Tuesday, February 13, 2018

Langkah Mudah Membuat Roti dengan Satu Jari Bersama Re-Bread, Ini Caranya!

Roti sudah ada sejak 30 ribu tahun lalu [Foto: Dok https://d2gk7xgygi98cy.cloudfront.net]
Roti? Hmmm… siapa yang tak suka. Makanan satu ini bisa dimakan kapan dan di mana saja kita mau. Tak terkecuali anak-anak, orang dewasa pun menyukainya. Roti memang enak dan menyehatkan. Akan tetapi, roti yang enak saja tidaklah cukup. Enak seperti apa yang harus kita pahami dan sehat yang bagaimana mesti kita rasakan.

Sebagai orang tua, saya pribadi mesti hati-hati memberikan roti untuk bekal sarapan anak-anak saya. Tak bisa sembarangan memang. Apalagi, makanan (roti) sebagai penambah nutrisi untuk mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan. Roti-roti yang kebanyakan beredar di pasaran, saya juga tidak tahu bahan-bahan pastinya.

Terkadang memang ada keraguan yang menyergap diri saya untuk memberikan roti yang beredar di pasaran. Itu karena saya tidak atau jarang mendapati komposisi apa saja yang terdapat di satu bungkus roti. Beda halnya ketika saya buat sendiri.   
      
Pengalaman buruk saya pun jangan sampai terjadi dengan teman-teman. Ya, suatu hari saya beli roti, warnanya bersih, putih, dan baunya masih wangi. Saya oles dengan mentega dicampur selai nenas. Baik mentega maupun selai nenas, semuanya dalam keadaan bersih dan tanggal kadaluarsanya masih lama, sekitar 6 bulan ke depan. Begitu pula dengan rotinya, masih baru, kadaluarsanya pun masih tiga hari ke depan. Pisau olesnya pun boleh dibilang bersih.

Lalu saya berikan ke anak saya yang nomor dua. Lahap dia makan, habis dua keping roti besar. Satu dua jam, biasa dia bermain-main denga saya. Selang empat jam berikutnya, dia muntah-muntah. Saya kaget. Apa pasal? Saya bawa ke dokter, saya jelaskan yang terjadi. Diagnosis dokter, anak saya keracunan dan ada alergi bahan yang terdapat di dalam roti. Mesti banyak-banyak  minum susu juga dikasih obat alergi.

Yah, saya berpikir, sejak saat itu mesti hati-hati dan ekstra ketat untuk memberikan roti  kepada anak-anak saya. Saya tidak mau kejadian buruk itu terulang lagi. Makanya, ketika anak saya minta roti dan pergi ke toko roti, saya tanya ke penjualnya, minimal komposisi bahannya apa saja. Kalau sekiranya ada bahan yang membuat anak saya justru alergi, lebih baik tidak sama sekali saya beli.

Roti memang tak pernah habis untuk diobrolin. Di beberapa negara, roti menjadi makanan pokok wajib ada. Dibuat dari adonan tepung dan air dan dipanggang atau di oven. Sejarah pun mencatat, kalau roti sebagai makanan populer di dunia dan jadi makanan tertua sejak dimulainya pertanian.

Komposisi atau proporsi jenis tepung dan bahan-bahan pembuat roti sangat bervariasi. Oleh karenanya, baik dari jenis, bentuk, ukuran dan tekstur roti itu sendiri berbeda-beda di seluruh dunia. Pembuatannya pun dapat ditambah ragi juga tidak.
Ada roti yang dimasak terlebih dahulu sebelum diberi ragi. Hal ini menyangkut alasan-alasan tradisional juga menyangkut religius. 
Dalam adonan roti ada yang menambahkan bahan-bahan non-sereal seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga lemak (mentega). Roti komersial, biasanya mengandung zat aditif untuk meningkatkan rasa, tekstur, warna, umur simpan, nutrisi, dan kemudahan membuatnya.

Roti pun dapat disajikan dengan beragam bentuk untuk dimakan setiap hari. Dapat sebagai camilan, ramuan, olahan kuliner seperti sandwich, roti goreng dengan kulit. Roti juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi rongga-ronga jus atau sebagai campuran jus.

Dalam kehidupan, roti menyimpan makna sosial dan emosional di luar dari roti sebagai makanan. Karenanya, roti punya peran penting dalam ritual keagamaan dan budaya sekuler. Roti juga dikenal sebagai makanan olahan paling tua. Pada 30 ribu tahun lalu, di Eropa ditemukan residu pati di bebatuan yang dipakai untuk menumbuk tanaman. Kemungkinan besar ketika itu terdapat ekstrak pati dari tanaman yang ditumbuk, seperti pakis atau cattails. Kemudian pati  tersebut dihamparkan di atas batu dan dimasak sebagai roti lapis pipih.

Di zaman Neolitikum sekitar 10 ribu tahun sebelum masehi, penyebaran biji pertanian sudah terjadi. Biji-bijian tersebut difungsikan sebagai tepung untuk pembuatan roti. Spora ragi ada di mana-mana dan masuk ke dalam permukaan biji-bijian/sereal. Tanpa disadari, ketika mereka membuat adonan roti, roti tersebut telah beragi dengan sendirinya. Untuk keperluan makanan, mereka tinggal membakarnya saja. Jadi, adonan yang mereka buat itu secara alami mengembang tanpa tambahan bahan apapun.

Ternyata, di zaman Neolitikum, banyak terdapat sumber ragi di awal pembuatan roti itu sendiri. Ragi dari udara pun dimanfaatkan oleh mereka dengan cara membiarkan adonan mentah terbuka hingga terpapar udara beberapa saat sebelum dimasak. Orang-orang Galia dan Iberia, menggunakan  busa dari bir yang dikucurkan atau dikocok, biasa disebut barm untuk menghasilkan roti yang lebih ringan.

Sementara itu, ada juga ragi dari minuman anggur, tetapi dalam bentuk pasta yang dicampur ke dalam tepung sehingga terjadi proses fermentasi untuk pembuatan roti, juga dedak gandum sebagai sumber ragi. Nah, sumber ragi yang paling umum kita ketahui biasanya berasal dari adonan yang didiamkan sehari untuk dipakai sebagai starter.
  
Pakar kuliner, Sisca Suwitomo, merekomendasikan penggunaan 
mesin pembuat roti Re-Bread dari RBSHOP Indonesia ini 
untuk siapa saja yang memang suka kuliner, 
karena bagus, praktis, hemat, dan cepat.

Berkaitan dengan pembuatan roti ini, pada Rabu (7/02/2018) saya berkesempatan hadir  bersama rekan-rekan blogger lainnya di PT Readboy Indonesia (RBSHOP Indonesia), Sentra Bisnis Boulevard Kelapa Gading, dalam acara Cooking Class Blogger Team.  
Di acara RBSHOP Indonesia ini, saya dan rekan-rekan blogger melihat langsung proses pembuatan roti sehat dengan mesin pembuat roti dari RBSHOP Indonesia. Roti yang dibuat, langsung tanpa bahan pengawet atau bahan-bahan tambahan lainnya. 

 Roti yang dibuat dengan menggunakan mesin pembuat roti dari RBSHOP Indonesia. 
Dapat dilihat seperti video di bawah ini. Silakan klik.


Chef Andrian dan Chef Dwi selaku Chef di RBSHOP Indonesia, bertegur sapa dengan para blogger sebelum mulai mengenalkan cara-cara membuat roti dengan mesin besutan dari RBSHOP, cara pengoperasian, hingga roti matang.



Chef Andrian dan Chef Dwi, Chef Andal yang dimiliki PT Readboy Indonesia (RBSHOP Indonesia) saat menjelaskan cara menggunakan mesin pembuat roti Bread Maker kepada rekan-rekan Blogger di acara Blogger Gathering di PT Readboy Indonesia, Sentra Bisnis Boulevard Kelapa Gading [Foto: Dok Pri]
Roti yang dibuat dengan mesin pembuat roti dari RBSHOP menurut Chef Andrian sangat simpel, mudah dioperasikan, dan hasil rotinya enak. Mendengar kata-kata ‘enak’ dari Chef-Chef andal ini, saya jadi makin penasaran untuk tahu hasil roti dari mesin pembuat roti Re-Bread Automatic Breadmaker tersebut.

Video berikut adalah cara mudah membuat roti dengan satu jari
 bersama mesin pembuat roti Re-Bread Automatic Breadmaker. 
Bisa dilihat nih. Mudah banget cara buat dan mengoperasikannya
  

“Roti yang bapak ibu makan dari mesin pembuat roti Re-Bread ini, tak kalah dengan roti-roti yang ada dijual kebanyakan. Pastinya, roti yang dibuat ini sangat sehat. Kenapa sangat sehat?  Karena, bahan bakunya kita tahu apa saja yang dimasukin. Pastinya, tidak ada bahan pemutih, pengawet, pelembut, atau pengembang, dan lain-lainnya,” terang Chef Andrian yang sudah malang melintang di dunia kulinaria ini.

Mesti kita makan banyak dari roti yang dibuat ini, akan tetap sehat. Nah, ketika dipraktikan oleh Chef Andrian dan Chef Dwi, roti yang akan dibuat adalah roti yang sangat simpel dan sederhana, yaitu roti gandum. Semua resep roti dan makanan lainnya ada dalam buku resep yang sangat spesial. Spesialnya, karena buku resep itu terdiri dari beberapa jenis resep roti, mulai dari roti tawar, roti manis, roti perancis, hingga beragam dessert juga.

Nah, mesin pembuat roti dari RBSHOP Indonesia yang dipakai oleh kedua Chef tersebut adalah mesin pembuat roti yang sangat multifungsi. Karena, mesin pembuat roti itu tak hanya membuat roti, tetapi bisa juga untuk membuat yoghurt, minuman, ayam panggang, kue, bika ambon, dan sebagainya, semua bisa dibuat dalam satu mesin. “Saya pernah panggang sate di mesin pembuat roti ini,” ucap Chef Andrian.

Hmm… saya makin ngiler saja mendengar dan menyaksikan langsung proses pembuatan roti dengan mesin pembuat roti itu. Ya, roti yang dibuat ada dalam buku resep. Dan bahan-bahan yang dipersiapkan tinggal ditimbang saja. Saat Chef Andrian dan Chef Dwi menyampaikan cara membuat roti dengan mesin pembuat roti ini, benar-benar sangat simpel.

Kita cukup memasukkan air. Nah, air bisa disubtitusi (ganti) dengan sirup, susu, atau jus. Setelah air, lantas masukkan margarin atau mentega. Nah, kalau mau sehat juga, ternyata bisa diganti dengan minyak zaitun (olive oil). Lalu garam. Menurut Chef Andrian, garam di sini memiliki fungsi agar tekstur kulit roti yang dibuat tidak pecah-pecah dan hasilnya bagus. Setelah itu tambahkan susu bubuk. Di sela-sela membuat roti ini, Chef Dwi dan Chef Andrian menyampaikan, kalau kita membuat roti dengan menggunakan mesin roti Re-Bread ini, cukup dengan satu jari saja. 


Inilah roti yang dibuat dengan menggunakan mesin pembuat roti, Re-Bread Automatic Breadmaker dari PT Readboy Indonesia, dengan berat hampir satu kilogram. Roti sehat tanpa pengawet dan bahan-bahan kimia tambahan lainnya. [Foto: Dok Pri]
Selanjutnya, tambahkan gula. Gula putih bisa diganti dengan gula diabetes atau gula palem (palm sugar), setelah itu penambahan tepung. Tepung terigu yang dipakai tentunya tepung terigu yang tinggi protein. Lantas, Chef Andrian menambahkan tepung kulit gandum dan ragi.

Ragi memang perlu ditakar. Di pembuatan roti ini, ragi yang dipakai dalam ukuran kecil (menggunakan sendok ukur kecil). Jadi, untuk yang terkena sakit maag jangan khawatir, roti ini tetap dapat dikonsumsi. Proses selanjutnya, tinggal memasukkan ke dalam mesin pembuat roti. Tutup mesin pembuat roti itu sendiri bisa dibongkar pasang ternyata dan sangat praktis serta bisa dicuci.

Jadi, struktur pembuatan roti dengan mesin pembuat roti ini seperti berikut:
1.    Masukkan bahan-bahan cair terlebih dahulu, seperti air. Air dapat diganti dengan susu, jus, atau sejenisnya.
2.    Lalu masukkan lemak. Lemak bisa berupa mentega, butter,  atau olive oil dan sejenisnya.
3.    Garam
4.    Gula (bisa diganti sesuai selera, gula diabetes atau gula palem)
5.    Susu bubuk (merek apa saja)
6.    Terigu (protein tinggi)
7.    Tepung whole gain (tepung kulit gandum)
8.    Ragi
9.    Dan topping (bisa kismis, sukade, almond, kacang tanah cincang, dan lainnya)

Untuk menunya, kita pilih menu nomor 5 (dalam hitungan hingga batas nomor 5). Sementara, untuk beratnya pilih berat satu (1) kilogram. Lantas pilihan warna kulit rotinya, mau yang soft atau crispy. Pada saat pembuatan, Chef Andrian memilih kulit roti yang soft.  Selanjutnya, tekan START.
Mesin pembuat roti dari PT Readboy Indonesia, simpel, mudah, hemat, cukup dengan satu jari roti jadi [Foto: Dok Pri]
Ya, as simple as that. Sangat simpel dan tak pakai ribet. Satu jari tangan kita bisa membuat roti. Mesin pembuat roti ini dapat langsung mengaduk (mencampur), menguleni, melakukan fermentasi, dan memanggang (memasak) dalam satu mesin hingga matang. Selanjutnya, Chef Andrian memasukkan topping. Karena roti gandum, topping yang cocok adalah kismis.

Lalu tutup mesin pembuat roti. Tunggu sekitar satu setengah jam. Chef Andrian telah mempersiapkan roti yang sudah matang sebelumnya sudah dibuat dari mesin pembuat roti Re-Bread tersebut. Roti yang dihasilkan benar-benar sehat tanpa bahan pengawet dan kimia apapun.  Kulit rotinya terlihat mulus dengan berat lebih kurang satu kilogram. Kalau dipotong-potong ukuran premium, akan jadi 10 potong. Satu keluarga bisa menikmati roti ini dengan puas dan mengenyangkan, rotinya sehat dan bergizi pula.

Nah, mengapa kita mesti buat roti sendiri? Buat roti sendiri itu lebih sehat dan kita tidak perlu pakai bahan pemutih roti. Perlu kita ketahui juga, selama ini kalau memilih roti, mungkin kebanyakan kita memilih roti dengan tekstur lembut, putih, dan manis. Perlu kita waspadai dan hati-hati, di dalm roti yang  putih itu terdapat pemutih roti atau tepung bleaching, ada juga namanya CMC untuk pengenyal roti, juga softener agar roti terasa lembut, pengawet, dan bahan lainnya.

Mesin pembuat roti RBSHOP ini canggih. Selain bisa buat roti, juga bisa membuat selai. Ya, Chef Andrian  dan Chef Dwi memeragakan cara pembuatan selai dengan mesin pembuat roti Re-Bread. 


Selain roti, dengan mesin pembuat roti ini, kita juga bisa membuat selai atau jam, seperti jam strawberry [Foto: Dok Pri]
Di kesempatan itu, kami diperlihatkan cara pembuatan selai strawberry. Selain strawberry bisa juga dibuat selai dari buah nenas, kiwi, atau blackberry juga bisa. Semua itu tergantung kreasi dan olah kreatif kita, buah apa saja bisa dibuat beragam selai asal kita kreatif. 
Ini jam atau selai yang bisa dibuat menggunakan mesin pembuat roti Re-Bread [Foto: Dok Pri]
Untuk membuat jam atau selai strawberry, dari 500 gram buah ditambah 250 gram gula. Tingkat kemanisan selai sesuai selera. Untuk yang suka manis, bisa perbandingan 1 : 1.  Atau yang tidak suka manis, selai strawberry bisa dibuat tanpa tambahan gula. Untuk pembuatan selai menggunakan mesin pembuat roti ini, kita tidak menambahkan air lagi. Cukup buah dan gula saja. Karena buah sudah mengeluarkan air.

Nah, untuk membuat selai di mesin pembuat roti ini, kita cukup menekan menu di nomor 13. Selanjutnya, tambahkan agar-agar sebagai pengental, lalu tekan START.Mesin akan mengaduk adonan sendiri hingga panas dan buah hancur. Nah, jam atau selai yang dihasilkan dari mesin pembuat roti ini sangat berbeda dari selai atau jam yang ada di toko. Selai/jam yang dibuat dari mesin pembuat roti, teksturnya masih jelas.

Ya, mesin pembuat roti ini memang sangat multi fungsi. Mampu menggantikan oven, bisa menggantikan fungsi mixer, menggantikan fungsi untuk fermentasi,  dan lainnya cukup dengan satu alat saja. Hasil selainya benar-benar fresh, tidak menggunakan pengawet, dan bahan-bahan kimia lainnya.

Selanjutnya, pembuatan roti cokelat. Pada dasarnya bahan-bahannya sama, hanya penambahan cokelat saja. Resep-resep yang dihasilkan dari buku resep RBSHOP Indonesia ini dijamin. Resep yang diberikan sudah teruji di kitchen RBSHOP oleh Chef-Chef andal yang mereka miliki. Jadi, tak perlu risau kalau kita membuat menu roti dari resep yang ada di buku resep ini tidak jadi, dijamin jadi dan tidak bantat. 



Mesin pembuat roti ini juga bisa dipakai untuk membuat Macaroni Schotel [Foto: Dok Pri]
Selain roti dan selai, menu selanjutnya  yang dibuat dengan mesin pembuat roti ini adalah Macaroni Schotel. Ternyata, mesin pembuat roti ini memang benar-benar canggih. Macaroni yang dihasilkan lembut dengan komposisi rasa yang pas. Mesin ini juga bisa membuat bubur kacang hijau, tape uli (tape ketan), yoghurt, lapis legit hingga bika ambon. Jadi, tak salah memang membuat roti mudah dengan satu sentuhan jari atau beragam kue lainnya dengan mesin pembuat roti Re-Bread ini.

Ibu Jenny Widjaja, President Directo PT Readboy Indonesia. Dalam sambutannya menyampaikan, bahwa mesin pembuat roti ini cocok dan bisa dipakai oleh orang yang sesibuk apapun untuk membuat roti sendiri. Selain hemat, praktis, menghasilkan roti yang sehat, juga cukup dengan satu jari saja [Foto: Dok Pri]
“Untuk orang-orang sibuk, ibu-ibu yang bekerja, atau sesibuk apapun mereka, bisa membuat roti sendiri. Tanpa harus membayar mahal atau pergi kursus,” ucap Ibu Jenny Widjaja selaku President Director PT Readboy Indonesia.

RBSHOP Ini sebelumnya bergerak di bidang pendidikan. Mereka juga membuat buku-buku pendidikan juga kesehatan. Dengan latar belakang ini pula, RBSHOP sangat peduli pada kesehatan anak-anak Indonesia.

Ibu Jenny mengatakan, sebagai orang tua yang punya anak-anak, terkadang anak-anak minta jajan/makanan berupa roti juga mie. Roti yang pernah saya berikan untuk anak saya tanpa sengaja masuk ke dalam laci. Tanpa sengaja ditemukan masih utuh tak ada jamur. Ini yang membuat saya curiga dan akhirnya mencari sebuah mesin yang cocok dipakai di Indonesia.

Oleh karenanya, ibu rumah tangga, wanita karier, pemerhati kuliner, penyuka masakan, pencinta roti dan kue, masyarakat yang suka membuat kue dan makan roti, mesin pembuat roti Re-Bread dari PT Readboy Indonesia memberikan kenyamanan dan kemudahan. Bagaimana tidak, kita bisa membuat roti secara praktis dan sehat pula hanya dengan satu jari dan harganya pun sangat terjangkau. 
Inilah hasil kreasi dari mesin pembuat roti Re-Bread. Dapat membuat beragam jenis roti sesuai dengan kreativitas kita. Mudah sekali cara pengoperasian mesin ini. [Foto: Dok Pri]
Ditambah lagi buku resep yang ada bersama mesin pembuat roti ini dalam bahasa Indonesia. Hal itu sangat memudahkan kita membuat roti. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa mesin pembuat roti ini tidak hanya membuat roti, tetapi bisa membuat makanan lainnya secara praktis dan cepat. Buat roti dengan mesin pembuat roti ini cukup tiga langkah saja ternyata. Pertama, siapkan bahan. Kedua, masukkan bahan, dan ketiga pilih menu. Selesai! So simple banget!

Mesin pembuat roti PT Readboy Indonesia ini menjadi mesin pelopor breadmaker yang ada di Indonesia dengan desain Gold terbaru. Teknologi yang diusung pun Eco Back, Self Timer, dan sangat hemat listrik.

Fungsi self timer di mesin pembuat roti ini untuk mengatur waktu kematangan roti. Kalau kita sebelum tidur ingin membuat roti untuk sarapan besok pagi, timer dapat di-set hingga roti matang sesuai waktu yang diinginkan dan tetap hangat.  Roti yang dihasilkan adalah  roti sehat tanpa pengawet dan memakai bahan-bahan alami (sehat) pula.

Saya yang memerhatikan proses penggunaan mesin  ini sangat praktis sekali. Hanya dengan memasukkan bahan-bahan yang sudah disiapkan, lantas menekan tombol Start, roti akan jadi dan matang. Bayangkan saja, dalam satu alat dapat berfungsi untuk mengadoni, memfermentasi, juga sebagai pemanggang.

Material atau bahan mesin ini didesain dari plastik Food Grade dan anti panas, hemat listrik pula. Nah, dengan memakai mesin pembuat roti Re-Bread Gold ini, hanya perlu biaya Rp275. Ini lebih hemat dari kita menggunakan rice cooker. Juga kita tak perlu repot membeli roti di pasaran yang komposisi bahannya tidak kita ketahui.

Satu set alat pembuat roti ini dilengkapi dengan buku resep eksklusif dalam bahasa Indonesia. Ada sekitar 39 resep yang sangat praktis dari Re-Bread. Bayangkan saja, semuanya serba enak. Enaknya di mana? Ya, inilah satu-satunya breadmaker yang memiliki layanan konsumen untuk berkonsultasi resep.

Untuk konsultasi resep bisa diperoleh di sini:
(021) 296 36296 atau 453 5578.Bisa juga melalui WhatsApp 0812 90 999 296.

PT Readboy Indonesia (Distributor Resmi)
Sentral Bisnis Artha Gading Blok A7D No. 17
Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading Barat
Jakarta Utara 14240, Indonesia (Showroom & Cooking Class)

Atau bisa lihat akun media sosialnya
Youtube: readboy shop
Facebook: readboyshop
Instagram: readboyshop
Twitter: readboyshop
Bisa juga melalui email di info@readboy.id 

Keseruan Blogger Team saat melakukan Cooking Class bersama RBSHOP dapat dilihat melalui video yang dibuat oleh Tim RBSHOP di bawah ini. Saya pribadi jadi tahu cara membuat roti sehat hanya dengan satu jari bersama Mesin Pembuat Roti Re-Bread, beras sehat yang langsung digiling memakai Mesin Penggiling Beras Re-Rice, dan makan mie sehat yang langsung dibuat dan diolah dengan mesin Re-Noodle. Ketiga mesin ini memberikan kemudahan  dalam hidup sehari-hari. Makanan sehat dan kualitas hidup terjamin. 




Oya, kalau Anda ingin mendapatkan mesin pembuat roti Re-Bread ini, selain memperoleh mesin pembuat rotinya, Anda juga akan memperoleh gratis timbangan digital, sendok dan gelas ukur, buku resep eksklusif roti, sarung tangan, dan tatakan. Re-Bread, mesin pembuat roti sehat ini beratnya hanya 7 Kg. Cukup ringan ya. Buat roti cukup dengan satu jari, tanpa repot tanpa ribet.   

10 comments:

April Hamsa said...

Jadi keinget anakku pas muntah2 krn masuk angin kmrn, makan nasi keluar semua akhirnya kukasi roti jg mas. Sarannya kan kalau gak salah konsumsi BRATY dulu B for bread. Alhamdulillah bisa nelennya #malahcurcol

Elva Susanti said...

Duh jadi gak berani lagi beli roti. Ngeri!

Jun Joe Winanto said...

Mba @April: Nah, maka dari itu, meski ga punya alatnya, saya ngadonin sendiri, ngoven sendiri. Nguleni adonan manual sih. Gpp sih ya yang penting sehat anak-anak dan rotinya bebas dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Mba @Elva: Bukan ga berani sih, berani sih berani aja, berani nanggung risiko apa tidak. Waspada aja jadinya.

Sadewi said...

Lebih sehat bikin roti sendiri di rumah, semoga aja aku bisa beli alat ini.

lita chan lai said...

Jun, nanti ke rumah lo, lihatin cara bikinnya ya...pengen lihat alatnya seperti apa. kali aja gw bisa beli.

Liswanti said...

Aku tuh dari dulu pengen banget bisa bikin roti

Dennise Sihombing said...

Wow... beruntung sekali nih Jun bisa berkunjung langsung ke Readyboyshop lihat cara pembuatannya. Selama ini yang aku tahu roti itu dibuat di mesin yang besar. Ternyata sekarang ada yang small ya. Btw cabangnya ada dimana saja? Depok sudah adakah? Me & family penggemar roti loh. Terutama yang rasa keju, ciklat dan kacang

Mpo Ratne said...

Wah anak ayah Jadi tiap hari nih bawa bekal roti. Irit uang jajan dan sehat

utie adnu said...

akupun kepingin punya alat ini mas,, anak2 suka banget roti

Monica Anggen said...

Pernah punya pengalaman buruk juga nih pas beli roti di luar sana. Entah raginya yang salah atau ada apanya, intinya abis makan roti itu Pewe kesakitan perut hebat, perutnya seperti penuh angin terus dan muntah2. Sejak itu nggak pernah beli roti di luaran lagi. Kemaren pas nyoba roti Re-bread (roti yang dibuat pake Re-bread) dia baik-baik saja. Makanya jadi pengen punya mesin pembuat roti ini biar bisa bikin roti sendiri.