Selasa, 01 November 2016

My Lovely BROTHER and KRIYA INDONESIA Love You So Much

Demi untuk tahu  cara jahit bahan dan potong pola, saya coba ikut salah satu workshop yang digelar oleh pendiri Kriya Indonesia, Mba Astri Damayanti bersama merek mesin jahit ngehitz, Brother. Ini kali kedua saya ikut workshop bersama Brother dan Kriya Indonesia dengan tema berbeda, tapi masih dalam seni jahit menjahit.  Workshop ini mengambil tempat di ICE BSD pada 29 Oktober 2016 lalu.

Peserta Workshop BROTHER & Kriya Indonesia
Foto: Dok. Pribadi.
Di workshop kedua ini, saya mencoba untuk jahit baju outer (luaran) Bolero Panjang. Pengalaman yang tak pernah terlupakan. Bagaimana tidak, jahit baju ini seperti orang “sakaw” menurut saya. Lupa waktu dan lupa segalanya. Karena pekerjaan ini memang perlu ketelitian, ketekunan, dan kesabaran.

Founder Kriya Indonesia, Astri Damayanti sedang memberikan pengarahan
Foto: Dok. Pribadi
Hal yang membuat saya untuk terus berasyik  masyuk itu potong pola,  mesin jahit, dan menjahit polanya. Karena pola sudah dibentuk, jadi tinggal melekatkan saja dengan bahan menggunakan jarum pentul dan mengguntingnya. Akan tetapi, tetap saya masih harus bertanya saat melekatkan pola agar tidak salah potong dan bahan jadi sia-sia.

Potong pola perlu kehati-hatian dan ketelitian
Foto: Dok. Pribadi
Untuk mesin jahit Brother sendiri, menurut saya tak menyulitkan. Ini mesin yang relatif mudah dioperasikan dan terbilang cukup canggih. Untuk pemula yang baru belajar sekalipun, tidak akan berlama-lama untuk tahu lebih detail tentang mesin jahit Brother ini. Dalam hitungan menit pun orang sudah mengerti cara mengoperasikan, memasukkan benang, pasang sekocil, pasang benang ke dalam jarum, maupun mengubah-ubah susunan jahitan.

Nah, bagian ini yang sangat saya sukai, yaitu menjahit pola. Pola yang sudah digunting, per bagian mulai dipentul. Pentul berguna sebagai pelekat sementara sebelum dijahit. Kemudian, bahan di-rader untuk  menentukan garis jahitan. Hal itu berguna agar jahitan tetap pada “rel”-nya dan tidak miring atau melenceng ke sana ke mari, baru setelahnya pola dijahit.
Mak Tina Pasang pentul untuk melekatkan pola bahan
Foto: Dok. Pribadi
Ya, untuk workshop ini, saya menggunakan mesin jahit Brother GS 2500. Ini adalah mesin jahit protable yang Multifungsi. Memiliki 25 pola jahitan dengan sistem bobbins atas. Setting benang yang sangat EASY disertai lampu LED dan built-in needle threader. Mesin jahit yang sangat cocok digunakan untuk pemula maupun profesional.

Hal yang membuat saya jatuh cinta menjahit menggunakan mesin Brother GS 2500 ini adalah mesin jahit tipe GS yang saya pakai dapat membuat lubang kancing hanya perlu empat langkah saja (4-step easy button hole), pemasuk benang ke jarum secara otomatis (auto needle threader), tuas jahitan mundur (lever), sistem gigi 6 baris (6 row feed dog system) untuk kenyamanan saat bekerja dengan bahan yang tipis maupun tebal.

Mesin Jahit BROTHER Tipe GS 2500
Foto: Dok. Pribadi
Bahan yang relatif tebal saat worksop kemarin sudah saya coba, ternyata memang tetap enak saat menjahitnya. Jarumnya cukup kuat. Hal yang membuat asyik menggunakan Brother ada fungsi pengaturan panjang jahitan hingga 4.0 mm dan lebar jahitan hingga 5.0 mm. Ini yang saya cari, saat menjahit kecepatan jahitan mesin  ini mampu mencapai 800 s.p.m.

Jadi, menurut saya, untuk jahit satu pola tidak perlu waktu berlama-lama hingga jadi baju, celana, atau sejenisnya.  Kerennya lagi, bahan-bahan mesin dari heavy duty metal frame disertai built-in LED light. Diperhatikan dengan saksama, Brother GS 2500 ini free arm untuk jahit bahan tubular atau silindris berbidang sempit.

Eits, ada juga pengaturan tegangan benang. Nah, asyiknya lagi, kalau selama ini saya menjahit untuk memotong sisa benang dari jahitan selalu memakai gunting, di mesin jahit Brother itu build-in manual thread cutter (pisau pemotong benang manual) sudah ada di samping kirinya. Dan, mesin ini relatif hemat tenaga listrik, hanya 51 Watt saja, jadi sangat eco friendly motor juga kita tak perlu repot-repot harus menambahkan meja atau kaki tambahan untuk mengoperasikannya.

Brother GS 2500 Mesin Jahit Portable Multifungsi
  • Brand
    • Brother
  • Cara Kerja
    • Bekerja dengan built-in motor 51 W dan dikendalikan pengoperasiannya dengan pedal, Bekerja dengan In-Built Motor 51 Watt dan dikendalikan pengoperasiannya dengan pedal.
  • Fungsi
    • Mesin jahit multifungsi, Mesin Jahit BROTHER GS 2500 adalah Mesin Jahit Portable dengan 25 Pola Fungsi Jahitan yang sangat mudah digunakan untuk menjahit.
  • Konsumsi Daya
    • 51 W, 51 Watt
  • Material
    • Body luar terbuat dari fiber, rangka metal chassis, Body Luar terbuat dari Fiber, Rangka Metal Chassis
Sementara, untuk mengobras bahan, saya menggunakan mesin obras Brother 2014D. Wuih! Mesin obras BROTHER 2104D ini membantu saya menyelesaikan jahitan dalam sentuhan yang sangat profesional, rapih sangat bernilai. Dapat difungsikan sebagai obras benang 3, obras benang 4, juga necci melalui sistem perpindahan antar fungsi yang cukup simpel dan mudah.

Mesin Obras BROTHER tipe 2104D
Foto: Dok. Pribadi
Obras BROTHER 2104D saat saya gunakan terasa mudah. Desainnya memang dibuat dengan fitur user friendly, tapi tangguh saat dioperasikan. Jadi, mesin ini  multifungsi dengan kelasnya di atas rata-rata.

Merk: BROTHER (Japan)
Tipe:  2104D Lock™
Kelas Mesin: Portable Multifungsi 

Spesifikasi
·         Dapat difungsikan sebagai Obras Benang 3 (3 Thread Overlock)
·         Dapat difungsikan sebagai Obras Benang 4 (4 Thread Overlock)
·         Dapat difungsikan sebagai Obras Tepi / Necci (Overedging/Rolled Hem Serger)
·         Color Coded Threading Diagram - Mempermudah pengguna saat menata jalur benang
·         Sistem Threading F.A.S.T - Sistem Penyettingan Benang awal yang mudah
·         Free Arm untuk mengerjakan bahan dengan area sempit
·         Retractable Upper Knife - Pisau Atas dapat dinon aktifkan
·         Hemat Listrik hanya 65 Watt
·         Pengaturan Lebar Jahitan hingga 7.0 mm
·         Pengaturan Panjang Jahitan
·         Pengaturan Differential Feed untuk mencegah bahan berkerut ataupun menghasilkan jahitan yang berkerut
·         In-Built LED Light
·         Kecepatan Mesin hingga 1300 s.p.m
·         Dapat menjahit bahan apapun seperti kaos, denim, dan  lain-lain

Jadi, pengalaman menjahit saya bersama Kriya Indonesia dan BROTHER tidak akan pernah berhenti hanya sebatas workshop saja. Semoga dari workshop itu, dapat menghasilkan sesuatu yang lebih. Beruntunglah saya dengan adanya workshop bersama Kriya Indonesia, terutama dari sisi pengajarnya, Mba Astri Damayanti yang sabar dan telaten, meski sebentar tetapi semua hasil praktik nyangkut di dalam kepala saya. 


Selain itu, banyak banget pilihan mesin jahit BROTHER yang membuat saya bingung mau pilih mana, tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan saja intinya. 


Ingat jahit, ingat BROTHER, ingat KRIYA INDONESIA.

0 komentar: