Senin, 17 Juli 2017

Indulge Your Senses


Haute cuisine, sebagai cara penyajian makanan ala Perancis yang dapat dikatakan paling elegan sedunia. Cassis benar-benar menunjukkan keseriusannya dalam hal ini.

Cassis merupakan nama sebuah tempat bagi pencinta makanan Eropa, khususnya Perancis yang telah lama menjadi buah bibir di kalangan para elit. Berada di Jalan K. H. Mas Mansyur Kavling 24, Karet Jakarta Pusat.
Tempat initerbilang mewah dan elit. Setiap pengunjung yang datang akan betah dan merasa nyaman. Kursi-kursi dan meja disusun dalam jumlah yang bervariasi. Susunan kursi mulai dari berjumlah empat hingga enam belas besertasandaran bantal-bantal empuk. Desain interior ruangan begitu elegan dan mewah yang memikat mata melalui sentuhan tangan Yabu Pushellberg.


Kursi dan meja pun punya kelas
Foto: Dok. Pribadi
Cassis memberikan suasana sangat romantis layaknya fine dining di Paris. Saat kaki menjejak, pelayan menyambut hangat kedatangan saya. Suasana resto terlihat sempurna. Cassis menyulap dan menciptakan suasana yang sangat romantis untuk setiap pengunjung yang datang. Tata lampu dan dekorasi elegan itu menciptakan harmoni kedamaian.Karenanya, menunggu hidangan datang pun tidak terasa, tiba-tiba sudah tersaji di depan mata.


Kursi-Kursi yang mengagumkan
Foto: Dok. Pribadi
Mata bergeming memerhatikan keadaan keseluruhan ruangan. Ada satu bagian tempat duduk persis di depan jendela yang langsung berhadapan dengan jalan utama. Kita dapat “jajan” mata melihat keluar jendelajika memilih duduk di dekat bagian itu. Menurut pengamatan saya, ini merupakan restoran Perancis terbaik yang ada di ibukota. Tidak bermaksud melebih-lebihkan, pengaturan dan dekorasi terlihat canggihtetapi santai, modern, dan elegan. Layanannya pun efisien dan bijaksana.


Elegan di kelasnya
Foto: Dok. Pribadi
Resto ini selalu menggunakan bahan masakan segar setiap hari. Hidangan itu langsung diracik oleh Executive Chef kenamaan dari Perancis, yaitu Jerome Laurent. Dia lahir dan besar di Arles, Perancis dengan menyandang penghargaan ternama, One Michelin Star untuk restoran, Le Cilantro pada 2007. Dia juga salah satu anggota Maitre Cuisiner de France Association. Chef Jerome menyelesaikan pendidikan master  dalam bidang ilmu kuliner di Ecole Superieure de Cuisine Francaise Paris di Perancis.

Melalui racikan tangan Chef Jerome menjelma menu-menu mewah berkelas yang ringan di mulut. Green royal asparagus misalnya. Sebagai hidangan pembuka, makanan berbahan dasar asparagus ini sangat lembut di mulut. Siraman saus yang berasal dari jamur truffle ke dalamnya semakin menambah kelembutan cita rasa hidangan ini. “Menakjubkan,” seperti yang dikatakan Indri, Public Relation Manager Cassis.


Green Royal Asparagus as an appetizer
Foto: Dok. Pribadi
Restoran melalui layanan penuh dengan makanan lebih spesifik, khusus, dan berkelas, itulahCassis. Pelayan sangat terlatih dan menggunakan pakaian seragam. Chef yang sudah sangat profesional akan memberi sentuhan dan racikan masakan mahal tetapi layak untuk dinikmati. Restoran fine dining memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh pengunjungnya. Konsep fine dining, belum akan mengeluarkan menu berikutnya apabila menu pertama yang dihidangkan belum habis. Hal itu untuk menjaga agar tamu tetap mendapatkan kehangatan makanan ketika disajikan.

Usai menikmati Green royal asparagus, sajian utama pun datang. Apa sajian utama Cassis yang dihidangkan untuk saya? Saya masih menerka-nerka. Ternyata, Seared black cod eggplant tart dengan saus snow peas. Pak Rudy,salah seorang senior di Cassis menyarankan kepada saya, untuk menikmati menu ini sebaiknya tidak dicoba satu per satu. Akan tetapi, ikan cod yang telah dipotong dipadu bersama sayuran. Rasanya? Terbayangkan kelezatan yang timbul dari perpaduan keduanya. Cita rasa ikan cod di lidah saya benar-benar empuk dan relatif ringan. Sayurannya lembut dan terasa kesegarannya. Sausnyacreamy, gurih, dan sangat enak. Di tangan Chef Jerome, menu ini menjadi juaranya.


Seared black cod eggplant tart with snow peas sauce
Foto: Dok. Pribadi
Tidak lama berselang saya dihadirkan hidangan penutup setelah tuntas dengan hidangan utama. Saya sempat memerhatikan secara detail hidangan itu. Apa yang saya pikirkan benar adanya, seperti salah satu buah yang dikaramel dan diberi es krim. Ya, dalam pelafalan yang membuat lidahsempat “berlipat” saya diberitahu oleh Chef Jeromenama hidangan penutup itu Caramelized apples mille feuilles.

Dalam tata sajiannya terdapat potongan buah apel yang dibuat persegi dengan aroma karamelapel manis. Oleh Chef Jerome, hidangan penutup ini dibuat empat lapisan yang terdiri atas dua komponen. Ada potongan kue mille feuille, genoise yang kaya dengan kayu manis serta rempah-rempah, elemen apel yang dipotong dadu kecil, karamel apel segar yang dimasak lembut tetapi tidah hancur dan tetap utuh.  Terdapat pula dua potong biskuit berbentuk persegi panjang di atas dan di bawahnya serta sabayon sebagai dasarnya. Rasanya, fantastis!


Caramelized apples mille feuilles
Foto: Dok. Pribadi
Cassis menawarkan masakan Perancis istimewa yang dapat menyenangkan selera Anda.  Dari hidangan pembuka yang menggoda, hingga hidangan penutup yang tidak tertahankan. Konsisten menyediakan kualitas makanan dengan cita rasa tertinggi.Setiap rupiah yang Anda keluarkan sangat sepadan dengan hidangan dan pelayanan terbaik yang diberikan resto ini.

Cassis
Jalan K. H. Mas Mansyur Kavling 24
Karet, Jakarta Pusat 10220
Telepon (021) 57941500

4 komentar:

widyanti yuliandari mengatakan...

Wahh....jadi laperrrrr

Jun Joe Winanto mengatakan...

Ayoo Mba Widyanti, nyobain ke sana...

Dama Vara mengatakan...

Menggoda banget ini postingannya. Bahaya buat yang lagi diet pasca lebaran.

Jun Joe Winanto mengatakan...

@Dama mau nyobain? Hehehe... duuh badanmu udah kering gitu masih mau diet juga Dama? Bisa jadi lidi korek api ntar... hahahahah