Saturday, July 21, 2018

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman & Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Naik Kuda Jelang Asian Games

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman Uji Coba Kuda Asian Games 2018 di Pacuan Kuda Pulo Mas [Foto: Dok Pri]

Pesta olahraga bangsa-bangsa di Asia sebentar lagi akan helat. Pastinya, perhelatan ini perlu perhatian khusus, terutama di cabang olahraga tertentu. Apa sih hubungannya Pak Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian dengan Asian Games ini? Jangan salah, hubungannya sangat erat dan dekat.

Nah, pernah dengar tentang Barantan? Kalo belum pernah dengar berarti kita mesti sama-sama mendengarkannya, ya.

Barantan itu kependekan dari Badan Karantina. Nah, Barantan ini berada di bawah Kementerian Pertanian. Tugas utamanya sebagai penjaga gawang untuk mencegah masuknya hama atau penyakit, baik yang deisebabkan oleh hewan maupun tumbuhan.

Apa hubungannya Barantan dengan Asian Games? Weiittss… ada doong! Di pesta Asian Games ini ada salah satu cabang olahraga yang melibatkan hewan, yaitu berkuda. Nah, kuda-kuda yang masuk ke Indonesia ini mesti melalui Badan Karantina terlebih dahulu. Haal inni untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit  yang dapat menular ke siapa saja di negara tujuan kuda tersebut.

Barantan menjamin agar kuda-kuda yang datang dari negara asal dipastikan sehat. Jika tidak, kuda-kuda ini mesti masuk karantina agar sehat terlebih dahulu dan tidak menularkan penyakit ke hewan-hewan lainnya.  

Nah, di sini nih peran Kementerian Pertanian melalui Barantan. Sebelum Asian Games berlangsung, di kesempatan ini, Bapak Andi Amran Sulaiman sebagai Kementan dan Sandiaga Uno sebagai Wagub  DKI Jakarta, berkesempatan uji coba kuda Asian Games lho.

Pak Amran naik kuda dan berjalan beberapa langkah. Sementara, Pak Sandiaga sempat berkeliling lapangan pacuan kuda Pulo Mas. Sebelum akhirnya  keduanya meninggalkan Pacuan Kuda Pulo Mas tersebut. 

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (kiri) & Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno (kanan) [Foto: Dok Pri]


1 comments:

Mpo Ratne said...

Mpo jadi tahu baratan , tahu nya cuma bea cukai sama rehabilitasi satwa.

Ayah jun joe naik kuda juga tidak