Minggu, 23 April 2017

Masak Dengan Honestbee Hanya Sejarak Sutil dan Kuali

Dulu nih ya, emak saya itu kalau mau pergi ke pasar repotnya minta ampun. Kudu dandan ini itu sana sini. Orang bilang, begaya. Lhaa, anaknya yang doyan usil kan bertanya-tanya, “Emak, ngapain mau  ke pasar aja kudu dandan segala?”. Lhaaa emak saya nyincing roknya. Hadeeuh…langsung deh nutupin mata pake lima jari tapi jari-jarinya direnggangin semua. Etapi, saya masih penasaran sih sama jawabannya. Tetep aja, tangan emak ga mau diem, molesin terus aja itu lipen setip (baca = lipstick) ke bibir sampe merah kayak ketabrak bajaj. Sudah ga tau deh berapa senti tebelnya, merah merona kayak delima pecah.

Tauge Sosis Jagung Manis
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Pas saya perhatiin lagi, yaelaaaah emak, make sanggul segala yang sanggulnyalah dipakein tusuk konde. Dikate ke pasar mau ngelenong kali ye. Sementara, saya udah ga sabar nungguin cuma buat nganterin. Yaa, jadi babang ojeknya emak sendiri kan pahala yak ha ha ha. Lima belas menit kagak keluar-keluar dari kamar, terpaksa saya masuk lagi buat ngeliatin. Laaaah…  lagi pake pensil alis. Duuh maaak...

Sejam berlalu, akhirnya keluarlah emak saya dengan dandanan yang aduhai. Eh, emak masih inget pertanyaan saya tadi rupanya. Akhirnya dia jawab tuh pertanyaan, “Emak kalo kepasar dandan gini ya, biar dapet murah dan banyak. Emak kedipin sama goyangin konde”. “Ha ha ha ha ha ha ha ha…” terburai ketawa ngakak lepas saya sambil megangin perut yang hampir kram kebanyakan ketawa.  Dalam hati, “Ampuuun kelakuan emak-emak!”

Emang sih emak ga ngikuti yang namanya pegang gejet. Jadi, ya tetep aja yang konvensional dipakenya. Maklumlah emak-emak, ke pasar kalo ketemu sama temen-temenya bisa ngalor ngidul wetan kulon, hossip-hossip tetangga deh. Nah, sembari beli belanja wara wiri towal towel cabe dibeli ga, pelan-pelan, emak saya kasih tahu tentang belanja dan masak jadi mudah, hemat waktu, mau beli apa aja ada, ga kepanasan, bisa gegoleran di depan tivi, bahkan emak sambil nyalon juga bisa belanja mak. Yaaa… biar sekalian  emak belajar pake hengpong.

Saya mah ga bosen jelasin ke emak tentang aplikasi belanja yang namanya honestbee. Nah, belum pada tahu juga yaa kalo sama honestbee itu belanja dan masak bisa jadi lebih cepat dan mudah. Masak dan belanja sama honestbee cuma sejarak sutil sama kuali. Deket banget, cara pake aplikasinya juga gampang banget.

Cara melakukan pemesan di Honestbee
Nih ya, langkah-langkah pake aplikasi belanja di honestbe. Kalau yang pake android ada di Google Play Store download-ya, sedangkan yang pake iOS ada di Apps Store. Jadi nih:

1.    Buka google play store atau apps store

Masuk ke Google Play Store dan ketik "Honestbee"
Foto: Dok. Pribadi
2.    Ketik kata “honestbee” nanti akan keluar gambar lebah warna kuning hitam

Apps Belanja Honestbee siap dipasang di perangkat
Foto: Dok. Pribadi
3.    Unggah (install) ke perangkat, hingga selesai.
. .   Kalau sudah selesai masukkan nama, alamat, email, dan nomor telepon.
5.    Kalau mau belanja tinggal masuk ke aplikasi honestbee-nya dan ada departmentnya atau groceries (apa saja yang mau dibeli berdasarkan kategori).


Ini groceries yang bisa dilihat dan pilih untuk belanja
Ada dairy, Eggs & Chilled Food; Drinks, Bakeri, Food Cupboard; Snacks & Sweets; Forzen Food; House Hold & Cleaning; Health & Beauty; Babies; Fresh Fruits; Fresh Meat; Fresh Vegetables: Ready to Eat & Deli; Rice, Noodles, Pasta & Rolls, Tobacco, dan masih banyak lagi.

Kalau barang-barang yang akan dibeli sudah dipilih, selanjutnya masuk ke dalam chartnya kita. Dan catatan pembelian juga ada lho. Ih, mudah banget dan jelas. Nah, enaknya lagi, belanjaan kita itu ada yang belanjakan, namanya assistant shopper professional. Mereka ini akan membantu membelikan barang yang kita pesan. Apabila barang yang dipesan tidak ada, asisten akan memberitahukan pembeli, apakah mau diganti atau tidak.

Apabila barang belanjaan yang sudah dibeli terkumpul semua, diaplikasinya akan meminta checkout. Artinya kita menyudahi belanja. Selanjutya, bisa pilih waktu pengiriman, apa akan dikirim hari ini juga atau esok harinya ke alamat yang sudah dimasukkan di aplikasi. Apabila alamat pengiriman akan diubah, kita bisa mengubahnya untuk dikirim ke alamat yang lain.
Nah, untuk pembayaran ada dua opsi, pakai  kartu kredit atau cash on delivery. Tinggal pilih saja. Dan selanjutnya placement order, bahwa kepastian pesanan kita akan ditutup dan siap dikirimkan ke alamat tujuan. Nanti, belanjaan kita akan dikirim oleh driver-driver honestbee yang profesional pula. Duuh makin enak ya masak sekarang.

Naah, tugas masak emak sudah kelar (emak udah mendahului kami semua) dan  digantikan sama saya. Ga mau repot dan panas-panasan, ya saya selalu pesen pakai honestbee. Saya beli tauge, jagung manis, sosis, cabe rawit, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya di honestbee ini. Mau masak apa saya? Yang jelas simpel dan mudah. Saya mau masak yang mudah dan tidak buang-buang waktu.


Tauge Sosis Jagung Manis
Bahan-bahannya
Tauge 200 gram
Sosis ukuran sedang 2 buah iris bulat ½ cm
Jagung manis 1 buah dipipil
Daun  bawang 1 batang diiris ½ cm
Cabe rawit merah 5 buah iris bulat kecil-kecil
Bawang putih 2 siung dimemarkan
Saus tiram 2 sendok makan
Garam ½ sendok teh
Merica bubuk 1 sendok teh
Minyak sayur 2 sendok makan untuk menumis
Air 150 ml

Cara buat
1.    Panaskan minyak, masukan bawang putih, tumis hingga harum
2.    Masukkan saus tiram, garam, merica bubuk, dan  air, aduk rata
3.    Masukan sosis, masak hingga matang
4.    Masukkan tauge aduk rata, tambahkan jagung manis.
5.    Tambahkan irisan daun bawang dan cabe rawit merah aduk-aduk sebentar
6.    Angkat, sajikan bersama nasi. 

Mudah kan masaknya? Seperti yang saya bilang, masak dengan honestbee itu cuma sejarak sutil dan kuali. Deket banget! Ini masakan saya, mana masakan kamu? #MasakJadiMudah

Nah, ngomongin masak nih ya, ada lomba masak online lho dari honestbee. Lombanya lumayan lama nih, ada enam periode. Periode 1-2 akan berlangsung selama dua minggu, sementara periode 3-6 berlangsung satu minggu. Akan dipilih lima orang pemenang dari masing-masing periode dengan hadiah voucher belanja honestbee sebesar @Rp250 ribu. Lomba dimulai setiap jumat dan pengumuman setiap Senin.

Tema lomba untuk setiap periode akan diberitahukan setiap kamis. Peserta wajib follow akun instagram dan  fanpage @honestbee_id dan @KriyaIndonesia. Jangan lupa share/bagikan info lomba dengan mention lima orang teman ya. Peserta boleh mengikuti semua periode lomba dengan ketentuan teman yang di tag dalam share info lomba berbeda.

Peserta berbelanja bahan yang akan dimasak melalui honestbee. Screen shoot share info lomba dan bukti belanja ke honestbe dikirim ke email untuk mendapatkan voucher belanja sebesar Rp50 ribu (free ongkir) sebagai pengganti belanja bahan untuk lomba masak. Hasil masakan berikut resep diposting di Instagram dan Facebook dengan hastag #MasakJadiMudah dan mention ke akun IG dan Fanpage @honestbee_id serta @KriyaIndonesia.

Ketentuan pemenang berdasarkan:

·         Kreativitas
·         Cara dan kemudahan membuat  
·         Jumlah like akan menjadi nilai tambah


Juri berasal dari honestbee dan Resep  Dapur Ayah. So, jangan tunggu lama-lama untuk masak. Kalau masak sekarang jauuuuh  lebih mudah dibanding sebelum-sebelumnya. Terima kasih honestbee. 

0 komentar: