Sunday, August 12, 2018

Tasty Singapore, Lewat Rasa Melanglang Buana ke Indonesia


Tasty Singapore, merambah market makanan Indonesia [Foto: Dok Pri]
Ngomongin makanan itu tentu tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak, setiap hari mungkin  atau beberapa jam sekali, ada saja makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan-makanan itu tentunya sudah dipilih dari jenis dan bahan yang sehat oleh yang akan mengonsumsinya. Makanan juga sebagai bahan dasar utama untuk makhluk yang hidup di bumi bertahan hidup.

Dengan makanan, tubuh kita dapat beraktivitas, tumbuh, dan sel-sel terus memperbaiki diri. Jenis makanan yang kita makan pun dapat mempengaruhi efisiensi proses-proses tersebut. Fungsi tubuh dan makanan yang menopangnya memang kompleks. Makanan sesungguhnya menjadi salah satu set bahan kimia paling rumit kalau kita membayangkannya.

Makanan terdiri banyak bahan zat kimia yang berbeda, makronutrien- komponen nutrisi utama yang hadir dalam jumlah relatif besar, seperti protein.  Mikronutrien, komponen nutrisi utama yang hadir dalam jumlah relatif kecil, seperti vitamin, air, dan serat (serat makanan). Banyak juga komponen lain yang hadir dalam satu jenis makanan.

Makanan juga mungkin mengandung warna, baik alami maupun sintetis, rasa, zat aktif farmakologi, contohnya kafein, steroid, atau juga salisilat, yang secara kimia memberi pengaruh pada tubuh. Racun alami (racun yang terjadi secara alami, seperti sianida), zat adiktif pun kadang ada dalam makanan.

Nah, kalau dari sifat kimianya, sifat kimia makanan berubah karena penyimpanan, pengawetan, dan terutama dari cara dan teknik memasak.  Bahan-bahan kimia alami (saya fokus ke bahan kimia alami) dapat berinteraksi dalam tubuh. Contohnya, adanya sejumlah zat besi dari sumber tanaman, bergantung pada jumlah vitamin C yang ada dalam makanan yang dimakan.  Cara-cara ketika karbohidrat diserap usus pun bergantung pada keberadaan serat makanan, meskipun serat sendiri tidak dapat diserap.

Kalau kita mau makan, apa sih yang perlu diperhatikan juga? Kalau saya, melihat fisik makanan, itu penting banget. Ukuran partikel makanan dapat mempengaruhi sejauh mana nutrisi dicerna dan bisa diserap tubuh.  Contohnya, kalau saya makan apel utuh, itu punya nilai gizi berbeda ketika minum apel puree. Selai kacang atau roti, nutrisinya lebih cepat diserap tubuh ketimbang makan kacang utuh.

Hal lain lagi kalau saya mau konsumsi makanan adalah keasaman dan alkalinitas makanan. Hal ini penting banget sebagai sifat fisik yang perlu kita tahu. Kalau makanan terlalu asam atau terlalu manis bahkan asin, punya pengaruh tersendiri dalam tubuh juga indera pencecap. Hebatnya tubuh kita itu dapat mengatasi berbagai keasaman makanan. 

Nah, beberapa waktu lalu, saya mendapat kiriman makanan dengan merek Tasty Singapore. Penasaran kan, siapa Tasty Singapore ini, dan makanan apa saja yang dikirim ke saya? Tasty Singapore merupakan merek makanan yang disatukan dari berbagai perusahaan yang membuat makanan dari beragam kategori produk ke dalam satu merek Singapura yang sudah umum banget.

Kenapa bisa begitu? Hal ini karena seiring meningkatnya minat konsumen Indonesia dengan tawaran produk makanan baru dan berbeda. Kalau dilihat, sejak 2013--2015, pengeluaran masyarakat Indonesia untuk makanan dan minuman kemasan terus meningkat, hal tersebut terjadi merata di seluruh tingkat pendapatan.

Bergabung dalam satu merek Tasty Singapore memungkinkan perusahaan makanan Singapura memperkuat kehadirannya dengan menampilkan dan memberikan produk berkualitas-inovatif yang melingkupi semu jenis makanan.

Tak salah , produk makanan Singapura mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, tak lain karena banyak ragam pilihan, sehat, yang paling penting lagi sudah diidentifikasi oleh Health Choice Symbol (HCS) di kemasan makanannya. Produknya secara keseluruhan lebih rendah lemak jenuh, sodium, dan gula.

Tasty Singapore sebagai merek industri memberikan kepercayaan untuk makanan yang diproduksi dari perusahaan-perusahaan makanan Singapura. Saya pribadi mengakui bahwa, makanan-makanan yang dihasilkan sudah teruji dari ketekunan perusahaan.

Sebelum produk dilepas ke pasaran lewat uji coba proses pembuatan persiapan makanan. Cara atau teknik pengemasan makanannya pun sangat detail diperhatikan dengan tidak hanya menekankan keunggulan kuliner makanan Singapura, akan tetapi memberikan keunikan tersendiri, keunggulan, dan kreativitas yang membuat makanan Singapura semakin melanglang buana di dunia internasional.

Dari beragam latar belakang tradisi, inovasi dalam pengembangan produk dan dinamisme di  selera makanan, Tasty Singapore mewujudkan kualitas dan keamanan, baik ketika pengolahan maupun persiapan makanan.

Tak sabar  jenis makanan apa saja yang dikirim ke saya. Saya sebutin satu per satu deh perusahaan yang memproduksinya, ada Koka Noodle, Prima Taste, Peacock, Gold Killi, Corniche, Win Win, Tiger, Chee Seng, Double Pagoda, Orient, Bobo, Ripe Juice, dan Captain Oat.

Tapi biar makin penasaran, saya keluarin tiga dulu deh  bentuknya (ha ha ha). Yang lainnya disimpen dulu. Kalau dikeluarin dan dimakan semua, aagh perut bisa over. Satu per satu yaa… 😆😆

Pagi ini, saya buka satu kotak Ripe Best Quality Cranberyy Juice, made from 100% juice. Ini merupakan sari buah Cranberry dengan komposisi konsentrat Cranberry, sirup jagung tinggi fruktosa, air, dan natrium benzoat. 
Tasty Singapore-RIPE dengan Cranberry Juice, made from 100% juice [Foto: Dok Pri]
Begitu saya buka, aroma wangi seperti madu keluar menyeruak. Wanginya mirip madu murni, padahal tidak ada campuran madu sama sekali. Rasa manis-asam segar cranberi membelalakkan mata saya. Juice dengan serat pangan 4g dan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 17% dengan natrium 20 Mg ini mampu memberikan energi terbarukan untuk saya.

Jus kategori healthy food ini, diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang tidak berubah sebagaimana rasa buah cranberi itu sendiri. Terkadang, kalau saya minum jus, baru saya buka beberapa jam saja, aroma dan rasanya sudah berubah.

Yang sangat kentara pada rasa. Tetapi, Ripe Juice Cranberry ini saya coba biarkan beberapa jam di luar (suhu ruang) dari rasa, warna, dan aroma tetap tidak berubah. Kalau saya cermati, pengolahan yang dilakukan Ripe dengan Cranberry juice-nya berdasarkan teknologi pangan tinggi.

Memang, kalau kita perhatikan ada banyak bentuk pengolahan berbeda untuk jenis makanan tertentu sebelum kita memakan atau meminumnya. Namun, proses pengolahan makanan itu tidak mengurangi nlai gizi yang terkandung di dalamnya.
Meskipun makanan sering dibandingkan  sebelum dan sesudah pengolahan, perbandingan yang lebih  baik ketika makanan di makan.

Contohnya Cranberry ini, selama proses pembuatan jus atau konsentrat jus kemungkinan hanya 0,01 persen saja kadar vitamin yang hilang. Tetapi, karena diproses sedemikian rupa, hampir tidak ada perbedaan antara kandungan vitamin C dari Cranberry segar dan ketika cranberry dibuat jus.

Tasty Singapore-RIPE Cranberry Juice dengan aroma yang sangat menakjubkan [Foto: Dok Pri]

Untuk selanjutnya, saya masak satu bungkus dari Koka Signature, yaitu  Instant Noodles Tom Yum Flavor. Yes. Tom Yum memang jadi makanan favorit saya sejak beberapa tahun belakangan. Senang sekali ketika saya mendapat kiriman dari merek Tasty Singapore ini ada Mie Instant rasa Tom Yum.

Cocok banget sama lidah saya. Ada rasa pedas bercampur asin dan asam. Perpaduan rasa yang unik dan legend banget. Adaptasi rasa yang boleh saya bilang sempurna dengan tingkat rasa asam, asin, dan pedas yang seimbang.

Dengang komposisi tepung terigu, minyak kelapa sawit, dan garam. Berbumbu dari perpaduan gula, garam, minyak kanola, ekstrak seafood (udang, ikan, kerang, dan garam). Nah, ada protein kedelai juga nih ternyata, termasuk pengatur keasaman asam sitrat, cabai, bawang putih,  serai, daun jeruk kering, paprika, minyak cabai, perisanya pun alami, dengan penguat rasa dinatrium 5-ribonukleotida.

Tasty Singapore-KOKA Signature dengan Instant Noodles Tom Yum Flavor [Foto: Dok Pri]

Tektur mie-nya bisa disesuaikan dengan keinginan. Saya masak sekitar tiga menit, jadi terasa lembut banget tetapi  tidak hancur. Perpaduan Mie dengan rasa Tom Yum menjadikan mie dari Koka Signature –Tasty Singapore ini boleh saya bilang juara.  Rasa memang tidak pernah bohong.

Perlu kita ingat ya temans, perubahan nutrisi yang terjadi dalam persiapan komersial makanan tidak jauh berbeda dengan makanan yang disiapkan di rumah. Hanya skalanya saja. Kalau untuk komersial dalam skala besar, sementara di rumah hanya skala kecil.

Pada dasarnya, ketika kita menyiapkan makanan, itu akan melibatkan beberapa bentuk pengolahan. Mungkin saja ada perbedaan palatabilita dan produsen makana dapat  menggunakan bahan lebih murah dari beberapa jenis bahan yang aman dikonsumsi. Nah, bahan-bahan ini biasanya ada pada makanan yang diproduksi massal dengan kadar aman, tak terkecuali pada makanan segar.

Nah, rasa Mie dari KOKA Signature ini sangat enak. Tingkat kekenyalan bisa diatur sesuai keinginan. Bumbu-bumbu yang dihasilkan dan saat dicampur ke dalam mie, cita rasanya menggoda selera. Aroma wangi tatkala bumbu berpadu, menyeruak sempurna. Tak salah, Tasty Singapore menghadirkan produsen berkualitas untuk urusan Mie bercita rasa aduhai ini.

Tasty Singapore-KOKA Signature dengan Instant Noodle Tom Yum Flavor, rasa Tom Yum yang sangat menggoda [Foto: Dok Pri]

Stabilitas nutrisi dalam makanan dari beragam merek yang ada di Tasty Singapore ini sangat dijaga. Jadi tak sembarang taruh, tak sembarang terkena cahaya. Semua telah lewat dan lolos standar mutu makanan dari pengawasan makanan Singapura. 

Memang, nutrisi dapat hilang tergantung apakah makanan terpapar cahaya terus menerus, udara lembap, kering, asam, alkali, suhu, dan kemampuan makanan untuk larut dalam air. Perlu kita sadari, bahwa umumnya, makanan kehilangan karbohidrat, lemak, protein, vitamin K, niasin, biotin, dan unsur-unsur kecil selama pemprosesan dan penyimpanan.

Kehilangan terbesar biasanya untuk vitamin B-1 dan C. Sementara kehilangan menengah biasanya untuk vitamin A, provitamin A dan Vitamin D, E, B-2, B-12, asam pantotenat, serta folacin. Kerugian lainnya karena penghancuran nutrisi atau dengan melarutkan dalam air lantas dibuang. Biasanya pada sayuran yang direbus. 

Melihat produknya dari Tasty Singapore yang cukup terjaga, saya yakin makanan dari produsen-produsen yang ada sangat memperhatikan dan menjaga keberadaan nutrisi, vitamin, dan zat-zat lainnya agar tidak hilang begitu saja.

Nah, makanan lainnya yang saya coba masak adalah Fish Soup Lamian dari Prima Taste. Ini merupakan premium noodle dalam aromatic fish soup tambah tambahan MSG. Prima Taste menghadirkan Fish Soup La Mian yang authentic easy gourmet indulgence. Memasaknya pun sangat mudah dan cepat. Untuk kekenyalan mie, tergantung selera.

Tasty Singapore-PRIME TASTE-Fish Soup La Mian [Foto: Dok Pri]

Saya masak mie-nya sekitar 4 menit. Setelahnya baru bumbu-bumbu dimasukkan. Nah, aromatik fish soup stock dari kaldu ikannya benar-benar terasa dan tidak berbau amis. Fish Stock-nya campuran dari air, tulang ikan, tulang ayam, lobak, bawang bombai,  kacang kedelai, ayam, jahe, ikan teri kering, bawang putih, daun perai, lengkuas, garam, gula, daun bawang, beras, juga lada putih. Ada pula susu evaporasi terdiri atas susu, minyak nabati, minyak kelapa sawit, penstabil berupa karagenan, minyak sayur, serta minyak wijen.

Saya masak sekitar 8 menit karena lebih suka mie yang lembut, kenyal, dan tidak hancur. Memasaknya cukup mudah. Dengan mendidihkan air, lalu tuang  fish soup sembari diaduk-aduk. Setelahnya masukkan mie. Masak dengan panas sedang dan didihkan 7 menit atau sesuai selera. Setelahnya, naikkan suhu dengan panas tinggi dan didihkan selama ½ menit lalu masukkan bumbu minyak ikan ke dalam sup.

Hmm… dari aromanya saja sudah terbayang kelezatannya. Saya tambahkan beberapa irisan ketimun. Kita bisa tambahkan bahan-bahan lain semisal cabe rawit potong, sambal, daging ikan dori kukus, telur, atau sambal. Tetapi, bisa juga dimakan dengan rasa originalnya untuk  mengetahui rasa sebenarnya. Mie-nya relatif besar dan cukup mengenyangkan dalam porsi yang pas untuk dikonsumsi. Warna mienya relatif putih keruh tetapi tetap terlihat segar.

Prime Taste menghadirkan premium noodle  in aromatic fish soup yang sangat elegan. Mie yang punya kelas tersendiri, begitu pula cita rasa yang dikandung di dalamnya. Kehidupan penyimpanan makanan yang dilakukan oleh Prime Taste dengan Fish Soup sangat tergantung pada kualitas awal, jenis pengolahan, suhu penyimpanan, jenis kemasan, kadar air makanan, tingkat kontak dengan udara dan faktor lainnya.

Tasty Singapore-PRIME TASTE dengan Premiun Noodle in Aromatic Fish Soup [Foto: Dok Pri]

Jadi, tidak ada memang saat yang tepat kalau tiba-tiba saya tidak menginginkan Prime Taste Fish Soup La Mian ini. Tektur mie yang lunak justru yang saya sukai. Tidak terdapat perubahan rasa yang terjadi ketika saya masak dan mencampur seluruh bumbu dalam satu kesatuan. Metode modern teknik pencampuran bumbu di mie ini sangat dikuasai Prime Taste.

Oya, saat ini memang banyak label makanan, termasuk tanda tanggal yang memberikan indikasi kehidupan dari satu kemasan makanan agar kualitas makanan tidak menurun. Arti penting dari beragam bentuk penandaan itu adalah jika makanan disimpan lama, otomatis nutrisinya akan berkurang. Semua produk dari Tasty Singapore ini menyatakan label penyimpanan harus disimpan dengan kondisi yang sudah tertera kemasan.
 
Tasty Singapore-PRIME TASTE dengan kekenyalan mie dan rasa yang sangat menggoda [Foto: Dok Pri]
Nah, Tasty Singapore ini membawa 12 UKM Singapura masuk ke ranah supermarket Indonesia. Di mana sajakah itu? Teman-teman bisa lho dapetin produk dari Singapura yang baru-baru ini ulang tahun, tepatnya di tanggal 9 Agustus lalu di AEON, Diamonnd, FoodHall, dan Farmers Market yang menjadi mitra baru Tasty Singapore. Tasty Singapore” Heart of Good Food. Semuanya produknya berlabe halal. #TastySingapore



4 comments:

Agatha Mey said...

Melipir ke mall cari ahhhhh...

Jun Joe Winanto said...

Ayooo Mba Mey... cari di mal-mal yang ada di tulisan. Wueeeenaak bangeeet ini.

Endah Kurnia Wirawati said...

Wehhh itu mie tomyamnya terlihat sangat menggoda euyy..
Wajib dicoba nih..

Fanny F Nila said...

Aku baru tahu kandungan nutrisi makanan yang dimakan utuh bisa berbeda dengan yg sudah di juice misalnya.. :) pengetahuan baru..

Produk singapurnya kliatan enaaaak mas :D. Duuuh itu ngeliat mie tomyamnya kyk bukan instan yaaaa.. Beneran menggugah selera banget