Thursday, February 8, 2018

Lewat Toyota Home Service, Urusan Toyota Lebih Mudah


THS mempermudah pemilik Toyota [Foto: Dok https://auto2000image.blob.core.windows.net]

Keluarga orang tua saya termasuk keluarga besar. Kalau sudah berkumpul di rumah bapak, begitu ramainya. Maklum saja, orang tua saya sebagai anak pertama dari 12 bersaudara. Hebohnya bukan kepalang begitu bertemu satu sama lain. Meski tinggal dalam satu provinsi, tetapi keluarga orang tua saya itu jarang sekali bertemu.

Mungkin bertemu hanya saat-saat hari besar atau salah satunya mendapat kabar yang kurang baik. Jarangnya bertemu karena masing-masing sibuk dengan keluarga, anak,  bahkan cucu-cucunya. Wajar saja kalau intensitas berkumpul keluarga besar kedua orang tua menjadi jarang. Pun kalau ada arisan keluarga atau acara keluarga, terkadang ada saja yang tidak datang. Padahal yang tidak datang adalah orang diharap datang.

Kondisi inilah yang terkadang membuat sulit untuk keluarga orang tua saya bertemu muka untuk bicara langsung dari hati ke hati. Faktor lainnya karena, masing-masing keluarga juga tak cukup punya kendaraan. Jarak yang relatif jauh juga menjadi penghalang untuk dapat berkumpul. Dari sini, ternyata masing-masing keluarga mulai berpikir.

Ya, mereka berpikir  untuk saling support kalau sedang bepergian jauh mengenai kendaraan yang akan dipakai. Tentunya, mobil. Kalau beberapa waktu lalu, bapak memang pernah memiliki kendaraan roda empat. Tetapi, karena sudah lama, terkadang  jalannya itu mobil ajrut-ajrutan alias sering mogok di tengah jalan. Mau tidak mau yang naik harus mendorong lagi.

Bapak, kalau mobilnya mogok di tengah jalan sudah mulai bingung. Bingung kenapa? Ya, bingung cari bengkel. Apalagi, dulu masih sepi banget di sekitar tempat tinggal, jalanan pun tidak begitu ramai. Bengkel-bengkel yang ada di pinggir jalan pun sangat jarang.  Pokoknya, bapak kalang kabut. Pun yang bapak bawa anak-anak yang masih kecil-kecil.

Ya, paling-paling bapak minta bantuan orang-orang sekitar yang bisa dimintain tolong. Bersyukur masih ada orang yang mengerti tentang mesin mobil dan bisa dimintakan tolong juga. Memang ya, mobil kalau sudah ada bermasalah mesti segera dicari tahu penyebabnya. Kalau dibiarkan terus menerus, masalahnya mobil makin merembet ke mana-mana. Tadinya hanya sistem pengapian, lampu mati, tak bisa di starter, eh ujung-ujungnya mobil ngadat.  Jadinya, masalah mobil bapak makin runyam.

Semakin ke sini, zaman semakin berkembang dan berubah. Lama kelamaan tempat perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang, dan jasa penjualan mobil makin bertumbuh. Yang paling bahagia adalah bapak saya. Apa pasal? Ya, beliau tidak repot-repot dan galau lagi kalau ke bengkel harus ke mana.

Nah, tempat perawatan kendaraan roda empat yang satu ini usianya tak jauh beda dengan saya. Ini jadi tempat “nongkrong” mobil favorit bapak kalau mobilnya tiba-tiba ada masalah. Bapak sudah sangat jatuh cinta sama tempat yang satu ini. Siapa lagi kalau bukan Auto2000. Ketika itu namanya masih menggunakan Astra Motor Sales. Bergantinya nama Auto2000 seumuran dengan salah satu keponakan saya yang sudah berusia hampir 30 tahun. Auto2000 hadir di tengah-tengah publik tepat di tahun 1989 menggantikan nama Astra Motor Sales.

Cerita punya cerita atas seluruh perubahan nama tersebut maka manajemennya dipegang oleh PT Astra International Tbk.

Dari perjalanannya itu, sekarang Auto2000 menjadi retailer Toyota paling besar di Indonesia. Auto2000 menguasai sekitar 42% dari total penjualan Toyota. Di dalam kegiatannya bisnisnya ini, Auto2000 memiliki jalinan dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) sabgai ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Toyota yang membuat Auto2000 menjadi salah satu pendiri dealer resmi Toyota.

Sebagai retailer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 memiliki 110 outlet yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Outlet tersebut terdiri atas 13 outlet V-yang hanya melayani penjualan dan pembelian kendaraan, 81 outlet VSP melayani penjualan dan pembelian serta servis kendaraan, dan  16 outler VSPBP yang melayani penjualan-pembelian, servis, perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan. Jumlah jaringan Auto2000 ini ke depannya akan terus bertambah seiring pertumbuhan iklim bisnis di Indonesia, juga untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Toyota, dan tentunya memberi kemudahan untuk calon pembeli Toyota.

Bertumbuhnya outlet Auto2000 ini merupakan prestasi yang luar biasa. Hal itu diperoleh dari kinerja yang berkelanjutan untuk terus berupaya memberi yang terbaik bagi pelanggan. Oleh karena hal itu tadi, Auto2000 menawarkan konsep layanan terbarunya berupa ‘Auto2000 Lebih’ dengan mengusung tagline Urusan Toyota Lebih Mudah’.

Auto2000 berupaya memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggannya, baik ketika membeli dan yang ingin memiliki kendaraan Toyota dengan kemudahan mencari informasi mengenai Toyota di Auto2000 melalui website resmi, aplikasi mobile, & call center yang dapat diakses kapanpun dan di manapun.

Kenyamanan untuk pelanggan denngan fasilitas outlet Auto2000 yang modern, warm, & pressure free. Begitu pula dengan kemudahan & kenyamanan transaksi dengan layanan one stop shopping service Auto2000 bekerja sama dengan value chain. Kemudahan ketika ingin memperoleh kedaraan sesuai kesepakatan, tepat waktu, dan melampui apa yang menjadiharapan pelanggan benar-benar dijaga Auto2000. Selain itu, kemudahan mendapatkan jasa layanan after sales service terbaik selama kepemilikan kendaraan dengan beragam proyek penunjang yang inovatif.

Proyek penunjang yang inovatif inilah Auto2000 berikan seperti:
1.   Toyota Home Service (THS) mudahnya servis secara fleksibel untuk menghargai kualitas waktu pelanggan.
2.   Express Maintenance – keandalan serta kecepatan perawatan kendaraan & servis berkala kurang dari 1 jam.
3.   Express Body & Paint – keandalan perbaikan body kendaraan 3 panel dalam waktu 8 jam yang menjadi satu-satunya layanan yang sudah tersertifikasi oleh Toyota di wilayah Asia Tenggara.
4.   Booking Service – kemudahan pemesanan untuk memastikan pengerjaan perawatan kendaraan yang berkualitas.
5.   Maintenance Reminder System – layanan atau jasa pengingat bagi pelanggan dalam melakukan pengecekan, perawatan, serta servis berkala untuk memastikan kualitas kendaraan Toyota tetap prima.
Serta beragam produk inovatif lainnya yang akan senantiasa AUTO2000 hadirkan untuk pelanggan merasakan “Life is Easy”.

Auto2000 sebagai bagian dari grup Astra International pun berkolaborasi dengan unit usaha lain yang melayani pelayanan dalam hal pembelian berdasarkan kredit, asuransi, juga tukar tambah kendaraan. Pelayanan tersebut dilakukan hanya di satu pintu. Layanan yang dilakukan sesuai standar mutu dan kualitas grup Astra itu sendiri.

Dalam kesempatan yang sangat spesial tersebut, saya hadir di acara Gathering Auto2000 ini untuk menyaksikan langsung dari dekat konsep baru Auto2000  bersama rekan blogger lainnya dan media pada Selasa (6/02/2018) yang bertempat di Jakarta Theatre, Jakarta Pusat.




Peluncuran Tagline Baru Auto2000: "Urusan Toyota Lebih Mudah" [Foto: Dok Pri]

Hadir dalam Gathering ini, sekaligus CEO Auto2000, Bapak Martogi Siahaan. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa konsep baru ini memiliki tujuan agar para pelanggan Toyota memperoleh benefit lebih.
 
Martogi Siahaan, CEO Auto2000 [Foto: Dok Pri]
“Pada hari ini kami sampaikan satu perubahan di dalam pelayanan kami di digitalisasi pelayanan THS, di mana THS yang akan datang yang akan segera kami luncurkan nanti menunjukkan satu tekad kami untuk meng-improve sisi layanan after sales. Jadi, Auto2000 bukan hanya penjual terbesar di Indonesia, tetapi juga  penyedia jasa pelayanan servis terbaik di Indonesia. Kami ingin menjadi pelayanan servis yang memiliki kualitas, dan customer juga jauh lebih mudah untuk menjangkau kami. Karena itulah, pelayanan ini kami tingkatkan juga di Toyota Home Service yang akan melayani secara online dengan platform digital,” terang Martogi.
 


Contoh Apps Auto2000 Mobile THS [Foto: Dok Pri]

Tak salah memang, Auto2000 ini mendapat dukungan penuh dari AstraWorld dengan layanan Emergency Roadside Assistance atau ERA. Nah, ERA ini dapat membantu pelanggan saat-saat pelanggan mendapati situasi darurat selama 24 jam nonstop setiap hari. Ya, karena kepuasan pelanggan yang diutamakan oleh Auto2000, selain punya website resmi sendiri di www.auto2000.co.id  Auto2000 juga mempunyai aplikasi Auto2000 mobile.


Koordinator THS dalam Apps Auto2000 Mobile [Foto: Dok Pri]

Auto2000 mobile ini satu apps yang dirancang untuk tujuan agar Auto2000 lebih dekat dengan pelanggannya. Mungkin, pelanggan Toyota sudah tak asing dengan apps ini yang sudah dikenalkan pada 2010 lalu. Seiring bergulirnya waktu, Auto2000 pun terus mengembangkan fitur-fitur yang ada di dalam apps itu sendiri.


Auto2000 Mobile Apps [Foto: Dok Pri]
Ini semata-mata agar pelanggan Toyota jauh lebih nyaman saat menggunakannya. Auto2000 mobile dapat di download di Google Play Store untuk pengguna android dan Apps Store untuk pengguna iOS.




Teknisi yang menerima order via Apps [Foto: Dok  Pri]


Masih ada lagi fitur-fitur lain yang tak kalah berguna dari fitur yang sudah diberikan. Seluruh fitur sudah disediakan oleh Auto2000 untuk semakin memudahkan pelanggan ketika memberi dan memiliki kendaraan Toyota di Auto2000.  

Aplikasi ini punya konsep Auto2000 One Touch Services (Auto2000 Layanan Servise Sekali Sentuh). Di dalamnya berisi informasi dan fitur-fitur Auto2000 sehingga pelanggan makin dimudahkan untuk merasakan layanan yang diberikan Auto2000.  Hadirnya apps ini untuk memfasilitasi pelanggan Toyota sehingga punya privilege tersendiri. Akan tetapi, tak tertutup kemungkian untuk masyarakat umum atau calon pelanggan Toyota menggunakannya.

Melalui aplikasi ini pelanggan pun dapat dengan mudah mengetahui lokasi Auto2000 terdekat, informasi dan promosi, juga booking service berkala melalui fitur  booking service.Booking Service ini menjadi salah satu fitur paling menarik dalam layanan Toyota Home Service (THS) yang ada di apps Auto2000 mobile. Pelanggan Toyota pun bisa mengetahui status kendaraan yang sedang di servis melalui fitur Tracking Service tersebut secara online dan real time pula kunjungan petugas THS.

Nah, THS ini hadir sejak tahun 1989 sebagai layanan yang dilahirkan pertama kali oleh Auto2000 yang menjadi bagian dari PT Astra International Tbk sebagai layanan ultimate.  THS menjadi pelopor untuk kendaraan servis di rumah ketika itu, dan armada layanan THS pertama kali berupa Toyota Kijang Super pick-up.

Dengan THS pelanggan dan pemilik mobil Toyota sangat dimudahkan. Ya, petugas dapat melakukan servis di rumah maupun di kantor. Hal ini  sangat cocok ketika pelanggan dan pemilik Toyota tak punya waktu untuk datang ke bengkel. Ditambah lagi, layanan ini tidak perlu antri dan mobil bisa langsung di servis sesuai  jadwal yang sudah disepakati oleh pemilik Toyota dan Petugas.

Melalui THS, tentunya pelanggan banyak menghemat waktu, tenaga, dan uang . Waktu servis bisa dipangkas tanpa harus datang ke bengkel dan tanpa ada biaya kunjungan. Untuk saya pribadi, ini sangat menarik, mengapa? Karena saya tak perlu repot dan capek-capek mesti pergi ke bengkel, antri, buang tenaga, juga uang.
 
Petinggi Auto2000 [Foto: Dok Pri]
“Ragam layanan yang diberikan ini kiranya dapat memberikan kepuasan lebih pada pelanggan setia dan senantiasa merasakan best honorship experiences di Auto2000. Hal ini juga sebagai kesempatan Auto2000 yang pertama di tahun 2018  bertemu dengan para blogger dan rekan media sekaligus juga sebagai kesempatan yang pertama di manajemen baru Auto2000,” tutup Martogi.  


23 comments:

Rahab G said...

Era digital mmg menuntut inovasi lewat apps, dan Auto 2000 mobile membuat lebih mudah pelanggan dlm urusan mobik toyota....jossss

zata said...

makin midah dong ya dengan adanya apps dari Auto2000 ii mas.. kerennn..

Marga Apsari said...

Dulu aku setiap service mobil pasti ke Auto2000, sekarang udah ada apps-nya malah ya. Makin praktis deh.

Nurul Dwi Larasati said...

Asik banget yang punya mobil Toyota ya. Ada layanan baru dari auto2000.

Awan said...

Asyik bangat sekarang semua semakin praktis nih dengan Auto2000 :)

unggulcenter said...

Toyota memang so far hingga detik ini top of mind produk mobil berkualitas. Masih pegang pasar numero uno. Dengan home service kayak gini, pelanggan makin betah dan tak mau pindah ke lain hati!

Agung Han said...

Semua produk mulai berbasis digital, makin praktis dan efisien

Robit Mikrojul Huda said...

Sekarang pelanggan Toyota jadi makin mudah dan praktis ya dengan adanya aplikasi Auto2000 Mobile.

budiono said...

pemilik toyota sungguh dimanjakan dengan fasilitas ini

Selamet Hariadi Bpk said...

Semakin berkembang nih, ada aplikasinya... semoga terus dikembangkan daripada invest di ojek online

Oline said...

Wahh ada aplikasinya.. keren bangeet..

Sadewi said...

Layanan baru Toyota memudahkan para custumer nya yah. Beruntung banget yah punya mobil Toyota

Liswanti said...

Ini inovasi baru dari Toyota ya, mantep banget deh

Dennise Sihombing said...

Astra memang tidak perlu lagi diragukan. Selain mobilnya berkelas dan bandel pelayanan Astrapun terpercaya. Thanks untuk bahasannya yang keren. . jadi banyak informasi deh

Dede Ariyanto said...

Anak jaman now yah service udah di 'ujung jari' aja tinggal pencat-pencet selesai urusan. 👍👍🤓

Ya Yat said...

auto2000 macem one stop shoping gitu ya... jad mulai dari beli mobil sampe maintenance di situ semua

andri mastiyanto said...

Saat ini sudah serba digital. ternyata Auto2000 jga sudah memiliki versi mobile

D. Pusupa said...

Asyik ya inovasinya memudahkan bagi para pelanggannya sehingga makin setia.

Silvia Putri said...

Satu kata yang berarti nih, M E M P E R M U D A H.

bang doel said...

toyota memang kereen.. mobil impian gue ini..

Kurnia amelia said...

Sekarang serba mudah, praktis dan gampang ya,,semua serba digital.

Maria Soraya said...

toyota makin dekat di hati nih dengan inovasi terbarunya ini, aplikasinya memudahkan para pelanggan pastinya dan bikin makin setia dengan toyota

Ivonie Zahra said...

Inovasinya keren, service mobil makin gampang, gak perlu antri ke bengkel ya mas. Bisa langsung di depan rumah.