Minggu, 16 Juli 2017

Tips Hindari Energi Negatif


Berurusan dengan negativitas bisa jadi downer. Saya pernah punya teman kerja yang energi negatifnya akan menyirami saya setiap hari. Dalam percakapan, dia selalu mengeluh tanpa henti mengenai semua hal, seperti tugas kerja, keluarga, teman, kesehatan, dan hal lain yang semestinya tidak dia pikirkan secara berat dan terasa “diberat-beratkan”. Dia juga begitu sinis melihat orang lain.  Sering meragukan niat teman-teman saya yang lain dan menilai teman-teman saya tersebut secara kasar. Ngobrol dengannya tidak  menjadi pengalaman yang menyenangkan sedikit banyak. 

Energi negatif perlu dibuang dari lingkungan, karena punya pengaruh besar untuk diri seseorang
Foto. Dok. http://4.bp.blogspot.com/
Pertama kali saya, dia, dan beberapa teman mengadakan rapat, saya merasa benar-benar lelah. Meskipun kami berbicara hanya 30 menit, saya hampir tidak punya energi yang tersisa setelah percakapan itu. Rasanya seseorang benar-benar telah menyedot energi kehidupan saya, dan butuh beberapa jam agar efeknya hilang. Hal yang sama juga terjadi untuk waktu berikutnya. Dengan cepat saya sadar, bahwa saya perlu menyusun rencana tindakan untuk mengatasi energi negatif semacam itu. Bagaimanapun, dia tidak akan menjadi satu-satunya orang negatif yang akan saya hadapi dalam hidup saya.

Secara bertahap saya membuat beberapa strategi untuk menangani orang-orang dan lingkungan negatif secara efektif. Mereka (baca orang dan lingkungan negatif) telah bekerja dengan penuh keajaiban dalam hidup saya sendiri, dan kini saatnya saya menggunakannya untuk menghalau orang-orang yang dipengaruhi lingkungan negatif termasuk diri orang itu sendiri.

1.    Buat batasan
Orang-orang negatif dan berada di lingkungan negatif yang berkubang dalam masalah mereka serta  gagal fokus terhadap solusi sulit dihadapi. Orang-orang seperti itu ingin ada orang lain yang sama untuk bergabung sehingga mereka bisa merasa sama dan jauh lebihterutama untuk  diri mereka sendiri. Mungkin saya merasa tertekan mendengarkan keluhan hanya karena saya tidak ingin dianggap tidak berperasaan atau kasar. Tetapi, ada garis tipis antara memberi pinjaman yang saya sendiri ikhlas memberikan dan tersedot ke dalam drama emosional negatif mereka.

Kita dapat menghindari drama itu dengan menetapkan batasan dan menjauhkan diri bila diperlukan. Anggap saja begini: jika orang negatif merokok dengan para perokok, maukah kita duduk di samping mereka sepanjang hari sambil menghirup asap rokok bekas mereka? Tentu tidak, kan! Pastinya, saya dan kalian akan menarik diri. Mending pergi jauh dari mereka dan memberi diri saya ruang bernapas.

Kalau dalam waktu dekat, kita tidak dapat menghindari diri, cara lain untuk menentukan batasan adalah langsung meminta orang yang negatif itu bagaimana mereka memperbaiki masalah yang mereka keluhkan. Seringkali mereka mengalihkan pembicaraan dengan arah yang lebih harmonis, setidaknya untuk sementara waktu.

2.    Tanggapi dengan penuh perhatian-jangan hanya bereaksi
Reaksi adalah ledakan emosi yang panas dan tidak terpikirkan. Hal itu biasanya didorong oleh ego kita (sebagai manusia, kita cenderung bereaksi saat kita dihilangkan dari pikiran logis). Mungkin akan berlangsung sepersekian detik sebelum intuisi kita berontak dan menawarkan beberapa perspektif. Mungkin akan segera mengarah ke salah satu titik bahwa kita bertindak atasnya. Bila kita  merasa marah atau bingung setelah berhadapan dengan orang negatif, itu pertanda reaksi kiys, tidak ditanggapi dengan penuh perhatian. Menanggapi dengan penuh perhatian akan membuat kita merasa menangani hal-hal dengan integritas dan ketenangan.
Intinya: ketika kita bertemu seseorang dengan sikap negatif, jangan menanggapi dengan memberi hinaan lagi ke mereka. Kita perlu menjaga martabat dan jangan menurunkan harga diri kita ke level mereka.

3.    Tantangan Optimisme
Orang-orang yang paling optimis bertatap muka dengan orang-orang negatif secara teratur. Perbedaan antara keduanya, bagaimana orang optimis menangani hal negatif. Hal ini tidak dibangun ke dalam DNA agar mereka menjadi tenang. Sebenarnya, ada beberapa teknik dan tips yang bisa dimanfaatkan orang untuk menghindari energi negatif.

Memang, ini bukan ilmu roket, tapi butuh kerja dan ketahanan. Terkadang tidak hanya satu tips atau teknik akan bekerja dengan sendirinya--sebenarnya tergantung pada seberapa negatif situasinya berjalan seiring dengan bagaimana seseorang harus menghindari energi negatif. Seiring kita menyalurkan strategi ini untuk tetap berpikiran terbuka dan mengerti bahwa memperbaiki lingkungan dengan energi negatif itu bukan perkara mudah. Semuanya butuh waktu dan sepertinya jadi cobaan dan kesalahan. Jadi saat kita membaca informasi bermanfaat ini, buka dan pikirkan kompilasi tips berikut dapat membantu kita menghindari energi negatif yang muncul.

4.    Hindari Drama
Lakukan yang terbaik untuk menghindari drama dengan segala cara. Dari waktu ke waktu, akan ada situasi yang muncul yang benar-benar keluar dari diri kita, namun sangat penting bahwa kita tetap berada di luar pertemuan yang dirancang dramatis. Bagaimana kita bisa melakukan ini, mungkin ada pertanyaan yang muncul? Hindari bergaul dengan orang yang suka bergosip atau mengalami masalah. Jangan berbicara tentang orang lain di belakang mereka dan lakukan yang terbaik untuk tidak melakukan penilaian terhadap orang lain--serahkan semua pada Tuhan. Jujurlah, tidak peduli apa dampaknya. Ingatlah bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik. Lakukan yang terbaik untuk menghindari situasi kompromi.

5.    Periksa Berkah yang Menghampiri Kita
Ketika energi negatif muncul di hadapan kita, sulit untuk mengenali berkah yang mewujudkan kehidupan kita setiap hari. Rumah dengan air mengalir dan panas bisa diabaikan. Makanan di atas meja bisa disalahartikan sebagai hak istimewa. Berkah lain seperti kehadiran orang yang dicintai dan fasilitas lainnya sering dianggap biasa. Setiap hari ketika kita bangun, ceklah keajaiban apa yang telah terjadi. Biarkan dunia di sekitar kita tahu bahwa kita bersyukur atas segalanya. Mengucapkan rasa terima kasih bisa sesederhana mengatakan kepada orang yang kita cintai, bahwa kita menghargai apa yang mereka lakukan untuk kita setiap hari. Bisa juga menawarkan makanan tambahan. Jika kita memiliki pengetahuan tentang apa itu berkah yang kita miliki, ketika energi negatif masuk ke dalam kehidupan sehari-hari, akan lebih mudah diperangi kenegatifan dan menikmati berkah kita.

Jika kita bisa menghilangkan drama dari hidup, kita akan menemukan bahwa segala sesuatu ada pada tempatnya. Sekarang ini bukan untuk mengatakan bahwa masalah tidak akan muncul kalau tidak ada kesempatan, tetapi menghindari drama 90% menjadi pilihan cerdas.

6.    Menyatu dengan Alam
Rumah memberikan banyak ketenangan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pohon, langit, air, binatang dan udara menawarkan begitu banyak hal untuk dipikirkan, juga tubuh dan jiwa. Tidak ada tempat lain yang bisa kita temukan sumber daya yang ada melimpah ruah selain di bumi. Tidak ada tempat lain yang bisa kita temukan makhluk Tuhan berkeliaran bebas seenaknnya. Tidak ada tempat lain untuk kita menemukan bunga dan perairan yang tidak tersentuh. Lingkungan bumi memberikan keindahan yang tiada tara.

Menyatu dengan alam dengan melakukan keseimbangan secara teratur. Jika kita mengidentifikasi hubungan dengan alam dan keindahannya, kita akan menemukan garis kedamaian. Jika kita terkena tantangan dan energi negatif, masuklah ke alam dan rasakan kesendirian yang disajikannya. Kita akan menemukan sebuah penghargaan baru untuk hal-hal kecil dalam kehidupan dan seringkali situasi yang kita rasa paling untuk dihindari, tiba-tiba tampak tidak sangat menantang.

7.    Berikan Penegasan
Membaca afirmasi positif setiap hari akan menempatkan kita dalam pola pikir yang benar. Saat kita mengetahui kata-kata yang hebat ini, kita akan menemukan bahwa perisai mulai terbentuk dan akan membantu kita menahan energi negatif yang mendekati kita setiap hari. Anggap afirmasi sebagai baju besi harian kita - tidak hanya akan membantu membimbing kita menjauh dari energi negatif, tapi juga mencegah luka menakut-nakuti keberadaan kita.

Jika kita belum memiliki kutipan atau tulisan suci – carilah. Setiap kali menghadapi situasi yang menantang, berpalinglah ke afirmasi itu dan biarkan mereka menjadi anugrah keselamatan kita. Bagikan afirmasi Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.Biarkan kata-kata menghibur menjadi milik mereka juga.

8.    Sabar
Percaya atau tidak, kesabaran yang benar-benar adalah kebajikan. Sering kali, ketika energi negatif muncul, orang bereaksi secara agresif bahkan tanpa menyadarinya. Penting untuk melatih pikiran dan tubuh kita bersabar dan tetap tenang saat situasi kompromi muncul. Temukan garis dasar internal kita dan tentukan bagaimana reaksi kita sebelum energi negatif muncul dengan sendirinya

9.    Sosialisasi
Ketika kita tinggal di lingkungan yang hanya itu-itu saja, dengan tingkat energi negatif tinggi, otomatis, secara  tidak langsung kita akan terpapar. Kalau kita terus menerus tinggal di lingkungan seperti itu, pastinya peningkatan energi negatif di dalam tubuh dan pikiran kita tidak akan dapat dihindari. Kita seperti terkucil dari lingkungan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk kita bersosialisasi. Nongkrong bersama teman dan keluarga itu penting. Dengan begitu, akan membuat kita lebih aktif dan membawa dalam suka cita.  Kita bisa juga bicara di telepon dengan teman lama atau mengunjungi kerabat yang tidak bisa Anda lihat secara terus menerus. Kita akan menemukan bahwa dicintai dan dihormati akan membantu membangun harga diri dan memberi kita kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk mengatasi kesulitan dan masalah yang muncul setiap hari.

10.  Bangun Harga Diri Anda
Jika kita yakin dan punya rasa harga diri yang baik, kita akan merasa lebih mudah untuk melawan energi negatif saat hadiah itu muncul. Jika energi negatif menjadi penyusup ke dalam kehidupan kita sehari-hari, kata-kata dan tindakan bisa menimbulkan luka yang menyebabkan timbulnya masalah lain. Akan tetapi, jika kita membangun kepercayaan dan harga diri kita, hal itu akan menjadi perisai untuk menghalau kesulitan yang ditimbulkan dalam kehidupan kita. Intinya, kita akan bisa mengatasi apa saja. Ingat bahwa kita harus selalu berinvestasi pada diri sendiri.

11.  Atasi rintangan

Meskipun hanya ada beberapa petunjuk yang dirasa bermanfaat, jangan berpikir bahwa hanya ini satu-satunya cara menghindari energi negatif. Hidup ini penuh rintangan dan akan membawa kombinasi dari tips untuk membantu kita mengatasi kesulitan dan rintangan yang harus dihadapi. Jangan pernah mengakui kekalahan. Berdirilah teguh bahwa kita dapat menahan segala sesuatu yang datang sesuai keinginan selama kita kuat dan mau berusaha keras.

2 komentar:

Yurmawita Adismal mengatakan...

Selalu ikhlas menjalani hidup ini salah satu jurusku untuk menghindari energi negatif. Hehe Nice info mba..

Yurmawita Adismal mengatakan...

Eh mas maaf