Saturday, July 21, 2018

Masak Enak, Cepat, dan Praktis ala Anak Menteri


 
Andi Amar tak canggung turun ke dapur  [Foto: Dok Pri]
Hai hai…
Ketemu lagi nih. Eh iya ya, kan saya mau ngasih bocoran ke kalian yang  sudah saya kabari di tulisan sebelumnya, yaitu apa yang dimasak Andi Amar, anak Pak Menteri Pertanian kita, DR. Ir. H. A. Amran Sulaiman. Bai de we… sebelumnya bolehlah ya, saya berkirim kabar ke kalian,  tentang bakat masak Amar ini.

Jadi nih ya, setelah Amar lulus SMP, Pak Amran Sulaiman, memang niat masukin Amar ke Pondok Pesantren. Dipilihlah Pondok Pesantren Gontor yang memang yahud sih dari sisi pendidikan dan gemblengan.

Mau tau ga gimana Amar mulanya? Hahaha (ngakak dulu deh), Pak Amran setengah memaksa lho ke Amar. Amar sempet juga sih ogah-ogahan. Tapi, daripada-daripada… kan lebih baik yaa, Amar milih tetap belajar di Pondok Pesantren. Katanya, mulanya berat lho.

Namun, karena dari dalam diri Amar sendiri punya tekad kuat, hal yang tadinya berat itu dilalui dengan mulus. Bahkan, dia  betah. Setengah “Paksaan” dari Sang Bapak berhasil membuat dirinya hapal beberapa Juz Alquran.

Pak Amran memang sangat mengedepankan nilai-nilai agama dalam keluarganya. Pendidikan agama menjadi landasan penting dalam kehidupan keluarga Bapak Menteri. Nah, Amran ini menjadi anak yang benar-benar  tahu bagaimana keinginan orang tua terhadapnya.

Pokoknya, Amar ini jadi contoh dan kebanggaan keluarga. Eiitss… bocorannya nanti lagi ya. Kita kembali ke menu masak yang aduhai rasanya menurut lidah saya. Yes, masakan pertama yang dibuatnya bernama Spagetos atau martabak mie.
 
Spagetos atau martabak mie buatan Andi Amar [Foto: Dok Pri]
Ahaa… Spagetos ternyata makanan cepat saji dan laris manis selama Amar menjadi kepala café selepas dari Ponpes. Spagetos ini juga menjadi makanan paling banyak dicari di antara para santri. Buatnya sangat simpel, tapi… rasanya wueenak banget.

Bahan dasarnya itu mie instan yang sudah dipisah dari bumbu. Mienya dimasak terlebih dahulu hingga lembut. Bumbu-bumbu mie-nya dijadiin satu. Lalu, mie sudah dimasak dicampur jadi satu dengan bumbu hingga berwarna kecokelatan. Ga lupa pula ditambahkan kocokan telur 10 butir, karena Spagetos yang dibuat sekitar 10 bungkus mie.

Setelah semua bahan dijadikan satu, Amar mulai buat satu per satu sesuai ukuran sedang teflon Spagetos ala dirinya. Weiitss… jangan salah, Amar menunjukkan keahliannya ketika membolak-balik Spagetos yang mulai matang di bagian bawah dengan teknik melempar relatif tinggi, sehingga bagian atas yang belum matang berada di bawah.

Selang  beberapa menit kemudian, Spagetos pertama buatannya matang. Dia lanjutkan dengan Spagetos berikutnya, hingga kalau saya tidak salah lihat, dari 10 bungkus mie itu dapat dibuat sekitar 10 Spagetos bahkan lebih, sesuai ukuran yang diinginkan.  

Lanjut menu kedua ya gaes…
Menu kedua ini berupa nasi goreng hijau. Yeaah, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan pangan pertanian asli Indonesia alias bahan pangan lokal, seperti beras (nasi) salah satunya. Nah, untuk cabenya sendiri, Amar menggunakan cabe ijo besar yang ternyata dia sendiri menanamnya lho. Kemudian ada telur ayam, bakso sapi.
 
Bahan-bahan nasi goreng hijau [Foto: Dok Pri]
Bumbu nasi goreng hijau buatannya ini sehat tanpa MSG. Dan terpenting lagi, semua bahannya adalah bahan-bahan dari produk pertanian Indonesia yang telah di ekspor ke mancanegara, seperti beras dan bawang merah.

Bahan untuk buat nasi goreng hijau ini pastinya nasi, cabe hijau yang sudah diblender bersama bawang putih dan merah, garam, kaldu bubuk, ayam goreng yang sudah disuwir, dan bakso. Amar ini ga canggung untuk bolak-balikin penggorengan maupun megang sutil lho. Lincah banget tangannya ketika minyak sudah panas memasukkan cabe hijau untuk digoreng hingga matang bersama bumbu lainnya.

Andi Amar beraksi dengan Nasi Goreng Hijaunya [Foto: Dok Pri]

Ga lebih dari 15 menit nasi goreng hijau buatannya ini sukses menggoda dan membuat tenggorokan saya turun naik. Ngomong-ngomong, ternyata dua menu ini merupakan menu favorit anak-anak santri selama Amar mengepalai café di Gontor. Aah… sukses bikin ngiler ini makanan dan rasanya memang sedap.
 
Taraaaa... ini dia Nasi Goreng Hijau buatan Anak Menteri Pertanian, Andi Amar [Foto: Dok Pri]
Bahan-bahan pangan hasil pertanian Indonesia ini memang jadi pilihan Amar untuk masakan sehat dan berkualitas. Keren!

1 comments:

Mpo Ratne said...

Makan makan berduaan aja, mpo tidak di ajak ajak. Kasih an perut ayah makan 10 mie.mendingan lempar ke mpo sini