Rabu, 30 Agustus 2017

FWD Life: Membingkai Asuransi Jiwa Syariah Bersama Fashion Rock dalam Balutan Haute Couture Barli Asmara


Bicara asuransi tak lepas dari satu cara, sistem, atau perlindungan keuangan (finansial) atau bisa disebut juga ganti rugi keuangan, baik untuk diri sendiri, kehidupan (kesehatan), kendaraan, rumah, dan sebagainya. Hal itu semata-mata untuk menjaga keamanan (utamanya jiwa dan barang) yang dimiliki seseorang dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Fashion Rock Kolaboratif FWD Life, Hard Rock FM, & Barli Asmara. [Foto: Dok.https://pbs.twimg.com/media]
Banyak kejadian yang tidak dapat kita duga, seperti kehilangan, sakit, duka lara, maupun kecelakaan yang mengikutsertakan pembayaran premi atau uang asuransi dengan waktu yang sudah ditentukan, sebagai pengganti polis untuk menjamin perlindungan yang kita  miliki. Istilah asuransi mengacu kepada  hal yang memerlukan atau memperoleh perlindungan.

Kalau kita mengacu pada UU No.2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian, itu menjadi semacam perjanjian antara dua belah pihak. Terjadi ikatan antaran pihak penanggung dengan pihak yang menerima premi untuk memberi penggantian ke tertanggung. Penggantian kepada pihak tertanggung berupa kerusakan maupun kehilangan sesuatu hal berharga yang semestinya diharapkan.

Nah, perjanjian antara pihak ini biasa disebut kebijakan. Kebijakan menjadi kontrak yang sah. Di dalamnya memberikan penjelasan mengenai istilah dan hal-hal yang dilindungi dalam asuransi.  Sementara itu, sebagai dana atau uang yang dibayar oleh tertanggung kepada penanggung  biasa dikenal dengan premi. Penanggung dapat menentukan jumlah dana yang dapat diambil (klaim) sebagai dana masa depan.

Tidak bisa tidak, perusahaan asuransi pun akan beroleh keuntungan, berupa investasi. Investasi itu didapat dari dana yang diterima oleh tertanggung ketika mereka membayar klaim kepada penanggung. Oya, perlu kita ketahui prinsip dalam dunia asuransi ketika ingin berasuransi ya.

Pertama, insurable interest. Kita punya hak untuk mengasuransikan apa yang kita miliki, baik karena adanya keterikatan dana, antara kita (tertanggung) dengan yang diasuransikan dan dilegalkan oleh hukum. Kedua, utmost good faith. Ada data dan fakta lengkap mengenai hal-hal yang akan kita asuransikan. Dalam hal ini, penanggung mesti terbuka dan menjelaskan secara gamblang mengenai segala persyaratan asuransi, begitu pula sebaliknya si tertanggung.

Ketiga, proximate cause. Ada penyebab yang menimbulkan satu kejadian, baik ada atau tidaknya intervensi dari hal-hal yang baru dan bebas. Keempat, Indemnity, yaitu cara-cara yang dilakukan penanggung kepada tertanggung dalam penyediaan finansial yang dimiliki sebelum ada kerugian. Dapat dilihat pada KUHD pasal 252, 253,  ditegaskan pula di pasal 278.

Kelima, subrogation, adanya alihan hal menuntut tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayarkan. Jadi, kewajiban penanggung tuntas ketika  klaim tertanggung dibayarkan saat terjadi musibah. Keenam, contribution. Jadi, penanggung punya hak untuk mengajak penanggung yang lain bersama-sama menanggung, akan tetapi kewajibannya tidaklah sama kepada tertanggung dalam memberikan indemnity.

Berkaitan dengan asuransi ini, pada Jumat (25/08/2017) bertempat di The Akmani Hotel Kyai Haji Wahid Hasyim, FWD Life, sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa syariah, menggelar acara Fashion Rock bertajuk “Bebaskan Langkah, Tetap Sharia”. Acara ini digelar sebagai kolaborasi dari 87.6 Hard Rock FM Jakarta dan FWD Life.

Ki-Ka: Ajeng Dewi S; Sigit Prabowo; Barli Asmara; Rudi Kamdani; & Stars and Rabbit. [Foto: DokPri]
Tidak dapat dipungkiri, PT FWD Life Indonesia yang lebih dikenal dengan FWD Life, menjadi satu perusahaan asuransi jiwa patungan terbesar di antara sekian banyak perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.  Produk yang ditawarkan sangat beragam. Produk tersebut merupakan produk asuransi yang berkait erat dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, serta asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang sangat didukung erat dengan kemajuan teknologi, termasuk di dalamnya keagenan, bancassurance, e-commerce, dan korporasi. Tak perlu disangkal, FWD Life ini telah mendapatkan pengesahan atau surat izin pendirian unit Syariah  pada 14 Juli 2015. 

Ciamik Toss FWD Life, Fashion Rock [Foto: Dok.http://img.bisnis.com/]
Salah satu produk unggulan FWD Life dan dicari banyak orang adalah Asuransi Jiwa Syariah BEBAS IKHTIAR.  BEBAS IKHTIAR ini menjadi bentuk perwujudan dan komitmen kuat FWD Life mengembangkan pasar asuransi jiwa syariah di seluruh Indonesia.

Kemudahan teknologi membuat Asuransi Jiwa Syariah BEBAS IKHTIAR ini semakin dicari dan digemari. FWD Life mengembangkan asuransi secara digital. Hal ini justru sangat membantu masyarakat untuk mempersiapkan asuransi dan investasi sekaligus dapat melakukan donasi secara mudah lewat perangkat yang mereka miliki. 

BEBAS IKHTIAR yang dimaksud oleh FWD Life adalah, orang dari agama apapun dapat ikut serta untuk menyiapkan kehidupan masa depannya dengan melakukan investasi dan asuransi jangka panjang. Juga membantu satu sama lain melalui fitur donasi. Fitur tersebut secara sistematis membuat mudah para nasabah untuk melakukan donasi.

Asuransi Jiwa Syariah yang dikembangkan FWD Life, sebagai terobosan mutakhir. Kenapa mutakhir? Karena infrastruktur asuransi ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Ya, celah teknologi digital menjadi cara cerdas FWD Life mendekatkan  dan mempermudah masyarakat dalam berasuransi. Kolaborasi teknologi digital asuransi ini sangat dapat memberikan keuntungan ke semua orang.

Dahulu, mungkin orang akan sangat kesulitan ketika ingin masuk ke dalam satu asuransi dengan segala bentuk persyaratan. Hadirnya Asuransi Jiwa dari FWD Life dengan teknologi digital, semakin mempermudah transaksi asuransi. Hanya hitungan menit,  orang sudah dapat melakukan pengiriman, transaksi, maupun donasi asuransi ke orang lain.Kemudahan berasuransi, nyaman, dan juga jelas transparan dengan prinsip syariah menjadi kunci utama FWD Life berbagi.

Asuransi Jiwa FWD Life sebagai perjanjian mengenai pembayaran uang dengan nikmat dari premi dan yang berhubungan dengan hidup atau matinya seseorang. Termasuk juga perjanjian asuransi kembali uang dengan pengertian catatan dengan perjanjian dimaksud tidak termasuk perjanjian asuransi kecelakaan (yang termasuk dalam asuransi kerugian berdasarkan pasal Ia Bab I Staatblad 1941-101).

Dalam asuransi jiwa  syariah FWD Life yang mengandung SAVING, penanggung akan tetap mengembalikan jumlah uang yang diperjanjikan, kepada tertanggung apabila tertanggung meninggal dalam masa berlaku perjanjian, atau ketika berakhirnya jangka waktu perjanjian keperluan suka rela.

Rudi Kamdani, President Director FWD Life. [Foto: Dok.Pribadi]
Sejalan dengan hal itu, President Director FWD Life, Rudi Kamdani menjelaskan bahwa Asuransi Jiwa Syariah FWD Life ini sesuai peta IKNB Syariah OJK. Industri syariah sedang sangat berkembang dan strategis memenuhi tuntutan zaman, yaitu inovasi produk dan bagaimana memberikan pemahaman kepada warga mengenai asuransi syariah. Dari fakta tersebut, FWD Life punya komitmen untuk aktif meluaskan pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia dengan cara menyiapkan produk asuransi  jiwa syariah secara inovatif sesuai segmen pasar syariah sehingga dapat menarik banyak nasabah di Indonesia.

Produk asuransi jiwa BEBAS IKHITAR FWD Life menjadi satu gebrakan. Ya, gebrakan baru untuk masyarakat saat akan memilih asuransi. Asuransi ini tidak hanya asuransi dan investasi jangka panjang saja. Melalui BEBAS IKHTIAR para nasabah dapat memperoleh kemudahan ketika beramal untuk sesama, seperti menunaikan zakat, infaq, hibah, juga wakaf.

Dari sini terlihat bahwa FWD Life terus bergiat memberikan sumbangsih lebih untuk asuransi jiwa syariah dengan layanan produk digital yang dimilikinya. Artinya, peluang pasar untuk melakukan penetrasi produk ke semua nasabah terbuka lebar. Ditunjang lagi, saat ini sedikit demi sedikit paperless akan mulai digalakan, khususnya untuk para agen FWD Life.

Ini menjadi gebrakan baru dan yang pertama kali dilakukan FWD Life, dari proses pembelian asuransi jiwa syariah hingga polis diterbitkan, semua dilakukan secara digital. Dengan cara ini, proses berasuransi semakin aman, nyaman, transparan, dan sangat mudah.

Kelebihan BEBAS IKHTIAR
Tak mungkin FWD Life dihadirkan ke publik dengan tidak memiliki kelebihan. Ada tiga hal yang menjadi kelebihan BEBAS IKHTIAR ini. Pertama memberikan manfaat asuransi. Kedua, memaksimalkan dana investasi melalui bonus loyalitas dan adanya pembagian surplus underwriting, dan ketiga menyediakan fitur donasi secara sistematis dalam membantu sesama berdasarkan prinsip syariah.

Untuk menjalankan hal ini, Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga sangat mendukung program Asuransi Jiwa Syariah FWD Life untuk mengelola seluruh donasi nasabah. Satu lembaga lagi yang mendukung program Asuransi Jiwa Syariah FWD Life adalah Yayasan Badan Wakaf Indonesia. YBWI akan mendistribusikan wakaf tunai dan menghibahkannya sebagian manfaat meninggal. Jadi, dari sini para nasabah sudah dapat bersiap-siap dengan perencanaan keuangan masa depannya sekaligus menabung buat akhirat. Insya Allah.

Bapak Ade Bungsu, selaku Chief of Product Proposition & Sharia PT FWD Life Indonesia memberikan penjelasan  keunggulan  asuransi jiwa syariah FWD Life ini. Dari investasi produk BEBAS IKHTIAR, nasabah punya kesempatan mengembangkan hasil investasi secara optimal yang 100% kontribusi akan ditempatkan pada pilihan investasi sejak tahun kedua. Nasabah juga dapat menikmati total bonus loyalitas hingga 160% dari kontribusi mulai tahun ke-7. Selain itu, produk ini juga menyediakan dua pilihan Dana Investasi (Investment Fund) sehingga memberikan manfaat investasi yang optimum untuk nasabah. Sementara itu, untuk manfaat proteksi, BEBAS IKHTIAR memberikan perlindungan maksimal hingga usia 100 tahun, serta tambahan manfaat jika nasabah meninggal akibat kecelakaan.

Kolaborasi FWD Life dengan Barli Asmara
FWD Life berani tampil beda dalam merangkul nasabah. Di mana bedanya? Ya, FWD Life menggandeng nasabah berdasarkan passion sesusai prinsip syariah. Kolaborasi cantik dihadirkan pada launching Asuransi BEBAS IKHTIAR bersama desainer ternama Indonesia, Barli Asmara. Dari kolaborasi itu, ada maha karya teristimewa, saya sebutnya haute couture, berupa scraft hasil desain istimewa Barli untuk nasabah FWD Life. Tentunya, nasabah FWD Life punya gaya hidup modern yang sudah menyiapkan semunya untuk melindungi tubuh mereka. 

Fashion Rock: Haute Couture Barli Asmara yang menggoda [Foto: Dok.http://cdn.klimg.com/dream.co.id]
Di perhelatan FWD Life BEBAS IKHTIAR ini Barli menghadirkan tiga sekuens pagelaran busana, berupa Gentala, Turkish, dan Monochrome. Menurutnya, ketiga hal itu dia berikan untuk memeriahkna FWD Fashion Rock 2017. Gentala mengedepankan keindahan motif batik Jambi, Turkish fokus pada pola Arabesque Turki dengan cutting longgar berbalut warna hitam dan putih sehingga berkesan minimalis.

Fashion Rock Melangkah dengan Syariah [Foto: DokFriend]
Tak ketinggalan pula, salah satu stylist muda berbakat Indonesia hadir sebagai penata gaya dalam Fashion Rock 2017 tersebut. Siapa lagi kalau bukan Ajeng Dewi Swastiari. “Swara dan Wastra sebagai tema yang diusungnya. Kreasi anak bangsa berbasis kain negeri dipersembahkan bersama Barli Asmara berbalut musik lokal kental napas Indonesia. 

Fashion Rock Asuransi Jiwa Syariah FWD Life. [Foto: Dok.http://www.thejakartatimes.com]
Ya, tampilan koleksi Barli Asmara tersebut akan digawangi dan diiringi musik Stars and Rabbit. The white shoes and the couple company. Ada pula Andien, dan koreografi dari Edwan Handoko. Tentunya, dukungan dari Head of Marketing Communication MRA Broadcast Media Division, Hard Rock FM, Mas Sigit Purnomo. Beliau mengatakan,"FWD Fashion Rock ini menjadi perhelatan sangat berbeda dan fenomenal. Kolaborasi FWD Life bersama Had Rock menghadirkan khazanah baru di dunia hiburan tanah air". 

Fashion Rock Asuransi Jiwa Syariah dimeriahkan oleh Stars and Rabbit. [Foto. Dok.http://hardrockfm.com]
Hard Rock sebelumnya juga sudah pernah mengadakan Fashion Rock di 2010. Di 2017, kembali menghadirkan acara ke-7 yang sangat khusus dari kolaborasi mini konser melalui pertunjukkan fashion modern yang terinspirasi dari produk asuransi jiwa syariah, BEBAS IKHTIAR.

Hard Rock FM kolaborasi ciamik bersama Asuransi Jiwa FWD Life. [Foto: Dok. https://4.bp.blogspot.com/]
Asuransi Jiwa Syariah FWD Life BEBAS IKHTIAR, tentunya bebas dari rasa berdebar-debar.


#MelangkahDenganSyariah








15 komentar:

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Wah tulisannya lengkap, mas Jun. Penting untuk paham manfaat asuransi sehingga harus dilakukan melalui cara cara asik seperti ini. Aku suka kolaborasi musik, fashion dan asuransi. Hehhe

tina sindi mengatakan...

Wah...infonya sangat lengkap. Top bgtt ya fwd life ini, sangat loyal dgn nasabahnya. Menggelar acara yg menyedot puluhan orang untuk menyaksikan fashion Rocks ini.

kurnia amelia mengatakan...

Om Jun keren kbanget deh reportasenya ...Lengkapppp.

Melinda Niswantari mengatakan...

Suka ya sm inovasi FWD Life dalam mengedukasi masyrakat akan asuransi ini dnegan cara yang Fun dan menarik, so inspirin :)

Ulasannya lengkap banget mas, smoga next ada lagi yo acara seperti ini hehe

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @ALIDA: Yang ngajari nulis lengkap nih Mba Alida. Iya, saya juga suka nih Asuransi yang berbau syariah. Aman, nyaman, terpercaya. Apalagi itu bebas ikhtiar dan ga ada rasa berdebar-debar untuk ikut dan masuk ke dalamnya.

@MAMAK TINA: Emak mah emang paling bisa deh. Kita memang harus memberikan informasi lengkap kepada pemirsa mak. Hal itu untuk menghindari agar tidak salah dalam memilih. Tentunya, Asuransi Jiwa Syariah FWD Life ini yang pas dan cocok banget buat kita. Dukungan Yayasan Badan Wakaf Indonesia sama Dompet Dhuafa itu yang buat saya makin yakin milih Asuransi Jiwa Syariah FWD Life ini mak. Insya Allah aman dan berkah.

@AMEL: Mestinya Amel juga keren nih. Informasi lengkap memang harus kita bagi dan sebarkan, jangan disembunyikan. Amel udah masuk belum?

@MELINDA: Mantep banget kan ya Asuransi Jiwa Syariah FWD Life ini. Ayoo...kita BEBAS IKHTIAR dengan FWD Life dan dari sekarang #MELANGKAHDENGANSYARIAH

Helena mengatakan...

Oh...jadi makin ngerti skema asuransi. Basis syariah jadi makin nyaman ya

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Asuransi yang mendukung passion masyarakat memang masih langka, salut buat FWD dengan gelaran musik dan fashionnya

Liswanti mengatakan...

Keren ya perusahaan Asuransi mendukung fashion. Apalagi kerjasamanya sama Hard Rock FM. Eh karyanya juga keren-keren dari Barli Asmara.

Monica Anggen mengatakan...

Zaman sekarang emang banyak kejadian tak terduga ya, Mas, dan kita butuh banget dengan yang namanya persiapan dana. Dan dari ulasan yang lengkap banget ini saya jadi tahu nih tentang FWD Life. Bisa jadi bahan pertimbangan berikutnya kalo mau ajuin asuransi. Makasi atas infonya ya

Jun Joe Winanto mengatakan...

Terima masih Mba Alida.. Hebat ya kolaborasinya.Ciamik!

Jun Joe Winanto mengatakan...

Kalo pake syariah jd ga was-was Mba

Jun Joe Winanto mengatakan...

Bener banget, masyarakat diedukasi sama asuransi ini.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Hebat terobosannya.Ga setengah2, mengkover semuanya.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Bener banget Mba Monic. Kita butuh lho asuransi utk masa depan.

Ahmad Kumaedi mengatakan...

Sekarang semua sudah ada asuransinya ya kak, tapi harus pilih2 nanti kena tipu, karena semakin banyaknya yg mendirikan perusahaan asuransi.