Saturday, July 21, 2018

Barantan Kementan Siap Sambut Asian Games dengan Cegah Penyebaran Penyakit dari Kuda Para Atlet


 
Menteri Pertanian, uji coba Kuda di Pacuan Kuda Pulo Mas [Foto: Dok Pri]
Wah, siapa sangka, ternyata Bapak Menteri Pertanian, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, biasa disapa Amran bisa juga naik kuda. Terlihat gagah dengan kuda tunggangannnya berwarna abu-abu. Pak Amran tersenyum semringah tatkala berhasil menaiki kuda dengan keringat yang bercucuran.  Bisa jadi Pak Menteri grogi.

Pak Amran di kesempatan itu sekaligus melihat kesiapan lapangan pacuan kuda untuk Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang tahun ini. Kementerian Pertanian pun bertanggung jawab atas kelancaran olahraga berkuda ini, yaitu dengan melihat kondisi kuda yang ada sebelum dipertandingkan melalui Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian.

Pentinganya kuda-kuda ini dikarantina terlebih dahulu untuk menghindari penyakit menular yang tidak diinginkan. Pak Amran pun menyampaikan bahwa Badan Karantina Pertanian sudah mengambil  langkah untuk menjamin kesehatan kuda peserta yang berasal dari luar negeri yang ikut bertanding.
 
Senyum semringah Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman [Foto: Dok Pri]
“Persiapan mulai dilakukan di awal tahun 2018, dengan meminta persetujuan instalasi dari Organisasi Kesehatan Sunia, OIE di Perancis,” kata Amran Sulaiman ketika melakukan kunjungan kerja ke Equestrian Park (JEP) di Pulo Mas, Jakarta bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Wah, ternyata ada sekitar 130 ekor kuda nih yang dibawa atlet  dari 17 negara. Nah, kuda-kuda itu semua mesti diperiksa. Mengapa harus diperiksa? Soalnya, ada tiga jenis penyakit kuda yang belum ada di Indonesia (mudah-mudahan tetap ga ada yaa…) yaitu, Dourine, Glanders, dan Equine Infectious Anemia.

Jadi, Barantan Pertanian melalui Kementerian Pertanian sudah siap nih menyambut  Asian Games dan menghalau terjadinya penyebaran penyakit dari kuda-kuda para atlet yaaa…

1 comments:

Mpo Ratne said...

Kuda sehat, bisa mendukung performa para altet. Semoga indonesia jadi juara umum