Selasa, 07 Maret 2017

Honestbee: Masak Cergas Belanja Cerdas Harga Tak Menguras

Saat ini, pertumbuhan digital telah mengubah cara pandang orang untuk menjalani kehidupan yang sangat canggih dengan teknologi. Kemajuan teknologi membuat perubahan besar untuk umat seluruh dunia. Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia bisnis yang revolusioner karena dirasakan lebih mudah, murah, praktis, dan dinamis dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Digital Informasi saat ini telah banyak digunakan, seperti  memberikan akses kemudahan belanja tanpa harus lama mengantri dan juga dibagikan melalui ragam informasi via media sosial.

Belanja bersama honestbee: mudah, cepat, dan hemat
Foto: Dok. GI
Menurut survei Brenner, 2013; Brenner & Smith, 2013; Pew Internet Project bahwa pengguna internet, media sosial, dan dan teknologi mobile terbesar adalah generasi muda. Usia 18-29 tahun sekitar 98% pengguna internet dan 89% pengguna sosial media. Sedangkan untuk akses melalui mobile sekitar 69%. Tak tertutup kemungkinan orang-orang "lanjut usia" pun jika diberi edukasi mampu mengikuti perkembangan teknologi aplikasi terkini.

Pertumbuhan pengguna digital di Indonesia pun bertambah dari tahun ke tahun. Menurut sumber eMarketer 2013 untuk pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 sekitar 83,8 juta sedangkan di tahun  2015 meningkat menjadi 93,4juta. Untuk demografi usia pengguna internet terbesar menurut sumber APJII, Profil Internet Indonesia, Des  2012 berada diusia 18-24 sebesar 43% dan yang terbanyak adalah pengguna laki-laki sebesar 51,5% sedangkan perempuan sebesar 48,5%.

Menurut sumber We Are Social SG JAN 2014, pengguna tertinggi sosial media adalah facebook yang mencapai 93%, diikuti twitter dengan 80%, Google+ 74%, Linkedin 39%, dan yang terakhir adalah Instagram sebesar 32%.

Aplikasi Belanja Honestbee
Kemajuan teknologi yang tak dapat dihindari, terus membawa perubahan kepada kemudahan orang untuk mengakses berbagai fasilitas aplikasi. Salah satu aplikasi yang sangat membantu kebutuhan banyak orang adalah aplikasi belanja bernama honestbee. Aplikasi ini sebagai bentuk layanan belanja dan pengiriman berdasarkan permintaan on demand untuk memenuhi kebutuhan sehari berbasis daring (online). 

Cara pemesana melalui aplikasi honestbee
Foto: Dok. www.mykidneybean.com
Sebagai salah satu bentuk aplikasi belanja asal Singapura sudah beroperasi sejak tahun 2015 di seluruh negara-negara di Asia. Bermitra dengan toko ritel terbesar yang ada di Indonesia, yaitu Transmart Carefour. Di sini, honestbee memberikan cara belanja kebutuhan sehari-hari yang cepat dan mudah. Nah, kita pun dapat merasakan experience baru dalam hal belanja, mengapa? Itu tak lain karena honestbee menghadirkan asisten belanja profesional yang sudah terlatih. 


Proses belanja melalui honestbee sangat mudah dan cepat
Foto: Dok. Femina
Asisten belanja tersebut  dilatih oleh pelatih-pelatih profesional dan berpengalaman. Mereka khusus diperuntukan untuk memilih  beragam bahan makanan dengan kualitas yang sangat baik dari beragam lini dan mutu produk, layaknya seperti kita memilih bahan belanjaan secara personal. Nah, enaknya lagi aplikasi ini, semua bahan belanjaan yang kita beli langsung diantar kepada pembeli di hari yang sama dalam satu jam jeda pengantaran yang berbeda.

Layanan aplikasi yang memegang konsep one-stop shopping  tersedia lebih dari 15.000 pilihan produk terbaik dari toko-toko ritel terkemuka dan penyedia produk khusus (gourmet). Kita dapat melakukan pembelanjaan, segala jenis  barang, baik barang organik seperti buah-buahan, daging, wine, bahan dapur, produk makanan hewan, bahkan perlengkapan kantor pun ada. 

Honestbee hadir memang ingin memberikan kemudahan untuk siapa saja. Pembelanja juga dapat merasakan produk yang dibeli sama seperti yang ada di toko-toko. Oleh karenanya, pembelanja dapat menghemat waktu, uang, dan juga tenaga daripada hanya sekadar membandingkannya dengan harga toko sebelah. Enaknya banyak, pesanan langsung diantar di muka pintu rumah dan kita terbebas dari dera hujan, panas, bahkan hal-hal yang akan merintangi di perjalanan. 

Tak heran, kalau saya dapat memesan apa saja, kapan saja, di mana saja melalui website dan aplikasi mobile honestbee yang ada di playstore dan apps store. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, honestbee memberikan kesempatan dan menjadi fasilitator kesenjangan sosial di negeri ini.Tentunya juga menciptakan peluang kerja untuk mereka yang  ingin beroleh pekerjaan dengan jam-jam kerja sangat fleksibel dan mudah diatur. 
Kolaborasi masak antara Honestbee dan Resep Dapur Ayah
Foto: Dok. Honestbee
Pada satu kesempatan, honestbee berkolaborasi dengan Resep Dapur Ayah. Resep Dapur Ayah sebagai salah satu blog yang mengedepankan masakan-masakan nusantara untuk diperagakan dan disebarluaskan ala Ayah. Di sini, Sang Ayah-lah yang memasak semua masakan. 

Representatif Honesbee: Kaos Kuning (Tonny), Resep Dapur Ayah (Chef Jacket)
Kriya Indonesia-Astri Damayanti (Rok Putih), Mis Ari-Museum Tekstil Jakarta (Kerudung Putih)
dan MC-Gita Siwi (Kerudung Hitam).
Foto: Dok. Endah Marina
Semua bahan-bahan kebutuhan untuk dimasak, dibeli melalui honestbee. Resep Dapur Ayah membuat hidangan lauk yang menggugah selera makan khas Indonesia. Ada rasa pedas dan asin dengan kolaborasi penutup makan pudding yang manis. Ayam Rica-Rica dan Pudding Sarikaya Gula Merah, menjadi satu kolaborasi yang ciamik. 

Belanja bahan masakan di honestbee
Foto: Dok. Agung Han
Masaknya pun cepat tak perlu waktu lama. Honestbee tahu apa yang Resep Dapur Ayah mau. Ayam Rica-Rica dan Pudding Sarikaya Gula Merah mampu memikat mata peserta. Bagaimana tidak, rasa pedas dari Ayam Rica-Rica diakhiri dengan rasa manis dari Pudding Sarikaya Gula Merah. Resep Dapur Ayah pun memberikan resepnya.

Ayam Rica Rica ala Resep Dapur Ayah
Bahan 
Ayam 1 ekor dipotong 8
Minyak Goreng Secukupnya
Gula ½ sdm
Garam ½ sdt
Air 500 Ml
Kaldu bubuk/blok
Jeruk lemon 1 buah

Bumbu Halus 
Bawang merah 10 siung
Bawang putih 5 siung
Cabe merah keriting 25 biji
Cabe rawit merah 10 biji
Kunyit 1 ruas jari

Bumbu kasar 
Serai 2 batang (memarkan)
Jahe 1 ruas jari (memarkan)
Daun jeruk 5 lembar (buang tulang)

Cara memasak
Goreng ayam ½ matang dan tiriskan.
Tumis bumbu halus, masukkan bahan yang dimemarkan juga daun jeruk hingga harum
Masukkan ayam, aduk hingga rata, tambah gula garam, kaldu bubuk/blok, tambah air, dan perasan jeruk lemon.
Masak selama 30 menit angkat dan sajikan.

Ayam Rica-Rica ala Resep Dapur Ayah
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah

Resep Pudding Sarikaya Gula Merah
Bahan dan Alat
10 butir telur
600 ml santan kental
Gula merah 400 gram
1 sdt garam
400 ml air
Cup plastik tahan panas 
5 lembar daun pandan
Dandang untuk mengukus

Cara memasak
1. Rebus air hingga mendidih, larutkan gula merah, garam dan masukkan daun pandan.
2. Matikan kompor, saring larutan gula merah, sisihkan dan buang daun pandan.
3. Masukkan santan ke larutan no 2, aduk sampai rata diamkan hingga suam-suam kuku
4. Kocok lepas telur, masukan dalam larutan nomor 3 dan aduk rata
5. Tuang adonan dalam cup plastik, kemudian kukus kurang lebih 25 menit.
6. Angkat dan biarkan dingin, lebih nikmat disantap setelah dimasukkan kulkas.

Pudding Sarikaya Gula Merah ala Resep Dapur Ayah


Nah, keseruan acara ini mengambil tempat di salah satu museum yang sangat cantik dan indah, yaitu museum tekstil. Mungkin, orang-orang baik di Jakarta sendiri maupun sekitar Jakarta ada yang belum pernah bertandang ke sini. Ya, ini  merupakan salah satu museum tekstil yang cukup lengkap koleksinya. 

Di tempat inilah para peserta selain  berbelanja dan menikmati masakan dari Resep Dapur Ayah dapat memanjakan mata dengan berkeliling di seputaran area museum.Peserta juga dikenalkan apa saja koleksi yang ada di museum tersebut. Mulai dari batik, kain kulit kayu, hingga pendopo tempat biasanya orang-orang membatik. 

Museum Tekstik Jakarta
Foto: Dok. anihaqqi.files.wordpress.com
Nah kan, sekarang mulai terbuka wawasan, bahwa museum pun dapat dijadikan arena edukasi, wisata, belanja, dan senang-senang yang menghasilkan banyak pengetahuan. Jadi, piknik murah bukan berarti murahan. Honestbee, Resep Dapur Ayah, dan Museum jadi tempat yang mengasyikkan, bagaimana dengan kamu?









1 komentar:

ken ayu mengatakan...

Waah boleh dicoba nih appsnya