Selasa, 13 November 2012

The Most Popular Food in Indonesia





Rasa memang tak pernah bohong

Indonesia menjadi salah satu negara terkaya rempah-rempah di dunia. Tak heran jika banyak menu dan resep favorit yang diracik muncul dari bahan-bahan tersebut. Lidah orang Indonesia pun cepat beradaptasi akan hal itu. Ada beberapa menu yang jadi favorit dan populer untuk penggila kuliner Indonesia. Penasaran, kan apa-apa saja menu yang “menggoda” itu. Berikut ulasannya.


  1. Sambal atau Sambel
Indonesia kaya dengan bentuk dan model cabe, begitu pula dengan warnanya. Mulai dari hijau, kuning, hingga merah. Dari buah yang bernama latin Capsicum annum itu muncullah satu bentuk menu bernama sambal. Sambal yang bermunculan pun sudah semakin banyak dimodifikasi. Tetapi, yang paling sering muncul di benak kita adalah sambal terasi. Tak hanya itu, ada sambal hijau, sambal cobek, sambal dengan variasi mangga, nenas, juga kedondong.                                                                       Sambal Kedondong
  1. Sate
Aneka olahan daging dapat dibuat menu apa saja. Salah satunya sate. Banyak ragam sate yang bermunculan dengan variasi rasa dan bumbu. Tetapi, rata-rata bercita rasa pedas. Salah satunya sate padang. Makanan yang satu ini menjadi hidangan paling digemari dan dicari. Ada sate padang kuah kuning yang didominasi kunyit, juga berkuah merah yang berasal dari saos tomat. 

Sate padang kuah kuning

  1. Bakso
Aromanya makanan yang satu ini sangat khas dan sangat banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ya, bola-bola daging bulat itu terkenal dengan nama bakso. Campuran dari beberapa rempah, seperti bawang putih, merica, dan garam. Saat disantap terasa lezat. Untuk menambah tendangan di mulut, para pecinta bakso tentunya akan menambahkan saos cabe, saos tomat, juga      
kecap agar cita rasa yang diinginkan pas dan keluar. Sekarang, varian bakso semakin berkembang, bakso tahu contohnya.

  1. Soto
Nah, hidangan yang satu ini banyak sekali variasinya. Namanya pun disesuaikan dengan asal daerahnya seperti Soto Betawi, Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Bandung, dan sebagainya.
Ada yang berkuah bening, kuning, hingga bersantan. Semua dalam racikan bumbu Indonesia banget! Ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi, atau jeroan sebagai isian. Untuk menambah kenikmatan dalam bersantap, biasanya ditambahkan bawang goreng, perasan jeruk nipis, sambal, tak ketinggalan kerupuk.

  1. Nasi Goreng
Tak asing di telinga kita mendengarnya. Variasinya pun sangat banyak. Membuatnya pun cukup mudah. Menjadi salah satu hidangan nasional Indonesia, karena hampir rata-rata di setiap provinsi ada. Sajiannya pun dapat dilakukan kapan saja, baik di pagi, siang, atau malam hari. Bahan utama adalah nasi yang dibumbui dengan rempah asli Indonesia. Ditambah bahan pelengkap lain seperti jagung, ikan asin, ayam, sosis, smoked beef, bahkan kacang polong.



  1. Gado-Gado
Campuran makanan yang satu ini boleh dibilang relatif banyak. Utamanya berisi sayur mayur. Dalam makanan western, orang-orang menyebutnya dengan nama salad. Tetapi, di Indonesia dikenal dengan nama gado-gado. Makanan ini menjadi menu favorit dari berbagai kalangan. Selain berisi sayur mayur, dapat pula ditambah lontong, telur rebus, dan bawang goreng. Bumbu racik kacang spesial Indonesia itulah yang membuat makanan ini menjadi lezat disantap. Variasi namanya cukup banyak, tergantung dari daerah asalnya.

  1. Nasi Uduk
Menu satu ini menjadi menu favorit keluarga di Indonesia. Berbahan dasar beras yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu khas Indonesia. Penyajiannya pun cukup mudah. Melalui tambahan topping yang sudah banyak dimodifikasi seperti telur dadar yang diiris tipis, telur sambal, bawang goreng, kacang tanah atau kedelai goreng, teri goreng, bahkan semur tahu dan daging pun dapat ditambahkan. Untuk menambah cita rasa pedas, tentunya sambal tak boleh ketinggalan, begitu pula dengan kerupuk yang membuat kriuk. Nasi uduk semakin populer di Indonesia karena cita rasa yang menggugah selera.
  1. Nasi Padang
Cita rasa yang satu ini benar-benar Indonesia. Kaya beragam rempah. Sudah jelas dari namanya, berasal dari Padang, Sumatera Barat. Hampir di seluruh provinsi di Indonesia ada karena popularitas dan kelezatannya. Bahkan, hidangan Indonesia yang satu ini, sudah “singgah” di mancanegara. Pada dasarnya, nasi padang merupakan nasi putih yang dipadupadan dengan beragam jenis lauk pauk. Lauk pauk itu disajikan dalam piring terpisah. Jadi, para penikmat nasi padang dapat memilih menu yang sesuai selera. Aneka lauk pauk yang tersaji cukup lengkap, dari rendang, gulai kepala ikan, hingga sambal. Sambal yang cukup terkenal adalah sambal lado hijau dan lado merah. Lado dalam bahasa Padang berarti cabe.


  1. Ayam Goreng
Ayam Goreng menjadi menu makanan paling populer di Indonesia. Untuk mendapatkan daging ayam yang empuk biasanya menggunakan ayam kampung. Dengan racikan bumbu ungkep atau bekep yang terdiri dari kunyit, bawang putih, lada, serai, jahe, daun salam, dan garam, yang dihaluskan, menjadikan cita rasa ayam goreng Indonesia tak kalah jauh dengan ayam goreng yang ada di gerai-gerai mal. Terasa nikmat dan lezat jika disantap bersama sambal kecap, sambal cobek, atau sambal goreng dengan cara dicocol. Varian ayam goreng pun semakin banyak, salah satunya ayam goreng lada hitam. 

  1. Bakmi Goreng
Bakmi atau mie banyak dibuat beragam makanan, mulai dari bakmi rebus hingga goreng. Juga dapat dimakan sebagai pengganti nasi karena banyak mengandung karbohidrat. Di Indonesia, banyak varian bakmi. Topping-nya pun beragam. Ada bakmi goreng udang, bakso, ayam, sosis, hingga daging. Campuran bumbu yang khas membuat jenis makanan ini sangat digemari. Membuatnya pun mudah dan tak perlu waktu lama. 





1 komentar:

ema juwita mengatakan...

kok gak ada resepnya??mampir di blog saya ya...http://cintakuliner123.blogspot.com/