Jumat, 04 Agustus 2017

Novartis: Perpanjang Hidup Gagal Jantung Dengan LCZ696




Siapa sih yang tak kenal dengan organ yang satu ini? Sebagai pemompa darah untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh agar merata. Apa yang Anda rasakana tatkala darah tidak  mengalir sempurna dalam tubuh? Kemungkinan Anda akan merasakan kesemutan, kram, kebas, dan sebagainya.

Prof. Bambang Budi Siswanto, MD, FIHA FAsCC, FAPSC, FACC 

Ya, jantung sebagai organ vital yang mesti kita jaga dengan baik sampai kapanpun. Perlunya berolahraga secara teratur dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi organ-organ dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal dan beregenerasi secara baik.
Ada banyak penyakit yang dapat mendera organ dalaman kita terutama jantung, seperti jantung  berdetak cepat, denyut jantung lambat, dan gagal jantung (heart failure). Gagal jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. 

Gagal jantung seseorang sebagai akibat jantung tidak mampu memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan metabolismenya. Ada beberapa gejala dan tanda gagal jantung yang mudah diketahui, antara lain menurunna kemampuan fisik, rasa cepat lelah hingga sesak napas saat berjalan atau bekerja.

Sesak napas yang lebih terasa ketika berbaring tetapi kembali membaik ketika duduk. Sesak napas juga terasa pada malam hari. Sering kali seseorang yang mengalami gagal jantung tiba-tiba bangun malam hari karena merasa sesak. Terjadi pembengkakan pada kaki atau perut. 

 
Prof. Sim Kheng Leng David Senior Consultant of Director Heart Failure, Singapore
Oleh karena itu, sebaiknya seseorang yang menderita gagal jantung segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung untuk mengetahui kondisi kesehatan jantungnya. Rata-rata, penderita gagal jantung punya EKG (elektrokardiografi) abnormal dari orang-orang kebanyakan (abnormal). Ini berbeda dengan penderita jantung coroner. EKG jantung coroner terlihat saat istirahat dapat memberian gambaran normal.

Gagal jantung seseorang ada yang bersifat kronik dan akut. Untuk gagal jantung kronik, biasanya penderita  akan mengalami pembesaran jantung. Sementara itu, penderita gagal jantung akut masih memiliki ukuran jantung normal tetapi ditemukan tumpukan cairan (bendungan) di paru-paru.

Perlunya pemeriksaan ekokardiografi atau USG jantung  untuk menentukan ada tidaknya gagal jantung. USG jantung juga berguna untuk menentukan tingkat keparahan gagal jantung, jan memberikan gambaran kemungkinan penyebab gagal jantung yang harus diperbaiki. 

dr. Lily Setyawati Representatif Kemenkes RI
Gagalnya jantung seseorang  dapat disebabkan beberapa hal, seperti berikut ini.

Jantung Koroner
Jantung coroner atau penyakit pembuluh darah jantung. Untuk dapat bekerja secara baik, jantung dan sistem listrik perlu asupan nutrisi dan oksigen yang dapat diperoleh dari aliran darah melalui pembuluh darah koroner. 

Nah, penyakit jantung koroner ini aliran darah koroner mengalami hambatan, biasanya karena penyempitan pembuluh darah koroner itu sendiri. Kurangnya asupan oksigen dan nutrisi karena penyempitan itu tadi menyebabkan tidak saja gangguan fungsi otot jantung, tetapi kerusakan bahkan kematian otot jantung. 

Tekanan Darah Tinggi
Bagaimana dengan tekanan darah tinggi? Tekanan darah tinggi karena beban tekanan tinggi pada jantung, hipertensi dapat menyebabkan kerusakan structural juga fungsional pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah koroner. Kerusakan pembuluh darah koroner dapat menyebabkan gangguan fungsi otot jantung.

Rata-rata, penyakit jantung koroner banyak di derita orang dengan usia 40 tahun ke atas. Tetapi, perlu berhati-hati pula, bukan tidak mungkin usia muda pun dapat terkena penyakit jantung jika tidak memerhatikan pola makan. Jadi, secara general, prevalensi penderita gagal jantung semakin tinggi di usia lanjut.

Kerusakan Otot Jantung
Otot jantung pun dapat rusak karena infeksi, diabetes, dan sebab lain yang belum diketahui (kardiomiopati). Kerusakan tersebut membuat otot jantung gagal melakukan fungsinya, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

Aritmia atau penyakit listrik jantung berupa irama jantung atau denyut yang terlalu cepat atau lambat bahkan tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung, seperti gagal jantung.

Katup jantung pun dapat rusak karena penyempitan atau kebocoran. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal jantung. Ada juga kelainan jantung bawaan seperti kebocoran sekat, penyempitan/kelainan katup, dan kelainan pembuluh darah dapat menyebabkan beban berat jantung yang mengakibatkan gagal jantung.

Bagaimana dengan pengobatan gagal jantung
Mestinya, kita sudah tahu bahwa semua bermula dari pola hidup. Mengubah pola hidup yang tidak sehat menjadi lebih sehat. Mengobati penyakit utama penyebab gagal jantung, diet rendah garam pun perlu dilakukan,minum obat gagal jantung teratur, rehabilitasi supervise, juga dapat dilakukan pemasangan pacu jantung sinkronisasi (CRT).

Untuk mencegah gagal  jantung Anda dapat melakukan olahraga secara teratur, timbang berat badan secara berkala, dan capailah berat badan seimbang atau ideal. Melakukan pengobatan penyakit katup dan hipertensi, pencegahan penyakit jantung koroner, periksa diri secara berkala ke dokter penyakit jantung, juga minum obat untuk pencegahan. 

Milan Paleja, GM Pharma, Presdir Novartis Group Indonesia
Sehubungan dengan hal ini, Novartis sebagai penyedia solusi layanan kesehatan untuk pasien dan komunitas, memberikan penawaran yang terdiversifikasi untuk menjawab kebutuhan pengobatan tersebut. Pengobatan berupa pengobatan generic, produk generic dengan harga efisien, pengobatan biosimilar, dan perawatan mata. 

Untuk mengurangi buruknya kondisi pasien gagal jantung Novartis menghadirkan pengobatan gagal jantung  paling baru yaitu LCZ696 bernama molekul sacubitril valsartan sodium hydrate di kelas perawatan ARNI (Angiotensin Receptor-Neprilysin Inhibito) di Indonesia sejak pertama diluncurkan di Eropa dan AS sekitar 18 bulan lalu. 

Novartis sigap bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan pemegang kepentingan untuk membantu pasien Indonesia yang menderita kardio metabolik, seperti salah satunya gagal jantung, diabetes, hipertensi  baik melui JKN juga pasar komersial. Novartis pun berharap dapat meringankan beban sosek penderita dan keluarga karena penyakit tersebut. Kebahagiaan Novartis tersembul bisa bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Di kesempatan itu pula, Novartis memberikan tips diet sehat untuk diperhatikan oleh penderita gagal jantung. Memperhatikan jumlah lemak yang terkandung dalam makanan seperti lemak jenuh yang terdapat pada susu dan daging berlemak. 

Mengurangi asupan garam sangat penting untuk penderita gagal jantung. Gagal jantung menyebabkan tubuh menahan garan dan air ekstra dan menyebabkan terbentuknya cairan di dalam tubuh. Cairan itu dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru dan membuat sesak napas.

Jadi, semakin sadarlah kita bahwa gagal jantung dapat menjadi penyakit yang mematikan. Peduli sehat itu sangat penting untuk melanjutkan kehidupan. Salam sehat!

0 komentar: