Sunday, March 11, 2018

McDonald's Berbagi Sarapan untuk Masyarakat Indonesia: Mau Tahu Keseruannya?




Siapa yang sering sarapan pagi?  Kenapa kalian sarapan pagi? Apa pentingnya sarapan pagi? Nah, segudang pertanyaan itu tentunya timbul untuk diri dan anak-anak kita. Sarapan menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang maupun keluarga. Sarapan memberi nilai lebih untuk kecerdasan otak anak-anak kita.

Bisa kita lihat, betapa banyak anak-anak atau keluarga yang jarang atau tidak pernah sarapan pagi. Bisa jadi, banyak faktor yang membuat hal itu. Karena kondisi keluarga (seperti kemiskinan/keluarga tak mampu, keuangan yang sangat terbatas untuk membeli atau membuat sarapan).

Mengapa sarapan penting?
Selain memberi energi untuk kita, makanan sarapan sebagai sumber nutrisi penting untuk tubuh, seperti kalsium, zat besi, vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh kita memerlukan nutri penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan memberi asupan gizi ke otak.  Penelitian menunjukkan bahwa jika sarapan pagi kita lewati, maka kita akan dapat melihat dampaknya di kemudian hari.

Nah, di pagi hari yang super sibuk, terkadang kita membiarkan sarapan pagi kita lewat begitu saja. Padahal, sarapan pagi hanya perlu beberapa menit saja untuk memubuat perbedaan dalam kehidupan kita selanjutnya. Kalau memang kita tidak sempat sarapan di rumah, tak salah kita membawa bekal sarapan ke sekolah, atau ke tempat kerja. Sarapan itu sangat banyak memberikan manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan kita di masa depan.

Sarapan membuat tubuh dan otak terasa segar dan mampu membuat aktivitas sehari-hari kita jadi maksimal. Tanpa sarapan pagi, otomatis semua anggota tubuh seperti terasa lemas dan lelah. Menurut ahli gizi, sarapan pagi mestilah dimakan dalam waktu dua jam setelah bangun tidur. Sarapan pagi yang sehat mesti tersedia kalori dengan kisaran 20-35% dari tunjangan harian pedoman kita.

Selain memberikan energi untuk kita, sarapan sebagai sumber penting nutrisi. Tubuh memerlukan nutrisi penting dan penelitian menunjukkan bahwa, jika sarapan terlewatkan, tubuh kita cenderung tidak diberi kompensasi di kemudian hari.  Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.  Jadi, cobalah untuk memasukkan sebagian dari makanan harian kita saat sarapan pagi, apakah itu pisang atau segelas jus buah.

Sarapan bisa menjadi baik untuk ukuran kesehatan kita (terutama untuk pinggang). Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sarapan pagi cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan dan cenderung berada dalam kisaran berat badan ideal dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan pagi. Jika kita melewatkan sarapan pagi, cenderung meraih gula dan makanan ringan yang tinggi pada pertengahan hari.

Sarapan juga mengembalikan kadar glukosa, karbohidrat penting yang dibutuhkan agar otak berfungsi. Sarapan menyediakan energi yang dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Hal ini juga bisa membuat kita lebih bahagia karena dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres. Dalam satu studi di antara anak-anak, sarapan pagi dapat meningkatkan pencapaian, perilaku, dan telah dikaitkan dengan peningkatan nilai. Sama seperti organ lain di dalam tubuh, otak membutuhkan energi untuk bekerja secara baik.

Kebutuhan energi masyarakat bervariasi tergantung,  pada tingkat aktivitas dan tahap kehidupan. Akan tetapi biasanya laki-laki membutuhkan lebih banyak energi daripada wanita. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan banyak energi. Sebagai contoh anak laki-laki berusia 7-10 tahun harus mengonsumsi kira-kira 1.970 kkal per hari, dan anak perempuan berusia 7-10 tahun harus mengonsumsi kira-kira 1.740 kkal. Untuk orang dewasa, pria membutuhkan kira-kira 2.500 kkal dan perempuan sekitar 2.000 kkal per hari

Makan pagi memiliki manfaat untuk kesehatan jangka panjang. Hal itu bisa mengurangi obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Jadi, sarapan adalah kesempatan yang sangat baik untuk makan bersama keluarga bila memungkinkan.
Menetapkan kebiasaan sarapan yang baik di masa kanak-kanak dan mempertahankannya sepanjang masa remaja,  mungkin merupakan faktor penting dalam mengurangi prevalensi  lompatan sarapan dan mengembangkan kebiasaan makan yang baik yang berlangsung seumur hidup. Jadi, sarapan pagi benar-benar paling penting di setiap hari keluarga.

Program Tahunan McDonald's Indonesia
Nah, dalam rangka National Breakfast Day (Hari Sarapan Nasional (NBD 2018)), sebagai program tahunan dari McDonald’s di seluruh Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Maret setiap tahunnya, program yang pertama kali berlangsung pada 2013, ini sebagai tahun keenam McDonald’s melakukan NBD. 

Berikut video perjalanan menuju Komunitas Indo Charity-Buku Berkaki (Buki) yang terletak di Jalan Bina Marga, Duren Kalibata.
 

Pada hari ini, Minggu (11/03/2018) McDonald’s  yang diwakili Mba Bening, berbagi sarapan dengan Komunitas Indo Charity dalam program Buku Berkaki (Buki) bertempat di Jalan Bina Marga, Duren Kalibata Jakarta Selatan. Program Buku Berkaki (Buki) ini sebagai gerakan sosial yang fokus untuk bacaan anak-anak di panti asuhan, rumah singgah, juga sekolah yang sulit memperoleh buku bacaan.

Gerakan ini ada dari rasa prihatin dengan minimnya akses informasi dan ilmu pengetahuan di kalangan anak-anak panti asuhan dan rendahnya minat baca mereka. Akses bahan pustaka yang jadi barang mahal untuk mereka punyai. Seperti kaki, ini berkorelasi dengan jalan-jalan. Berkaki  memfasilitasi koleksi buku untuk ‘jalan-jalan’ ke satu tempat ke tempat lain. Jadi, buku dari Buki ini di drop untuk dipinjam atau diberikan ke anak-anak.

Anak-anak Komunitas Indo Charity-Buki siap sarapan dari McDonald's [Foto: Dok Pri]

Ya, sarapan pagi yang diberikan kepada Komunitas Indo Charity untuk anak-anak ini sebagai satu gerakan untuk memberikan energi kepada mereka, agar  tubuh dan otak mereka menjadi sehat, dan berenergi.  Di tanggal 12 Maret 2018 (Senin, McDonalds Indonesia membagikan salah satu menu sarapan yang sangat digemari pelanggannya, yaitu Chicken Muffin di 167 restoran McDonald’s yang ikut berpartisipasi.
 
Chicken Muffin sarapan khas McDonald's Indonesia [Foto: Dok Pri]
Chicken Muffin ini menu sarapan khas McDonald’s berisi satu tangkup English Muffin hangat berlapis saus mayonaise dengan daging ayam olahan digoreng sempurnya. Kandungan gisi yang cukup dan bahan berkualitas, satu porsi Chicken Muffin menjadi asupan ideal di pagi hari untuk memulai aktivitas masyarakat Indonesia yang aktif dan dinamis.

Nah, pembagian sarapan cuma-cuma  untuk masyarakat ini dimulai serentak di seluruh Indonesia pada pukul 06.30 hingga pukul 11 pagi waktu setempat dan selama persediaan masih ada. Setiap restoran McDonald’s akan membagikan 1.000 Chicken Muffin dengan sistem first come, first serve. ‘National Breakfast Day’.
 
Siapa cepat gratis sarapan lezat dari McDonad's Indonesia [Foto: Dok Pri]
McDonald’s juga memberikan 100 lembar kupon free additional (Free Add On) pada tanggal 10-11 Maret 2018, mulai pukul 11.00 – 21.00, untuk target konsumen yang belum pernah mencoba menu breakfast McDonald’s (Muffin, Hot Cakes, Big Breakfast).  Free Add On dapat digunakan pada tanggal 12 Maret 2018, adalah Hash Brown dan Kopi atau Teh.

Free Add On dalam bentuk E-Coupon dengan menunjukan screen shot/ tampilan layar handphone game TANGKAP MUFFINMU pada social media McDonald’s Indonesia (Instagram Stories). McDonald’s juga menggelar promo untuk melengkapi sarapan Anda pada saat National Breakfast Day 2018 di tanggal 12 Maret 2018 yaitu:  “Kopi atauTeh dan Hash Brown” seharga Rp 9.091,- (belum termasuk pajak) dan “Kopi atau Teh” seharga Rp 4.545,- (belum termasuk pajak).
 
Kak Bening, perwakilan McDonald's dalam sambutannya [Foto: Dok Pri]
Aktivitas lain yang dilakukan oleh setiap store McDonald’s yang berpartisipasi adalah pembagian merchandise dengan nomor antrian khusus bagi para konsumen serta mengompetisikan setiap Restaurant yang terlibat dalam National Breakfast Day 2018.
 
Kakak-kakak dari Program Buki [Foto: Dok Pri]

McDonald’s juga menggandeng beberapa komunitas dan organisasi untuk menebarkan semangat sarapan di pagi hari pada ‘National Breakfast Day’. Sebagian besar komunitas dan organisasi yang terlibat adalah organisasi yang bekerja melayani publik, terutama di pagi hari, misalnya pegawai CommuterLine, Trans Jakarta, Guru, Polisi, serta para Satuan Keamanan. McDonald’s menyadari bahwa rekan-rekan petugas pelayanan publik ini berperan besar pada kelancaran aktivitas masyarakat di pagi hari.



Kak Devin dari Adco PR memberikan permainan tepuk Hak Anak dan penjelasan tentang sarapan [Foto: Dok Pri]
Keseruan pembagian Chicken Muffin di Komunitas Indo Charity ini begitu berkesan. Perwakilan dari Buki  memberikan semangat kepada adik-adik di Komunitas itu. Begitu pula dengan Perwakilan McDonald’s, Mba Bening yang begitu antusias berbagi tentang sarapan dan cerita tentang McDonald’. Tak kalah seru, Mas Devin dari Advo PR memberikan penjelasan tentang pentingnya sarapan dan permainan TEPUK HAK ANAK. Semua dari mereka merasa gembira, senang, dan terhibur.

Kak Alex, sedang story telling untuk anak-anak Komunitas Indo Charity [Foto: Dok Pri]

Anak-anak pun dihibur oleh story teller (Kak Alex) yang bercerita tentang seorang anak bernama Bunga yang tak mau sarapan akhirnya ‘kliyengan’ dan pingsan. Nilai dan pesan moral yang disampaikan pun sepertinya kena untuk mereka. Di acara ini pun banyak bertaburan hadiah unik dan menarik untuk mereka yang berani maju ke depan dan bercerita siapa nama mereka dan apa cita-citanya. Hadir pula selebgram meramaikan acara ini, yaitu Maria Katarina dan Laurent Kurniawan.


Anak-anak Komunitas Indo Charity membaca buku kesukaan didampingi kakak-kakak [Foto: Dok Pri]

Sebelum acara usai, sebelumnya anak-anak Komunitas Indo charity pulang, mereka diberi kesempatan untuk membaca buku yang mereka sukai. Mereka dapat memilih buku cerita sesuai keinginannya yang dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok teridiri atas 5-6 orang. Antusiasme mereka membaca. Ya, terlihat mereka sangat tekun dengan dibimbing kakak-kakak dari 'Buku Berkaki' (Buki).



Foto bersama usai sarapan, bermain, membaca, dan mendapat hadiah [Foto: Dok Pri]


Usai acara, anak-anak Komunitas Indo Charity foto bersama dan pulang dengan masing-masing membawa kenang-kenangan indah dari McDonald’s. Selamat sarapan ya adik-adik, jangan lupakan sarapan ya meski itu hanya setangkup roti dan segelas teh manis. Sarapan membuat kalian bersemangat dan  pintar. Yuuk kita sarapan ke McDonald’s.  
 
Sarapan itu penting ya... [Foto: Dok Pri dalam Advo]

5 comments:

muthiah alhasany said...

Asyik ya, kita bisa makan bareng nih

Diah Woro Susanti said...

wajah anak anak sumringah sekalo. Masya Allah 😊

Tanti Amelia said...

Subhanallah semoga barakah Yaaa

Tuty Queen said...

siap meluncur ah besok pagii...makasi infonya om jun :)

Mpo Ratne said...

Asik makan gratis, dekat nih mcd. Sikat sarapannya