dual-drive dengan hard drive berkapasitas tinggi dan SSD responsif untuk waktu boot dan load yang lebih cepat pada aplikasi multi-media Anda. Sampai dengan 5 bays untuk keperluan upgrade di masa mendatang (3 HDD and 2 SDD bays). Performance 7.1 Channel HD kartu suara audio untuk pengalaman gaming audio dan immersive yang lebih dinamis.

Monitor dan aksesories Dell lainnya (Alienware) pun dapat kita miliki dengan penjualan terpisah. Dell hadir dengan monitor AW 2518H dengan teknologi G-Sync dengan refresh reate 240Hz dan response time 1 ms.
 
Aksesories Dell, Keyboard dan Mouse [Foto: Dok Pri]
Aksesoriesnya ada keyboard dan mouse Alienware. Untuk penggemar Gaming perlu mechanical keyboard dan mouse yang mumpuni. Tak hanya itu, Dell juga memberi after sales support yang cukup baik untuk para user. Dell memberikan premium support dukungan teknis tanpa repot. Jadi, user tinggal call ke hotline di nomor 1500858. Ini merupakan all size service dengan cakupan software dan hardware. Tentunya resolusi lebih cepat, waktu tunggu singkat, dan bantuan personal untuk aplikasi yang paling sering kita gunakan.


User tidak perlu datang ke sevice centre dan antri. Hanya perlu waktu sedikit saja untuk menunggu. Dell memberikan layanan berbeda dari yang lainnya. Ada yang namanya support assist. Jadi ini diperuntukan jika user menggunakan windows asli, maka jika ada kerusakan misal hardisk lemah, user bisa langsung kontak teknisi dan janjian untuk diganti.
 
Premium Support Dell untuk user [Foto: Dok Pri]
“Kalau dilihat perbedaannya yang tradisional menunggu kejadian rusak baru diganti dengan terlebih dahulu kontak ke service centre atau hotline dan janjian dengan orang teknisinya diganti dan sebagainya, kemudian selesai. Tetapi, dengan support assist hal itu dapat secara praktis dan proaktif kepada user. Sebelum kerusakan, itu sudah dapat dideteksi dan tinggal janjian dengan user, selesai. Teknologi ini yang tidak dimiliki brand lain dan hanya dimiliki oleh Dell,” ucap William mengakhiri paparanya.




Microsoft: Mengedepankan Orisinalitas dan Anti Pirates

Microsoft, sangat fokus pada orisinil perangkat [Foto: Dok https://versionweekly.com]

Kenapa kita harus menggunakan produk (software) yang asli?
Nah, ini sudah jadi rahasia umum di kalangan kita, apalagi mahasiswa ya. Ketika kita membeli laptop atau PC, ada saja yang nawarin dengan kalimat-kalimat cantik aduhai seperti ini, “Teman saya bisa cariin saya Windows & Office, gratis lagi!” 
Jonie Lie, representatif Microsoft Indonesia [Foto: Dok Timothy]
“Hal-hal seperti itu selalu saja kita dapatkan. Oleh karena itu, install yang original dari pabrik itu sudah pasti, dan tidak ada lagi yang namanya bajakan atau palsu,” ucap Jonie Lie Representative Microsoft Indonesia.
Kalau di install yang bajakan sudah pasti, ujung-ujungnya yang rugi diri kita sendiri.

Say no to Pirated [Foto: Dok http://yachtpals.com]


Sejalan dengan Hak Kekayaan Intelektual, bahwa pelanggaran HKI sebagai perbuatan yang diharamkan. Hal ini sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia dengan Nomor: 1/MUNAS VII.MUI/5/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Bahwa setiap bentuk pelanggaran terhadap HKI, termasuk namun tidak terbatas pada menggunakan, mengungkapkan, membuat, memakai, menjua, mengimpor, mengekspor, mengedarkan, menyerahkan, menyediakan, mengumumkan, memperbanyak, menjiplak, memalsu, membajak HKI milik orang lain secara tanpa hak merupakan kezaliman dan hukumnya adalah haram.

Jangan salah-salah, ternyata ancaman malware itu  ada, dapat berupa phising. Kalau kita masuk ke dalam software, akan menemukan yang namanya Ransomware. Bajakan ancaman juga muncul. Satu dari tiga PC akan terkena infeksi malware. Pada 2015, 430 juta malware baru sudah dilaporkan.  Sekitar 14.7  triliun dolar  dan 1.2 triliun jam habis untuk memperbaiki infeksi malware. 
Dari Dell & Microsoft, saya mendukung perangkat Orisinil dan menolak Bajakan [Foto: Dok Pri]
Ancaman terbesar yang tentunya akan mengintai kita adalah kita akan kehilangan data/file/informasi personal. Penipuan transaksi internet, pencurian identitas dapat berupa email, jaringan sosial, bahkan hingga akun bank. Berakibat pula pada efek kinerja PC yang kita miliki. Selain itu, waktu dan biaya untuk disineksi bahkan mungkin  bisa menginfeksi ke orang lain. Bahkan, orang bisa mengintai kita (monitoring).

Riset yang dilakukan Microsoft pada 2016 mengatakan bahwa pada 2016 setiap 200 komputer yang dibeli di beberapa negara, sekitar 61 persen terkena infeksi malware yang membahayakan. Jadi, kalau tidak membeli bukan original pabriknya, akan ada keraguan malware atau virus akan masuk dan orang akan melakukan phising.
 
61% komputer yang dibeli di hampir setiap negara terkena malware [Foto: Dok Pri]
Berdasarkan indeks Asia Pasifik, Indonesia masuk ke dalam negara nomor dua palingbanyak terkena Malware ini. Ini merupakan data valid. Dari Microsoft pun seperti itu. Berdasarkan Digital Crime Unit (DCU), yang ada di US dan beberapa negara lainnya, mereka dapat memonitor enterprise berapa orang yang terkena malware.

User dan teman-teman blogger mesti tahu kebermanfaatan menggunakan software asli. Pertama, perlindungan, dengan software ori segala hal yang berkaitan dengan install menginstall akan berlangsung lancar. Kedua, keandalan. Kalau satu software diinstal dengan OS yang langsung dari pabrik, otomatis akan ada service premium support pada saat software rusak atau sesuatu yang ada di komputer rusak. Ketiga, dukungan layanan (support) dari Microsoft sendiri. Kalau ada apa-apa terhadap komputer Dell terutama software, Microsoft siap membantu.

Salah satu keuntungan software original itu adalah ada windows defender. Hal ini untuk mencegah masuknya malware ke dalam device yang kita miliki. Office yang asli, kalau ada apa-apa tetap bisa jalan, dan sebaliknya. Tentunya, pemakaian software asli itu menjamin keamanan dan ketenangan dalam melakukan kerja dan dilindungi UU Hak Cipta No. 28 tahun 2014.

“Jadi, kalau beli software yang asli itu, kasarnya tidur bisa lebih nyenyak dan kepala gak bakalan pusing,” lanjut Jonie Lie.   
 
Ini keuntungan menggunakan software original [Foto: Dok Pri]
Setidaknya, kenapa kita beli software yang original- itu untuk long term (jangka panjang). Di situ kita sudah investasi untuk kebutuhan jangka panjang. Nah, kalau user atau blogger beli software yang ori, akan terdapat logo atau tanda yang tidak bisa ditiru, bernama GML Label. Dicetak sekreatif apapun tidak akan  bakal bisa. Karena label itu berupa hologram dan tiga dimensi. Jadi, di Windows 10 ini merupakan Windows terakhir dan tidak akan ada lagi Windows yang lainnya, termasuk log GML ini.

Menurut Jonie, Di simbol itu pula ada unique code yang tak bisa ditiru orang. kalau disinari akan terlihat. Orang tidak akan bisa meniru. Nah, hal ini juga sebagai pembeda dari yang lainnya, bahwa kalau beli komputer atau laptop logo itu sudah adan dan software original sudah di-install langsung dari pabriknya Dell.
 
Logo dan Unique uCode [Foto: Dok Pri]
Satya Nadela sebagai CEO Microsoft sendiri pun jelas-jelas punya statement yang sangat jelas. Dia berkeinginan, orang-orang pindah  dari kebutuhannya untuk windows, untuk membeli windows, dan mencintai windows. Kini, Microsoft punya platform pun sudah sangat terbuka untuk siapa saja.

Mengapa Windows 10?
Windows 10 sangat banyak fiturnya. Windows 10 sendiri, memberikan sesuatu untuk user atau siapapun hal yang sangat berbeda. Apalagi blogger sebagai penulis, akan terlihat tulisan yang bagus. Dengan adanya Microsoft Edge di fitur baru, Continuum yang bisa install di aplikasi dan digunakan sebagai desktop, Gaming & Box. Ke depannya, Xbox sendiri di console ada untuk main game. Nah, game di Windows Store bisa untuk main game di tablet, pc, bahkan bisa bermain di semua platform. Di Windows 10 ini juga seamless, jadi tidak perlu coding ulang.
Sekarang tahu kenapa harus menggunakan Windows 10 [Foto: Dok Pri]
Windows 10 ini sebagai the latest-nya Microsoft dan tidak akan bakal ada lagi. Di Windows 10 ini juga ada creator update-nya. Seperti Windows Hello bisa untuk security, finger print, atau face.

Di zaman milenial ke depan, generasinya tidak akan mengingat password, justru akan lebih simpel dengan finger print, face, dan sebagainya. Sebenarnya, untuk face ini sebelumnya Microsoft sudah ada, tetapi lebih dipopulerkan oleh Apple.

Windows 10 juga bisa jadi Windows Inking. Jadi, inking di sini bisa buat gambar atau corat-coret. Inking di Windows 10 ini lebih maju lagi. Jadi, bisa buat untuk objek 3D. Juga untuk photo remix, mixed rality + paint 3D Power Point, dan sebagainya. Menurut saya, dengan Windows 10 ini, ke dapannya, seluruh aktivitas dan pekerjaan kita bisa dimudahkan, dengan satu ketentuan bahwa software mesti original.

Mengapa 3D di Windows? Sebenarnya, 3D bisa di mana saja. Akan tetapi, 3D di Windows ini memberikan pemahaman baru. Dapat membantu memvisualisasi 3D. dari laporan menunjukkan, sebesar 86% siswa terbantu meningkatkan pembelajaran dalam objek 3D.

Membantu pula kita berimajinasi. Kita bisa melihat 3D di dunia kita. Iklan dengan pendekatan augmented reality menunjukkan 2.5x lebih lama dibandingkan via radio atau TV. Kemudian membuat orang lebih kreatif. 3D memacu kreativitas seseorang. 89% siswa mengatakan kreativitas sangat penting untuk masa depan mereka.



Ario Pratomo: Kerja Orisinil dan Otentik, di Mana Beda?
 
Ario Pratomo, Blogger juga Youtuber [Foto: Dok Pri]
Menilik dua kata itu terkadang masih samar-samar bingung. Banyak pula orang yang keliru mengartikan bahwa otentik dan original itu, sama. Eits, tenang. Otentik dan orisinil itu  dua hal yang berbeda. Otentik mengacu pada bentuk lain dari autentik artinya bisa dipercaya, asli, tulen, atau sah.

Sementara itu, orisinil sebagai bentuk kata lain dari orisinal yang disesuaikan dari bahasa Inggris, original. Untuk menjawab dengan mudah, Ario memberi satu contoh permainan. Dia minta maju ke depan enam orang untuk bermain bersama.

Ario memberi gerakan pada orang pertama. Gerakan yang ditirukan semua sama seperti instruksi Ario. Orang pertama lantas memberikan gerakan kepada orang kedua. Gerakan dari orang pertama ke orang kedua tidak ditiru sama. Ketika orang kedua memberikan gerakan ke orang ketiga, gerakan yang dicontohkan oleh orang ketiga bukan hasil dari gerakan orang kedua atau orang pertama.

Akan tetapi, gerakan orang ketiga ini merupakan gerakan yang sedikit berbeda dari gerakan yang diberikan orang kedua kepadanya. Nah, orisinil gerakan ini tetap masih ada, tetapi sudah mengalami sedikit perubahan dari yang diberikan.

Hingga permainan ke orang keenam pun gerakan dasar sama tetapi sudah mengalami beberapa perubahan. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa, keduanya sama-sama gerakan asli secara arti dan isi. Tetapi dari bentuk dan tampilan pada gerakan otentik sudah mengalami perubahan dari bentuk orisinilnya tanpa mengubah makna atau arti mendasar gerakan itu sendiri.

Orisinil itu punya kedudukan atau keaslian yang sangat basic. Kalau kita punya ide, nah orisinil itu masih ide mentahnya.  Belum diolah agar jadi ide matang. Sedangkan otentik sudah mengalami perubahan tapi tidak perubahan yang sifatnya basic dan tidak menyebabkan tidak asli lagi.

Otentik dapat pula sebgai pembaharuan dari ide mentah tersebut. Dari contoh permainan gerakan yang diperagakan itu tadi, otentik tetap asli dan bisa dipercaya karena punya isi sama secara arti gerakan. Bahasa sederhana: orisinil sudah pasti otentik tapi otentik belum tentu orisinil.

Sama halnya ketika Ario membuat satu vlog, dia melihat Casey. Ternyata banyak yang berkomentar tentang hal itu. Ada yang bilang, “Casey versi kalem, so Casey, dan Casey nasty, dan sebagainya.”

Otentik itu soal rasa, kejujuran, dan muncul dari dalam diri. Kalau menurut saya, jarang sekali orang beroleh ide tanpa melihat sekeliling. Boleh jadi dipertanyakan ketika seseorang bilang, “Ini hasil karya orisinal saya yang tidak ada duanya.”

Manusia, satu dengan lainnya itu saling mencontoh juga meniru. Hampir mustahil jika tidak melihat. Pun kalau ada yang benar-benar orisinil, itu bisa dihitung dengan jari. Kalau mau orisinil, bisa dilihat di sini
www.cariyangori.com.

Masih mau terus pakai bajakan kalau sudah tahu apa yang bakal terjadi di device? 



0 komentar: