Saturday, March 24, 2018

Phillips 66 Luncurkan Tiga Varian Pelumas Motor Kualitas Premium di Indonesia


Julie Thompson, International Sales Director Phillips 66 [Foto: Dok Pri]
Sebagai orang yang tinggal di negara dan notabenenya terus berkembang, punya kendaraan  jadi hal wajib. Pun untuk mereka atau orang-orang yang bekerja dari daerah suburban ke ibukota, kendaraan jadi semacam keharusan. Bisa jadi, kalau naik kendaraan umum menghabiskan beberapa kali lipat biaya dan waktu, dengan kendaraan pribadi, ongkos bisa ditekan waktu bisa dipangkas.

Tak bisa dipungkiri, transportasi (kendaraan) merupakan bagian penting dari perkembangan satu kota, apalagi kota metropolitan—yang bahkan ada yang menyebutnya “megapolitan”—seperti Jakarta. Semakin berkembangnya  Jakarta, baik secara luas maupun kepadatan kota, menyebabkan warga maupun pendatang di Jakarta perlu beragam transportasi/kendaraan.

Nah, salah satu pilihan kendaraan praktis di ibukota ini adalah sepeda motor. Mengapa? Ya, mengingat Jakarta semakin padat dan macet di mana-mana, motor menjadi kendaraan  paling gesit dari sekian banyak kendaraan yang ada untuk dipakai sehari-hari. Pertumbuhan kendaraan bermotor setiap tahun  pun semakin meningkat.

Tentunya, meningkatnya kendaraan  bermotor di ibukota Jakarta tak lain karena perekonomian Indonesia yang terus menanjak baik. Kini pun, kendaraan bermotor dapat diperoleh dengan sangat mudah. Hanya Down Payment berapa ratus ribu rupiah, motor pun sudah bisa dibawa pulang. Akan tetapi, ada pula yang bahkan tanpa DP. Ya, mau tidak mau, orang-orang memang sangat memerlukan kendaraan untuk menjadi “kaki” keduanya.

Beberapa tahun belakangan, sebagai orang yang pernah kerja kantoran, kendaraan yang selalu setia menemani saya itu adalah motor. Ya, jarak tempuh yang relatif jauh, dengan motor waktu tempuh dapat disingkat hingga 30 menit. Kalau menggunakan kendaraan umum, bisa mencapai 2 jam. Itu pun saya harus bangun pagi-pagi agar memperoleh  tempat duduk. Motor yang sudah lebih 13 tahun menemani saya itu masih mulus, suara mesinnya pun masih sangat halus.

Ya, tentunya, semua itu karena saya rawat secara berkala, terutama di bagian oli mesin. Apalagi motor saya itu 4 Tak. Mesti rajin-rajin ganti oli minimal satu bulan sekali atau sesuai kilometer. Tapi, saya ambil patokan sebulan sekali oli mesin motor saya harus ganti. Nah, dalam memilih oli pun saya tidak bisa main-main.

Nah, berkaitan dengan oli mesin motor ini, pada Kamis (22/03/2018), saya dan beberapa rekan blogger hadir dalam peluncuran produk terbaru oli dari Phillips 66 yang berlangsung di Hotel Aloft, Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Minyak pelumas motor ini memiliki kualitas premium yang hadir untuk pertama kalinya di Indonesia dengan jalur distribusi melalui blibli.com

Varian Pelumas Kendall Oil Phillips 66 [Foto: Dok Pri]

Phillips ini menjadi produsen pelumas terbesar di dunia. Pelumas yang diluncurkan pada hari itu adalah Kendall Motorcycle Oil yang didistribusikan secara resmi melalui mitranya yang berada di Indonesia, yaitu PT Kendali Andalan Sempurna (KAS).

Ada tiga varian pelumas sintetis untuk sepeda motor dan kendaraan ATV yang diluncurkan di kesempatan itu. Pelumas tersebut meliputi 4T Full Synthetic MA SAE 10W-40 dan 4T Semi-Synthetic MA SAE 1oW-40 untuk sepeda motor 4-tak dan ATV, dan 4T Semi-Synthetic MB SAE 10W-30 untuk sepeda motor matic.

Julie Thompson dalam sambutannya [Foto: Dok Pri]

Julie Thompson, selaku International Sales Director pada kesempatan itu mengatakan, “Kami bangga dan mampu menghadirkan berkualitas premium di Indonesia dengan kualitas dan teknologi terbaik di kelasnya.” Julie juga mengatakan bahwa kerjasama dengan KAS sangat strategis bagi Phillips 66 untuk menjual produk pelumas berkualitas tinggi di Indonesia karena jaringan layanan distribusi yang cukup luas.

Wawancara sejenak bersama Julie Thompson [Foto: Dok Pri Taken by Mba Yayat]
Dalam wawancara saya dengan Julie Thompson, pertanyaan yang sempat saya lontarkan  mengapa memilih  Indonesia? “Indonesia merupakan  negara besar dengan perekonomian yang cukup kuat. Jakarta terutama,  menjadi pusat ibukota yang banyak beredar kendaraan, terutama sepeda motor. Motor di Indonesia menjadi sesuatu yang sangat diperlukan, baik untuk pribadi maupun urusan pekerjaan. Selain praktis, ekonomis, tentunya hemat.”

Ternyata, Phillips 66 ini sudah memproduksi dan memasarkan  tiga brand pelumas utama, yaitu Phillips 66 untuk kendaraan niaga dan industri, Kendal Oil untuk kendaraan roda empat dan roda dua, dan Redline Synthetic Oil untuk  kendaran racing dan mobil premium.

“Pelumas itu punya karakter berbeda dan menawarkan jenis perlindungan yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin,” ucap Julie.

Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Januari 2018, angka penjualan sepeda motor tercatat mencapai 482.537 unit atau naik 66.541 unit dari 415.996 unit pada Desember 2017.

Jaringan distribusi Kendall Motorcycle Oil ternyata sudah ada di Jawa dan Bali. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat akan pelumas. Hadirnya Kendall Motorcycle Oil sebagai respons terhadap kehadiran Kendal Oil pada 2016. Sebagaimana dikatakan Michael Arief, National Sales Manager PT KAS, “Kami juga sedang memperluas jalur distribusi  ke seluruh Indonesia atas respon positif publik sebelumnya terhadap pelumas berkualitas premium dari Kendall Oil.”

Michael Arif, National Sales Manager KAS [Foto: Dok Pri]

Untuk mendistribusikan pelumas ini, PT KAS bekerjasama dengan Blibli.com selaku e-commerce distribution partner. Blibli memperoleh hak penjualan eksklusif  selama satu bulan penuh untuk Kendall Motorcycle Oil. Dengan adanya Kendall Oil di Blibli, ini menjadi langkah mudah pengguna sepeda motor untuk memperoleh produk Kendall secara online. Lebih lanjut dikatakan Michael,” Kami ingin produk Kendall Oil bisa memenuhi ekspektasi masyarakat di wilayah yang belum terjangkau jaringan  distribusi yang ada saat ini.”

Johanes Dede, Senior Merchandising Manager Blibli.com [Foto: Dok Pri]

Dengan adanya produk pelumas motor merek Kendall di Indonesia, Senior Merchandising Manager Blibli.com,Johanes Dede yakin masyarakat Indonesia sangat antusias menyambutnya, terutama pemotor tanah air. Kendall Oil kini bisa diperoleh di Blibli.com. “Pelumas motor kendaraan roda dua jadi salah satu produk paling dicari pelanggan kami. Kerjasama KAS dengan kami menambah lengkap deretan produk pelumas motor kendaraan berkualitas tinggi di Blibli.com.”

Kendall Oil di Blibli.com [Foto: Dok Pri]

Di Indonesia, PT KAS memasarkan pula Kendall Oil seperti GT-1 Full Synthetic Oil 0W-20 with liquid Titanium untuk kendaraan berbahan bakar bensin (API SN), dan Super-DXA Diesel Engine Oil with Liquid Titanium 10W-30 untuk  kendaraan dengan mesin  diesel (API CK4).

Nah, tentunya Kendall Oil ini punya keunggulan lho ya, seperti varian 4T Semi Synthetic MB SAE 10W-30 memberi perlindungan terhadap mesin motor, kopling, juga gear. Varian 4T Full Synthetic MA 10W-40 dan 4T Semi Synthetic MA 10W-40  untuk sepeda motor, memberikan perlindungan dan ketahanan baik sehingga mampu menghindari selip kopling. Hal ini sudah diantisipasi oleh KendalL Motorcycle Oil.

Peluncuran tiga varian pelumas Phillips 66 [Foto: Dok Pri]

Teknologi tinggi yang diusung berupa pencegahan pengentalan pelumas dan kerusakan termal pada suhu mesin tinggi. Juga mampu melindungi mesin dari pembentukan lumpur dan varnish, scuffing, juga gesekan dan stabilitas yang tinggi karena menjaga mesin dari  karat dan korosi pada bantalan mesin.


PT KAS
PT Kendali Andalan Sempurna (KAS) sebagai distributor resmi produk Phillips 66, yaitu Kendall Oil, Phillips 66, dan Redine Oil di Indonesia. Kendall adalah brand Phillips 66 (USA) dengan produk unggulan teknologi Liquid Titanium with Protection Additive. PT KAS hadir di Indonesia  untuk menyediakan produk pelumas berkualitas tinggi dengan teknologi dan performa terdepan.

Phillips 66
Phillips 66 sebagai perusahaan produsen energi diversifikasi dan logistik. Portofolionya mencakup bisnis  Midstream, Chemicals, Refining, dan Marketing and Specialties. Perusahaan ini memproses, mengangkut, menyimpan, dan memasarkan bahan bahan bakar dan produsk secara global. Sebagai salah sat pemasok pelumas jadi terbesar di Amerika, Phillips 66 lubricants dikenal karena memproduksi dan memasarkan base oil dan formulasi modern dalam 4 merek pelumas: Phillips 66, Conoco, 76, dan Kendall. Produk-produk unggulan ini menyasar beragam segmen pasar penting, termasuk otomotif, trucking, pertanian, penerbangan, pembangkit listrik, pertambangan dan konstruksi. Untuk informasi lebih  lanjut, kunjungi www.phillips66lubricants.com.  

Foto bersama [Foto: Dok Pri]

4 comments:

Didik said...

Wah oli baru nih, mau coba kualitasnya ah..

Teddy Rustandi said...

Bener mas Jun, motor masih jadi andalan karena mudah dan cepat....wih wawancara ekslusif nih dgn Mas Julie

Ya Yat said...

jadi nggak sabar pengen pake oli mesin Kendall.. baru 2 bulan lagi pake.. abis baru ganti oli kemarin

Jun Joe Winanto said...

Mas Didik:iya nih mas... Cakep nih mesin motor pake Oli ini.

Mas Teddy, bener banget, motor jadi kaki kedua kita di Jakarta ini, makanya perlu oli yang oke dan jadi andalan juga. Kendall Oil pilihan tepat.

Mba Yayat: Saya sudah pakai Mba. Mesin motor ga cepat panas dan tahan lama. Suara mesin tetep halus. Enak nih saya pake Kendall Oil