Friday, December 22, 2017

Mau Jalan Ke mana? Pakai Ini, Travel Biro Under Budget



 
Pilih mana? Bisa Jalan Jalan punya solusi [Foto: Dok Pri]
Jalan-jalan itu menyenangkan, lho. Untuk kalian yang suka jalan-jalan, tentu setuju, iya kan? (iyain aja), hahaha. Jalan ke mana pun apalagi sama orang yang kita sayangi plus cintai, jalan ke ujung dunia juga ga berasa jalan. Eh di mana ujung dunia ya??  Rasanya beda banget ya. Hmm… jalan-jalan pun untuk saya tak sekadar jalan-jalan, ada yang dituju, minimal ada knowledge-nya.

Jalan-jalan, bahasa kerennya traveling itu buat saya sesuatu. Apalagi bisa eksplor Indonesia yang kaya ini. Ya, minimal keliling Indonesia dulu saja. Menggali budaya lokal setempat dengan kearifan yang mereka miliki. Icip-icip kuliner daerah setempat yang jadi ciri  khas daerah. Membayangkannya saja begitu indah, apalagi nyata dan hadir di daerah yang diimpi-impikan.

But, traveling without money, like a bird without wings. Ya, kalau jalan-jalan tanpa uang, sudah seperti burung tanpa sayap tentunya. saya pikir sih ga juga kalau jalan ga ada uang yang dipegang. Banyak sih yang bilang, “Gue ke sana gratis, dibayarin, ga ngeluarin uang sama sekali.” Ga juga sih menurut saya. Minimal keluar ongkos untuk naik kendaraan menuju, entah itu bandara, stasiun kereta, atau pelabuhan. Kecuali yang tinggal (baca rumah)-nya deket sama ketiga tempat yang saya sebut.

Minimal ada buat jajan atau belanja oleh-oleh ya. Kecuali, kalau semua biaya perjalanan ditanggung all in. Mau banget saya jalan-jalan gratis tis tis yang semuanya dibiayain, termasuk cuci ko*or, hahaha… Ada sih, bisa dihitung tapi sama jari jempol saya.

Dari tadi ngomongin jalan-jalan ya. Jadi, pengen ke satu tempat yang teduh, damai, orangnya ramah-ramah, sosialisasi antarsatu dengan lainnya berjalan baik, tak ada pertentangan satu sama lain, juga makanan yang aduhai, tempat tinggalnya di antara tetumbuhan hutan yang sedang bermekaran, dilayani sama pelayan-pelayan yang cantik-cantik… hahahahha #cubitpipi #ngayal aja. Eiitss, semua berawal dari ngayal, siapa tahu jadi kenyataan, aamiin.
 
Rekan-rekan Blogger bersama Owner Bisa Jalan Jalan [Foto: Dok Pri]
Nah, berkaitan dengan jalan-jalan ini, pada Kamis (14/12/2017) lalu, saya diundang sama salah satu travel biro bertempat di Bebek Dower Plaza Festival, Kuningan, namannya Bisa Jalan Jalan. Nah, bisa jalan jalan ini memang baru banget berdirinya, sekitar Agustus tahun 2016 lalu. Sudah setahun lewatlah ya. Pendirinya itu ada empat orang. Yeah, semuanya srikandi alias cewek-cewek tangguh.

Nyobain menu Bebek Dower... nampol [Foto: Dok Pri]
Mereka itu semuanya suka jalan-jalan. Dulunya, keempatnya itu kerja di  salah satu perusahaan asing yang ada di Indonesia. Tetapi, seiring bergulirnya waktu, karena kecintaan mereka dengan jalan-jalan, dan passion yang kuat untuk jalan-jalan, akhirnya keempatnya keluar dari kerjaannya.

Keempat cewek itu mendirikan travel biro ini. Nah, salah seorang pendirinya yang masih eksis hingga sekarang ini adalah Sita. Sita memang total mengurus dan mengelola Bisa Jalan Jalan. Tujuan awalnya itu untuk umrah. Ke sininya, justru orang ingin dibuatkan destinasi wisata.

Sita sempat bercerita kepada saya, “Dulu memang, berfokus pada umrah dan haji. Tetapi, makin ke sini semakin banyak orang yang minta untuk kami buatkan destinasi wisata. Itu atas permintaan mereka. Sempat juga terlontar dari pelanggan Sita, kok Bisa Jalan Jalan, tetapi ngurusin haji dan umrah juga?”

Nah, di situlah tantangannya. Hadirnya Bisa Jalan Jalan ini, menurut saya menambah deret panjang travel biro di tanah air. Persaingan semakin ketat. Siapa yang berani menawarkan lebih, tentu dia yang akan mendapat lebih. Sita berani melakukan itu meski di awal-awal sulit sekali mendapatkan pelanggan.

“Banyak travel biro ternama yang sudah dipercaya mayarakat. Dalam beberapa bulan belum ada orang yang tertarik menggunakan jasa kami. Karena itu, salah satu foundernya mengundurkan diri,” kata Sita.
 
Sita (kaca mata) bersama sang kakak angkat Mba Muthiah Alhasany [Foto: Dok Pri]
Memang, untuk membangun sesuatu yang baru, apalagi mendapatkan branding perlu usaha dan kerja cerdas. Kerja keras saja tidak cukup. Perlu membangun stragegi marketing yang punya trik jitu. Mengembangkan layanan yang memudahkan juga menyenangkan pelanggan. 

Sita punya cara cerdas untuk itu. Perjalanan ke destinasi yang bisa jut-jutan, dia tawarkan under bujet. Ternyata, hal itu terbukti. Semakin ke sini, pelanggannya semakin banyak. Sita pun meng-arrange bujet agar dapat lebih murah, pelanggan pun bisa puas.

Contohnya, ada pelanggan yang minta ke Belitung. Biaya ke Belitung, termasuk “mahal”. Tetapi, dengan under budget yang Sita kalkulasi, bisa jadi lebih murah. Kalkulasi biaya ke Belitong yang Sita buat hanya 2,3 juta rupiah saja. Itu pun sudah termasuk hotel, biaya penerbangan, penginapan, dan makan, juga destinasi ke beberapa tempat wisata. Jalan-jalan si pelanggan pun jadi nyaman tanpa dibebani hal-hal yang tak diinginkan.  


Highligth tiga hari dua malam ke Belitung ini bisa hopping island, kunjungan ke kampung Laskar Pelangi, meliaht Mercusuar Panoramic View, ke Penangkaran Penyu #SaveAnimal, Hunting Sunrise juga Sunset, Kayak & Snorkeling, juga tentunya wisata kuliner setempat. Ajiiib banget kaaan.
 
Paket murah ke Yogya dan Belitung [Foto: Dok Pri]
Yes, paket ini termasuk hotel, tiket pesawat PP, tour guide, kendaraan AC, dan makan siang. Paket tidak termasuk pengeluaran pribadi, makan malam, tour pribadi, dan asuransi perjalanan. Termasuk murah banget ini.

Begitu pula permintaan ke Yogya. Sita menghitung under budget ke Yogya hanya 2,5 juta rupiah untuk 3 hari dua malam. Dengan highlight Candi Prambanan, Candi Boko, Candi Borobudur, Malioboro, Punthuk Setumbu,Taman Lampion, Istana Air Taman Sari, juga Keraton Yogya.

Dengan paket termasuk hotel, tiket pesawat PP, tour guide, kendaraan AC, dan makan siang. Bayangkan saja, hari gini 2,5 juta sudah bisa ke mana-mana. Oiya, paket tidak termasuk pengeluaran pribadi. Yang pasti, pengeluaran pribadi, ya diri sendiri yang nanggung yaa… makan malam cari sendiri, tour pribadi kalau mau privat di luar bujet 2,5 juta, dan asuransi perjalanan.

Ke Lombok pun sama, tiga hari dua malam dengan ekstra murah dari Bisa Jalan Jalan. Highlight-nya bisa ke Gili Trawangan, Gili Air, Gili Mano, Pantai Mawun, Pantai Pink, Dessert Point (Bangko Bangko), Pantai Salong Belanak, dan Rumah Adat Dusun Sade.

Sita tak kenal menyerah. Meski agak terseok-seok membangun usaha ini, dia dan teman-teman yang masih bertahan untuk membangun dan membesarkan Bisa Jalan Jalan terus berusaha. Alhasil, dari relasi yang telah terbangun sebelumnya, Bisa Jalan Jalan mendapatkan klien pertama di bulan Pebruari. Mau tahu trip pertama itu ke mana? Ahaaa… Ke Jepang sodara-sodara!

Cerita punya cerita dari Sita, orang-orang yang ingin bepergian ke Jepang itu peminatnya cukup tinggi. Nah, dari sinilah, Bisa Jalan jalan promosiin Jepang sebagai destinasi utamanya. Namun, selain  Jepang ada juga lho klien yang minta jalan-jalan ke Eropa. Bisa Jalan Jalan meng-arrange trip ke Jepang tergantung permintaan. Semuanya diserahkan  dan dikembalikan ke klien, destinasi mana yang akan dituju, lantas daerah-daerah mana saja yang ingin dikunjungi nantinya. Sita akan meng-kalkulasi biaya yang diperlukan, di luar tiket pesawat kalau untuk pergi ke Jepang.

Oiya, trip-trip yang dilakukan Bisa Jalan Jalan tak terbatas trip ke luar negeri saja lho. Bisa Jalan Jalan juga  bisa di-request untuk trip sekitar Indonesia dengan bujet yang disesuaikan. Misal mau ke Bromo, Bisa Jalan Jalan akan mengikuti keinginan klien mau ke mana saja. Di sinilah enaknya pakai Travel Biro Jalan Jalan.

Nah, meski namanya Bisa Jalan Jalan, tetap juga melayani untuk orang-orang yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah, lho. Jadi, bisa juga sekalian umrah atau haji plus jalan-jalan.

Saya pun baru kali ini bertemu travel biro yang justru membantu meringankan beban atau biaya klien. Meski dengan bujet ngepas, tetapi jalan-jalan bisa maksimal. Bisa Jalan Jalan mampu menangkap maunya klien seperti apa. Karena, tidak semua klien itu mau repot. Justru ingin ketika pergi semua sudah ready dan tinggal angkut tas. Jadi intinya, klien bisa “memindahkan beban” yang mereka punya ke Bisa Jalan Jalan kalau klien tak mau repot.
 
Keceriaan rekan-rekan blogger sembari ngemil sebelum Bisa Jalan Jalan present [Foto: Dok Pri]
Enaknya lagi di Bisa Jalan Jalan ini menerima paket traveling keluarga, kelompok, juga private trip. Soalnya, ada beberapa klien termasuk saya yang jalan-jalan pengennya sama orang-orang dekat saja, dan tak mau diganggu sama tetek bengek lainnya.

Bisa Jalan Jalan itu membaur dengan klien, jadi tidak separate. Ada silaturahmi dengan klien, itu yang dikedepankannya. Satu hal  yang menjadi prioritas Bisa Jalan Jalan, KENYAMANAN. Menurut saya, kalau perjalanan itu nyaman, suasana akan terbangun enak dan mau ngapain aja enak. Beda halnya kalau jalan-jalan sudah bete duluan. Otomatis perjalanan makin tak menyenangkan dan justru pengen cepat-cepat pulang. Jadi, pindahkan saja panik dan lelah ke pundak Bisa Jalan Jalan. Kalau jalan-jalan bisa nyaman, kenapa harus repot.
 
Bersama Boss Madyang Om Rahab, Mba Sita, dan Mba Devi... Menang Instagram kita hahaha [Foto: Dok Pri]
So, Bisa Jalan Jalan next year bisa jadi pilihan saya untuk memindahkan kelelahan dan destinasi wisata yang akan saya tuju. Good Luck and Congratulations  Bisa Jalan Jalan. Sukses terus!



Nah, alamat Bisa Jalan Jalan ada di sini nih.

Roxy Square LG Blok B5 No.15
Jl. Kyai Tapa Tomang, Jakarta Barat 11440
Instagram @bisajalanjalan 
Email: bisajalanjalan@gmail.com

Telepon:
Office: +6221 5695 3513
Mobile: 0878 8553 0557

30 comments:

Tanti Amelia said...

Yuuuk jalan ke jepang hahaha

Jun Joe Winanto said...

Yuuuk Mba Neng, apa kita Ngumpulin dulu nih. But no wonder yaa... Hahahah

Liswanti said...

Ada promo apa neh sekarang hihi

D. Pusupa said...

Wah ada promokah ke Jepang? Kabari ya jika ada hehehe.

Agung Han said...

Waaw, bisa jalan jalan dg budget terjangkau bersama bisa jalan jalan

Kania Safitri said...

Jadi pengen ke Belitong kalau hanya Rp.2,3 juta sajaaaah..

Marga Apsari said...

Waaaah pas banget nih lagi ngebudget buat liburan terus liat tulisan ini!

Jun Joe Winanto said...

Teh @Liswanti: Keknya lagi ada promo ke Jepang itu. Kontak-kontak aja nomor yang tertera di bagian paling bawah tulisan blog saya teh.

Mba @Dewi: Iya Mba,Bisa Jalan Jalan lagi banyak program yang bisa disesuaikan bujet kita, asyikkan.

Mas @Agung: Yes Mas, ayoo kita jalan-jalan mas.

Mba @Kania: Naaah sama... ngumpul bujet 2,3 jeti Nia... ayooo... rencanain. Hehehe

Mba @Marga: Terima kasih Mba, semoga bermanfaat yaa:)

Hellofika said...

Mau dunk bisa Jalan Jalan, kadang kalau ngatur sendiri suka pusing ya Jun. Jadi harus pakai jasa yg seperti ini. Biar cus tinggal jalan

Ivonie Zahra said...

wuih Bisa Jalan Jalan juga buka ke Bromo ya, saya pengen ke Bromo tapi maunya juga pakai biro travel hihihi. Gak sanggup kalau cuma motoran aja.

Dede Ariyanto said...

Kalo jalan ke Bekasi, harus pake ini juga om? Wkwkwk 😂

Nurul Rahmawati said...

Waksss, sungguh godaan menarik buat yang hobi ngeluyur kayak dirikuuu
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Jun Joe Winanto said...

@Fika: Nah bener... ga usah pusing mikir bujet minim tapi bisa keliling keluar kota, bahkan keluar negeri. Yekan yekan... Ada ahlinya, bahkan under budget. Aiihh.

Mba @Ivonie: Bisa bangeeeet mba ke Bromo. Jangankan ke Bromo, ke lintas negara Bisa Jalan Jalan juga wookeeeh dokeeeh.

Mas @Dede: Bisaaaa bangeeeeet dah pokoke Mas. Jangan ke Bekasi, ke Planet lain kalo mau bisa nih. Hahahahaha... Bisa Jalan Jalan mengakomodir permintaan klien. Klien puas, Bisa Jalan Jalan tetap gak lemas-lemas.

Mba @Nurul Rahma: Godaan menarik banget mbaaa... Ayoook kita keluyuran bermanfaat. Hahahaha,... tentunya pake Bisa Jalan Jalan, biar hemat mat mat mat.

unggulcenter said...

Namanya unik ya, Bisa Jalan Jalan hehe.. jadi pengen liat2 nih ada paket kemana aja

Sie-thi Nurjanah said...

Dengan menggunakan jasa trip seperti ini, biasanya kualitas travelling lebih bisa kerasa tanpa harus pusing memikirkan transport.
Founder bisa jalan-jalan gigih juga y..sampai kemudian bisa membangun trip organizer yg dipercayai konsumennya

Jun Joe Winanto said...

Mas @Unggul: Heeh, unik. Calling mas calling... Ada nomor kontaknya di bawah. Ajak-ajak yaaa klo jalan-jalan... Hahhahaah

Mba @Sie-thi: Naah iya, kalo pake jasa trip ga pusing mikirin mau ke mana-ke mananya. Terpenting nyampe, makan, jalan, nginep. Kalo orang Sunda bilang tinggal "Hardolin" mbaa... Hahaha

windhu said...

Aku mau jalan-jalan ke Jepang. Dalam waktu dekat, bolehlah kamu ajak aku bisa jalan jalan ke lombok atau ke belitung dulu hahaha..

Intan Rosmadewi said...

Bidik Umrah Keluarga. Dhuh . . .semoga doa kita maqbul hajji juga pengen tapi quotanya di Bdg nunggu 5-20 thn gile.

Jun Joe Winanto said...

Mba @Windhu: Ajak aku yaah kalo ke Jepang... tar barter ajak-ajakan. Hahahah.. gak kelar-kelar ngajak-ngajak doank yak. Eitss.. siapa tahu terkabul yak, Aamiin. Semoga.

Bunda @intan: aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin. Semoga doa bunda diijabah sama Allah SWT. Iya Bun, pengen umroh dan niat bun. Minimal umroh dulu ya bun. Kalo haji nunggu kuota tahun yang panjang.

Andri Mastiyanto said...

bebek dower nya uenak tuh

Reh Atemalem said...

Langsung ngecek ahhhhh, gampang tergoda sama yang begini.

Hanni Handayani said...

paling enak jasa seperti ini, harga yang ditawarkan kompetitif dibanding yang lain

Atisatya Arifin said...

Harganya bersaing ya, jadi semangat nabung untuk pergi umrah nih terus coba pakai travel biro ini.

Kurnia amelia said...

Harganya kompetitif ya...jadi pengen jalan-jalan sama umroh hehe.

Andiyani Achmad said...

Mau banger umrah.. Liat harganya jadi memacu buat rajin nabung lagi.. Bisa jalan jalan kece anet sih. Makasi mas infonya

Anesa nisa said...

Aku penasaran dengan under budget nya. Ahahaha. Jadi masih offline ya? Tantngan nih buat mbak Sita. Temenku ada yg gulung tikar krn tergerus sama online travel agent. Mudah2an Bisa Jalan Jalan tetap bisa bersaing sehat.

Luana Yunaneva said...

biro2 perjalanan emang perlu kreatif bikin aneka promo buat gaet konsumen
kalo ga aktif, bisa tutup soalnya lama2

Selamet Hariadi said...

Jalan-jalan enak dengan travel budget yang pas...

Siti mudrikah said...

Widih under budget ya mas,bisa jalan jalan ini bikin promo yang menggiurkan, memang hrus bnyak alternatif promo biar konsumen makin tertarik. Pengen ke belitung ih.

Nur Annisa said...

aseek nih bisa jalan-jalan dengan harga ekonomis dan nyaman bersama keluarga atau teman :)