Jumat, 31 Maret 2017

Mobil123.com, Mobil Bekas Atasi Keterbatasan Dana

Siapa sih yang tak ingin punya kendaraan? Apalagi itu roda empat. Selain aman, juga nyaman. Kenapa? Ya, terhindar dari terik panas, hujan, debu, angin, dan hal-hal lainnya yang membuat tak nyaman di jalan. Apalagi  saat ini kondisi cuaca mulai “aneh” dan ekstrem. Rasanya, sudah saatnya mengganti si kuda besi (baca = motor) dengan kotak besi bertenaga kuda (baca = mobil).

Managing Editor mobil123.com, Indra Prabowo dalam sambutannya
Foto: Dok. Pribadi
Nah, berkaitan dengan hal ini, pada Jumat (31/03/2017) www.mobil123.com Portal Otomotif No.1, mengadakan Blogger Gathering  bertemakan “Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda”. Mengambil tempat di The Hook Resto and Bar, di kawasan Jalan Senopati, Jakarta Selatan.

The Hook tempat Blogger Gathering mobil123.com
Foto: Dok. Pribadi
Managing Editor Mobil123.com, Indra Prabowo mengatakan, “Kebutuhan mobil saat ini meningkat tajam. Harga-harganya pun murah dan terjangkau. Oleh karenanya, untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda empat keluarga, Mobil123.com tempat yang tepat. Dan pasar mobil bekas itu tidak akan pernah mati”.

Mobil123.com Portal Otomotif  No. 1
Foto: Dok. Pribadi
Di kesempatan ini pula, hadir Chief Finance Officer PT iCar Asia, Mr. Joe Dische yang juga memberikan sambutan mengenai perkembangan mobil bekas sangat baik dan akan terus  bertambah semakin baik. Hadir pula representatif dari Mobil88, Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan dan Deputy Marketing Director dari PT Hyundai Mobil Indonesia, Bapak Hendrik Wiradjaja. 
Mas Frisher, perwakilan mobil88 memberikan paparan mengenai perkembangan seputar mobil bekas. Keuntungan-keuntungan yang diperoleh ketika seseorang membeli mobil bekas.

Mr. Jodis, CFO Mobil123.com
Foto: Dok. Pribadi
Menurut Mas Frisher, ada benefit yang dapat diperoleh ketika seseorang membeli mobil bekas, yaitu harga jauh lebih murah. Ya, menurut saya daripada membeli mobil baru dengan desain arsitektur luar dan dalam mobil yang sama, dan mengeluarkan uang yang juga tidak jauh berbeda, mungkin lebih baik setengah dari uang untuk membeli mobil baru bisa ditabung terlebih dahulu.

Frisher, representatif Mobil88
Foto: Dok. Pribadi
Sementara, setengah dari uang itu bisa dibelikan mobil bekas. Tokh, untuk berkendara juga. Kalau mobil baru masih banyak hal-hal yang harus diurus dan diperhatikan secara detail. Mobil baru memang baik, tetapi perlu proses yang lama untuk memperolehnya. Bisa-bisa dalam hitungan bulan mobil idaman baru bisa keluar.

Selanjutnya, kendaraan  atau mobil bekas ini dapat langsung dipakai. Artinya, kita tidak perlu repot-repot harus test drive di jalanan dalam waktu lama. Mobil bekas dapat berpindah tangan hanya dalam hitungan jam. Kalau mobil baru bisa berhari-hari.

Tingkat depresiasi lebih rendah. Depresiasi ini semacam penyusutan dalam akuntansi, sebagai bentuk alokasi sistematis jumlah yang dapat disusutkan dari satu  aset selama umur manfaatnya.Otomatis, depresiasi akan memengaruhi laporan keuangan, termasuk pajak sebuah kendaraan.

Oleh karenanya, kalau kita ingin membeli mobil baru, sangat perlu menghitung untung rugi, terpenting adalah harga mobilnya saat kita akan menjual lagi. Kita harus menjadi pembeli mobil yang pintar dalam hal ini. Artinya, harus melihat poin ini, karena berhubungan dengan biaya perawatan selama mobil menjadi milik kita (kepemilikan).

Nah, harga mobil baru pun dapat diprediksi mungkin bisa lebih mahal atau juga lebih murah dengan menghitung harga jualnya lagi lima tahun setelah pemakaian. Kita pun masih tetap untung saat menjual mobil yang bekas kita pakai.

Di mobil123.com ini memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan kendaraan, baik pribadi maupun untuk kebutuhan keluarga. Karena, harga yang ditawarkan  pun terjangkau, murah, dan tak perlu lama.

Bagaimana kira-kira perhitungan secara kasarnya untuk harga mobil bekas kita itu tadi? Begini, rerata biaya yang kita keluarkan selama 5 tahun menyumbang 40% nilai penyusutan kendaraan. Dengan rincian, biaya rutin yang harus kita keluarkan untuk  BBM 25%, asuransi 10%, dan biaya perbaikan atau perawatan serta pajak sekitar 5%.

Kalau mobil123.com misalnya ya, memberi tahu konsumen mengenai perhitungan saat beli mobil, berupa harga barunya yang kemungkinan jauh lebih besar (dari mobil yang sama di pasarnya) kemungkinan akan lebih baik untuk keuangan kita dalam jangka lima tahun kemudian.

Menyambung tentang depresiasi itu tadi, bahwa perhitungan tersebut didasari dari depresiasi, bahan bakar, asuransi, serta beberapa hal lainnya juga dapat memberikan pengaruh terhadap harga jual mobil baru tersebut. Sebagai contohnya adalah mobil yang harga jual barunya sangat terjangkau dan punya nilai depresiasi rendah yaitu dari jenis subkompak.

Frisher melanjutkan, bahwa bukan berarti membeli mobil bekas tanpa ada risiko. Perlu diwasapadai dengan cermat bahwa mobil bekas harus benar-benar diperhatikan ketika akan jatuh ke tangan kita.

“Bisa saja mobil yang dijual sudah diakali oleh penjual, atau mobil pernah bermasalah dengan banjir. Atau jika kita tidak teliti, mungkin mobil hasil curian,  ketika terjadi pemeriksaan, dikhawatirkan kita malah jadi tertuduh menjadi penadah barang curian”, jelas Mas Frisher mobil88 lebih lanjut.

Oleh karenanya, di mobil88 ini ada semacam tim penilai (appraisal) untuk melihat kelayakan mobil yang akan dibeli. Jadi, tidak sembarangan juga mobil bekas yang masuk ke mobil88 untuk dijual ke konsumen.

“Sebagai orang yang akan membeli mobil bekas, ada baiknya kita mengecek surat-surat kendaraan ke samsat, apakah surat diblokir atau tidak. Pastinya, belilah mobil bekas yang bisa dipercaya. Selain itu Mobil88 pun memaintain angka complain tehadap pembelian mobkasnya”, urai Mas Frisher.


Bapak Hendrik Widjaja, Representatif  Hyundai
Foto: Dok. Pribadi
Sementara itu perwakilan Hyundai Bapak Hendrik Widjaja mengatakan, “Kalau beli mobil bekas di Hyundai tidak akan dibatasi oleh kilometer, justru Hyundai yang lewat dari lima tahun akan diberikan garansi”.

Foto bersama usai acara
Foto: Dok. Ono 
Oleh karena itu, auto save yang diberlakukan oleh Hyundai mempermudah mengecek keberadaan dan kelayakan mobil.  Lebih jauh Pak Hendrik katakan Hyundai pun tidak main-main ketika ada orang yang ingin menjual atau membeli mobil di Hyundai. Hyundai akan melakukan pendataan sejarah mobil yang akan dibeli.


Blogger Gathering Mobil123.com foto bersama
Foto: Dok. Satto Raji
Jadi, mobil bekas yang kita beli ini justru akan menghemat dan memangkas biaya yang akan kita keluarkan. Save for the last ya. Nah, mau beli yang baru atau bekas? Tentukan pilihan Anda sekarang!


Keseruan Blogger Gathering Mobil123.com
Foto: Dok. Pribadi

Berikut tips untuk membeli mobil bekas

1.   Cek kondisi mesin dan fisik mobil. Pastikan mesin bekerja baik dan layak jalan.

2.   Hindari membeli mobil dengan mesin sudah dimodifikasi.

3.   Perhatikan kondisi fisik mobil. Pastikan kondisi fisik masih bagus karena kemungkinan besar mobil masih dalam kondisi yang baik untuk dikendarai.

4.   Perhatikan kelengkapan dan keaslian surat-surat mobil, jangan sampai membeli mobil dari pihak yang tidak jelas karena bisa menyebabkan masalah dikemudian harinya. Lebih baik lagi bila kita membeli dari pemilik asli sehingga mudah untuk urusan balik nama.

Mobil123.com Crew foto bersama usai acara
Foto: Dok. Pribadi













7 komentar:

astri damayanti mengatakan...

Kalau jual mobil bekas bisa gak di mobil123.com?

Agung Han mengatakan...

Mobil bekaspun asal kita jeli, mendatangkan benefit yang tidak sedikit ya kang

@unggulcenter mengatakan...

Trims tipsnya. maklum, keterbatasan dana. :D :D

Arisman Riyardi mengatakan...

noted buat tipsnya, semoga bisa beli hehehe

zata ligouw mengatakan...

yes, setuju banget mas Jun, kalo dana terbatas dan pengen mobil bagus, cari aja mobil bekas ya, asal di mobil88 dan AutoSAFE :)

Hanni Handayani mengatakan...

datang ke acara ni jd banyak tau tentang mobil,, klo dah kaya gini jadi pengen beli mobil :)

Timothy W Pawiro mengatakan...

Bener ya, kl beli mobkas, uang kita sisanya bisa digunakan utk keperluan lain ya :)

Timo
Blog: Kadungcampur.com