Friday, February 23, 2018

iCar Asia Indonesia Tempati Posisi Teratas Industri Online Otomotif



 
Regia Glamouria, Country Manager iCar Asia Indonesia
Industri mobil di Indonesia khususnya, dan ASEAN umumnya semakin meningkat tajam. Bahkan, pasar mobil di dunia pun mengikutinya. Dengan peningkatan itu , otomatis membawa dampak tersendiri bagi pertumbuhan industri mobil yang ada di ASEAN. Nah, salah satu  portal otomotif yang gencar memberikan layanan penjualan mobil kepada publik di ASEAN adalah iCar.

Baru-baru ini dalam rilisnya (23 Februari 2018), bahwa iCar ASIA yang memiliki jaringan nomor satu portal otomotif di ASEAN, memberitahukan hasil pencapaian pertumbuhan yang sudah berlangsung sejak tahhun 2017. Laju pertumbuhan pendapatan yang diperolehnya naik tajam di angkat 87% per tahun serta peningkatan 21% EBITDA Loss  di paruh kedua 2017 untuk bisnis yang ada di Indonesia yaitu Mobil123.com dan Otospirit.com.

Regia Glamouria, selaku Country Manager iCar Asia Indonesia mengatakan, “Hasil yang dicapai merupakan indikasi yang sangat jelas bahwa pembeli mobil memilih website Mobil123.com untuk mencari, membeli, dan menjual mobil yang mereka miliki. Pengunjung website dan jumlah  leads menguat sepanjang tahun dan masing-masing mencapai 38% dan 16% YoY pada bulan Desember 2017.”

Regia  juga menambahkan bahwa hal ini juga membantu  memberikan pertumbuhan pada jumlah dealer berbayar setiap bulannya untuk mempromosikan iklan mereka, yang melonjak sebesar 77% di bulan Desember 2017 dibandingkan tahun sebelumnya.  Pendapatan bertumbuh 87% Year of Year seiring berjalannya stratergi monetisasi. Perbaikan pada EBITDA di 2017 tempat flat Year of Year, akan tetapi menunjukkan tingkat perbaikan pertumbuhan sebesar 21% di paruh kedua  2017 dibandig periode yang sama pada 2016.

“Kami bisa mencapai laju pertumbuhan sebesar itu karena sangat fokus dalam menyediakan solusi teknologi inovatif dan terus menjadi market leader di Indonesia. Dengan menjadi mitra pemasaran  yang tepat bagi para pelanggan, kami juga memastikan dengan platform sederhana dan efektif bagi konsumen, telah membantu kami mencapai pertumbuhan ini. Hasil ini menambah tingkat keyakinan kami di tahun 2018," katanya.

Year of Year tahun 2017 telah menempatkan Mobil123.com di posisi terdepan. Temuan menunjukkan bahwa pertumbuhan jumlah listing Mobil23.com 4,3 kali lebih banyak dari pesaing vertikal terdekat, dan 1,1 kali lebih banyak dari pesaing horizontal terdekat di industri ini, demikian dikatakan Regina pula.

iCar juga mengungkapkan bahwa hasil Year of Year (YoY) menunjukkan bahwa 19% produsen mobil dan 14% dealer mobil baru saat ini telah berbayar untuk beriklan dengan iCar Asia  di Indonesia.

"Kami melihat pertumbuhan pelanggan pemasang iklan yang kuat karena beriklan digital menjadi komponen utama strategi pemasaran pelanggan dan kami berada di garis terdepan untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan beriklan di Mobil123.com, produsen mobil dapat menjangkau spektrum yang lebih luas dari target pasar mereka dan hasilnya dapat diukur,“ ujar Regia.

Outlook 2018: Momentum Hebat dan Jalur Pertumbuhan yang Jelas

Sementara itu, Hamish Stone, selaku CEO iCar Asia Limited menambahkan, "Dengan hasil akhir yang baik di 2017 lalu, di tahun 2018 Perusahaan telah siap untuk memperoleh keuntungan dari kondisi ekonomi yang positif di kawasan ASEAN dan pemulihan industri otomotif di semua pasar tempat  iCar Asia beroperasi."
 
Hamish Stone, CEO iCar Asia Limited
Stone juga mengatakan bahwa, secara Grup iCar Asia Limited (Perusahaan) juga memiliki hasil YoY yang membanggakan. Hasil keuangan dicapai bersamaan dengan memberikan pertumbuhan yang baik di semua metrik operasional utama Perusahaan di semua negara.

Pada bulan Desember 2017, di seluruh Grup iCar Asia Limited, 48% pertumbuhan Year of Year jumlah pengunjung website menjadi 11,2 juta pengunjung unik. Total lead selama Desember menghasilkan lebih dari 1,1 juta dengan pertumbuhan Year of Year 42%. Sementara itu,  23% pertumbuhan Year of Yead total akun berbayar lebih dari 5.900 akun. 52% peningkatan jumlah sundul iklan di seluruh perusahaan
(catatan: ‘sundul’ adalah produk berbayar yang mempromosikan iklan ke hasil pencarian yang relevan  teratas) menjadi 247.000 sundul, dan total jumlah iklan aktif bertumbuh Year of Year 12%  menjadi 479.000 iklan aktif.

“iCar Asia akan terus mengembangkan core business, yaitu sebagai marketplace mobil bekas dan media beriklan digital, serta memanfaatkan posisi kami sebagai market leader untuk berkembang lebih jauh dalam memberikan pelayanan untuk industri mobil baru, events, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan layanan jual beli kendaraan. Sebagai marketplace yang terbesar dan terpercaya di kawasan ASEAN, iCar Asia berada dalam posisi yang bagus untuk meraih keuntungan, karena kawasan ini terus berkembang  dalam transformasi dunia digitalnya."

Informasi lebih lanjut tentang iCar dapat menghubungi:

Regia Glamouria                                          Hamish Stone
Country Manager                                          Chief Executive Officer
iCar Asia Indonesia                                       iCar Asia Ltd
Mobile: +62 816 805 926                                 Mobile: +6017 473 3778
Email: regia.glamouria@icarasia.com            Email: hamish.stone@icarasia.com

ENGLISH
About iCar Asia Limited (www.icarasia.com)
Listed on the Australia Securities Exchange, iCar Asia (ASX: ICQ) owns and operates ASEAN’s No.1 network of automotive portals.

Headquartered in Kuala Lumpur, Malaysia, the company is focused on developing and operating leading automotive portals in Malaysia, Indonesia and Thailand. iCar Asia is continuously working to capitalize on its market-leading positions, with its online properties currently reaching over 11 million car buyers and sellers in the region.

iCar Asia Network of websites
o   Malasysia: Carlist.my
o   Malaysia: LiveLifeDrive.com
o   Indonesia: Mobil123.com
o   Indonesia: Otospirit.com
o   Thailand: One2Car.com
o   Thailand: Autospinn.com
o   Thailand: Thaicar.com


BAHASA INDONESIA


Tentang iCar Asia Limited (www.icarasia.com

Terdaftar di Bursa Efek Australia, iCar Asia (ASX: ICQ) memiliki dan mengoperasikan jaringan portal otomotif No.1 di ASEAN.

Berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia,
iCar  fokus pada pengembangan dan pengoperasian portal otomotif terkemuka di Malaysia, Indonesia, dan Thailand. iCar Asia terus berupaya memanfaatkan posisi terdepan di pasarnya, dengan properti online saat ini menjangkau lebih dari 11 juta pembeli dan penjual mobil di wilayah ini.

Situs Jejaring iCar Asia
o   Malasysia: Carlist.my
o   Malaysia: LiveLifeDrive.com
o   Indonesia: Mobil123.com
o   Indonesia: Otospirit.com
o   Thailand: One2Car.com
o   Thailand: Autospinn.com
o   Thailand: Thaicar.com
 

5 comments:

Dama Vara said...

Belum pernah coba beli mobil di platform Mobil123.com nih
Tapi kelihatannya platformnya memang sederhana, gak bikin mata siwer, mudah dipakai.

Reni said...

Bener ya perkembangan di era digital memang luar biasa, semoga mobil123 tetap menjadi terdepan dan selalu berinovasi.

Liswanti said...

Keren neh iCar Asia. Sukses pokoknya.

Teddy Rustandi said...

Pilih mobil bekas emang asiknya lewat website resmi yg terpercaya banyak pilihan dan praktis

Choirul Huda said...

bagi saya, mobil123.com bukan sekadar portal otomotif saja, melainkan referensi jika ingin membeli kendaraan anyar atau second. apalagi ada tips dan trik terkait otomotif yang sangat membantu konsumen. intinya, keren banget