Senin, 21 Agustus 2017

Wuling Motors Siap Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia Luncurkan MPV Pertama


 
Siapa nyana, akhirnya tanah air diramaikan lagi dengan kedatangan pemain baru otomotif untuk kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Ya, PT Saic General Motors Wuling (SGMW) Indonesia telah meluncurkan MPV pertamanya itu dengan seri Confero dan Confero S di atrium Senayan City pada 2 Agustus 2017 lalu.

Booth Wuling Motors di GIIAS 2017 ICE BSD [Foto: Dokpri]
Mobil MPV besutan Wuling Motors yang dinamai Confero dan Confero S ini sebagai salah satu mobil yang memiliki value money serta sangat cocok untuk mobil  keluarga di Indonesia. 

Sebagaimana dikatakan Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, “Untuk masuk ke dalam pasar Indonesia menjadi tantangan tersendiri, karena banyak brand-brand otomotif yang sudah punya nama. Akan tetapi, Wuling Motors yakin, dengan kemampuan dan spesifikasi yang dimiliki, akan dapat bersaing dengan otomotif lainnya yang sudah ada.”

Mobil Wuling ConferoS yang banak diminati pengunjung [Foto: Dokpri]
Jika melihat kondisi masyarakat Indonesia, keadaan ekonomi dan sosialnya cukup antusias. Memang, dari perbandingan kepemilikan mobil masih sedikit. Dari 1.000 orang, hanya 83 orang saja yang memiliki mobil. Melihat kondisi tersebut Wuling Motors mencoba menggarapnya. Meski persaingan di industri otomotif di Indonesia ini sangat ketat, Wuling Motors yakin dan optimis mampu memperoleh peluang yang ada. Ini menjadi pekerjaan rumah Dian bersama tim tentunya.

Melirik sejarah berdirinya Wuling Motors tak dapat dipungkiri, banyak perjuangan dan pengorbanan besar yang mesti dilakukan. Pada 2002, terbentuklah SAIC GM Wuling Automobile Co.Ltd. (SGMW). Lantas melesat menjadi pemimpin pasar dalam bentuk kendaraan niaga mini di China.

Interior yang sangat menarik, elegan, dan sporty [Foto: Dokpri]
Di 2009, tak tanggung-tanggung Wuling Motor memproduksi kendaraan dalam satu tahun mencapai satu juta kendaraan. Perkembangannya semakin pesat dan Wuling Motors terus berproduksi. Pada 2015, SGMW dalam setahun telah menghasilkan dua juta kendaraan dan di tahun yang sama pula PT SGMW  Motor Indonesia hadir. Di Cikarang, Jawa Barat dimulailah pendirian pabrik dan supplier park SGMW.

Kemunculan produk Wuling di hadapan publik pertama kali pada GIIAS 2016. Di 2016 itu pulalah Wuling Motors berhasil mencatatkan rekor produksi 2,13 juta kendaraan dalam setahun. Menurut saya, ini menjadi catatan produksi Wuling Motors yang fantastis.

Tempat duduk yang lega dari ConferoS [Foto: Dokpri]
Tak dinyana, di 2017 ini, Wuling Motors pun menunjukkan produk perdananya di hadapan publik dengan mengenalkan Confero S pada Jakarta Fair, Factory Grand Opening Wuling Motors bertempat di GIIC Cikarang.

Tidak dapat dihindari, meski banyak pemain otomotif yang sudah beredar lama dan terkenal di muka publik, Wuling Motors menjadi pesaing kuat di industri otomotif Indonesia. Waspada!  

Kenyamanan yang terlihat dari desain lega mobil Wuling Motors ConferoS [Foto: Dokpri]
Rencana Wuling Motors untuk membawa mobil dari jenis LMPV ke pasar Indonesia terbukti. Saat ini, Wuling Motors telah mempersiapkan 50 dealer yang bakal tersebar di berbagai daerah. Perlahan tapi pasti,  Wuling Motors bergerak  menyelesaikan pemabangunan pabrik di Cikarang yang memiliki luas 60 hektar.  Enam puluh hektar tersebut dibagi menjadi dua, 30 hektar dikhususkan untuk manufaktur, dan 30 hektar lagi untuk supplier park.

Dalam kesempatan pertemuan Blogger Gathering Wuling Motors pada Kamis (17/08/2017) bertempat di Ruang Garuda 3, GIIAS ICE BSD Tangerang, Dian mengatakan, “Dengan kapasitas produksi 120.000 unit mobil per tahun kami telah menginvestasikan untuk mobil ini sebesar 700 US Dollar.”

Mau tidak mau, pengeluaran mesti sepadan dengan pendapatan. Wuling Motors menurut saya  mampu bersaing di kancah otomotif Indonesia karena jelas siapa target market yang dituju. Selain itu, harga yang sangat bersahabat untuk keluarga Indonesia.

Menilik dari namanya, produk perdana yang dikeluarkan berupa Confero S. Confero ini mengambil salah satu nama dari bahasa Latin yang memiliki arti “Yang Menyatukan” (to bring together). Sementara itu, huruf “S” yang disematkan di kata Confero S, sebagai singkatan dari Sporty. Jadi, pas sekali dengan keinginan Wuling Motors yang ingin menyatukan seluruh keluarga Indonesia dalam satu bagian namun tetap sporty.

Pristine White menjadi salah satu varian warna mobil ConferoS [Foto: Dokpri]
Tentunya, konsumen ingin tahu lebih mengenai lini produk yang dihasilkan  Wuling Motors ini. Wuling Motors mengeluarkan Confero 1.5; Confero S 1.5C; Confero S 1.5L; Confero S Cutting Unit; Wuling Mobile Service; dan Confero S Sport Family Van.

Keluarga Indonesia yang ingin  tahu harga dan varian, tentunya ini sudah on the road Jabodetabek lho ya, meliputi: Confero 1.5 (128.800 juta); Confero S 1.5C (150.900 juta); Confero 1.5C Lux (152.900 juta); Confero S 1.5C Lux+ (153.900 juta); Confero S 1.5L (162.900 juta); Confero S 1.5L Lux (164.900 juta); dan Confero 1.5L Lux+ (165.900 juta).

ConferoS terlihat sangat sprorty [Foto: Dokpri]
Untuk mobil keluarga, Wuling akan menjadi idola keluarga Indonesia. Melihat spesifikasi yang diusung memang tak diragukan lagi. Berkapasitas mesin 1.485 cc, tenaga 107 HP/5.800 rpm. Memiliki torsi 142 Nm/3,800-4.400 rpm. Transmisi manual dengan 5 percepatan, kapasitas bahan bakar 42 liter,  dengan tipe bahan bakar bensin. Hal ini akan semakin menambah daya saing Wuling Motors di pasaran.

Tentunya, keluarga Indonesia mencari mobil MPV yang terasa lega juga irit bahan bakar dengan harga murah tetapi tidak murahan. Dengan harga yang sangat terjangkau itu tadi, Wuling Motors pun telah membuka pabrik di Indonesia.  Dari sisi penjualan, Wuling Motors tak mengambil marjin terlalu besar, itu dikarenakan volume penjualan yang besar. Dari volume penjualan yang besar itu tadi diharapkan dapat menutupi marjin kecil. Nah, hal itu akan menjadikan cicilan dan DP dari paket kredit mobil Wuling ConferoS menjadi sangat terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. 

Carnelian Red salah satu varian warna ConferoS [Foto: Dokpri]
Melihat asal negaranya, di China, penjualan mobil ini begitu fenomenal. Bayangkan saja, telah terjual lebih dari dua juta unit setahun. Sementara, kalau kita lihat rata-rata penjualan mobil di Indonesia hanya mencapai angka 1,2 juta saja pe tahunnya. Hal ini telah dialami Wuling selama lebih dari 10 tahun berlangsung. Konsumen pun merasa sangat puas. Ini berarti, kualitas mobil Wuling sangat tinggi, karena lebih dari 10 tahun, kondisinya pun memberikan kepuasan untuk setiap pemakai.

Paket kredit yang ditawarkan sungguh menggiurkan. Kalau kita mengambil waktu lima tahun, otomatis cicilannya hanya di angka 2 hingga 3 juta saja. Itu tergantung dari jenis mobil yang dipilih. Sementara itu, di negera kita (Indonesia) DP satu mobil di kisaran 20-30%. Pastinya, ada promo dong untuk masyarakat Indonesia yang mau segera punya Wuling.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan dan kelebihan Mobil Wuling. Saya saja jadi ingin segera punya. Menggiurkan banget.
1.    Yang memegang saham Wuling itu General Motor Amerika, karenanya mobil ini diawasi secara kualitas berstandar Amerika. Jadi, tidak main-main.
2.    Tarikan mesinn 1.5 itu sangat besar sekali powernya. Dibenamkan pula teknologi yang buat irit bahan bakar.
3.    Mampu mengangkut hingga 8 orang karena penggerak roda belakangnya sangat kuat. Di jalan yang mendaki pun ini tak akan terkalahkan.
4.    Nah, sensor parkir depan belakang dilengkapi kamera.
5.    Sistem pengereman ABS dan EBD
6.    Punya dual airbags.
7.    Desain luar yang sporty juga modern.
8.    Interior lapang dan nyaman.
9.    Sistem audio dan video ada layar 8 inci dengan layar sentuh dan sistem navigasi.
10. Terdapat USB Charger di setiap baris.
11. Terdapat remote jendela. Jadi, saat parkir jendela dapat dibuka terlebih dahulu, sirkulasi udara dapat segar sebelum kita masuk.
12. Aero kit dan spoiler membuat kesan sporty semakin terlihat.
13.  Velg berbahan alloy dan dengannya pun sporty.
14. Teknologi AC baru, dingin, dan stabil.
15. Dilengkapi immobilizer anti maling/anti kunci duplikat. Mobil pun tak bisa didorong meski menggunakan kunci duplikat.

Nah, dengan lima warna pilihan, keluarga Indonesia dapat memilih sesuai warna yang diinginkan. Ada Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black, dan Dazzling Silver. Makin pengen!!

So, kapan lagi merasakan teknologi mobil terbaru, kalau Wuling Motors bisa memberikan segalanya.









7 komentar:

Dwina Yusuf mengatakan...

Merahnya bagus ya... Brown juga... Tp kmrn aku ga perhatiin yg silver.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @DWINA... iya mba, cakep-cakep warnanya. Lima varian warnanya ada semua ternyata di booth. Eeh kefoto cuma dua.

Nurul Rahmawati mengatakan...

Ternyata d Sby juga ada showroom Wuling.kapan2 pingin ajak suami test drive ah
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Anggi Swastika Wijaya mengatakan...

Wow, ga main2 ya wuling untuk pangsa pasar Indonesia.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @NURUL RAHMA: Waah... udah ada di SBY ternyata ya. Mba @ANGGI Iya nih, bakal ada pesaing lagi di industri otomotif Indonesia. Persaingan sehat ini.

Dzulfikar Al-A'la mengatakan...

Bakal menggoyang pasar low MPV nih kyaknya. Soalnya fiturnya melimpah banget.

deddyhuang.com mengatakan...

aku kangen selama beberapa hari di acara .. kangen suasana di sana hahaha