Sabtu, 14 Oktober 2017

Sinergi K-Link MLM Syariah & Bukalapak, Win Win Solution Menuju Era Digital



Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi dan informasi untuk pemanfaatan internet sudah semakin tak terbendung. Utamanya dalam bidang ekonomi ada istilah yang sering kali dan sudah familiar di dengar telinga kita, seperti e-commerce dan e-business

Seminar K-Link Solusi Hidupmu [Foto: Dok https://i.ytimg.com]
E-commerce menjadi faktor yang punya peran sangat penting dalam bisnis daring sekarang. Mengacu pada A.T Kearny & CIMB ASEAN Research Institute (CARI), sekitar 40 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet pada 2013 dan 12% dari pengguna tersebut, sekitar 5 jutanya merupakan pembeli secara daring.

Internet tak hanya menjadi penghubung antara yang jauh dengan yang dekat, tetapi bagaimna internet punya peran menjadi alat bisnis. Internet dapat menciptakan dunia yang seakan-akan tiada batasnya, juga dapat menjalankan fungsi sebagai pasar. Fungsi itu sebagai wadah antara penjual dan pembeli bertransaksi dan berinteraksi secara maya.

Kita melihat di internet, toko atau kios layaknya toko atau kios tradisional , terwujud secara virtual. Artinya, bentuk secara fisik memang tidak kelihatan, tetapi toko dan produknya tetap dapat dikunjungi calon pembeli. Nah, pembelinya juga membeli secara virtual.

Sebagaimana menurut Kurniali (2013), inventori produk yang banyak juga akan menimbulkan biaya tersendiri. Padahal ketersediaan dan cepatnya pengiriman produk ke konsumen menjadi salah satu hal penting  untuk bisnis e-commerce, sehingga e-commerce masih jadi pertanyaan, apakah dapat terus bertahan dan inovasi yang terus berkembang akhirnya muncul istilah market place.

Berkaitan dengan hal ini, pada Rabu (11/10/2017), pada satu kesempatan besar dalam hidup saya, diundang oleh K-Link melalui Mitra Branding-Indoblognet,  untuk menghadiri seminar dengan judul “K-Link Solusi Hidupmu”. Bertempat di Ballroom  K-Link Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Co Founder Bukalapak.com, Fajrin Rasyid [Foto: DokPri]
Hadir di tengah-tengah Seminar tersebut Co-Founder Bukalapak.com, Bapak Muhammad Fajrin Rasyid. Ya, Bukalapak.com sudah tidak asing di telinga kita. Merupakan salah satu pasar e-commerce market place terbesar di Indonesia, yaitu PT Bukalapak.com atau terkenal dengan sebutan Bukalapak. 

Bukalapak dikenal sebagai platform untuk bertemunya penjual dan pembeli di dunia maya dan sebagai market place daring yang tidak punya produk dan inventaris. Artinya, Bukalapak punya sistem bisnis C2C (customer to customer), yaitu kondumen menjual secara langsung barang-barangnya ke konsumen lain.

Para peserta Seminar K-Link Solusi Hidupmu [Foto: DokPri]
Menurut Fajrin, di Bukalapak, siapun bisa berbelanja. Baik, orang tua, anak muda, bahkan anak-anak sekalipun. Asal, mereka memiliki akun yang terdaftar di Bukalapak. Otomatis akses belanja kepada mereka dibukan selebar-lebarnya. Di Bukalapak juga, siapapun bisa terbantu. Mereka bisa meletakkan barang-barang yang mereka jual dalam satu kios milik mereka sendiri.

Oleh karenanya, ditegaskan pula oleh Fajrin, bahwa Bukalapak bisnis online atau daring ini akan berkembang sangat pesat dan tumbuh lebih cepat. Oleh karenanya, ketika dia  bertanya pada mahasiswa/i perguruan tinggi apa yang akan mereka lakukan kelak selepas kuliah, jawaban rata-rata, “Ingin punya usaha sendiri.”

Artinya apa? Ya, dunia semakin terbentang dan terbuka lebar untuk siapapun yang ingin mengembangkan diri. Tak melulu ikut orang bekerja. Tetapi, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan. “Tidak ada yang sia-sia  jika segala sesuatunya ditekuni dan diseriusi, bahkan banyak mendatangkan peluang di masa depan,” ucap Fajrin di sela-sela dirinya memberikan presentasi di hadapan para peserta seminar Klink Solusi Hidupmu.

Orang, siapapun dia bisa menjual dengan caranya. Ya, memang harus mesti tahu cara menjual yang baik dan benar. Seiring bergulirnya waktu, omzet penjualan Bukalapak pun semakin meningkat. Mengapa? Hal itu tak lain peran dari para penjual yang ada di platform dan kooperatif terhadap kios-kios yang mereka tempati untuk dikelola.

“Mau sukses, memang perlu usaha dan kerja keras, tidak instant seperti jatuh dari langit atau menunggu durian runtuh. Sukses itu perlu kerja keras dan berkesinambungan. Oleh karena itu, jangan baper (bawa perasaan) melihat orang-orang yang sukses”, tegas Fajrin.

Apalagi, jika seseorang ingin berbisnis, hendaknya melihat peluang pasar yang ada. Jangan  sesekali membuat bisnis hanya mengandalkan instinct (perasaan). Membuat bisis perlu bisnis yang unik dan bukan bisnis kebanyakan. “Jadi, kalau mau berbisnis, pilih bisnis yang unik dan belum ada di pasaran,” ucap Fajrin.

Pemberian Cinderamata kepada Co Founder Bukalapak.com dari K-Link [Foto: DokPri]

K-Link Bisnis MLM Syariah
K-Link pun seperti itu. Bisnis K-Link dari kacamata saya sebagai bisnis yang unik lain dari yang lain. Di K-Link ini, siapa saja bisa ikut melakukan usahanya. Asalkan, memang benar-benar ditekuni secara serius. Insya Allah akan menghasilkan.

Di K-Link, mungkin orang tidak harus mencari profit atau keuntungan. Akan tetapi, bagaimana pengembangan karier seseorang terus menanjak tinggi. Dengan begitu, bonus, profit akan ikut serta mengirinya. Bisa jadi, seseorang yang dengan niat untuk meningkatkan karier di K-Link dengan usaha dan kegigihan yang kuat, bukan tak mustahil, level-level tertinggi akan dapat dicapainya. 

Ustaz Erick dalam paparannya tentang Syariahnya K-Link [Foto: DokPri]
Bisnis K-Link MLM ini juga sudah tak perlu diragukan lagi. Mengapa? Ya, K-Link kini telah bersertifikasi syariah yang langsung diperoleh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Syariah itu, menurut Ustaz Erick sebagai satu tuntunan, bukan aturan. Jadi, K-Link yang syariah menjadi tuntunan untuk siapapun yang ingin terjun dan ikut bergabung di dalam K-Link.

Bicara Multi Level Marketing (MLM) adalah model pemasaran yang menggunakan mata rantai down line. Produsen dapat mengurangi biaya marketing sehingga sebagian biaya marketing dipakai untuk bonus bagi orang yang memperoleh jaringan yang besar. Memang, banyak alasan orang yang bergabung dalam bisnis MLM ini, di antaranya karena iming-iming bonus tetapi ada juga yang memang karena motivasi ingin memiliki produknya.

Pemberian Cinderamata dari K-Link kepada Ustaz Erick [Foto: DokPri]




Hukum Islam Mengenai Bisnis MLM
Multi Level Marketing (MLM) sebagai bentuk kegiatan menjual atau memasarkan langsung satu produk, baik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Oleh karena itu, biaya distribusi barang minim, bahkan cenderung mendekati nol. MLM juga terkadang menghilangkan biaya promosi, karena distribusi dan promosi langsung ditangani oleh distributor dengan sistem berjenjang (ada level).

Di dalam MLM terdapat pula unsur jasa. Artinya, seorang distributor menjualkan barang yang bukan miliknya dan  memperoleh imbalann dari persentase harga barang. Apalagi, jika dapat menjual sesuai target dia mendapat bonus yang ditetapkan perusahaan.

Ada banyak jenis MLM.  Setiap perusahaan punya standard sendiri-sendiri. Hingga saat ini, kemungkinan lebih dari 200 perusahaan yang mengatasnamakan dirinya bersistem MLM. Pada dasarnya, segala bentuk transaksi (mu’amalah) hukumnya boleh (mubah), sebagaimana firman Allah SWT

وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.
(QS Al Baqarah: 275)

وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Tolong menolonglah dalam kebaikan dan taqwa dan jangan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. (QS Al Maidah: 2)

Rasulullah SAW juga bersabda:

إنَّمَا الْبَيْعُ عَنْ تَرَاضٍ

Perdagangan itu atas dasar sama-sama rida. (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah).

المُسْلِمُوْنَ عَلي شُرُوْطِهِمْ

Umat Islam terikat dengan persyaratan mereka. (HR Ahmad, Abu Dawud, dan al-Hakim).

Berdasarkan firman Allah SWT dan Hadits Nabi Rasulullah SAW itu,maka:

1.   Pada intinya, MLM sebagai hal yang muamalah (buyu'). Prinsip dasarnya boleh (mubah) jika tidak terdapat unsur: Riba, Ghoror (penipuan), Dhoror (merugikan atau menzalimi pihak lain), dan Jahalah (tidak transparan).

2.   Hal yang khas dari MLM adalah jaringannya. Oleh karena itu perlu diperhatikan semua hal yang berhubungan dengan jaringan, yaitu:
·        Keterbukaan (transparansi) dalam hal penentuan biaya untuk menjadi anggota dan alokasinya dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan biaya pendaftaran anggota yang tinggi tanpa memperoleh kompensasi yang diperoleh anggota baru sesuai atau yang mendekati biaya tersebut adalah celah perusahaan MLM mengambil sesuatu tanpa hak dam hukumnya haram.
·        Keterbukaan peningkatan jumlah anggota untuk setiap jenjang (level) & kesempatan berhasil setiap orang di level yang sama. Peningkatan posisi setiap orang untuk profesi yang memang ada di setiap usaha.  Sehingga peningkatan level di sistem MLM sebagai hal yang dibolehkan jika dilakukan secara terbuka (transparan), tidak menzalimi pihak di bawahnya, setingkat, maupun di atas.
·        Hak maupun kesempatan diperoleh sesuai kerja member. Seorang member atau distributor memperoleh untung dari penjualan yang dilakukannya dan down line-nya. Perolehan untung penjualan langsung yang dilakukannya sebagai hal biasa dalam jual beli. Sementara, perolehan persentase keuntungan yang diperolehnya karena usaha down line-nya hal yang dibolehkan sesuai perjanjian yang disetujui secara bersama dan tidak ada dzalim mendzalimi.

3. MLM tempat menjual produk (barang atau jasa), bukan tempat memperoleh uang tanpa ada produk atau produk hanya kamuflase. MLM bukan money game atau arisan berantai. Dalam hokum Islam, arisan berantai atau money game sama dengan judi dan diharamkan.

4. Produk yang ditawarkan MLM jelas kehalalannya. Oleh karena itu, member tak hanya konsumen barang tersebut tetapi juga memasarkan untuk yang lain. Sehingga seseorang yang terjun ke MLM harus tahu status barang itu dan bertanggung jawab untuk konsumen yang lain.

Nah, hal-hal seperti yang telah disebutkan itu ada di K-Link MLM Syariah semua. Syariahnya K-Link mengacu kepada hukum-hukum dalam ajaran Islam.  “Ya, syariahnya bisnis K-Link MLM ini sebagai satu bentuk tuntunan bukan aturan-aturan ketat yang menyulitkan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya,” jelas Ustaz Erick Yusuf.

Dengan syariahnya bisnis K-Link MLM ini, justru menjadikannya sebagai tonggak sejarah baru dalam kehidupan manusia. Ya, tonggak sejarah kerjasama antarumat manusia. Karena, sebaik-baiknya manusia, adalah mereka yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Satu pertanyaan besar yang menggelayut dan dilontarkan adalah, mengapa K-Link MLM ini mesti syariah? Syariah menjadi hukum yang diwahyukan Allah yang ada dalam Al-Quran dan Sunnah, pasti dan tidak berubah, dan sebagian syariah itu bersifat umun (meletakkan prinsp dasar). Syariah ini memiliki keistimewaan karena bersumber dari Sang Pencipta sehingga mutlak benar. Terjaga dari perubahan, karena Allah menjaga sumbernya juga mencakup semua aspek kehidupan dan menjadi keputusan adil untuk setiap kasus sengketa yang terjadi antarmanusia.

Oleh karenanya, tak heran memang karena syariah itu dari Allah SWT, bisa dikatakan yang membuat kita menang itu karena Allah SWT. Tidak ada daya dan upaya selain pertolonganNya.

Seminar K-Link Solusi Hidupmu  malam itu semakin meriah dengan kehadiran beberapa Crown Ambassador maupun Senior Crown Ambassador. Annisa Permata Sari salah satunya. Dirinya merupakan orang Taiwan yang merantau ke Indonesia dan bersuamikan orang Indonesia.

Ibu Annisa Permata Sari, Crown Ambassador K-Link [Foto: DokPri]
Kisahnya pun amat dramatis ketika belum bergabung di K-Link MLM. Jauh dari kata cukup dan mesti berhemat. Punya usaha tetapi usahanya tak berlangsung lama alias bangkrut. Dari situ dia putar otak, bagaimana caranya mendapatkan uang dan bertahan hidup dengan satu anak.

Senior Crown Ambassador K-Link, Ibu Triana Kurniati [Foto: DokPri]
Akhirnya masuk ke K-Link. Dengan perjuangan gigih, usahanya membuahkan hasil. Setelah lebih kurang tujuh tahun bersama K-Link MLM, gelar Crown Ambassador berhasil diperolehnya. Kini, kehidupannya jauh sangat mapan dari sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Dato’ Radzi sebagai Presiden Direutor K-Link. Di tengah-tengah paparannya beliau mengatakan
“Di K-Link,  kita maju bersama, mengembangkan bisnis bersama-sama dan kita tidak fokuskan untuk mencari profit yang sebanyak-banyaknya, tetapi bagaimana bersama K-Link ini kita bisa membangun karier bersama-sama.”
Oleh karena itu, K-Link sangat mudah untuk diikuti. Banyak para leader-leader sukses menjalankan bisnis K-Link ini dimulai dari nol. Wanita-wanita di Indonesia ini dapat memanfaatkan waktu  luang mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dato' DR. H. MD. Radzi Saleh Presiden Direktur K-Link [Foto: DokPri]
Dato’ Radzi ingin memberdayakan dan membuat wanita-wanita yang ada dalam Ballroom K-Link menjadi wanita tangguh dan kuat. Untuk itu, beliau menelurkan lagi satu lini dari K-Link yang diberi nama Rumah Cantik K-Link khusus untuk para ladies. Ada spa, salon, dan lainnya.

Fokus utama Dato’ Radzi pada program LSO. Ladies: beliau ingin membentuk wanita-wanita yang ada di Indonesia menjadi wanita sukses di K-Lik. Syariah: Dato’ Radzi memang sangat menekankan pentingnya syariah. Jadi, berbisnilah yang benar-benar syariah.  Online (digital marketing).

Jadi, K-Link MLM Syariah ini dapat diakses melalui internet tanpa susah dan berbelit-belit. Dato’ Radzi juga bercita-cita dan semoga diwujudkan nyata untuk para ladies “nongkrong” di K-Link Tower Gatot Subroto. Ada satu tempat untuk para wanita bertukar informasi mengenai jaringan bisnis K-Link mereka. Mereka dapat melakukan pertemuan kapanpun mereka mau.

Semangat baru yang diberikan Dato’ Radzi kepada ladies tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah oleh hadirin. Nah, untuk Anda yang ingin bergabung, K-Link memberikan kemudahan. Silakan klik tautan  ini http://www.k-net.co.id/blog/reg/IDSPAAA98825 untuk mendaftar. Isi data secara lengkap dan benar.  Sangat simpel dan mudah.
 
Selain mudah,K-Link juga bersertifikasi halal yang disyahkan langsung dari Majelis Ulama Indonesia. Sebagai mana yang dikatakan Dato’ Radzi, “Bisnis K-Link memegang pada syariah. Seluruh produk dan sistem yang ada di dalamnya berdasarkan ajaran agama Islam.”

Jadi, tak perlu ragu untuk menuai sukses bisnis bersama K-Link. Kredibilitasnya pun sudah banyak diketahui orang, begitu pula produknya. Dalam tutup seminarnya, Dato’ Radzi memberikan ucapan bahwa, kita semua bisa membangun bisnis ini menjadi besar karena kerjasama. Tidak ada bisnis yang dibangun menjadi besar tanpa kerjasama dan saling dukung. Bersama K-Link, kita bisa!

Oleh karenanya, apa yang disampaikan oleh beliau semoga bisa memberikan manfaat, khususnya kaum muslimin di Indonesia yang memakai produk K-Link. Hal ini semata-mata agar dapat menjadi jalan keluar dari lemahnya perekonomian Indonesia saat ini.

Apapun yang Anda berikan ke dalam hidup ini adalah yang akan Anda terima kembali dalam hidup. Jika Anda memberikan hal-hal yang positif, Anda akan menerima yang positif pula. Akan tetapi, apabia Anda memberikan hal-hal yang negatif, Anda pun akan mendapatkan yang negatif pula.

Ada kekuatan dahsyat, abadi, dan tak dapat dijelaskan yang mendorong kita ke depan. Namun, sementara kita semua didorong, banyak yang tetap berpegangan dan melihat ke belakang. Secara tidak sadar, mereka menentang kekuatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama pula ada berita gembira dari K-Link, untuk member baru yang baru bergabung di saat acara, apabila membeli 1 pak K-Sophie Night + 1 botol K Sauda VCO atau 1 pak K-Sophie Night + 1 Boks K-Honey 5 in 1 atau 1 Pak K-Sophie Night + 1 Piece K-Mu'Min atau 1 botol Dessert Miracle Olive oil maka, akan bebas menjadi anggota (free member).

Sementara, untuk peserta atau distributor K-Link lama, apabila membeli 1 botol K-Sauda VCO + 1 Box K-Honey 5 in 1 atau 1 Pak K-Sophie Night + 1 botol Dessert Miracle Olive Oil, free 1 Piece K-Mu'Min.

Dengan kekuatan dan kemampuan orang-orang yang ada di dalamnya maupun membernya, K-Link MLM Syariah akan tegak dan terus berdiri sepanjang masa menuju cita-cita masa depan dengan kemudahan transaksi melalui platform digital. Aamiin. Sukses untuk K-Link MLM Syariah, sukses pula untuk kita semua.











9 komentar:

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

Bisnis yg bikin sukses dunia banyak. Bisnis yg bikin sukses dunia akhirat ya K-Link punya. Sukses terus buat K-Link...

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Baru kali ini ada MLM yang berbasis syariah. K-Link menjadi solusi pembelian produk yang halal ya

Mira Miut mengatakan...

Bagus banget ini mas Jun. Semoga banyak yang baca dan stigma mlm yg gak baik sedikit demi sedikit memudar

Jun Joe Winanto mengatakan...

Yes, bener banget Mas Said. Syariah bisnis itu penting banget, jadi ga was-was.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Nah iya Mba Nurul. Halal is a must ya buat kita.

Jun Joe Winanto mengatakan...

Terima kasih Mba @Mira. Aamiin. Stigma, mereka yang belum tahu akan kasih stigma yang ga karuan. Tapi untuk mereka yang paham pentingnya satu bisnis MLM akan sangat menghargai dan mengerti.

April Hamsa mengatakan...

Asyeeekk ntr bisa nongkrong2 di menara K-Link sambil ngopi2 sama ladies cantik kalau dah ada tempatnya :D

April Hamsa mengatakan...

Tes komen. Ini dimoderasi? :P

hida mengatakan...

wahh..lengkap banget ya paparannya tentang MLM syariah K-Link ini. baru tau juga kalo ada MLM yang berbasis syariah kayak K-Link ini. Makasih infonya ya mas.