Friday, September 7, 2018

Mau Sehat? Ikuti Cara Combiphar dan IndoRunners

Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi dalam sambutannya [Foto: Dok Pri]


“Hal yang paling menyenangkan di tengah masa sulit adalah kesehatan yang baik dan tidur yang cukup” – Knute Nelson

Bagaimana tidak, buat saya, kesehatan itu sebagai harta yang paling penting di antara sekian banyak harta yang kita miliki. Ya, saya, kita, kalian, dan semua tak enak kan rasanya melakukan aktivitas di tengah meriang melanda.

Melakukan dan menjalani pola hidup sehat dengan olahraga teratur sebagai cara paling mudah untuk terus menjaga kebugaran fisik (jasmani maupun rohani) dari serangan penyakit. Begitu pentingnya kesehatan, dan tak jarang orang rela menukar semua harta yang dimiliki demi satu nama, kesehatan.

Akan tetapi, tidak semua orang mungkin peduli dengan kesehatan. Umumnya, mereka malas-malasan bahkan bisa lupa kalau yang namanya kesehatan itu perlu dijaga, seperti kita menjaga dan merawat tanaman di pekarangan rumah.

Salah satu cara memberikan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dengan berolahraga. Olahrga bisa apa saja, mulai dari yang ringan hingga berat. Pun kalau berat bisa langsung diawasi expert-nya. Nah, salah satu olahraga ringan tetapi bikin sehat adalah lari.

Berkaitan dengan lari, salah satu event yang digagas oleh Combiphar telah hadir untuk keenam kalinya untuk tahun 2018. Oya, ngomongin Combiphar, Combiphar ini salah satu perusahaan yang kalau kita kenal, terkenal sama obat batuknya ya.
 
QnA Session [Foto: Dok Pri]

Nah, Combiphar ini ternyata asli punya Indonesia alias perusahaan lokal sebagai consumer healthcare terdepan di Indonesia. Bayangkan saja, produk-produknya tersebar hampir di seluruh Indonesia. Nah, lari terpercaya yang digelar oleh Combiphar ini ada beberapa jenis, yaitu Half Marathon, 10K, 5K, Kids Dash, dan Ekiden 20K untuk para pelajar siswa-siswi SMA juga orang-orang yang tergabung dalam komunitas pecinta lari. Mungkin salah satunya kalian?

Nah, ngomongin kesehatan dan lari tentu ada hubungannya. Kesehatan itu sendiri mengacu pada keadaan emosional dan fisik secara lengkap. Kalau kita perhatikan, layanan kesehatan yang hadir itu berguna untuk membantu orang mempertahankan kondisi kesehatan yang optimal.

Berikut fakta-fakta kesehatan yang mungkin kita semua perlu ketahui ya. Kesehatan, didefinisikan sebagai kesejahteraan fisik, mental, dan sosial, dan sebagai sumber daya untuk menjalani kehidupan yang utuh.
    
 Hal ini tidak hanya mengacu pada tidak adanya penyakit, tetapi kemampuan untuk pulih dan bangkit kembali dari penyakit dan masalah lainnya. Faktor-faktor untuk kesehatan yang baik termasuk genetika, lingkungan, hubungan, dan pendidikan. Diet sehat, olahraga, skrining untuk penyakit, dan strategi mengatasi semuanya dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Kesehatan mental dan fisik adal
ah dua jenis kesehatan yang paling sering dibahas. Selain itu juga "kesehatan rohani," "kesehatan emosional," dan "kesehatan keuangan,". Hal ini juga berkaitan dengan tingkat stres yang lebih rendah dan kesehatan mental serta fisik.

 
Bersama komunitas pencinta lari [Foto: Dok Pri]

Nah, ngomongin lari dan kesehatan juga, ada beberapa faktor nih yang mempengaruhinya.
Seseorang dilahirkan dengan berbagai gen, dan pada beberapa orang, pola genetik yang tidak biasa dapat menyebabkan tingkat kesehatan yang kurang optimal.

Faktor lingkungan pun memainkan peran. Terkadang lingkungan saja sudah cukup untuk mempengaruhi kesehatan. Di lain waktu, pemicu lingkungan dapat menyebabkan penyakit pada seseorang yang rentan secara genetik.

Nah, lari dan sehat itu seiring sejalan. Di kesempatan ini, Presiden Direktur Combiphar, Bapak Michael Wanandi memberikan penjelasan, bahwa Combiphar memang konsisten untuk menginspirasi masyarakat Indonesia dalam gerakan hidup sehat dan aktif. Ya, salah salah satunya ikut Combi Run 2018 ini.

“Kami bersyukur dan bangga karena tahun ini tahun keenam kami secara kontinyu menyelenggarakan Combi Run, event lari terpercaya dan didukung oleh komunitas pencinta lari di Indonesia. Dalam perkembangannya, Combi Run juga telah mendapat apresiasi positif baik dari kalangan komunitas lari mupun masyarakat secara luas. Kami yakin, event ini akan menstimulus generasi muda Indonesia dalam membudayakan gaya hidup sehat yang positif, kompetitif, sekaligus menyehatkan melalui olahraga lari,” jelas Michael.

Ternyata nih ada juga lho hadir pendiri komunitas lari terbesar di Indonesia yang hadir, yaitu Yasha Chatab, sebagai pendiri IndoRunners. Yasha bilang, bahwa Combiphar begitu besar apresiasinya dan konsisten buat event lari setiap tahun. Selain  itu kualitas penyelenggaraan pun terus ditingkatkan.

“Kami punya visi mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan berlari. Visi ini sejalan dengan komitmen Combiphar, yaitu Championing a Healthy Tomorrow untuk menciptakan generasi Indonesia lebih sehat. Berangkat dari satu nafas yang sama, Combiphar dan IndoRunners berkolaborasi melalui serangkaian kegiatan olahraga lari sebagai bagian dari Combi Run 2018. Kami berharap kerjasama ini dapat semakin meningkatkan minat masyarakat secara luas untuk mengadopsi lari menjadi bagian dari hidup mereka,” kata Yasha.

Ada juga lho hadir Andreas Kansil sebagai Race Director Combi Run 2018 ini. Andreas mengatakan Combi Run sebagai salah satu event lari paling ditunggu masyarakat, utamanya komunitas pencinta lari.

Oya, ada yang baru nih di Combi Run 2018, apa itu? Ya, ada Combi Run Academy. Kok ada muncul nama baru ini? Ini artinya, Combi Run  semakin peduli lho. Jadi tujuan dari Comi Run Academy ini untuk melahirkan atau menciptakan generasi muda yang berprestasi di bidang olahraga lari.

Lahirnya Combi Run Academy ini dari pemikiran Combiphar yang melihat banyak siswa SMA berpartisipasi dan semangat ikut program CSR Combi HOPE Healthy Living Education tentang gaya hidup sehat dan aktif.

Nah, semangat ini yang ditularkan secara luas kepada khalayak oleh Combi. Di 2018 inilah Combi Run Academy ini dilahirkan.  Seluruh siswa/i yang dalam CSR-nya Combi dapat mengikuti program ini. Mereka akan dapat pengalaman besar dan berharga untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dan juga berkompetisi secara positif dan sportif.

Ada tiga hal utama di Combi Run Academy ini seperti yang disampaikan Head of Corporate Communication & Community Development Combiphar  B. Dewinta Hutagaol. 

1.    School Engagement. Combiphar kerjasama dengan 15 sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang sudah berpartisipasi dalam program CSR Combi HOPE Living Education. Dari masing-masing sekolah ada seleksi dan rekomendasi 10 orang siswa/i dan 1 guru olahraga untuk memperoleh edukasi dari Combiphar tentang olahraga lari.

2.    Parameter Test. Ada tes tentang teknik lari untuk mereka. Selain murid, guru  juga mendapat edukasi tentang lari dan diharapkan bisa menerapkan dalam kegiatan olahraga dan kurikulum di sekolah. 

3.    School Competition. IndoRunners dan Combiphar mempersiapkan peserta  untuk berkompetisi antarsekolah. Siswa/i dikumpulkan poin dengan waktu sebagai tolok ukur   di event lari Combi Run dan beberapa event lainnya.

Jadi, segera daftarkan diri kalian ya di www.combirun.com.

“Keringat yang keluar dari tubuh kalian, itu sebagai pengingat jerih paya dan letih yang terbayarkan”.

23 comments:

Mpo Ratne said...

Mau sehat dong , ayah. Apalagi di ajarin teknik lari yang benar sehingga tidak terjadi cidera kaki

Jun Joe Winanto said...

Siaaaap pok. Daftar aja pok di www.combirun.com. Sehat poook lari.

DiCapriadi said...

Saya mau sehat dan gass buat 10K untuk CombiRun 2018

Dede Ariyanto said...

Keren nih acaranya disupport sama komunitas lari terbesar di Indonesia pula. Bakalan seruh nih pasti acaranya. Mantap! 😎👍

Elly Nurul said...

Asikkkk kalimat penutup yang sangat super Mas!
Keringat yang keluar dari tubuh kalian, itu sebagai pengingat jerih paya dan letih yang terbayarkan. Menjadi motivasi tersendiri buat saya untuk konsisten dalam berolah raga! semangat!

Andi Nugraha said...

Keren, ini nih teknik lari yang penting. Memang semuanya ada caranya ya, Mas.
Ikutan combi run jadi sehat, karena kesehatan itu penting.

Agung Han said...

Pengin ikutan Combi Run yg 5 K saja hehehe

TIANDARINIE said...

Waaah ada indonrunners.. Pasti bakalan seriuh dan berlimpah hadiah nih. Tapi yang paling utama sih, bisa have fun sekaligus olahraga yaa Mas

Robit Mikrojul Huda said...

Waaa. Baru tau, ternyata ada beberapa jenis sehat ya Mas. Ada rohani, jasmani, dan keuangan. Semoga aku bisa menjaga ketiganya, agat tidak stress. ��

Riyardi Arisman said...

Duh, jadi pengen ikutan. Udah lama gak lari nih...

Shinta juliana said...

Paling menarik banget tuh emang combi run tahun ini ya kak... Soalnya tahun ini lahirnya inisiatif baru yaitu combi run academy...

Dari sana, uda keliatan banget klo combiphar emang punya rasa peduli yg cukup besar sehingga mau memberikan kesempatan kepada adik2 SMA untuk ikut merasakan lomba lari yang nyata dan tentunya dibekali ilmu juga dalam pelaksaannya.

Eni Martini said...

Bener nih Combiphar memang konsisten dalam berperan mengenalkan masyarakat hidup sehat, salah satunya dengan Combi Run

Awan said...

Iyaaa saya mau sehat juga nih Mas Jun, ikutan akh Combi Run 2018 ini klo begitu supaya sekalian olahraga setelah sekian lama nggak olahraga.

Mira Miut said...

Mau ikutan juga nih karena memang kualitas eventnya terjamin ada asuransinya juga

Dede Ruslan said...

waah asik nih larinya di sekitaran bsd ga terlalu jauh dari rumah, asiik

Nur Said Rahmatullah said...

mau sehat juga dongg mas jun... ikutan ahh yg lomba lari 5knya. semoga bisa menang sih. syukur2 dapet jodoh di sana. hehe

Mudrikah Stories said...

info combi run menarik bgt mas, selain bisa menjalankan gaya hidup sehat kita juga bisa happy-happy. Aku ikut ahh nanti eventnya, mskipun pasti gak akan menang,, hhee tapi gak apa2lah buat pengalasman,

Rach Alida Bahaweres said...

Hallo om Jun. Rencananya aku juga pengen nih ikut Combi Run. Tapi memang asyik kalau persiapaan dulu sejak sebulan ya om. Om ikutannggak?

Primasari AndiMirati said...

seru nih Combi Run 2018 karena bisa ngajakin seluruh anggota keluarga buat ikutan, bahkan si kecil juga bisa ikut seru2an berlari di Kid's Dash.. yuhuu :)

Melly Feyadin said...

Aku lagi nabung dan latihan lari buat daftar ikutan lomba lari Combirun ini. Doain ya hihi

Uwan Urwan said...

Ga pernah ikut event lari begini. Ikutan ahhhh... Siapa tahu ketemu jodoh

April Hamsa said...

Mas Jun uidah daftar belum? Hehehe
Combirun konsisten ya bikin ajang lomba lari, trus programnya juga mamkin bertambah baik tiap tahun :D

Yesi Intasari said...

Aku mau sehat juga dong mas, semoga nanti bisa ikutan event combi run ini