Selasa, 25 April 2017

Teman Sehat Saat Ngeblog ala Saya

Dari sejak sekolah hingga sekarang, di meja mesti tersedia beberapa camilan untuk “mompa” semangat menulis. Ya, camilan sebagai bagian dari makan, lebih kecil dari makanan biasa. Umumnya dimakan di sela waktu makan. Makanan ringan datang dalam berbagai bentuk termasuk makanan ringan kemasan dan makanan olahan lainnya, serta barang-barang yang terbuat dari bahan-bahan segar di rumah.

Apel merah dan segelas susu skim buat camilan ngeblog memang paling pas
Foto: Dok. https://lh3.googleusercontent.com
Camilan menjadi bagian penting dalam hidup saya, mengapa? Dia ini membuat semangat manakala saya sedang menuangkan barisan-barisan kalimat untuk mengisi blog saya. Tipe camilannya pun buka makanan yang mengandung  minyak, tetapi makanan yang saya minimalisir untuk kandungan minyak.

Itu lebih kepada saya bekerja di antara tuts-tuts PC atau laptop. Sayang juga kalau tuts-tuts itu belepotan hanya karena minyak. Nah, camilan-camilan setia yang biasa menemani saya itu berupa kacang tanah yang digoreng pakai tepung, kue bolu, juga keripik yang kadar minyaknya berkurang.

Entah kenapa ya, saya justru terpompa ketika camilan itu ada di depan saya. Ya tidak tahu juga, mungkin sudah jadi syarat atau kebiasaan saja. Tetapi, benar adanya, ketika saya mulai menulis, tanpa ada sesuatu yang masuk ke dalam mulut, rasanya seperti ada yang kurang.

Nah, bersyukurnya meski kegiatan menulis lebih banyak duduknya dibanding berjalan atau berdiri, ditambah lagi saya doyan ngemil, tetapi tidak membuat badan saya melar alias gemuk. Hal itu sayang barengi dengan pekerjaan lain yang butuh keluar keringat setelah buat tulisan di blog.

Karenanya, meski duduk dan ngemil, ketika saya mengonsumsi makanan ringan dengan rasio nutrisi dan kalori yang tepat, akan membantu tubuh saya tetap berenergi dan membantu menurunkan berat badan. Protein (ditambah olahraga) memicu pertumbuhan massa otot tanpa lemak, yang meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori.

Selain ngemil makanan yang sudah saya sebutkan, saya juga  ngemil yang mengandung serat. Serat membantu memperbaiki pencernaan dan membuat saya tidak bingung pada lemak dan gula. Jadi sementara tidak ada makanan yang benar-benar "membakar lemak" saat saya memakannya sembari ngeblog, pilihan cerdas dengan bahan camilan mengandung serat, akan membantu tubuh saya beroperasi dengan efisiensi maksimal.
Berikut ini, camilan yang biasa saya konsumi untuk membuat tulisan di blog.

Hampir semua buah menjadi camilan yang bagus, tapi saya biasanya memasangkannya dengan sedikit protein agar lebih memuaskan. Tidak seperti karbohidrat, yang cepat habis, protein akan membantu menopang energi dan tingkat kelaparan saya selama beberapa jam membuat konten blog.

Alpukat dan keju pilihan kedua camilan saat ngeblog
Foto: Dok. http://cdn.pinchofyum.com/
Pilihan camilan yang saya ambil berupa pasangan buah protein: satu apel besar dan satu cangkir susu skim. Duo ini akan memberi saya 10 gram protein dan 5 gram serat untuk lebih dari 200 kalori. Mengenyangkan dan juga tidak membuat saya ngantuk.
Alpukat yang penuh dengan keju juga jadi teman saya kala ngeblog dari rumah. Saya senang dengan sesuatu yang kaya vitamin, lembut, dan gurih. Biasanya saya siapkan sebelum mulai ngeblog. Satu buah alpukat dan 200 gram keju. Bayangkan saja, dari sini saja energi saya sudah kembali.

Ikan tuna dan roti gandum saat ngeblog untuk tambahan energi
Foto: Dok. https://media4.popsugar-assets.com  
Tuna kaleng dengan roti gandum juga jadi teman setia saya. Ketika ngeblog, agak jarang saya menambahkan susu ke dalam makanan camilan saya. Karena efek susu bisa buat saya ngantuk. Sesekali saja jika badan terasa kurang fit, biasa susu saya tambahkan atau cokelat hangat. Maka dari itu, sekaleng tuna yang ada airnya dan roti gandum kaya serat menjadi sumber protein sehat, dan di dalamnya juga terdapat Omega-3. Belajar dari yang sudah-sudah bahwa saya buat 3 ons tuna ringan dengan 6 whole-wheat cracker atau dua tangkup roti gandum lengkap.


Ngeblog enak badan sehat. Itu kan yang kita cari?! Bagaimana dengan camilan kamu? #ODOP

1 komentar:

Diah Kusumastuti mengatakan...

Wah.. orang Biologi sih ya, jadi tahu persis takaran-takaran menu makanannya. Keren camilannya. Sehat, dan bikin ngiler tuh foto-fotonya :)