Rabu, 14 Desember 2016

Indosat Ooredoo Bakal Cetak Pesaham Muda Melalui ISTC Ke-2

Indosat, PT Trimegah Sekuritas Tbk, dan Bursa Efek Indonesia kembali menggelar ajang kompetisi Indosat Ooredoo Stock Trading Contest. ISCT kedua ini sudah didengungkan pada Agustus 2016 lalu dan akan berakhir dengan pengumuman pemenang pada Februari 2017 mendatang.
ISTC menjadi ajang uji nyali anak muda bermain pasar modal
Foto: Dok. www.chip.co.id
Tak dapat dipungkiri bahwa Indeks Harga Saham Gabungan memberi peran dalam laju perekonomian bangsa. Bagaimana hal itu terjadi? Ini dapat dilihat dengan semakin membaiknya tingkat transaksi dan banyaknya peran investor yang bermain. Berdasarkan pencatatan BEI, bahwa   (SID) di Indonesia  telah mencapai angka 430 ribu dan pada Juli 2016 naik tajam menjadi 490 ribu.

Akan tetapi, angkat tersebut masih jauh dari yang diharapkan. Hal itu lebih dikarenakan sangat jarang perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mau bermain dan mendorong berkegiatan saham, kecuali memang perusahaan saham. Berawal dari hal itulah, Indosat Ooredoo berkesempatan untuk menelurkan dan melahirkan para investor baru yang siap membantu pertumbuhan perekonomina negeri ini dengan menghadirkan ISTC. Pasar modal menjadi salah satu penggerak perekonomian bangsa ini.

Menjadi catatan bersama bahwa hanya 529.257 orang Indonesia saja yang berinvestasi saham dari jumah penduduk Indonesia sebanyak 250 juta atau boleh dibilang hanya 1%nya saja yang bermain saham. Dari jumlah tersebut yang benar-benar aktif atau Single Investor Identification (SID) kurang lebih 34%-nya saja. Sementara itu, rasio penduduk Indonesia yang mengenal pasar modal masih di bawah 4% dari total penduduk. Perlu juga dipahami, bahwa setengah jumalh investor yang ada di Indonesia ada di Jakarta.

Apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, di negara ini investor telah mencapai angka 4 juta atau 13% dari populasi jumlah penduduknya, sekitar 30,8 juta. Sedangkan Singapura mempunyai 1,5 juta investor atau 30% dari populasi penduduknya, 5,5 juta. Sementara itu, emiten di BEI hanya 525 yang  masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Malaysia. Emiten di Malaysia berjumlah lebih dari 900 emiten dan Singapura lebih dari 1.000 emiten. 

Indonesia patut berbangga, karena pada Februari 2016 , jumlah investor di negeri ini meningkat sekitar 8% dibandingkan bulan Desember 2015. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pun menempati urutan kedua terbaik di dunia.

Sejalan dengan itu, untuk lebih mengenalkan pasar modal di kalangan anak-anak muda yang notabenenya sebagai penerus, penjaga, dan penerima warisan bangsa, Indosat Ooredoo kembali menggelar Indosat Ooredoo Stock Trading Contest Ke-2. Ya, ISTC berperan dalam mencari bibit-bibit unggul calon investor di kalangan anak muda. Indosat Ooredoo bersama PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk membuat aplikasi bernama ISTC yang dapat diunduh melalui Android (Playstore) dan Apps Store (iOS). Pastinya, teknologi digital bukan barang baru bagi Indosat. Indosat Ooredoo telah berkecimpung lama untuk industri mobile dan teknologi. Melalui teknologi telekomunikasi dan aplikasi, juga edukasi mengenai trading secara daring (online), banyak generasi muda berkualitas yang mencintai dan mau terjun ke dunia pasar modal.

ISTC digelar Indosat Ooredoo untuk kali kedua
Foto: Dok. Pribadi
Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISCT) merupakan salah satu program CSR Indosat Ooredoo dalam bidang edukasi dan inovasi. Tujuannya untuk memberikan literasi kepada masyarakat khususnya generasi muda mengenai investasi pasar modal dengan cara-cara yang interaktif dan menyenangkan. Atau dengan kata lain, memberikan pengetahuan lebih kepada generasi muda dalam bidang keuangan.

ISTC telah diakui sebagai salah satu usaha untuk mendorong terwujudnya digital entrepreneurship serta mendukung dan mendidik generasi muda Indonesia untuk terlibat aktif di dalam Pasar Modal sehingga dapat meningkatkan perdagangan sahan dan perekonomian Indonesia.

Nah, untuk siapa saja yang ingin mengikuti kompetisi ini sangat terbuka dan diperbolehkan. Persyaratannya cukup gampang, kita dapat mengunduh aplikasi ISTC di android maupun di iOS. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang dipersyaratkan. Nah, salah satu syarat yang wajib Anda ikuti adalah, Anda harus memiliki nomor Indosat. Nomor Indosat tersebut Anda masukkan ke dalam slot kartu SIM 1. Jika Anda tertarik, silakan daftar ke situs www.indosatooredoo.com/istc, pilih menu “Registrasi” kemudian isi formulir yang telah disediakan.

ISCT memberi tantangan baru, baik Anda yang sedang menempuh studi, maupun yang sedang bekerja. Kompetisi ini tidak dipungut bayaran, justru Anda yang diberikan modal virtual oleh Indosat untuk bermain saham sebesar 50 juta rupiah.
Tata cara registrasi untuk mengikuti ISTC
Foto: Dok. Pribadi

Mekanisme Program
Mekanisme program yang dilakukan meliputi:
1.    Pelatihan dasar perdagangan saham secara virtual dengan data real dan BEI
2.    Pemilihan saham secara virtual berdasarkan saham Kompas 100
3.    Virtual trading dilakukan berdasarkan jam perdagangan BEI, dilakukan pada sesi pagi dan siang
4.    Peserta mendaftar melalui microsite www.indosatooredoo.com/istc dan akan mendapatkan satu akun. Satu peserta hanya diperbolehkan memiliki satu akun. Peserta akan mendapatkan uang virtual senilai 50 juta rupiah
5.    Ranking peserta dapat dilihat setiap saat di microsite www.indosatooredoo.com/istc
6.    Peserta dapat melihat portofolio dalam akun masing-masing.

Diah Kusuma Dewi, Group Corporate Communication Indosat Ooredoo dalam penjelasannya
Foto: Dok. Pribadi
“Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik”, ucap Diah Kusuma Dewi, selaku Group Corporate Communication Indosat Ooredoo, di sela-sela penyampaiannya pada Blogger dan calon peserta Training Pasar Modal dan Simulasi virtual trading melalui Aplikasi ISTC di ruang auditorium Indosat Ooredoo pada Selasa (13/12).

Untuk para pemenang yang beruntung akan mendapatkan saldo dompetku senilai 1 juta rupiah dan masing-masing pemenang satu, dua dan tiga akan mendapatkan modal investasi senilai, 15, 10, dan 5 juta rupiah.


Melalui keberadaan ISTC diharapkan, semakin banyak anak-anak muda yang terjun dan tertarik dalam dunia Pasar Modal, khususnya di Indonesia. Anda tertarik dan ingin mengembangkan bakat serta kemampuan di bidang pasar modal? Kini saatnya membuktikan diri. Di tunggu keberanian Anda. 
Indosat Ooredoo mencerdaskan generasi muda dengan Pasar Modal
Foto: Dok. https://gadgetren.com

3 komentar:

emanuella christianti mengatakan...

Waaaaaa.... seru ni, simulasi pasar modal untuk belajar yang jadi kompetisi sekalian gt ya? :)

Azuka bloGger mengatakan...

Acara Kreatif nih, keren!

harseno utomo mengatakan...


Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal. penanaman saham dipasar modal merupakan suatu cara yang sangat bagus dipelajari untuk memenuhi/mendapatkan kebutuhan primer/sekunder dalam kehidupan sehari-hari untuk semua kalangan. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai permainan pasar modal yang dapat dilihat di PasarModal