Minggu, 15 Oktober 2017

i-Plan 2017: Solusi Cerdas Bersama CNI Meningkatkan Pendapatan




Siapa yang tidak kenal dengan PT Citra Nusa Insan Cemerlang atau biasa orang-orang sebut dengan singkatan CNI. CNI sebagai salah satu MLM sukses di tanah air dengan produk pertamanya bernama Sun Chlorella A. Produk tersebut berasal dari negeri matahari terbit (baca Jepang). Perusahaan MLM ini ternyata munculnya bukan di Jakarta, melainkan di kota kembang, Bandung, tepatnya pada 1 Oktober 1986.

i-Plan 2017 CNI, peluang bisnis meningkatkan pendapatan [Foto: Dok https://i.ytimg.com]
Jika kita perhatikan dengan saksama, karena pesatnya perkembangan industri CNI di tanah air, kini CNI punya puluhan kantor cabang juga kantor cabang pembantu dan ratusan pusat distribusi yang ada di tanah air.

Tak heran, mengapa produk yang dihasilkan sangat berkualitas? Itu karena CNI punya HACCP (Hazard Analysis Critcal Control Point) serta Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Didukung pula oleh PT Sukses Abadi Farmindo yang berada di Tangerang.

Lebih dari 80% produk yang dihasilkan CNI ternyata diproduksi di tanah air. Bahkan, hebatnya lagi, beberapa produk sudah di ekspor ke luar negeri. Ternyata, ada hal yang membuat bangga dan jadi kebanggaan tersendiri untuk tanah air ini, jaringan CNI pun merambah pasar internasional. Oleh  karena itu, CNI mendirikan CNI Corporation di Malaysia untuk melakukan perluasan ke negara-negara di dunia.

Nah, negara-negara mana sajakah yang menjadi negara tempat ekspansi CNI tersebut? Ada Singapura, Hongkong, India, Brunei Darussalam, Filipina, Taiwan, China, Thailand, bahkan hingga ke Nigeria. Akan menyusul pula negara-negara lainnya untuk diekspansi.

Menjadi kebanggaan lagi adalah dalam menunjang kualitas produknya, CNI Corporation juga mendirikan pusat riset dan penelitian di berbagai negara. Dalam men-support produksi di luar negeri, CNI sudah membangun pabriknya di Malaysia, China, dan Taiwan. Perkembangan ini tak lain karena kerja keras tim dan usaha para founder untuk benar-benar mengembangkan bisnis CNI menjadi lebih besar lagi.

Sebagai perusahaan Multi Level Marketing, CNI tidak ingin stagnasi alias jalan di tempat. Akan tetapi, bagaimana menjadi MLM yang kreatif, inovatif, dan peduli. Hal itu menjadi visi yang diemban CNI untuk orang banyak.
Selain itu,  CNI juga ingin menciptakan komunitas yang memiliki nilai hidup (values of life) lebih baik melalui produk-produknya yang bermutu tinggi serta aktivitas atau kegiatan yang positif. Inilah misi yang diemban CNI untuk memajukan orang banyak.

Dikatakan bahwa, CNI memiliki filosofi sebagai perusahaan air atau river company. Filosofi ini memiliki makna di mana  pun PT CNI berada, diharapkan dapat terus memberi manfaat yang bisa diterima setiap orang. Manfaat tersebut tidak akan pernah berhenti mengalir seiring tumbuh pesatnya perusahaan.

Filosofi air tersebut,  Air… selalu mengalir dan memberi manfaat yang tak akan pernah berhenti. Kehidupan… tak lepas dari air. Air, menurut saya juga mampu menghidupkan banyak makhluk. Tepat sekali filosofi yang diusung.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang mengatasnamakan MLM. Akan tetapi, MLM yang benar-benar dipercaya dengan produk berkualitas sangatlah terbatas. Salah satu MLM yang punya ciri khas produk dan sudah dipercaya masyarakat luas adalah CNI.

Kepercayaan saya pun jatuh pada CNI, mengapa? CNI menjadi perusahaan MLM lokal pertama kali hadir di tanah air dan menjadi perusahaan yang berkembang pesat serta besar yang dapat dijadikan tempat menambah penghasilan, baik bagi perusahaan juga member CNI yang menjadi mitra usaha CNI.

Kita pun tahu, bahwa CNI bukan money game atau arisan berantai yang tidak memiliki produk. CNI punya produk, bahkan produk yang dihasilkan dipakai hampir seluruh orang di dunia. Jaringannya pun sangat kuat dan ada di pelosok tanah air, juga manca negara. Tak bisa dibayangkan, betapa hebatnya CNI yang mampu merambah usaha hingga mancanegara untuk menyejahterakan para membernya.

Kalau kita telisik lebih jauh, sistem organisasinya tertata rapi. Buktinya, nyata di depan mata. Kalau sistem organisasinya amburadul, mungkin CNI tidak akan pernah bertahan lama hingga sekarang yang sudah berumur lebih dari 30-an tahun.

Banya pelajaran berharga yang dapat dipetik dari CNI melalui falsafah yang diterapkannya. Ada tujuh wilayah untuk kehidupan manusia, yaitu 1) kesehatan, 2) keluarga, 3) keuangan, 4) mental, 5) spiritual, 6) sosial, dan 7) karier.

Kesehatan menjadi hal utama dalam hidup ini. Percuma banyak uang tetapi badan seperti tertanggal dari raga (sakit). Ujung-ujungnya uang habis untuk biaya berobat. Kesehatan sangat berhubungan erat dengan produk yang dihasilkan CNI. Banyak produk-produk yang dihasilkan CNI mampu menyembuhkan sakit yang sudah lama di derita orang-orang tertentu. Hal ini menjadi bukti, bahwa produk CNI berkualitas dari sisi kesehatan dan unggul dalam pemanfaatan.

Keluarga, CNI menjadi acuan keluarga Indonesia untuk hidup lebih bahagia, tentunya juga sehat. Keluarga punya peran penting dalam menunjang kesehatan anggota keluarga lainnya. Keuangan, sehat dan bahagia, tentunya akan menjadi daya dukung untuk kita atau siapapun mencari uang. Dari sehat dan bahagia semua bermula.

Mental yang sehat, didukung oleh keluarga yang sehat dan bahagia, serta keuangan yang sehat pula, otomatis akan memberi pengaruh dalam perjalanan mental kita begitu pula spiritual. Ada interaksi dengan anggota masyarakat (bersosialisasi), sehingga dengan begitu karier pun akan melesat tajam.

Enaknya juga dengan CNI ada pelatihan yang dibuat secara sistematis, dan mengikuti kemajuan dunia, baik teknologi maupun informasi. Rencana pemasarannya pun logis (masuk akan) dan bisa dilalui oleh seluruh member.
Pun tak bisa disangakal, produk yang berkualitas, beragam, dan harga yang tak menguras kantong. Produk yang dihasilkan pun beragam, mulai dari Makanan Kesehatan, Makanan dan Minuman, Perawatan Diri, Peralatan Rumah Tangga, hingga Pertanian dan Perikanan.


Bagaimana Peluang Usaha CNI
Sejalan dengan apa yang didengungakan oleh CNI, bahwa  CNI punya i-Plan 2017 yang memberikan kemudahan untuk siapapun yang ingin masuk juga menjadi member di CNI serta mendapatkan kepastian untuk setiap anggota mendapat penghasilan yang pasti setiap periodenya. 

Jadi, i-Plan yang diterapkan oleh CNI ini sangat sederhana, menarik, terjamin, dan mampu meningkatkan pendapatan. Hitungan dalam i-Plan cukup mudah. Dihitung di dua periode penghitungan per bulan. Periode pertama pada tanggal 1 hingga 15, dan periode kedua pada tanggal 16 hingga akhir bulan. 

 Hal yang tidak dapat dilepaskan dari i-Plan 2017 ini terdapat filosofi yang dibangun secara bersama-sama yaitu: menciptakan jaringan bisnis CNI yang besar dan kokoh dengan cara melebar dan mendalam. Menurut saya, melebar di sini, siapapun bisa mengembangakan bisnis CNI hingga ke pelosok. Tak hanya di wilayah tertentu saja. Mendalam, ceruk bisnis CNI masih sangat banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa digali lebih dalam, tak tertutup satu keran atau lini bisnis saja. 

Dari sini juga dapat tercipta jaringan atau leader yang produktif. Betapa tidak, CNI memberikan kebebasan kepada siapapun untuk melakukan usaha. Member dari dalam jaringan pun dapat memperlebar bisnisnya. Jika tidak paham, leader pun dapat turun tangan memberi bantuan. Oleh karenanya, leader dan jaringan sama-sama produktif. Akhirnya, stagnasi pemasaran dapat dihilangkan. 

Menciptakan jaringan yang menjalankan fungsi pemasaran dan pengembangan bisnis CNI di seluruh Indonesia. Artinya, CNI dapat dijadikan pegangan bisnis  yang menjanjikan. Mobilitas bisnis dapat diatur kapan dan di mana saja. Semua kita yang menentukan. Bahkan, fungsi-fungsi pemasaran dari satu jaringan dapat diperluas dan saling dukung satu sama lain. Jaringan yang ada di daerah pun dapat dikembangkan lebih lebar.

Oleh karenanya, kesempatan emas ini jangan pernah dilewatkan begitu saja. Ada kesempatan istimewa yang bakal diperoleh di dalam i-Plan 2017 dan itu akan mengantarkan kita kepada kebebasan finansial yang seutuhnya. 
1.   Memperoleh penghasilan yang optimal melalui pengembangan jaringan. Jadi, dengan teknologi yang semakin canggih, internet bisa dimanfaatkan untuk   merekrut prospek. Mungkin prospek yang kita peroleh jauh dari tempat kita. Perlu juga mengubah mindset ketika beriklan, dari ketuk pintu satu-satu, mulailah dengan online.

2.   Memperoleh jaminan penghasilan yang lebih pasti dan lebih besar. Ya, kenapa tidak, CNI memberikan peluang yang sangat luas kepada siapapun itu. Produk yang layak dijual dalam kemasan eksklusif dipunyai CNI. Mau rajin dari diri kita, mau malas pun dari diri kita. Penghasilan besar dan pasti diikuti dengan kerja keras dan cerdas. 

3.   Kesempatan menikmati meeting/training serta perjalanan keluar negeri yang dibuat oleh CNI. Keberhasilan kita melebarkan bisnis CNI tentu ada imbalannya. CNI akan melihat keterlibatan aktif membernya. Ada award yang menjadi buah hasil tanam selama  mengikuti i-Plan CNI.

4.   Kesempatan berbisnis yang terjamin dengan mendapatkan asuransi kecelakaan. i-Plan CNI 2017 ini memberikan fasilitas untuk siapapun yang ingin join. CNI pun akan memberikan asuransi kecelakan kepada membernya. Di sini, ada keuntungan ganda yang bisa kita peroleh. Bisnis yang kita jalani terlindungi.

5.   Kesempatan menjadi bagian dari titik distribusi CNI. Nah, kalau bisnis CNI yang kita kembangkan berhasil, CNI memberikan kita peluang  besar sebagai bagian dari titik distribusi produk-produk CNI. 

Keanggotaan dalam CNI dengan hasil yang bisa diperoleh. [Foto: DokPri dalam i-Plan CNI 2017]
    Nah, tak hanya keuntungan-keuntungan seperti yang sudah tersebut itu saja yang dapat diperoleh dari para anggota CNI, akan tetapi, ada pula komisi yang diperoleh. Komisi-komisi itu diberikan kepada anggota yang memang menunjukkan pola bisnis yang dijalankan. Komisi tersebut meliputi:

1.   Komisi rabat
Komisi ini diberikan ke seluruh anggota CNI yang sudah membeli produk CNI atas nama pribadi dan menganjurkan USER-nya untuk membeli produk CNI. Komisi yang diberikan ditentukan  dari minimal poin pribadinya.

Perhitungan komisi rabat [Foto: DokPri]
2.   Komisi paket perdana
Komisi karena ada anggota baru atau mitra baru kita melalui pembelian paket perdana produk CNI. Komisi tersebut nilainya tetap, RP500 ribu per satu nomor anggota atau mitra baru yang berhasil mendaftar. Ada ketentuan di komisi paket perdana, yaitu:

·        Melakukan sponsoring tempat mitra baru mendaftar melalui pembelian paket perdana (senilai Rp2 juta).
·        Memenuhi syarat minimal poin pribadi pada periode berjalan (lebih dari sama dengan 100 poin).

Nah, paket perdana yang ditawarkan akan ditentukan oleh perusahaan dan bisa berubah sewaktu-waktu.

3.   Komisi progresif
Diberikan untuk anggota CNI dengan posisi promotor hingga Crown Ambassador member, anggota dalam jaringannya bisa memasarkan produk CNI hingga level ke-4. 
 
Tabel komisi progresif [Foto: DokPri]
4.   Komisi  pengembangan grup
Komisi diberikan untuk anggota CNI dengan posisi Gold hingga Crown Ambassador Member yang sudah mengembangkan jaringan pemasarannya.

Tabel komisi pengembangan grup [Foto: DokPri]
5.   Komisi produktivitas
Komisi diberikan ke anggota CNI dengan posisi Gold hingga Crown Ambassador Member yang mampu memenuhi kualifikasi posisi anggota maupun syarat kualifikasi dengan poin pribadi minimal 200 poin dan produktivitasnya. Komisi yang diberikan fix.

Tabel komisi produktivitas [Foto: DokPri]
Selain komisi yang bakal diperoleh, member juga akan mendapatkan benefit lain dari CNI, yaitu Champin Point. Apa itu Champion Point?  Merupakan tabungan poin yang dipakai ikut trip. Jumlah champion point ditukarkan dengan syarat trip yang berlaku, yaitu: posisi gold hingga crown ambassador member, PP minimal 200 point, PGB minimal 1.000 point, sistem penghitungan sesuai rumus CP berdasarkan tabel pencapaian dan harus memenuhi syarat, dan Jika syarat trip CP sudah terpenuhi, maka penundaan keberangkatan Champion Trip hanya dapat dilakukan dua kali, jika tidak juga berangkat selama masa kesempatan dua kali itu, maka CP kita akan hangus.

Perkembangan teknologi yang semakin modern pun tidak membuat CNI berpangku tangan. Melalui aplikasi mobile bernama www.geraicni.com sebagai salah satu bentuk dari sekian banyak gerai belanja daring (online) yang ada di Indonesia yang dibuat, semakin memudahkan orang dalam mengakses dan membeli produk CNI. 


CNI mulai berbenah dengan membuat website untuk branding perusahaan
Foto: Dok. Pribadi

Kemudahan aplikasi www.geraicni.com ini ada pada bagaimana pelanggan dengan mudahnya mengakses belanja online hanya dalam sekali sentuh. Pelanggan juga dapat melihat produk paling terkini dan promo produk yang diberikan CNI untuk memanjakan pelanggannya. Selain itu, pelanggan juga mendapatkan pembaharuan informasi terkait produk yang dikeluarkan CNI.

Aplikasi ini tak membuat jenuh tentunya. Dari user experience-nya sangat mudah dioperasikan. Sementara User interface-nya pun simpel tetapi variatif. Pelanggan dapat melihat beragam produk CNI dengan adanya gambar yang tertera, review atau ulasan produk, spek, dan kegunaan.


Salah satu fitur di apps gerai CNI
Foto: Dok. Pribadi

Nah, kemudahan lain yang diberikan dalam aplikasi ini adalah saat pelanggan ingin menambah atau menyimpan barang belanjaan ke dalam Shopping Chartnya. Ada beberapa pilihan pembayaran yang diberlakukan oleh manajemen CNI untuk belanja online di www.geraicni.com  secara mudah. Salah satunya pick up barang di cabang-cabang CNI terdekat di seluruh Indonesia yang sudah berafiliasi dengan CNI Pusat.


CNI dengan multi produk branding melalui website
Foto: Dok. Pribadi

Sementara itu untuk memudahkan transaksi atau pembayaran, Gerai CNI menyediakan metode pembayaran lewat Bank BCA, Visa dan Mastercard, juga Mandiri. Untuk pembayaran Cash On Delivery memang ditiadakan demi keamanan dan kenyaman pelanggan. 



Branding CNI cukup berhasil dengan produk Sun Chlorella-nya
Foto: Dok. Pribadi

Aplikasi GeraiCNI ini tidak memberatkan Operating System Android user. Smartphone tidak akan menjadi lamban hanya karena aplikasi ini. Justru, aplikasi GeraiCNI akan bekerja saat aplikasi dibuka saja atau saat sedang mengakses produk yang diinginkan. Tampilannya pun  tidak membosankan.


Fitur-fitur dalam apps gerai CNI yang mudah diakses
Foto: Dok. Pribadi


Unggulnya aplikasi belanja mobile Gerai CNI ini begitu mudahnya diakses, hanya dalam satu sapuan jari. Oleh karenanya, pelanggan tak perlu bersusah payah harus menghapal nama website CNI. Dengan mengunduh aplikasinya, semua produk yang diinginkan tersedia dalam satu genggaman tangan.

Kemudahan lainnya juga aplikasi ini diadaptasikan dengan layar android pengguna. Misalnya, pengguna menggunakan layar berukuran 5 atau 5.1 inci, maka seluruh tampilan yang ada akan menyesuaikan dengan jenis layarnya. Sedangkan jika pengguna menggunakan tablet, makan tampilannya pun akan menyesuaikan dengan besar atau jenis tablet. Hal ini untuk menyesuaikan dengan daya akomodasi mata pengguna.

Kenyamanan dan keamanan belanja di Gerai CNI bukan lagi masalah. Semua profil atau data pelanggan telah dilakukan coding atau enkripsi. Oleh karenanya, data pelanggan berada di server yang sangat ketat dan canggih dengan  keamanannya. Apalagi untuk pelanggan yang menggunakan kartu kredit. Sistem keamanan datanya menggunaka 3D Secure.

Keamanan memang menjadi hal paling penting dalam dunia maya. Apalagi, saat ini pertumbuhan e-commerce tak dapat dielakan sebagai dampak perkembangan teknologi aplikasi. Oleh karenanya, didukung oleh tenaga-tenaga yang ahli di bidangnya, CNI menjamin keamanan informasi data konsumen dari cyber crime (peretas) maya. Apalagi sekarang, minat belanja online penduduk Indonesia semakin meningkat karena beragam faktor kemudahan, kapan dan di mana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Istilah yang Dipakai dalam Bisnis i-Plan CNI 2017
User adalah konsumen yang ingin menikmati produk CNI dengan mendapatkan manfaat lebih.

Manfaat: Mendapat diskon harga produk CNI ±15%.

Syarat: Membeli produk CNI senilai minimal Rp1 juta (bebas memilih produk).

Harga Ritel adalah harga resmi yang dikeluarkan oleh CNI atas produk-produk yang dipasarkan oleh para anggotanya.

Diskon Anggota adalah diskon yang diberikan kepada anggota dan user CNI atas pembelian produk CNI melalui konter penjualan CNI.

Poin (P) adalah nilai tertentu pada setiap produk CNI yang digunakan untuk menentukan syarat dan ukuran penghitungan komisi maupun karier level di Bisnis CNI.

Poin Pribadi (PP) adalah jumlah pembelian pribadi produk CNI yang diukur dalam bentuk Poin.

Nilai Rabat (NR) adalah nilai rupiah tertentu yang melekat pada setiap produk CNI. Nilai ini digunakan untuk menghitung komisi maupun nilai pembagian komisi kepada seluruh anggota CNI sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Semakin besar nilai rabat yang tercantum pada produk, semakin besar pula kesempatan mendapatkan income lebih
maksimal.

Poin Grup Bersih (PGB) adalah akumulasi poin pribadi dari
seorang anggota berposisi Gold s/d Crown Ambassador Member, ditambah anggotanya yang belum berposisi Gold Member yang dihitung per periode kalkulasi.

Poin Grup Keseluruhan (PGK) adalah akumulasi poin keseluruhan (PP) dari anggota berposisi USER/Promotor s/d Crown Ambassador Member dalam jaringan Anda. Jumlah PGK akan dihitung per periode kalkulasi dan menentukan karier level di Bisnis CNI.

Distribution Center (DC) adalah titik distribusi CNI yang memenuhi persyaratan dan pelayanan sesuai kriteria yang telah ditentukan perusahaan. DC memiliki kewajiban untuk melayani anggota, konsumen, serta stokis. Sistem DC CNI dibagi tiga, yaitu: DC besar, DC kecil, dan Stokis.

geraicni.com adalah e-commerce CNI di mana setiap pembelanjaan harus memiliki nomor referensi anggota CNI. GeraiCNI.com memudahkan konsumen berbelanja produk CNI termasuk pengirimannya ke seluruh wilayah Indonesia.

e-Cash adalah sistem pengganti komisi yang diberikan khusus pada penerima komisi di bawah 100 ribu rupiah/periode. Komisi akan disimpan dalam bentuk e-Cash dan bisa digunakan untuk membeli produk CNI di Distribution Center CNI atau di geraicni.com.

#THIRDWINNERCNIBLOGCOMPETITION ultah CNI ke-31


Daftar Pustaka

Kisata, P. 2005. How To Build MLM Business. Jakarta. Bumi Aksara.

Michael L. Sheffield (Feb–Mar 1999). "Comp Plan Conversion:Direct Sales to MLM Compensation Plans". Direct Sales Journal. (citing Neil Offen, president of the Direct Selling Association)

MLM History" network-experience.net. January 24, 2014. Retrieved January 24.

Peluang Bisnis CNI i-Plan 2017. Slide i-Plan CNI 2017

Zig Ziglar; John P Hayes, PhD (2001). Network Marketing for Dummies. Hungry Minds.
 

7 komentar:

Farida mengatakan...

Iya nih. Produk CNI bagus2 ya ��

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Wah CNI semakin pesat aja ya kemajuannya. Sampai produknya diekspor ke luar negeri. Hebat! Dulu mamaku juga member CNI lho pas zamannya aku masih sekolah dasar. Jadi, produk CNI sendiri udah gak asing lagi buatku.

Muslifa BunSal Aseani mengatakan...

Jadi kangen kopi ginsengnya CNI deh.

Bravo CNI, semoga makin eksis dan sukses terus yak.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @FARIDA: Waah.. saya aja pengen sama produk2 CNI yang menyehatkan dan bermanfaat banget buat tubuh.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @PERTIWI: CNI makin berkembang dan maju. Saya juga sudah tak asing banget sama CNI. Konsumsi Sun-Chlorella juga mba?

Jun Joe Winanto mengatakan...

Mba @MUSLIMAH: Iya enak ya kopi ginsengnya. Saya jg suka Dark Chocolatenya. Ga hard... masih smooth banget di mulut. CNI bikin tubuh makin sehat dan kuat. Alhamdulillah dapet CNI.

Artha mengatakan...

Ada komisi yg sekali rekrut kita dapat ratusan ribu? Waaah ngiler. CNI pasti!